Selamat Hari Blogger Nasional, Aku dan Blogku

2 comments
Blogger


Selamat Hari Blogger Nasional. Apa yang kalian lakukan untuk merayakan Blogger Nasional di tahun ini? 

Kalau aku setelah lama terjun ke blogger tepatnya tahun 2016 silam, baru kali ini ikut merayakan dengan membuat postingan khusus tentang Hari Blogger Nasional. Kenapa ada aku dan blogku dijudulnya? Sstt, itu satu rahasia yang akan aku ceritakan di postingan khusus perayaan blogger kali ini. Bukan karena aku sedang merayakan hari lahir juga loh yaa, wkwkwk 

Apakah aku bisa dikategorikan sebagai Blogger? Tetap bisalah ya (kudu percaya diri dong jawabnya), walaupun baru pertama kalinya membuat postingan Hari Blogger Nasional, hehehe.

Ngomong-ngomong tentang Hari Blogger Nasional, sudah berapa lama teman-teman ngeblog? Dan pencapaian apa saja yang akan/ingin teman-teman dapatkan dari ngeblog? 

Weiss, pertanyaanku kali ini mantap betulkan. Berasa sudah seperti jurnalis yang kepo sama harapan dan impian teman-teman Blogger, kwkwkwk. Padahal blog sendiripun belum keurus dengan baik.

Oke, sebentar-sebentar. Nanti dulu jawabnya. Tahan sebentar.

Jadi sebelum aku bahas pencapaian-pencapaian yang ingin aku dapatkan dari blog, sudahkah teman-teman tahu sejarah terbentuknya Hari Blogger Nasional ini?

Ada beberapa poin yang akan aku bahas di postingan khusus Hari Blogger Nasional kali ini yang semoga saja bisa menambah wawasannya aku, kamu dan teman-teman ya. 

Baca juga:

 

Sejarah Terbentuknya Hari Blogger Nasional


Ngomongin sejarah, pasti ada satu cerita dibalik satu kisah lainnya kan ya. Begitu pun Hari Blogger Nasional. Tahu nggak sih teman-teman, ternyata Hari Blogger Nasional sebelumnya dicanangkan oleh Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika RI bertepatan dengan pembukaan Pesta Blogger yang di adakan pada tanggal 27 Oktober 2007. Nah selang empat tahun kemudian, Pesta Blogger berubah menjadi Event On Off Indonesia (OnOffID). Yang kemudian di tanggal dan bulan yang sama ditetapkanlah sebagai Hari Blogger Nasional.

Blogger Nasional sudah berumur 13 tahun teman-teman. Sudah remaja loh dia, wkwkwkw

13 tahun sudah. Wow.

Usia blogku? 4 tahun, wkwkwk. Tapi nggak apa-apa ya, kan masih dalam tahap belajar dan terus belajar untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang.

Seperti blog yang aku pilih untuk menjadi tempat atau wadah saat menulis review-review buku maupun hal-hal lainnya yang masih sepupuan sama perbukuan (semoga niche blogku tetap kuat iman sampai akhir, nggak tergoda sama lifestyle blog *Aamiin.). Tanpa blog aku hanyalah manusia biasa. Ada blog pun aku tetap manusia biasa kok, hehehe


Blog

Aku dan Mereka Blogger


Sudah punya blog otomatis menjadi seorang blogger kan ya. Iya nggak sih??

Nah supaya kita menjadi seorang blogger yang benar-benar blogger tentunya kita butuh orang lain kan ya atau butuh orang-orang yang ahli atau profesional di dalamnya.

1. Ingin menjadi seseorang??

Tentu saja butuh orang lain kan ya. Karena kita hidup butuh orang lain. Atau mungkin ada teman-teman yang bisa hidup sendiri tanpa butuh orang lain lagi??

Nah di dalam dunia blogger, tentu banyak sekali orang-orang sukses yang sudah berkecimpung di blogger sebelum kita dengan potensi dan keahliannya mereka masing-masing.

2. Lalu apa hubungannya dengan Aku dan Kamu Blogger?

Sama halnya dalam berteman di rill kehidupan, di pem-bloggeran (? Tolong bantu koreksi dong aku agak bingung milih kata-katanya yang ini) juga butuh berteman. Dengan tujuan, bisa saling belajar bersama (diskusi bareng), sharing ilmu dan juga nantinya akan banyak informasi-informasi yang tentunya sangat bermanfaat untuk diri kita dan juga blog kita sendiri.

Jadi pengalaman aku awal-awal mulai menulis di blog, aku dulunya hanya terfokus follow pada teman-teman blogger khusus yang niche-nya juga buku. Padahal yang seharusnya (sebaiknya) kita berteman dengan siapa saja tanpa melihat niche-nya mereka. Bukankah dalam berteman tidak ada ketentuan kriteria dan semacamnya.

Dalam memilih teman nggak hanya dari individu ke individu saja kok. Kita bisa bergabung dalam beberapa komunitas blogger yang ada di Indonesia loh. Komunitas blogger sekarang ini banyak bertebaran dimana-mana. Baik dari perwakilan dari setiap daerah misalnya, seperti Aceh yang punya Komunitas Aceh Blogger nya juga.

Nah dari komunitas-komunitas tersebut kita bisa menjalin pertemanan dengan blogger-bloger yang ada di dalam dan diluar daerah kita sendiri. 

Siapa tahu kan ya, dengan kita berteman dengan beberapa blogger diluaran sana dengan niche mereka yang berbeda kita akan mendapat kan banyak ilmu dan jangkauan wawasan yang luas, baik itu terkait ilmu blogging misalnya atau hal lain diluar blog.

Nah, berhubung kita berada di Negara Indonesia, bertemanlah dengan para blogger Indonesia terlebih dahulu. Nanti kalau B.Inggrisnya sudah cakep baru deh lanjut ke blogger luar Indonesia, hehehe biar pertemanan kita semakian mendunia *ciyeee*. 

Contohnya nih, aku kan sekarang lagi ikutan Blogspedia Coaching For Newbie, nah dari kegiatan ini aku bisa mendapat banyak kenalan teman-teman baru yang sama-sama berkecimpung dalam blogger yang juga mereka berasal dari berbagai daerah. Dari mereka aku bisa mendapat banyak tambahan ilmu dari sharing-sharing bersama di group dan saling blog walking ke blog mereka.

Apa yang Aku Harapkan dari Blogger?

1. Bisa membuatku terbiasa mengatur waktu

Karena dalam ngeblog kan butuh postingan yang di update kan ya, jadi dengan adanya pengaturan waktu aku bisa membuat jadwal kapan-kapan saja aku akan mengupdate tulisanku di blog.

Jangan sampai setelah membuat blog, postingan update malah enam bulan sekali atau bahkan satu setahun sekali. Walaupun sampai sekarang kadang jadwal posting di blogku masih acak-acakkan, wkwkwk. 

2. Menjadi seorang penulis hebat *eciyeeeee

Jujur ini impianku dari SMP atau SMA gitulah. Semenjak punya hobi baca sampe sekarang impian ini nyangkut terus di selokan, wkwkwkw. Ntah siapa yang harus disalahkan. Sifat malasnya aku? Atau akunya yang sok sibuk?

Dengan adanya blog ini, aku berharap dengan usia blogger yang juga sudah remaja menjelang dewasa *uhuyy* aku juga bisa ikutan jadi lebih baik lagi dalam menulis. Semangat menulis terus bertambah dan tulisanku membuat orang-orang nyaman saat membacanya. 

3. Bermanfaat buat orang lain

Nggak hanya bermanfaat buatku sendiri, apapun yang nantinya aku tulis aku berharap apapun itu juga bisa bermanfaat buat orang lain.

Seperti review buku misalnya. Buku-buku yang aku review di blog ini semoga bisa menjadi refrensi yang bagus buat teman-teman atau siapapun yang sedang mencari bacaan yang menarik untuk mengisi waktu luangnya.
Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”
(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadist ini dihasankan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’).
Nah itu dia beberapa poin yang menjadi harapanku di hari jadinya Blogger Nasional ini untuk blogku ke depan. Dan alasan inilah kenapa di judul postingan ini aku munculkan “Aku dan Blogku”, heheheh.

Semoga postingan ini bermanfaat buat aku, kamu dan kalian semua yaa.
Selamat Hari Blogger Nasional teman-teman.

Sumber cuplikan sejarah blogger : https://www.jmc.co.id

Related Posts

2 comments

  1. Tolong impian yang nyangkut di selokan itu dimandiin dulu kak 😵🤭

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email