Cara Mudah Meningkatkan Page View Blog

4 comments
Page view


Meningkatkan page view blog sebenarnya perlu. Walaupun ada yang tidak perduli juga. Nah, bagi para blogger yang sangat memperhatikan jumlah page view blognya, boleh nih dibaca semoga bermanfaat ya.

Selain menulis diblog yang harus konsisten, ternyata ada hal yang nggak kalah pentingnya juga dari ngeblog, yaitu memperbanyak page view blognya kita loh. Nah bagi teman-teman yang sbeelumnya tidak terlalu memusingkan page view, mulai sekarang sudah harus memperhatikannya ya.  

Kenapa page view penting?
Mungkin bagi sebagian orang yang niatnya ngeblog hanya untuk menulis hal-hal yang ingin dibagi, page view ini tidaklah penting bagi mereka. Berbeda dengan orang-orang yang ngeblog yang mempunyai tujuan selain menulis, yaitu mencari penghasilan tambahan misalnya dan hal-hal lainnya. 


Nah, dari informasi Mba Marita selaku coaching di Blogspedia Coaching For Newbie tim dari Growthing.id dan BRTNetwork akan mengadakan Webinar Marathon Coaching Growthing.id yang akan berlangsung dari tanggal 25 Oktober 2020 s.d 27 Oktober 2020 dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2020 kemarin. 


Webinar Page View Blog

Di hari pertama atau tepatnya di senin malam, tim Growthing.id menghadirkan narasumber dari celotehdinihari.com yaitu Mba Rini Novitasari dengan satu narasumber misteri guest star yang masih dirahasikan dan masing-masing mereka akan membahas tuntas tentang pengalaman mereka terkait Bongkar Rahasia Page View Blog dan Google Analityc. 

Nah di postingan kali ini, aku akan merangkum materi yang dari mba Rini-nya dulu. Karena untuk yang dari misteri guest starnya aku masih rada bingung juga, belum terlalu paham, maklum masih awam, hehehe.

Jadi dari Mba Rini aku jadi lebih paham terkait seberapa pentingnya page view untuk sebuah blog diluar konteks dari tujuan awal kita membuat blog itu sendiri. 

Walaupun kita membuat blog dengan tujuan hanya untuk sekadar menulis tanpa page view pasti tulisan atau artikel yang kita tulis tidak akan banyak yang membacanya (tetap ada yang membaca, tapi hanya sedikit). Maka dari itu dibutuhlah page view ini untuk melihat seberapa banyak orang yang berkunjung ke blog kita untuk melihat artikel-artikel yang sudah kita terbitkan diblog.

Dan mungkin juga ada sebagian orang yang tujuannya membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi saja. Maka page view  baginya tidaklah penting. Karena bagi orang-orang tertentu ngeblog hanya untuk hobi, yang penting ia sudah menyalurkan apa yang ingin ia tuangkan ke dalam blog, ya sudah, selesai. Tanpa perlu memikirkan hal lain seperti page view blognya.

Tapi, setiap orang kan punya keinginan dan tujuannya masing-masing dan berbeda. Maka kali ini aku akan berbagi cara meningkatkan page view blog dari materi yang aku dapatkan di hari pertama 
Webinar Marathon Coaching Growthing.id  kemarin berlangsung. 

Sudah siap untuk menyimak?
Lanjutkan.

Masalah yang dihadapi para Blogger 


Sebagian mereka yang sudah lama terjun ke dunia blogging tentu saja pasti ada beberapa yang sudah memahami dengan baik seberapa penting page view buat blog mereka. Berbeda dengan mereka yang baru memulai untuk ngeblog dengan pemahaman yang kurang, pasti page view tidaklah dianggap penting.

Padahal page view ini salah satu poin yang bisa memicu semangat buat kita untuk tetap konsisten ngeblog loh.

Berikut ada beberapa masalah yang kerap dihadapi para blogger sebelum mereka menyadari betapa pentingnya page view blog itu sendiri.
  • Banyak blogger masih mengabaikan jumlah page views atau traffic blognya 
  • Apa manfaatnya menaikkan page view blog? 
  • Bingung bagaimana caranya meningkatkan page view blog 
  • Fokus ke Authority tanpa optimasi blog 

Apa itu Page View?


Sebelum memahami lebih jauh tentang apa dan seperti apa page view itu sendiri, ada baiknya kalian memahami terlebih dahulu apa sih page view.
“Page View adalah jumlah halaman yang dilihat oleh orang-orang yang mengunjungi blog kita.”
Dari jumlah page view kita bisa melihat berapa total jumlah orang-orang yang sudah mengunjungi blog kita sesuai dengan keinginan kita dari beberapa pilihan rentang waktu diantaranya yang bisa dilihat di dashboard blog masing-masing;
  • Sekarang (orang yang mengunjungi blog kita dalam kurun waktu sekarang. Biasanya nanti akan terlihat dari waktu jamnya)
  • 24 jam terakhir 
  • 7 hari terakhir 
  • 30 hari terakhir 
  • 3 bulan terakhir 
  • 6 bulan terakhir 
  • 12 bulan terakhir 
  • Semua (total seluruh pengunjung blog kita dari pertama kali kita memposting tulisan hingga sekarang). 

Page view blog
Tampilan Page View  di Dashboard blog berdasarkan "Semua"

Nah, dari page view ini sendiri kita bisa menilai dan melihat bagaimana kualitas blog kita sendiri. Karena semakin tinggi jumlah page view yang kita peroleh, maka kualitas dan konten blog yang kita punya akan semakin bagus. Untuk melihat jumlah page view  blog kita bisa melihatnya melalui dashboard di bagian Statistik.

Oiya, orang yang mengunjungi blog kita ini disebut juga sebagai user atau visitor ya.

Misalnya nih satu visitor mengunjungi blog kita, maka kita akan memperoleh satu page view (PV). Nah, jika visitor mengunjungi blog kita ini meng-klik halaman lain (judul postingan blog kita yang lainnya) maka kita akan mendapat satu tambahan page view lagi dan begitupun seterusnya.

Ada beberapa istilah lainnya yang yang sering digunakan di dalam page view ini, diantaranya:

  • UV/Unique Visitor adalah pengunjung blog yang datangnya sudah ditentukan oleh IP Address, cookies, browser yang sudah tersimpan disetiap browser.
  • PV/Page View adalah tantangan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung meng-klik satu tautan tertentu atau membuka halaman blog yang ada. 
  • Bounce Rate adalah persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti mengklik link ke postingan lain yang ada didalam blog kita. Karena satu visitor bisa mendatangkan banyak PV jika membuka banyak halaman.  

Baca juga:

Pentingnya Meningkatkan Page View Blog


Sebagian orang ngeblog tentu saja ada yang tidak hanya sekadar menulis dan berbagi saja. Berbeda dengan mereka yang niat awalnya ngeblog hanya untuk sekadar menulis dan hobi. Tapi bagi para blogger yang sudah memahami pentingnya page view tentu saja akan terus meningkatkan jumlah page view blognya mereka masing-masing, sehingga banyak visitor yang berdatangan ke blog mereka. 

1. Bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense 

Siapa sih yang nggak tertarik bisa ngeblog sekaligus mendapatkan penghasilan? Aku yakin semuanya berminat. Nah salah satu manfaat jika page view kita meningkat maka peluang besar untuk bisa mengajukan pemasangan iklan melalui google adsense akan jadi lebih besar. Dan untuk mendapatkan banyak penghasilan dari Google Adsense ini dibutuhkan page view yang tinggi.

2. Meningkatkan Conversion Rate

Jika di dalam blog teman-teman ada link referral (satu link eksternal yang mengarah ke akun bisnis/jualnya teman-teman), dengan page view blog yang meningkat tentu juga akan berpengaruh ke link tersebut, jika ada dari sekian visitor yang mengklik link referral tersebut di blognya teman-teman.

3. Page view tinggi juga menandakan konten dan blognya teman-teman berkualitas

Ini sangat jelas sekali ya. Bahwa siapapun visitor kita tentu akan melihat dari judul dan isi konten sebuah blog. Dan lagi jika page view blog semakin tinggi maka kemungkinan blog kita akan muncul di halaman pertama google search akan semakin besar pula peluangnya.

4. Bisa meningkatkan Rate Card (harga) 

Banyaknya pesaing di dalam dunia blogging mengharuskan untuk setiap para blogger untuk mempertahankan kualitas blognya masing-masing. Karena hampir secara umum klien akan mengajak blog kita untuk bekerja sama yang pertama kali akan di request oleh mereka adalah jumlah page view blog. Karena semakin  tinggi PV maka akan menguntungkan klien juga.

5. Peluang mendapat tawaran kerjasama lebih besar

Sebagian besar agency dan advertiser sekarang ini lebih mengutamakan page view blog tinggi yang menjadi syarat utama mereka mengajak para bloger untuk bekerja sama.

Nah itu dia dari beberapa manfaat yang didapat jika page view blog meningkat dengan baik. Dan tentu saja juga akan sangat menguntungkan para blogger. 

Sumber Page View Blog dari mana saja?


Adapun sumber-sumber page view blog yang bisa teman-teman peroleh adalah sebagai berikut:
  • Organic search adalah saat konten kita ditemukan orang-orang di google search karena kata kunci tertentu. 
  • Direct adalah saat orang-orang langsung membuka browser lalu mengetik nama blog/website yang kita miliki dibagian browsernya.  
  • Social adalah page view yang berasal dari situs-situs sosial seperti facebok, twitter, blogspot dan sebagainya. 
  • Referral sendiri mempunyai arti sebagai rujukan. Misal, ada visitor yang mengunjungi satu blog, lalu di blog tersebut terdapat link refrral maka si visitor ini diarahkan untuk meng-klik link yang ada untuk menuju ke luar blog yang sedang dikunjungi tersebut. 

page view blog

Cara Memperbanyak Page View Blog


Adapun cara agar blognya teman-teman mempunyai page view blog yang tinggi tentu saja ada langkah-langkah yang harus teman-teman lakukan terlebih dahulu demi hasil yang memuaskan.
  • Riset keyword adalah cara mudah yaitu sebelum memulai menulis artikel, ada baiknya terlebih dahulu teman-teman mencari rekomendasi untuk keyword artikel yang akan ditulis. Supaya orang-orang yang akan mengunjungi blog teman-teman itu peluangnya jadi lebih besar. Untuk riset keyword ini sendiri ada banyak pilihan, salah satunya bisa melalui neilpatel.com 
  • Menulis artikel SEO dan human friendly adalah menulis artikel dengan parameter SEO bisa teman-teman mulai dengan pilihan gaya tulisan dan bahasa yang paling nyaman, kemudian pemilihan keywordnya, jumlah kata dalam artikel, heading dan subheading, link internal maupun eksternal, optimasi gambar di artikel, dan yang terakhir menulis meta deskripsi. 
  • Link building adalah teknik tertentu agar website/blog lain memberikan link (backlink) menuju website kamu. Misalnya, ada yang ingin menerbitkan artikel di blognya teman-teman dengan syarat minta izin untuk membuat link building ini yang akan mengarah ke blognya sendiri. atau bisa juga diundang sebagai guest post. 
  • Membuat artikel trending atau yang lagi viral, yang ini menurut aku salah satu cara paling mudah untuk memperbanyak page view blog dengan cepat. Nah teman-teman bisa melihat topik yang sedang viral di https://trends.google.com/trends/explore. Setelah mendapat topik apa yang sedang viral, maka teman-teman bisa langsung menulis artikel tentang topik tersebut. 
  • Blogwalking, bisa saling mengunjungi blog orang lain untuk menambah wawasan dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak dikolom komentar postingannya. 
  • Optimasi Pagespeed, salah satu visitor akan merasa nyaman diblognya kita adalah karena kecepatan loadingnya. Jika lambat justru akan membuat para visitor malas untuk kembali mengunjungi blog kita. 
  • Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas, tentu ini menjadi perhatian pertama visitor saat berkunjung ke blog kita. Sebagai para blogger kita bisa memilih template yang tidak terlalu banyak warna, dan mempunyai tata letak blog yang jelas dan terarah sehingga bisa membuat visitor nyama diblog yang sedang dikunjungi.  
  • Search Console, digunakan untuk mengetahui performa blognya teman-teman di mesin pencari. 
  • Google Analityc, salah satu layanan dari google untuk membantu para blogger mengetahui statistic visitor diblognya mereka masing-masing. 

Gimana?

Sudah mulai tertarik untuk mulai memperhatikan page view blognya teman-teman?

Tidak perlu buru-buru kok, santai tapi tetap konsisten untuk menghasilkan page view yang diharapkan ya.

Jadi pada intinya, cara mudah untuk meningkatkan page view blog adalah melakukan perbaikan secara berkala terhadap blog kita agar terlihat lebih berkualitas dengan konten-konten yang bermanfaat. Dan tentu saja agar bisa mendatangkan visitor yang menjanjikan dan juga menghasilkan untuk para blogger.

Sekian untuk hari ini.
Semoga artikel tentang cara mudah meningkatkan page view blog ini bermanfaat buat aku, kamu dan kalian semua ya.

Related Posts

4 comments

  1. Bermanfaat sekali mbak ... Aku jadi lebih paham sekarang ... ��

    ReplyDelete
  2. Makasih tips nya mba, lagi ada target buat ningkatin page view nih :)

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email