Blog Planner untuk Mengukur Pencapaian Menjadi Blogger

2 comments
Konten [Tampil]

Blog Planner untuk Mengukur Pencapaian Menjadi Blogger

Menjelang akhir tahun rasanya sulit sekali jika blog planner dipisahkan dengan seorang blogger. Karena blogger dengan perencanaan blognya seperti dua sahabat yang sulit untuk dipisahkan. Karena mereka saling melengkapi dan mengingatkan satu sama lain.

Nah ngomongin blog plan nih, tidak terasa ya tinggal menghitung hari sudah akhir tahun lagi. Perasaan beberapa waktu waktu lalu aku baru saja membuat blog plan di tahun 2021 untuk diri sendiri dan blog Kubikel Bookish ini.

Dan semenjak tahun kemarin pertama kalinya aku membuat blog plan, kok rasanya jadi ketagihan yaa. Apalagi kalau ada salah satu resolusi yang aku buat ada yang tercapai. Duhh rasanya ingin sekali memberikan penghargaan untuk diri sendiri karena sudah berhasil.

Jadi dipostingan kali ini aku kembali ingin membuat blog plan untuk tahun 2022. Sekaligus akan aku kasih gambaran tentang seberapa penting dan apa saja manfaat yang di dapat jika teman-teman rutin membuat perencanaan untuk blognya.

1. Apa Itu Blog Planner

Blog planner adalah sebuah perencanaan agar lebih terarah dan konsisten dengan waktu. Maksudnya disini adalah misal kita membuat jadwal kapan mau nulis tentang artikel tertentu, kapan waktu publish-nya, kapan mau riset isi tulisan, dan sebagainya termasuk dalam hal optimasi SEO agar artikel atau postingan yang kita publish mendatangkan view yang bikin lega.

Kalau tidak membuat perencanaan blognya memangnya tidak boleh?

Ya boleh-boleh saja. Cuma nantinya apa yang sudah kita rencanakan di awal bisa jadi bergeser dan tidak sesuai target. Target yang ingin kita capaipun jadi lebih lambat dan tidak tentu arah.

Apalagi kan tidak semua blogger berprofesi murni seorang blogger. Pasti ada yang nyambi bekerja di pekerjaan lain, sehingga waktu untuk ngeblog harus disiasati agar bisa membagi waktunya antara pekerjaan dengan blogger. Nah maka disinilah dibutuhkan blog plan.

2. Manfaat Membuat Blog Plan

Manfaat membuat blog plan bagi blogger

Kalau teman-teman sudah terbiasa dan rutin membuat perencanaan blognya, pasti akan terasa sekali manfaatnya. Pengelolaan blog jadi lebih terarah dan mempunyai tujuan yang jelas.

3. Mengenal Apa Saja Bentuk Blog Planner

Sebenarnya waktu aku ikut kelas Blogspedia tahun lalu juga sudah pernah mendapatkan materi yang sama dan dari orang yang sama pula. Awal aku tahu dan mulai paham tentang seberapa penting blog plan ya mulai tahun lalu juga. Dari sana pelan-pelan mulai mendisiplinkan diri. 

Nah ngomongin blog planner, ada beberapa bentuk dalam membuat blog planner loh. Dari yang mulai harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

  • Harian adalah berisi kegiatan yang akan kita lakukan secara lebih detail dan jelas. Misalnya menyusun kerangka tulisan atau outline.
  • Sedangkan mingguan adalah planning untuk menjadwalkan postingan kapan saja harus di publish. Kegiatan selain tulisan misalnya meraikan blog dan mengoptimasi SEO On Page di artikel lama.
  • Bulanan adalah penentuan untuk menunjang aktifitas ngeblog kita selama satu bulan yang nantinya akan direalisasikan dalam mingguan. 
  • Tahunan merupakan planning goals yang ingin dicapai. Misalnya tahun lalu goals aku untuk blog ini mendapatkan cuan. Alhamdulillah tercapai.

4. Target Ngeblog Impian Kubikel Bookish di Tahun 2022

Siapa sih yang tidak punya impian? Aku yakin semuanya punya kok. Begitu pun aku dengan blog utamaku ini dan impiannya yang semakin ke sini membuatku sadar kalau nggak ada target rasanya jadi hambar dan biasa saja.

Evaluasi Blog Planner 2021

Berkat mendapatkan materi yang sama, Alhamdulillah blog plan di tahun 2021 aku juga membuat goals yang harus dicapai untuk blog ini. Senengnya beberapa ada yang tercapai bahkan lebih dan ada juga kok yang belum berhasil

Satu yang belum terealisasi yaitu page view blog bisa 10.000 ternyata belum terkabul. Kalau di dashboard blognya ssudah, wkwkwk

Blog Plan di Tahun 2022, Insya Allah Bisa!

Blog plan kubikel bookish di tahun 2022

Ada banyak sih yang aku ingin capai di tahun 2022. Tapi untuk garis besarnya yang sudah aku tulis di atas. Doakan aku yaa semoga di tahun 2022 aku jadi lebih semangat lagi, nggak ada lagi yang nama malas-malasan dengan berbagai kedok alasan dan tetap menjalankan rutinitas ibadah tepat waktu dan jadi seseorang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Masih Perlu Nggak Sih Blog Plan Bulanan?

Kalau aku sih tetap ya. Karena dibulan ini kita bisa menargetkan untuk merapikan blog dan mengotimasi blog dan sebagainya.

Melakukan evaluasi diri dan blog juga bisa dilakukan dalam planner bulanan ini. Dari evaluasi bulanan ini kita bisa melihat pencapaian apa saja yang belum dan sudah kita capai. Kalau ada yang belum bisa kita atur ulang di dalam mingguan.

Blog Plan Kubikel Bookish Mingguan

Blog planner mingguan

Untuk mingguan Kubikel Bookish masih seputaran update tulisan, menyelesaikan postingan kerjaan, merapikan blog dan sebagainya. 

5. Belajar Bersama Membuat Blog Planner

Karena lagi edisi mengikuti kelas blog BRT, aku dan teman-teman ditugaskan untuk membuat blog plannya masing-masing. Mulai dari yang mingguan hingga tahunan.

AKu sendiri bergabung di kelompok B dengan anggota group berjumlah 5 orang dengan aku sendiri. Jadi kami semua berinisiatif untuk saling berbagi blog plannya masing-masing.

Ada Mas Nur Kusmayadi. Beliau ini paling berjasa loh di group kami. Waktu tugas Node.js ngulik kode-kode berkat beliau kami berada di jalan yang benar. Kalau tidak ntah apa yang terjadi 😓

Nah bagaimana dengan blog plannya? Mas Kus (aku manggilnya gitu, hehehe)  mempunyai target goals mingguan yaitu bisa lolos kelas BRT. Yang aku yakin semua peserta menginginkan hal yang sama. Terus untuk blog plan bulanannya Mas Kus akan melakukan evaluasi untuk apa-apa yang sudah dilakukan dan belum.

Kemudian ada mba Nova Violita blogger asal  ini membuat blog plan mingguannya lebih detail seperti rincinan konten yang akan ditulis, terus labelnya juga. Untuk tahunannya mba Nova menargetkan DA 25. Semoga tercapai yaa mba.

Lanjut ada mba Purnama Indah. Mba Indah membuat plannernya lebih detail lagi sihh ini, dan aku suka. Cara mba Indah membuat blog plannya sama seperti aku hanya saja bedanya aku menulis rincian di excel kalau blog plan yang sudah aku targetkan tercapai dan sudah terlaksana baru aku buat di excel. 

Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing kali ya. Kan setiap orang punya keinginan dan impiannya sendiri.

Anggota kelompok terakhir ada mba Palupi .Beliau mempunyai target untuk blog plan mingguannya di minggu ini yaitu fokus merapikan blog. Merapikan blog ala mba Palupi adalah menyunting artikel lama agar sesuai dengan kaida SEO, merapikan label, dan menambahkan beberapa internal link pada postingan terdahulu.

Berkat disatukan di group kecil kelas BRT kami jadi tahu dan bisa saling mengenal satu sama lain dan tahu apa yang disukai dari isi konten di blognya masing-masing.

Kesimpulan

Nah, itulah blog planner yang sudah aku canangkan untuk tahun baru di 2022. Ternyata setelah aku lihat-lihat lagi target goals aku juga ngak jauh-jauh dari cuan yaa ternyata, heheh

Harapan dari apa yang sudah dibuat di planner adalah cuan lancar, jadi aku bisa mengurangi aktifitas padat dan sedikit lebih santai juga. Jadi lebih banyak waktu untuk merefreshing diri.

Doakan yaa semoga apa yang aku harapkan di blog planner tahun 2022 nanti semuanya terealisasi. Aamiin. Nah gimana dengan blog plannya teman-teman? Adakah ada yang sama dengan target goals-nya aku?

Related Posts

2 comments

  1. Wah ide bagus nih. Saya juga ngelola 2 blog yg rencana mau tak seriusin. Meskipun ada 3 yg udah adsense sih. Cuma gk kuat klo kelola semua sendirian..
    Nanti bakal bikin juga blog planner ah.. Bismillah...

    ReplyDelete
  2. Aku ngelola 2 blog yang satunya mangkrak, hahaha... benar-benar kalau mau ternak blog nggak akan bisa sendirian sih, kecuali mau full time..tapi sefull time-full time-nya emak-emak ya susah sih yaa...huhu.

    Blog planning aku pakai udah setengah tahunan ini, tapi lebih cuman ngelist tulisan aja sih biar nggak lupa kalau cm diingat di kepala.

    ReplyDelete

Post a Comment