Marathon Coaching: Diskusi Santai tentang Blog

2 comments
Marathon coaching diskusi santai tentang blog

Masih ingat acara Marathon Coaching dengan tema diskusi santai tentang blog yang diselenggarakan oleh BRT Network dua bulan lalu? Setelah sebelumnya aku mengulas tiga materi yang dibahas saat webinar berlangsung, kali ini sehubungan dengan tugas dari kelas Blogspedia Coaching for Newbie tentang event, aku akan sedikit berbagi bagaimana pengalaman dan apa-apa saja yang aku dapat setelah mengikuti event tersebut.

Nggak apa-apa telat, yang penting ini bisa sekaligus aku jadikan sebagai catatan pribadiku selama mengikuti kegiatan seru di malam marathon coaching.

Ngomong-ngomong kegiatan ini digagas oleh tim dari BRT Network dan Growthing.id dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktoberdua bulan lalu selama tiga malam berturut-turut dari tanggal 25-27 Oktober 2020.

Pertama kalinya loh ini dalam sejarah aku bisa ikutan yang beginian. Jangan heran ya kenapa aku bisa ikutan kelas blogging, jarang-jarang kan πŸ˜‚padahal aslinya selama ngeblog mana pernah ikut-ikutan acara khusus yang ngebahas tentang blog gini. 

Bersyukur banget berkat kelas Blogspedia yang sedang aku ikuti sekarang ini, aku perlahan-lahan mulai paham sedikit-sedikit tentang bagaimana 'yang sebenarnya' dunia blogging itu dan apa-apa yang harus aku persiapkan. 

Yang ternyata seorang blogger itu nggak hanya sekadar menulis lalu post di blog saja loh tapi ada lebih dari itu jika kita ingin serius menekuni dunia blogging. Dan berkat Coach juga aku bisa ikutan kelas Marathon Coaching yang form pendaftarannya di share ke group WAG dan bisa mengenal sosok-sosok yang luar biasa menginspirasi seperti Mas Irwin, Mas Pewe, Mas Ilham, Mas Baim, Mba Monica, Mba Rini dan Mba Gemaulani.

Dan setelah diingat-ingat lagi aku bisa ikutan kelas Mba Marita berkat Mas Irwin juga loh. Waktu itu aku lihat postingannya Mas Irwin di FB πŸ˜€ setelah tahu siapa beliau ini aku syok dong. Aku kok bisa sudah temenan tapi nggak tahu menahu tentang beliau ini ya *kujugataksadarmengapa* πŸ˜‚

Oke, balik lagi ke pembahasan utama kita. 

Jadi kegiatan Marathon ini adalah kegiatan coaching dari Mas Irwin dan tim untuk berbagi ke para peserta webinar tentang bagaimana cara menguasai teknis-teknis yang diperlukan dan cara mengoptimalkan blog dengan lebih baik. Walaupun hanya tiga hari, tetap membuatku oleng dengan materi-materi yang benar-benar baru banget buatku.

Awalnya aku sudah agak was-was juga nih karena kegiatannya di malam hari dan di tempatku itu kalau malam sinyal untuk aktifin Zoom itu rada-rada ngambekan. Karena memang dari awal aku mau ikut sudah niat ingin merekam acara sampai habis biar sewaktu-waktu aku bisa menonton ulang dan Alhamdulillah walaupun nggak sesuai dengan hasil rekamannya yang kurang bagus aku tetap bersyukur bisa ikut kelas walaupun seringnya terpental keluar.

Oiya untuk pesertanya beragam loh. Maksud beragam disini, ada blogger senior dengan jam terbangnya tinggi dan ada juga para newbie seperti aku yang kala itu blog aku yang masih blogspot.com bersanding dengan blog para senior yang sudah berdomain, hehehe

Tapi semangatnya tetap sama dong. Walaupun hanya sebagai penonton dalam diam, inginnya sih bertanya tapi ku nggak paham mau tanya apa juga πŸ˜‚ Yang penting materi dapat dan bisa belajar pelan-pelan namun pasti. Setuju kan?

Diskusi santai tentang blog. Apa saja yang dibahas?

Apa saja yang dibahas tentang blog?

Buanyaaaakkkk. Bahkan mereka (dibaca: pihak penyelenggaranya; Mas Irwin dan kawan-kawan) tidak pelit untuk berbagi ilmu yang mereka ketahui walaupun diluar materi yang sudah ditetapkan dari kegiatan tersebut.

Apalagi kegiatannya diadakan via Zoom jadi nggak berasa serius-serius amat, bahkan para coach-coach seniornya saling bergurau dengan para pesertanya. Guyonannya ituloh, masya Allah kudu banyakin sabar.

Oiya kenapa aku panggilnya para coach juga? Iyaap mereka-mereka ini ada kelas khusus untuk para blogging juga, kelas KGB namanya. Hanya saja kelasnya lebih kepada materi-materi yang maha tinggi seperti SEO dkk. Bahkan mba Marita sendiri terinspirasi buat kelas Bogspedia dari kelas KGB ini loh. Sini aku bisikin satu rahasia dikelas KGB ini ada tendangan mautnya juga buat siapa saja yang tidak menyelesaikan tugas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Ngeri-ngeri sedap euy.

Malam pertama Coaching: bongkar rahasia page view blog

Di malam pertama tanggal 25 Oktober ada dua sesi. Yang pertama mba Rini yang jujur aku baru kenal beliau di acara ini yang sekaligus pemilik blog celotehdinihari.com dimana isi konten blognya buat para newbie seperti aku mupeng semupeng-mupengnya dan di sesi kedua ada narasumber misteri guest star yang sengaja nggak dibocorin identitasnya hinga tiba waktunya muncul.

Jadi dimalam pertama mba Rini berbagi pengalamannya tentang bagaimana cara meningkatkan dan mempertahankan page view blog sekaligus berbagi tentang seberapa penting PV ini buat para blogger. Materi yang cocok banget buat para newbie yang lagi butuh banyak sedekah banget PV blognya πŸ˜„

Dari PV ini kita bisa melihat seberapa banyak pengunjung yang datang ke blog, dan dari negara mana saja, bahkan kita bisa melihat pengunjung yang datang melalui jangka waktu tertentu. Oiya semakin tinggi page view blog yang kita miliki maka itu berarti kualitas blog dan kualitas konten kita semakin bagus. 

Untuk teman-teman yang penasaran tentang apa-apa saja yang disampaikan oleh mba Rini pada malam pertama coaching, kalian bisa baca artikel aku tentang cara bagaimana meningkatkan page view blog. Disana sudah aku rangkum secara lengkap Insya Allah poin-poin yang sudah disampaikan oleh mba Rininya.

Cara meningkatkan page view blog

Lanjut ke sesi kedua, ternyata guest star misteriusnya adalah Bahrul Ilmu yang sering dipanggil Mas Baim. Beliau ini adalah seorang blogger asal Pontianak.

Materi dari mas Baimnya tentang Google Analytics yang ternyata membuat kepalaku yang masih bayi ini semakin mumet teman-teman. Menyerah? Nggak dong. Aku malah semakin semangat karena nemu hal-hal yang baru yang sebelumnya aku nggak tahu.

Malam kedua Coaching: fotografi dan media sosial

Malam kedua yang tiba-tiba turun hujan dengan sinyal wifi yang timbul tenggelam ada Mas Ilham Fadli dan mba Gemaulani. 

Dimana Mas Ilham berbagi tentang cara bagaimana kita branding di media sosial menggunakan twitter dan facebook. Sedangkan Mba Gilang (panggilan buat Mba Gemaulaninya) berbagi tentang pengalaman beliau terkait fotografi.

Dari Mas Ilham aku jadi banyak tahu loh, ternyata kalau kita bisa memanfaatkan media sosial dengan semaksimal mungkin bisa membrandingkan diri kita sendiri loh dan ingat saat kita ingin membranding diri sendiri, kita ingin dikenal orang sebagai apa, misal sebagai bloggerkah dan lain-lain.

Untuk materinya Mas Ilham buat kalian yang penasaran sudah aku rangkum lengkap juga nih di artikel manfaat media sosial untuk personal branding. Semoga artikelnya bisa membantu teman-teman yang ingin membrandingkan diri di media sosial ya. 

Ngomong-ngomong malam kedua coaching ini termasuk malam yang bencana banget buatku, karena jaringan internetnya yang super duper nyebelin. Sewaktu Mba gilangnya mau paparin materi disesi kedua malah akunya yang nggak bisa nyimak sama sekali. Dan pas sudah lancar Zoomnya, malah sudah selesai saja dan syukurnya pihak penyelenggara mengirim file materi ke email para peserta jadi lumayan terbantu bagi yang tertinggal seperti aku ini.

Alhamdulillah untuk materinya Mba Gilang sudah aku rangkum juga di artikel tips fotografi keren dengan Smartphone. Jangan lupa mampir dan beri komentar kalian ya.

Malam ketiga: malam puncak yang paling ditunggu diskusi santai tentang blog

Kenapa yang paling ditunggu? Karena pada malam terakhir ini Mas Irwin dan Mas Pewe yang menjadi nara sumbernya. Tapi mereka tidak membahas materi khusus, hanya sekadar tanya jawab dan diskusi tentang seputaran blogging. Apappun. Iya serius pada malam terakhir itu semua boleh bertanya tentang apapun tanpa syarat. 

Walaupun boleh bertanya apapun, aku tetap jadi penonton dalam diam saja, heheh. Mau bertanya tapi bingung, sangking sudah banyak muatan materi yang aku tampung selama tiga malam coaching jadi perlu proses menelan pelan-pelan dulu biar nggak muntah. 

Pertanyaan yang diajukan dimalam ketiga ini kebanyakan para senior blogger sih ini. Karena menilik dari pertanyaan mereka seputaran DA/PA blog bahkan ada beberapa blogger yang menawarkan blognya buat di audit dan ini sekaligus membuat blognya di buka aibnya habis-habisan. Dibagian audit ini aku deg-degan loh, padahal blog mereka yang diaudit tapi akunya yang deg-degan karena penasaran proses audit ini ngapain dan apa saja yang diaudit. 

Saat semua pertanyaan dan audit blog sudah terjawab, waktunya pemberian doorprize buat semua peserta dengan cara random. Oiya disetiap akhir malam coaching ada pemberian doorprize alias harga pintu juga sih (aku bingung juga kenapa mereka menyebutnya harga pintu) cuma yang membedakan kalau di malam pertama dan kedua harga pintunya minus slot kursi kelas KGB.

Ada 3 Saldo Gopay dan 3 Saldo Ovo yang masing-masing diberikan 50k, 3 jurnal khusus yang terbuat dari kulit asli, 9 akun Canva Pro (yang setiap malam diundi untuk 3 orang peserta yang beruntung), 9 akun Moz Pro, 9 domain gratis my.id, dan yang terakhir yang dibagikan pada malam puncak 9 slot kursi kelas KGB.

Denger-denger sih kelas KGB ini sulit banget lolosnya, makanya banyak yang berdoa dan berharap banget dapat kelas ini. Dan lucunya di malam puncak itu aku juga kecipratan dapat 1 slot kursi KGB loh πŸ˜‚ tapi sayang waktu malam coaching itu blog aku masih unyu banget alias belum berdomain khusus seperti sekarang jadilah aku gugur. Maunya bisa ditunda ya, jangan gugur *ngarep, hehehe. Karena kan memang aku niatnya mau ganti domain dalam waktu dekat, nih buktinya aku sudah ganti. Tapi ya sudahlah mungkin memang belum rejeki.

Perasaan aku pas blog aku kepilih di harga pintu? Deg-degan dong pasti, hahaha. Tapi memang dari awal sudah ketebak juga nggak akan bisa. Jadi kuanggap saja ternyata blog aku bisa sehoki itu juga bisa mendapat hadiah harga pintu yang banyak diidamkan para blogger πŸ˜‚

Setelah mengikuti kegiatan marathon coaching ini lagi-lagi menyadarkan aku tentang banyak hal terutama bahwa blogku masih unyu banget, walaupun postinganku sudah banyak bukan berarti blogku sudah optimal. Masih banyak kekurangan yang harus segera dibenahi dan diperbaiki. Mungkin ya kalau aku masuk kelas KGB baru tugas pertama langsung kena tendangan madunnya Mas Irwin, wkwkwk.

Ternyata mengikuti kegiatan diskusi seru tentang blogging gini bisa seseru itu ya. Puas sih walaupun rasanya nggak bakalan cukup kalau diadakan hanya tiga malam saja. Berharap kegiatan serupa bisa dijadikan kegiatan rutin untuk para blogger agar bisa menambah wawasan lebih banyak lagi, terutama buatku pribadi.

Terima kasih buat para tim Growthing.id dan BRT Network buat diskusi santai tentang blog-nya yang ndaging banget. Sukses buat para coach dan sehat-sehat terus ya supaya bisa terus setia berbagi ilmu tentang blog untuk kami para unyu-unyu ini.

Related Posts

2 comments

  1. Pada malam ketiga aku tak sanggup mengikutinya,, hihihi
    jadi blogger banyak banget yang perlu dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangett mba, banyak banget ini PR nya *nggak boleh ngeluh nihh*.
      Kalau saran dr Mas Irwinnya, kl gk mau banyak PR, "hapus saja blognya", wkwkwkw

      Delete

Post a comment

Follow by Email