Kelas Blogging Untuk Pemula; Blogspedia Coaching Batch 1

2 comments

Kelas Blogging Untuk Pemula; Blogspedia Coaching Batch 1

Rasanya masih belum percaya karena masih bisa bertahan di kelas Blogspedia Coaching Batch 1 sampai ditahap terakhir ini. AmazingKak sudah lulus ya? Beluuuum, wkwkwk. Kami para peserta kelas Blogspedia masih dan  sedang berperang ditahap terakhir alias ujian akhir untuk penentuan kelulusan. Doakan ya, semoga kami semua bisa lulus.

Dari sekitaran 60-an peserta hanya tersisa 30-an peserta. Hampir 50% peserta berguguran ditengah-tengah proses belajar dengan berbagai alasan. Ada yang tidak menyelesaikan tugas, lupa serahkan tugas di GC, ada yang nggak sanggup ngerjain tugas karena sedang hamil dan masih banyak lagi faktor-faktor yang membuat mereka terpaksa dikeluarkan kelas. Eh ada juga yang menyerah dan memilih keluar sendiri juga loh dari kelas. Mungkin mereka menganggap lebih terhormat keluar sendiri ketimbang kena tendangan kali ya, hehehe

Kelas ini super duper banget, dengan materi yang memang diperuntukkan untuk teman-teman yang masih newbie banget dalam dunia blogger. Benar-benar yang memang belum tahu apa-apa tentang blog ya, bukan blogger yang baru terjun diblog tapi jam terbangnya sudah mendunia, hehehe. 

Makanya bisa sampai ditahap ujian akhir ini rasanya kayak mimpi. Bahkan niatnya kalau lulus pengen rasanya mengapresiasi diri sendiri karena sudah bisa bertahan sampai tahap akhir.

Semenjak memposting tugas-tugas artikel blog dengan tag #blogspediacoachingbatch1 banyak yang bertanya tentang kelas ini dari teman-teman media sosial. Untuk itu dari pada teman-teman bertanya kesana-kemari, kali ini aku akan berbagi sedikit pengalaman aku dan apa-apa yang harus kalian tahu dari kelas ini ya

Apa Itu Kelas Blogspedia Coaching Batch 1?

Blogspedia Coaching Batch 1 adalah kelas khusus untuk teman-teman yang ingin ngeblog atau yang ingin menjadi seorang blogger tapi masih bingung mau mulainya gimana, dan untuk teman-teman yang sudah punya blog, tapi masih segitu-gitu saja ngeblog-nya, kelas ini punya solusinya. 

Sistem belajarnya Coach-nya akan sharing materi via Google Classroom dengan diskusi materi di WAG. Dalam satu minggu akan ada dua materi yang dibarengi dengan tugasnya langsung dengan deadline dua hari. Yang tidak mengerjakan tugas siap-siap deh kena tendangan alias dikeluarkan dari kelas.

Baca juga :

Perlu Nggak Sih Ikut Kelasnya?

Kenapa nggak. Buat teman-teman yang ngerasa ngeblognya B (dibaca; biasa) saja  ya harus ikutan dong untuk bisa upgrade ilmu dan meningkatkan kemampuan dan mempelajari hal-hal dasar dalam ngeblog. Yang sebelumnya nggak tahu, jadi tahu.

Yang mengaku seorang blogger kalau memang ilmu ngeblognya ngerasa sudah mumpuni dan tinggi yaa sudah nggak perlu ikutan lagi. Karena memang kelas Blogspedia ini diperuntukkan untuk teman-teman yang masih "newbie" banget.

Siapa pemateri dan pengajarnya?

Kelas Blogspedia dilatih oleh seorang ibu rumah tangga yang sudah mempunyai dua anak dengan pengalaman ngeblognya yang sudah mumpuni, yaitu Mba Marita Ningtyas.

Disela-sela kesibukannya menulis dan mengurus keluarganya, Coach Marita ingin berbagi dari apa yang sudah didapat selama beliau menjadi seorang blogger dan sekaligus sebagai ungkapan rasa syukurnya karena bisa bertahan dan lulus di kelas KGB, karena itulah beliau membuat kelas Blogspedia ini.

Betewe, kelas ini cuma punya satu guru tunggal loh, dan dedikasi Coach untuk kelas ini tiada duanya, hehe

Apa Yang Akan Didapat Jika Bergabung?

Jujur untuk aku pribadi yang walaupun mulai ngeblog sudah lama, tapi untuk ilmu bloggingnya semenjak bisa bergabung dengan teman-teman  di kelas Blogspedia terasa banyak sekali manfaatnya. Berasa bisa masuk kelas gratis tapi kelasnya rasa premium.

Untuk materi-materi yang diajarkan di kelas ini, dimulai dari yang paling dasar yaitu adab seorang blogger. Untuk lebih lanjutnya materi apa saja yang kami dapat selama ikut kelas Blogspedia adalah sebagai berikut;

Materi di kelas Blogspedia Coaching Batch 1

Total ada 20 materi dengan sistem satu materi satu tugas yang harus dikerjakan selama dua hari. Lebih dari itu siap-siap lambaikan tangan ke kamera. Nanti setelah semua materi selesai akan ada ujian akhirnya berupa tugas ODOP (One Day One Post) selama 7 hari.

Untuk penentuan lulus kelas sendiri ada di tugas ODOP. Dan dibagian akhir inilah rasanya sangat kewalahan, karena kita mau nggak mau harus bisa menyelesaikan satu artikel dengan maksimal 800 kata untuk satu hari dengan teman bebas kecuali dihari terakhir.

Gimana masih mau ikutan kelas ini? 😎

9 Persiapan Sebelum Ikut Kelas Blogspedia Coaching

Sebelum Blogspedia Coaching Batch 2 dibuka pendaftarannya, saran dari aku buat teman-teman yang ingin bergabung dikelas ini, persiapkan dulu alat dan perlengkapan perangnya. Biar saat bergabung dikelas jantung tidak syok dan yang punya riwayat sakit kepala, bisa jadi langsung kambuh kalau tidak mempersiapkan 9 hal berikut 😄

1. Niat 

Poin pertama ini jelas ya. Setiap kita ingin memulai atau saat ingin melakukan sesuatu pasti yang penting bersihkan niat dulu. Niatkan ikut kelas Blogspedia ini untuk apa dan siapa. Tujuannya untu apa. Karena kalau dari awal sudah punya niat yang nggak baik, pasti hasilnya juga akan tidak baik-baik saja. Bisa jadi, baru materi pertama sudah kena tendangan. Kan kasian.

2. Harus tahan banting, nggak manja

Tahan banting disini maksudnya, kamu harus siap-siap untuk bergadang kurang lebih selama 3 bulan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Pernah aku saat sedang asyik-asyiknya mengerjakan tugas menata dan mengganti template, sampai lupa waktu makan. Karena keasyikan utak-atik, rasa lapar pun tidak terasa sama sekali. 

Mengaktifkan isi kepala dan pikiran untuk membuat artikel tugas, buntu ide? Gimana caranya harus ada ide, cari referensi untuk artikel dimana saja. Pokoknya selama dikelas ini nggak ada cerita malas-malasan dan manja. Bingung? Baca lagi materi yang sudah dijelaskan di WAG.

Harus punya target menyelesaikan tugas sebelum deadline.

Baca juga:

3. Persiapkan skincare yang banyak 😄

Ini serius loh. Karena kan begadang mikir selalu buat selesain tugas-tugasnya, ya pasti akan ada efek samping yang terjadi pada wajah teman-teman, seperti jerawat misalnya. Karena kebetulan wajahku tipe-tipe yang kalau bergadang, jerawat muncul. Makanya aku saranin mana tahu wajah teman-teman juga sama sensitifnya seperti aku, wkwkwk

4. Anak dan Suami, mau nggak mau dinomorduakan?

Mau luluskan? Jadi sebelum memutuskan untuk ikut, pilih dulu prioritasnya siapa. Pandai-pandai atur waktu lah. Karena teman-teman di kelas Blogspedia Coaching Batch 1 sekarang ini hampir 80% pesertanya sudah berkeluarga bahkan ada yang masih balita anaknya.

Buktinya bisa bertahan sampai tahap akhir. Mereka saja bisa, masa teman-teman yang baru ingin bergabung, belum berperang sudah mundur.

5. Teliti dan sabar

Kunci sukses ada pada teliti dan sabar. Di kelas ini dua hal ini sangat diperlukan. Apalagi saat membaca instruksi tugas kelas, benar-benar harus bisa dipahami. Ada yang tidak paham? Tanyakan segera di WAG. 

Apa yang disuruh itu yang dikerjakan. Tidak ada perintah ya nggak perlu dikerjakan. Karena ada beberapa teman diawal-awal ikut kelas kena tendangan mba Coach karena sumit di GC, dan hal lainnya. Makanya teliti dan sabar sangat dibutuhkan.

6. Koneksi internet stabil

Saat ingin mengirim tugas koneksi internet ngambek, ya resiko. Pandai-pandai pesertalah mengilah koneksi internet yang sebelumnya tidak stabil jadi stabil agar lebih memudahkan saat pengerjaan dan menggumpulkan tugas.

Kan gemas jadinya, kitanya sudah cape-cape mikir tugas, ehh pas ngumpul malah koneksi atau paket internet sudah habis, wkwkwk

Jaga kesehatan dengan banyak minum vitamin

7. Banyak minum vitamin

Berhubung kelas ini berlangsung selama 3 bulan (nggak tau deh untuk batch 2 berapa lama), memang sudah seharusnya kita menyiapkan vitamin-vitamin yang diperlukan untuk tetap menjaga stamina tubuh. Tetap menjaga pola  makan. Karena sehat badan, tugas dikerjakan dengan maksimal.

Nah itu dia beberapa hal yang harus teman-teman persiapkan terlebih dahulu sebelum bergabung, biar keberuntungan saat bergabung di kelas Blogspedia tidak terbuang sia-sia karena faktor kesibukan dan hal-hal lainnya.

Dan selain tujuh hal di atas, kerja sama dan saling mengingatkan juga diperlukan didalam WAG nya, karena saat pengumpulan tugas, mungkin kita sedang lupa atau terburu-buru, nah saat ada teman WAG mengingatkan kita pribadi juga bisa terbantu.

Jadi gimana?

Tetap masih mau ikutan dan bergabung di kelas Blogspedia? Yakin? Kalau sudah, siap-siap untuk bergabung ya. Dan doakan kami semua peserta Blogspedia Coaching batch 1 yang tersisa bisa lulus sampai akhir ya dan bisa mendapat kesempatan menyicip materi bonus dari Caoch-nya.

Sukses untuk kita semua,

#happyblogging

Related Posts

2 comments

  1. Skincare, tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana tau mba untuk peserta selanjutnya butuh ini :D
      Kalau aku sih cuma maskeran sama hilangin mata panda aja sihh, wkwkwk

      Delete

Post a comment

Follow by Email