Blogger Site Audit, Perlukah?

Konten [Tampil]

Perlukah Blogger Melakukan Site Audit?

Blogger Site Audit, seberapa perlu dan penting sih? Satu tanya yang muncul saat blog aku ini terpilih dari 20 peserta dikelasnya Site Audit Batch 1 yang digagas oleh Mas Irwin yang kami sapa sebagai Coach. Awal aku ikut daftar pun karena coba-coba siapa tahu beruntung dan Alhamdulillah ternyata lolos.

Seumur-umur baru dari kelas ini dapat email pemberitahuan lolos kelas tapi untuk waktu konfirmasinya dibatasi sampai jam 08.00 lewat dari itu siap-siap diganti dengan peserta lainnya. Aku bersyukur bangett malam itu aku iseng ngecek email dan bisa join. Keberuntunganku lagi bernasib baik kayaknya.

Oiya, sebelum kita bahas lebih lanjut bagaimana sistem belajar dikelas Site Audit yang berlangsung selama bulan Ramadhan ini, ada yang sudah tahu belum apa itu site audit? Bagaimana blogger melakukan site audit untuk blognya?

Penasaran? Simak sampai habis yaa keseruanku belajar dikelas Site Audit dan apa saja yang aku dapat selama belajar dikelas ini demi eksistensi blog pidaalandrian.com dimasa depan supaya semakin cerah dan sukses seperti Coach πŸ˜‚, aamiiin...

Apa sih Blogger Site Audit?

Kalau kata Coach Irwin, ibaratnya blog itu sebuah rumah hunian. Sebuah rumah identik sama bersih-bersih kan yaa, baik itu dari kerusakan, kotoran debu yang membandel dan sebagainya. Untuk itu perlu pembersihan supaya rumah jadi layak dihuni dan tamu yang datang jadi nyaman jika berkunjung ke rumah kita.

Begitu pun dengan blog. Dengan adanya site audit ini secara tidak langsung kita sudah melakukan pembersihan secara perlahan demi menunjang performa blog kita. Tujuannya agar pengunjung jadi betah, tampilan jadi oke, dan kita sebagai pemilik blog senang karena blog sudah bersih dari masalah, pengunjung pun jadi betah.

Ehh iya satu lagi, untung-untung ada klien yang melipir ngelirik ke blog kita terus ngajakin kerjasama, wkwkwk ini mah ngarepnya si owner blog πŸ˜‚πŸ˜‚

Kenapa Blogger Harus Melakukan Audit Website?

Oke lanjut. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, site audit itu untuk memperbaiki masalah-masalah yang ada. Buat blogger seperti aku yang dari awal ngeblog (dari tahun 2016) hanya untuk menulis dan menulis, segala peraturan dan tata cara yang baik dan benar dalam ngeblog nggak pernah aku ubris. 

Fokusku ya menulis saja lalu post. Tapi menjelang akhir tahun 2020 kemarin secara perlahan ada tujuan lain yang aku selipkan dalam kegiatan ngeblogku, dan aku pun mulai belajar bagaimana cara meningkatkan performa blog agar terlihat sehat dan paripurna. Ya salah satunya dengan melakukan site audit ini ke blog kita.

Jadi sudah ada gambaran dong yaa, seberapa penting dan perlu site audit ini buat blog kita?

Melakukan site audit berarti teman-teman harus siap dengan segala hasilnya, terutama dengan masalah-masalah yang mulai menampakkan dirinya yang selama ini tersembunyi rapi tanpa kita ketahui dan HARUS SIAP untuk memperbaikinya juga. Kalau nggak diperbaiki ngapain capek-capek site audit kalau ujung-ujungnya hasil dan masalahnya nggak ada perubahan.

Selama aku ikut kelas ini yaa, satu kesimpulan yang aku dapat. Nggak perlu audit blog kalau nggak mau diperbaiki. Karena kalau tidak diperbaiki sama dengan juga hasilnya nol. Mending biarkan saja penyakit dan masalah blognya, lalu hapus saja blognya (ini sih kata-katanya Coach, bukan aku), ngapain ngeblog kalau nggak mau dirawat dan dijaga seperti anak sendiri. Setuju tidak?

Baca juga:

6 Manfaat Ikut Kelas Site Audit

Sudah ada gambaran tentang site auditnya dan seberapa penting buat blog, sekarang saatnya membahas manfaat yang aku dapat selama mengikuti kelas audit dibulan Ramadhan ini.

Selain mendapat banyak manfaat dan perbaikan buat blog, mengikuti kelas Site Audit memberikan pemahaman dan wawasan yang baru buatku pribadi terutama. Karena dari yang sebelumnya nggak paham dan nggak tahu apa-apa selain hanya menulis dan menulis, berkat ikut kelas ini jadi banyak tahu dan tentu saja adalah hal yang positif banget buat aku dan blogku tentunya.

  • Jadi tahu apa saja masalah blog dan cara perbaikannya

Kalau masalahnya dibiarkan jadinya malah menumpuk. Jadi dikelas Site Audit ini ada teman yang ngeblognya uda lama, jadi issue/masalah dalam blognya saat di crawl (untuk melihat total masalah dalam blog) sampai ribuan. Jadi kebayang dong gimana puyengnya dan butuh kesabaran yang extra biar nggak muntah saat perbaikan issue-issue yang ada.

Jadi yang ngeblognya baru mulai beruntung banget dong. Kenapa? Karena masalah mereka ini belum sebanyak yang ngeblognya uda lama. Karena kan artikel/postingannya pun belum banyak. Tapi tetap ya kuncinya harus bersyukur, terima apa adanya nasib masing-masing, wkwkwkw

Ikut kelas ini ibaratnya sapu-sapu bersih noda yang membandel didalam blog, hehehe. 

Masalah blognya ya bermacam-macam. Kebanyakan ya ada pada URL yang kepanjangan dan masih banyak lagi (ntar aku bahas lebih lanjut).

Asyiknya dikelas ini begitu tahu masalahnya apa saja, kalau ada yang nggak paham dan cara perbaikan masalahnya gimana, kita bisa langsung tanyakan ke Coach-nya. 

Ada masalah, ada solusi πŸ˜‰

  • Bisa tanya apa saja dan langsung dijawab sama pakarnya

Nggak hanya masalah audit saja yang kami dapatkan dikelas ini. Coach menghalalkan kami para peserta untuk bertanya masalah-masalah yang muncul diluar site audit loh. Serukan. Kalau Coach lagi lowong kerjaan pasti langsung dibalas. Apalagi kelas Site Audit ini diprioritaskan loh sama Coach-nya, bahkan di pin juga loh di WA. Jadi kalau kami bertanya, nggak ada cerita dan alasan karena notifnya tenggelam, hehehe

Eittss, tapi yang ditanya masalah yang berhubungan sama blog aja yaa. Kalau masalah hidupmu dan jodoh mah berdoa dan tanya sama Tuhan bukan sama Coach πŸ˜‚πŸ˜‚

  • Diskusi bareng dapat ilmu baru

Kalau Coach-nya sibuk ada teman-teman dikelas yang juga paham tentang apa yang ditanya yang siap membantu sesama. Seperti yang sudah aku bilang, dikelas ini ada masalah ada solusi.

Tak jarang kami pun sering berdiskusi dan saling membantu satu sama lain antar peserta yang membutuhkan.

  • Kerjasama tim

Serunya di kelas ini nggak ada yang namanya senior dan junior, semuanya sama. Sama-sama belajar, sama-sama butuh ilmu, sama-sama memperbaiki masalah blognya masing-masing. Ada yang nggak tahu ditanyakan langsung saja ke group, kalau ada yang tahu nggak sungkan-sungkan untuk saling membantu satu sama lain.

  • Kelas satu-satunya tanpa materi

Dari awal Coach sudah bilang sih, nggak akan ada materi dan tugas. Apa yang kami kerjakan selama ini pun memang murni karena kemauan kami para peserta bukan karena paksaan dari Coach-nya. Bahkan Coach ada bilang, kalau nggak mau dikerjakan ya silahkan, nggak dikick juga kok dari kelasnya. 

Setelah jalan kelas, beuhh antara asyik dan bosan juga sih sebenarnya (bukan bosan kelasnya, tapi ngerjain perbaikan issue/masalah dalam blog), aku ngerjainnya nggak fokus sih nyambi saja. Kalau kita fokus kali malah bakal nggak ada postingan terbaru di blog, hehehe. Sangking seasyik itu loh memperbaiki masalah blog kalau sudah tahu penyebab dan cara perbaikannya.

  • Ada bonus tips & trik

Yang tujuan ngeblognya bukan lagi hanya untuk menulis tapi juga untuk dapat cuan, Coach Irwin memberikan banyak sekali insight untuk bisa sukses hanya dengan ngeblog. Apalagi nih yaa beliau ini sering banget ngelihatin income-nya kan aku yang masih bayik ini makin excited dan super semangat buat bersih-bersih blog dan tujuannya tentu saja hanya satu;

Kalau ada niat, usaha dan kerja keras pasti semuanya akan tercapai dengan mudah.

Masya Allah ternyata sebanyak itu manfaat yang aku dapat selama ikut kelas Site Audit bareng Coach Irwin dan kelasnya juga ternyata asyik banget. Berbeda banget sama suasana dan gambaran dari teman-teman yang sudah pernah ikut kelas Coach sebelumnya dengan ilmu yang berbeda, hehehe

Oke, setelah kita bahas apa itu site audit, kenapa blogger harus melakukan site audit, dan manfaat apa saja yang aku dapat dari kelas site audit ini, sekarang waktunya aku akan sharing bagaimana cara site auditnya agar teman-teman tahu masalah yang ada di blognya. Bisa dipraktikkan dengan secara mandiri juga kok. 

Cara Melakukan Audit Website (Site Audit)

Untuk melakukan Site Audit ini kita perlu memanfaatkan audit website tools untuk mengetahui masalah apa saja yang ada di dalam blog. Nah kebetulan banget Coach Irwin dikelas ini menggunakan tools dari Moz.com. Sudah nggak asing lagi dong sama tools satu ini? Itu loh web yang sering kita cekkin DA/PA blog. 

Berkat kelas ini juga aku baru tahu kalau di Moz nggak hanya sekadar mengecek DA/PA saja tapi lebih dari itu, salah satunya adalah untuk site audit. *Duh kemana saja aku selama ini.

Baiklah langsung saja yaa, apa saja yang harus teman-teman lakukan untuk bisa site audit.

1. Login terlebih dahulu ke Moz.com

Untuk bisa login ke Moz-nya disarankan banget menggunakan akun yang premium ya alias berbayar. Biar aksesnya lebih banyak dan bisa sepuasnya. Untuk kami para peserta nggak perlu ribet mikirin akun premiumnya. Karena Coach sudah menyediakan hal itu. Kami tinggal login-login doang setiap mau perbaikan atau saat update crawl terbaru setiap minggunya.

Cara site audit dengan moz.com

2. Pilih On-Demand Crawl

Setelah login dan masuk ke bagian Home Moz-nya, scroll kursor ke bagian bawah sampai kelihatan menu "On-Demand Crawl" lalu diklik.

3. Pilih root domain dan Tambahkan URL Blog

Kemudian teman-teman akan diarahkan ke halaman "Find and report site issue. Fast". Nah dibawahnya ada kolom/kotak untuk masukkan nama domain blog yang ingin dianalisis untuk melihat masalah apa saja diblognya.

Lalu tunggu beberapa menit atau paling lama 1x24 jam untuk menunggu hasilnya. Kalau lebih dari itu belum juga keluar hasil crawl-nya, teman-teman bisa menunggu hingga 2/3x24 jam yaa, jika lebih dari itu silahkan ulangi step dari nomor 2.

4. Pilih View Report

Setelah menunggu dan hasil crawl-nya sudah muncul maka akan kelihatan total issue (masalah) yang ada di blog kita. Nah digambar dibawah ini adalah total issue di blog pidaalandrian.com awal di crawl adalah 511 issue. 

Untuk melihat detail masalah apa saja yang ada, arahkan kursor ke bagian URL maka akan muncul view report, nah teman-teman bisa klik itu untuk melihat issue/masalah apa saja yang ada di blog. Nanti akan muncul diagram batang yang memperlihatkan issue apa-apa saja yang ada.

View repost untuk melihat hasil detail masalah blog yang ada

Nah kebetulan dari hasil crawl blog aku pertama kali yang menjadi issue-nya adalah URL postingan yang kepanjangan ada 184, artikel yang nggak ada deskripsinya total 214 (kebanyakan ini artikel lama sih), ada halaman yang error 404 alias not found ada 54, judul artikel kepanjangan 58 dan ada  judul yang pendek 1, hehehe.

Nah semua angka-angka itu jangan dilihatin doang yaa, tapi segera diperbaiki biar berkurang masalahnya πŸ˜„ ibaratnya penyakit kalau nggak dikasih obat ya sudah nggak bakalan sembuh juga.

5. Klik per-Diagram Batangnya

Setelah melihat total per-masalahnya, sekarang saatnya untuk melihat detail di page apa saja yang ada masalah. Teman-teman bisa langsung klik saja itu Diagram batangnya yaa.

Misal mau diklik dibagian diagram halaman yang error misalnya, ya nggak apa-apa silahkan saja. Setelah klik scroll ke bawah yaa. Akan muncul link-link halaman postingan blog kita yang ada masalahnya. Tinggal dicek dan diperbaiki deh tu.

Detail issue/masalah perhalaman postingan blog

Klik tanda panah sebelah kanan untuk melihat issue apa-apa saja yang ada di postingan tersebut. Misal dalam satu postingan/artikel ada 3 masalah/issue yaitu url panjang, judul panjang dan tidak ada deskripsi (punya aku kebetulan dalam satu artikel paling banyak 3 issue, ada juga yang lebih tergantung blog masing-masing).

Terlalu banyak masalah? Tenang, Moz juga menyediakan saran perbaikannya kok dibagian bawah, coba deh di scroll lagi. Akan ada "Moz Recommends Fixing".

Nah selesai deh untuk melihat masalah-masalah yang ada dalam blog, jangan lupa diperbaiki yaa jangan dilihatin doang, nggak akan ada perubahan. Ini hasil crawl terakhir issue untuk blog aku setelah melakukan perbaikan dari total issue 511, Alhamdulillah berkurang menjadi 187😍. Ini masih proses perbaikan juga kok sampai proses crawl terakhir karena kelas hampir selesai.

Hasil crawl terakhir pidaalandrian.com

Tentu saja untuk mencapai angka itu butuh kesabaran yang super buanyak sekali, karena saat proses perbaikan akan muncul efek samping yaitu kebosanan dan rasa mual karena yang dilihat itu-itu saja, hehehe. Plus harus hati-hati yaa, sangking asyiknya melakukan perbaikan jangan sampai lupa untuk tetap nulis, wkwkwk

Ahh ternyata sepanjang ini yaa aku nulisnya, hehehe semoga nggak pada bosan bacanya yaa. Udah aah cukupin saja dulu. Ntar malah nggak habis-habis lagi bahas kelas site audit yang luar biasa ini. 

Untuk langkah-langkah site audit menggunakan tools Moz.com kelihatan mudah bukan, silahkan coba dipraktikkan secara mandiri karena memang semudah loh itu ternyata. Gampil banget kan.

Kesimpulan

Setelah tahu gambaran tentang site audit sudah jelas dong seberapa penting dan perlu untuk melakukan site audit secara berkala supaya blognya nggak karatan didalam πŸ˜‚, rugi dong punya tampilan blog cantik ternyata banyak penyakitnya. Kan kasihan. Alangkah baiknya mau serius ngeblog, juga harus diperhatikan perawatannya.

Aku beruntung banget bisa lolos dan gabung dikelas Site Audit dengan Coach Irwin ini ada banyak hal yang sebelumnya aku anggap sepele, jadi malah harus diperhatikan banget. Yang sebelumnya nggak tahu apa-apa jadi lebih tahu.

Jadi teman-teman blogger, mau selama apapun atau bahkan baru mulai ngeblog sekalipun, seorang blogger harus melakukan site audit secara berkala yaa untuk blognya. Nggak hanya pengelolanya saja yang butuh sehat tapi blognya juga, hehehe.

#happyblogging

Related Posts

72 comments

  1. Alhamdulillah ya Mba Pida bisa join site audit batch 1. Aku juga ngerasain dulu ngeblog ya asal ngeblog aja. Nulis tanpa tau kaidah SEO dkk. Tahun 2020 tuh mulai deh beneran belajar apa si ngeblog itu, apa si SEO itu, dan sekarang belajar juga apa si itu site audit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, samaan kita. Toss dulu, wkwkwk
      Kayak semacam dapat hidayah dan berkah ngeblog yaa ditahun 2020 :)
      Mulai belajar dan serius juga.

      Delete
  2. Sayang banget ga bisa ikutan kelasnya.
    mudah-mudahan nanti ada kelasnya lagi biar bisa belajar site audit, kayanya seru site audit ini baca dari tulisan kak pida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ntar bisa ikutan ya pak.
      Seru tapi jadi banyak PR nya, wkwkwkwk

      Delete
  3. Mau banget kak ikut kelas coach Irwin, kak poda benar2 beruntung😊
    Kalo udh ikut ini, beuh blognya makin2 keren donk.
    Yeay, congrats ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Tinggal benahin malas nulisnya aja ini, hehehe

      Delete
  4. ini pakai moz gratisan apa premium ka? belum pernah nih aku site audit blog, jadi tau tipsnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Premium kak..
      Bisa dicoba kak, biar nambah PR nya, hehehe

      Delete
  5. Yah saya ketinggalan info kalau ada kelad dari Coach Irwin. Huhuhu, semoga bisa ikut selanjutnya deh. Beneran butuh ilmu soal site audit. Blog saya punya banyak masalah pastinya.

    ReplyDelete
  6. Ya bisa dibilang site audit ini penting. Termasuk dalam hal teknikal. Tapi nggak jadi fokus utama buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing-masing punya prinsip dan tujuan yang berbeda yaa kak dalam ngeblog ini..
      Kalau aku sih sambil belajar juga, nambah ilmu..
      Kalau kak Raja sihh uda senior, beda kelass ini maah

      Delete
    2. Wadidaw. Cuma saya sendiri kalau keasyikan ngulik hal-hal yang berbau teknikal, jadi suka lupa sama esensi utama ngeblog yaitu menulis. Dan juga karena kerjaan sudah disibukkan dengan hal-hal teknikal blogging, jadi blog sendiri dibiarkan mengalir saja.

      Delete
    3. Nah ini nihh yang ngebedainnya mastah sama junior wkwkwk

      Delete
  7. Mantap ulasannya mba. Apa kita satu grup ga ya? tapi saya mundur mba dari site audit, saya gak bisa mengerjakannya. Tapi bgus untuk pengetahuan dan website para blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, kita satu kelas nihh, hehehhe
      Ttetap semangat mba, lumayan bisa dipraktik sendiri yaa

      Delete
  8. Aku udah pernah cek blog ku. Dan memang banyak yang harus diperbaiki. Bener juga jadi mual2 kalau harus benerin banyak artikel. Hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, awal-awalnya emang seru, tapi kalau keseringan juga wasalah deh mba, hehhehe
      Makanya butuh selingan kalau ngerjain PR site audit ini :D

      Delete
  9. Dan report audit dari Moz sampai hari ini masih kuliatin doang, wkwkw. Belum kubener2in. Kereen deh aaah, semoga semakin semangat ngeblognya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang paling asyik ya diliatin doang ya coach, nggak ada kepikiran juga, wkwkwkwk
      Terima kasih mba, semoga bisa ngikut jejak panutan ini rajinnya nulis artikel :D

      Delete
  10. Ini sih yang paling mager karna dulu pas awal ngeblog gak mikir kesehatan blog, seo dll gitu2. Taunya curhat aja. Eh sekarang kenal sama hal itu jadinya malah banyak pr perbaikan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong mba..
      Awal dulu ngeblog mikirnya yang penting nulis lagsung publish aja. uda.
      Wkwkwkwk
      Sekarang-sekarang ini aja uda mulai ada tujua lainnya dari ngeblog :D

      Delete
  11. wah ini sih bagus banget mba artikelnya, web saya yang awalnya hanya buat nulis perjalanan saja, lama-lama beranjak menghasilkan cuan, mau ga mau harus melakukan audit website ini biar orang makin betah dan menarik juga para klien untuk kerjasama. wah menarik niy buat ikutan kelasnya Mas Irwin lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh mba.
      Iyaa mba, sama aku awalnya juga gitu. Tapi makin banyak kelas buat blogger yang aku ikuti perlahan2 uda paham dikit tentang ilmu blogger yang ternyata nggak hanya nulisd lalu posting doang, heheheh

      Delete
  12. aku juga jadi pengen audit blog ku nih, pakai moz harus yang berbayar kah atau bisa yang free?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa yang free mba.
      Dicoba aja dulu, ikuti langkah2 yang uda aku share di atas. Ggampil banget kok

      Delete
  13. kalau sudah dicari tahu begini jadi mudah untuk memberikan sentuhan di blog, jadi memperbaikinya lebih terukur dan terarah tanpa harus repot ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuls banget mba..
      Uda tahu perbaikinya untuk apa, dan manfaatnya buat apa.

      Delete
  14. Sejujurnya aku jarang melakukan site audit untuk blog aku, apalagi sejak bikin baru tampilannya pun belum banyak aku utak-atik...hadeuh sedih sebetulnya tapi aku suka mager, tapi merasa site audit itu penting. Ah gimana siy aku niy... πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun baru ini perdana mba. Biasa mana ada.
      Cuma nulis posting doang, mana ngerti yang audit2 gini kalau bukan dari kelas ini hehhe

      Delete
  15. Perlu banget ya ternyata Mbak Pida. Meskipun jadi puyeng sendiri pas lihat permasalahan yang ada wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeep. jadi semangat juga yaa pas audit sendiri.
      Karena sambil belajar juga jadinya..

      Delete
  16. Jadi tahu tentang pentingnya site audit, nih. Blog ternyata tidak sekadar menulis dan publish aja.
    Senang banget ikutan kelas coach Irwin, dapat banyak ilmu blog yang bermanfaat dan bikin tambah semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba..
      Selama ini aku tahunya ngeblog itu cuma untuk nulis terus posting doang, wkwkwk
      Ternyata lebih dari itu dan bikin seru juga

      Delete
  17. Seru juga nih site audit blog... Ikutan kelasnya gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau ada kelas-kelas blog gini ada infonya kak yang disharing dari FB atau WAG gitu

      Delete
  18. Waah jdi pengen ngecek jga, tpi blum pnya moz premium..
    Biar tau info kelasnya mas irwin gmna sih mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering pantengin FB nya aja mba, biasa sih ada infonya.
      Aku dulu itu daftarnya karena di share di WAG infonya

      Delete
  19. Sumpah jadi pengen juga, apalagi buat nyubi kek saya ini. Ijin save ya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe
      Semangat kak..
      Boleh banget kak, silakan, semoga bermanfaat yaa

      Delete
  20. Pengen ikutan site audit juga ah, sebelumnya postingannya sebanyak Kak Pida. Kalau sudah 500-an mungkin sudah teler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw
      Yang ikutan ada yang postingannya uda 1000-an malah mba. Bayangkan saja problemnya, bikin tepar dan jenuh waktu perbaikinya hehehehe

      Delete
  21. Aku dong sisa yg harusnya di benerin malah ku anggurin mbaa.. hehehehe, semoga setelah baca ini muncul semangat untuk memperbaiki blogku.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  22. Wah seru banget ya kak kelas site auditnya, jadi pengen ikutan, daftarnya di mana ya? Biar semangat juga nih buat memperbaiki blog yang udah lama dianggurin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah mba Gemaulani mah uda mastah inii..
      Aku kemarin itu dapat infonya dari WAG mba, dishare disana

      Delete
  23. Hi Mbak Pida, akhirnya saya berkunjung ke blognya Mbak nih.
    Saya pernah nyobain dan banyak masalah yang nyangkut dengan theme nya. Kalau udah gitu saya nyerah deh.

    Menurut mbak Pida, enaknya kalau audit sebulan sekali atau tiap kuartal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Welcome mba Renov :)
      Saya karena tugas kelas mau nggak mau harus dikerjain mba, kalau nggak dikerjain nggak lolos kelasnya hehehe

      Hmm, kurang faham juga aku mba, hehehe
      Mungkin bulanan kali yaa, biar nggak numpuk banyak masalah blognya.

      Delete
  24. Aku belum pernah melakukan site audit. Pasti banyak banget nih masalahnya blogku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun perdana audit blog ini mba Tri.
      Dan rasanya awut2an, wkwkwkw

      Delete
  25. baru denger ttg site audit. Taunya cuma benerin blog dr moz yg dlihat dr crawl2 itu. belum tahap kesana pasti blogku crawlny banyak banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Audit blognya juga dari Crawl itu mba, hehehe
      Kuy mba selangkah lagi buat audit blognya

      Delete
  26. Ini daftarnya di mana kak? Jadi pengen daftar juga, kayaknya blogku harus bersih-bersih nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemarin itu daftar kelasnya dari info yang dishare di WAG kak.
      Coba aja pantengin fb nya Mas Irwin kak

      Delete
  27. waaah semangat belajar terus kita mbak, hihi.. alhamduillah ya dapat kesempatan emas buat belajar site audit nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangett mba, ikut kelas site audit ini semangat ngeblognya pun jadi nambah..
      Walaupun kadang ada turunnya juga hehehe

      Delete
  28. asyiknya belajar bareng gini ya bisa sama-sama saling mengingatkan dan kerjasama yaa..
    saya berapa kali ingin ikut tapi takut tengah jalan ditendang karena gak bisa ikut ritme belajarnya, huhuhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh asyiknya dikelas ini nggak ada tendangannya kak. Tumben2 nya kan ini kelasnya Coach Irwin gk ada tendangan. Sukarela

      Delete
  29. Sesungguhnya site audit ini penting, tapi aku suka mager dan banyakan ngga ngertinya jadiiii... keburu males nerusin, huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun gitu nggak banyak gk pahamnya juga.
      Tapi Alhamdulillah karena ikut kelas jadi bisa nanyak2 sama coach nya hehehe

      Delete
  30. Site audit itu penting yah, udah nulis terus masukkan ke url buat indeks tulisan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba sebenarnya..
      Nggak cuma nulis terus posting doang ternyata hehehe

      Delete
  31. Selama ini ngeblog ya ngeblog aja. Haha gak kepikiran bersih2. Tapi pengennya menghias2 blog terus seperti ganti template, padahal harus aware juga nih sama beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bbetulls banget mbaa..
      Siapa yang menyangka yaa mba, ternyata ngeblog itu nggak sederhana kelihatannya wkwkwkw

      Delete
  32. jujur saya baru tahu nih, selama ini tahunya hanya nulis aja walau dikit-dikit mulai belajar teknik seo

    ReplyDelete
  33. Kita sekelas juga disini ya mbaa.. ehehehehe semakin lama aku semakin terpesona sama tpilamg hasil site audit blogku.. wkwkwkw terpesona untuk makin malas mengerjakan.. huhhuuh

    ReplyDelete
  34. Audit blog itu pekerjaan seumur hidup kayaknya. Huhu.. Banyak banget nih gak kelar2

    ReplyDelete
  35. Aku juga rutin nih mba ngecekin site audit kalo pas dapet moz berbayar kalo gak berbayar agak susah juga ngeceknya

    ReplyDelete
  36. Waaaa jadi pengen deh ikut kelasnya, daftar dimana ya mbak? Oya, site audit pake Moz mesti berbayar ya?

    ReplyDelete
  37. Perlu sih ini menurutku heheh. Kalo ngga, kita nggatau kondisinya blog kita kek apa yah. Dari luar keliatan bagus dan ok ok ajaa.

    ReplyDelete
  38. Nice banget infonya, walalupun jujur sampai sekarang masih males banget buat merhatiin yang kayak begini, kayaknya udah saatnya harus mulai.

    ReplyDelete
  39. dari kelas ini, jadi punya group wa blog anak didiknya mas Irwin, dan banyakmembantu materi yang diberikan

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email