Alasan Menulis Di Blog Di Waktu Kegiatan Super Padat

48 comments
Menulis di Blog


Ditengah-tengah kesibukan, kenapa memilih menulis di blog? Padahal pekerjaan di dunia nyata nggak kalah banyaknya nambah lagi kerjaan di blog.

Jadi ada beberapa alasan yang melatarbelakangi aku untuk terjun di dunia blogging.  Sebelum aku bahas lebih lanjut jangan heran ya kalau postingan kali ini diluar topik utama (tentang buku), tapi kalau disangkut-pautkan lagi dengan topik utama tetap nyambung kok, walaupun seumprit, wkwkwkw.

Jadi kenapa hari ini postingannya agak berbeda dari biasanya?

Karena aku ini bisa disebut juga sedang/mau memperbaiki diri demi kelangsungan blogku ini supaya nggak berasa nggak ada penghuninya, kan sereeem. Mau lebih komitmen. Biar nggak ada karma. Bukankah ada yang bilang, kalau kita PHP-in orang, orang juga bakal PHP-in kita suatu saat nanti??? 

Jadi dari pada aku PHP-in orang gegara update postingan yang nggak muncul-muncul jadilah aku update postingan ini disini saja, hehehe.

Jadi berawal ketemu selebaran di Facebook tentang Blogspedia Coaching For Newbie yang ownernya adalah Mba Marita, aku tergiur dong jadilah mendaftarkan diri. Dan postingan ini salah satu dari tugas pertama itu (maafkan aku jika postingan ini muncul karena demi supaya tidak terkena tendangan mautnya Mba Marita), wkwkwkw.

Nah di tugas pertama ini Mba Marita memberikan tugas kepada kami (para member? / peserta? Terserahlah mau nyebut apa) untuk menulis essay dengan judul “Mengapa menulis di Blog & Tips mengelola waktu. Kurang lebihnya The Big Why nya aku dengan blog ini. Mantaap kan. Makanya aku pun tercetus judul cuakep di atas itu di kepalaku, heheheheh.

Alasan menulis di blog di waktu kegiatan super padat

Ada apa dengan Blog?


Kalau diingat-ingat kayaknya ada total 2 blog yang dulu aku buat. Jangan tanya nama blognya apa yaa, karena uda pada menghilang. Blog pertama berisi semua lirik-lirik lagu. Jadi pada zamanku itu lagi musimnya setiap ada lagu keren atau yang disukai pasti aku tulis liriknya, jadi ketimbang aku buang-buang isi tinta pulpen gegara menulis lirik-lirik lagu di khusus buku tulis  muncullah blog itu. 

Awal-awal lumayan rajin aku postingnya, hingga suatu hari lama-lama kesukaan dan hobi berganti dan blog itu pun tenggelam ke rawa-rawa ntah berantah.

Yang kedua ya blogku ini, yang paling cuakep ketimbang blogku sebelumnya (menurutku loh yaa ☺). Yang sudah aku rawat seperti anakku sendiri walaupun akhir-akhir ini juga menyusut dan memprihatinkan postingannya. 

Alasan dibalik kemunculan blog ini adalah karena hobi aku yaitu baca buku. Jadi saat ada buku-buku bagus menurutku rasanya nggak asyik saja kalau semuanya ku simpan sendiri, ada satu keinginan yang juga ingin berbagi kepada orang-orang bahwa ada buku-buku bagus yang menurutku wajib dibaca. 

Maka dari itu muncullah blog ini. apalagi pada masa itu juga kebetulan ada komunitasnya yaitu Blogger Buku Indonesia. Tapi sayangnya sekarang para Blogger Buku pada berpindah haluan ke Instagram. Nahh salah satu pemicu sepinya postingan di blogku ini ya itu. Walaupun di setiap tahunnya/bulan aku usahakan untuk update postingan walaupun hanya 2/3 post saja. Biar nggak apa kali kan.

Baca juga :

Kenapa harus menulis di blog?


Nah alasan aku lebih memilih kenapa menulis di platform blog adalah karena disini bisa menulis sepuasnya. Mau sepanjang rel kereta api pun bisa, silahkan. Tidak ada yang melarang. Apalagi blogku memang khusus membahas tentang seputaran buku kan. Misal review buku, aku bisa menulis apa saja terkait kesan-kesan membacaku secara panjang-panjang tanpa ada batas makisimalnya. 

Umpamanya; ini rumah kita. Ya sesuka hati kita laah mau ngapain aja. Dengan catatan tetap dengan norma-norma yang berlaku selaku aku ini manusia yang baik budi dan pekertinya, wkwkwk.

Hmm… Pasti Anda ini pengganguran yaa?

Oh wait! Siapa bilang????

Memang orang pengangguran saja alias yang nggak ada kerjaan sama sekali yang cuma bisa ngeblog? Siapa bilang? Helloooow, tolong sebutkan siapa yang bilang begitu? 

Kodratnya setiap manusia itu pasti punya kerjaan. Sekecil apapun itu.  Contoh dasar, bersihin diri? Mempercantik diri? Termasuk pekerjaan juga kan.

Buktinya diluar sana banyak kok orang yang super-duper sibuk bisa nulis di blog, bahkan ada yang menjadikan blognya itu sebagai tempat pekerjaan sampingannya.

So, orang lain saja bisa, kenapa kita tidak!

Alasan menulis di blog

Atur Waktu Ngeblog?


Mungkin disini aku pun belum tepat untuk memberi wejangan dalam mengatur jadwal menulis untuk blog yang disandingkan dengan kesibukan/aktifitas di dunia nyata. 

Bisa update postingan satu saja dalam sebulan sudah sujud syukur akunya (DILARANG KERAS UNTUK DITIRU). tapi mungkin aku bisa sedikit berbagi dari materi pertama yang sudah di sharing oleh Mba Marita.

Untuk normalnya, biar blog nggak bersarang laba-laba, minimal postinglah seminggu satu kali. Jadi total ada empat postingan dalam satu bulan. 

Mau satu bulan sekali saja? Kok berasa horror ya kedengarannya. Karena aku pernah seperti itu, memang benar kok kelihatan horornya. Merasa kasihan sama blognya. Mungkin kalau blog bisa berbicara pasti dia bakal bilang “ngapain lo buat gue kalau ujung-ujungnya bakal lo lupain juga”. 

Kalau aku pribadi gimana?


Kurang lebih hampir sama prinsip yang aku terapkan untuk update post sebulan ada 4 postinganlah minimal. Tapi semakin di dua tahun belakang ini, prinsip pun semakin abai karena faktor kemalasan juga stuck saat memulai menulis. 

Yaa bagi aku pribadi, untuk memulai sesuatu apalagi berkaitan sama menulis juga butuh mood yang bagus pula, biar menghasilkan tulisan yang sekiranya memuaskan untuk diri sendirilaah. Padahal untuk kegiatan membaca buku Alhamdulillah tetap berjalan, walaupun menulis review buku yang aku baca mengalami kemacetan total.

Jadi, walaupun dengan segudang kesibukan di dunia nyata, ngeblog tetap ada waktunya toh. 

Rencanakan masa depan


Nggak hanya kehidupan nyata saja yang butuh masa depan, blog juga butuh loh. Yaa sebelum membuat blog, atau sebelum membuat blog, apa yang melatar belakangi kamu untuk membuat blog. 

Seperti halnya aku, awal mula membuat blog ini karena ingin berbagi apapun kesan selama aku membaca buku-buku tertentu yang kemudian aku tuangkan ke dalam bentuk tulisan yang kemudian aku post disini.  Semacam review buku.

Nah setelah itu mau dikemanakan blog ini? Anggap saja blog ini adalah rumah keduamu. Yang sewaktu-waktu pasti akan kamu kunjungi. Dan tentu saja sebuah rumah harus ada isi-isinya kan, selain mempercantik tentunya. 

Jadi untuk mengisi blog aku ini ya tentu saja dengan postingan yang rutin atau terjadwal dan tentu saja bermanfaat. Untuk itu denga niat Bismillah, semoga dengan dimulainya hari ini, blog aku tidak terabaikan lagi yaa *aaamiiin berjamaah*. 

Kasih sayang yang akan aku curahkan ke blog ini ke depan semoga menjadikan blog ini sesuatu yang bermanfaat kepada teman-teman, walaupun yang aku sharing seputaran buku-buku. Insya Allah pasti akan ada manfaatnya, walaupun hanya satu atau dua postingankan.

Nah gimana??
Sudah ada gambaran kan kenapa aku tetap menulis  walaupun ditengah-tengah kegiatan yang super padat.

Pada intinya sih, pandai-pandailah mengatur waktu kerjamu dengan menulis, baik itu di blog dan di platform lainnya. Insya Allah kalau ada niat baik pasti akan menghasilkan hasil yang baik juga untuk blog kita sendiri.

Semoga postingan menulis diblog ini bisa memperkuat dan membuat aku, kamu dan kalian semua untuk terus berkomitmen bersama dan mulai menulis di blog tanpa harus ada yang terabaikan ataupun diabaikan ya.

Tetap semangat.

Related Posts

48 comments

  1. Kereeen.. udah lama ya mbak ngeblognya. Nichenya juga udah jelas tentang review buku ya. Mantaap sih. Semoga semakin istiqomah ngeblognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba..
      Blognya uda lama, postingannya ini yang hilang-timbul, hehehe
      Aaamiin Mba, semoga mulai rajin2 update lagi ini.
      Dan semoga juga bisa lulus sampe tahap akhir belajar bareng Mba Maritanya :)

      Delete
  2. blog nya bagus,aku suka..isi artikelnya juga udah lumayan banyak, mereview buku-buku yang insha Allah bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaa....
      Pengunjung pertama BW di rumahku *aku terharu*

      Hehehe, Aamiin...
      Makasih Mba Heny sudah berkunjung.
      Alhamdulillah Mba masih dlm tahap berbenah juga ini biar gk kalah cakepnya sama blog cikgu kita, wkwkwk

      Delete
  3. semoga istiqomah dalam menulis di blog. orang lain juga bisa kenapa kita tidak? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaayyy setuju sama kak Novi *Toss*

      Btw, terima kasih kak sudah berkunjung ke blogku :)

      Delete
  4. Ternyata rumahnya udah komplit ya, mbak *Terkesima
    Tulisannya asyik, mengalir jadi enak dibaca. Melipir baca-baca review bukunya juga joss banget. Semangat berbagi review buku ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini rencana mau di rombak lagi Mba template nya :)
      Kl blm SEO friendly gk kan kelar2 ni template sik beurbah2 aja, wkwkwk

      Makasii kak uda berkenan berkunjung ke rumah sederhanaku ini :)
      Siap kak, insya Allah.

      Delete
  5. Mbaaak... Sepertinya sudah pro inii.. tulisannya keren sekaliiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,
      Masih dlm tahap belajar juga ini mba :)

      Btw, makasih yaa mba sudah berkunjung ke blog ku :)

      Delete
  6. Bagus, bisa belajar ngereview buku di blog ini nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mba Tami :)
      Heheheh
      Silakan mba, semoga bisa membantu ya :)

      Btw makasih yaa mba sudah berkunjung ke blogku yang sederhana ini ;)

      Delete
  7. Aku suka blog kaka. Karena isinya tentang buku, Temanya juga simple tapi punya ciri khas gitu. Bahasa Kaka juga renyah aku baca ditulisan. Istiqomah ya ka. Aku juga belajar dari Kaka nih he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih Mba Yulia..
      Aamiin, semoga kita semua bisa istiqamah terus ya dengan blog :)

      makasih juga sudah berkunjung ke blog ini :)

      Delete
  8. Waah, aku juga pengen sahring gitu mba dari buku yang aku baca tapi masih belajar biar gak spoiler dan penyampaiannya enak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mba, semoga keinginannya untuk bisa sharing ttg buku juga segera tererealisasi yaa..

      Terima kasih sudah berkunjung ke blogku :)

      Delete
  9. Aku suka gaya tulisannya, mbak, kayak lagi ngobrol sama temen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, makasih mba, semoga bermanfaat yaa..
      Dan terima kasih juga sudah berkunjung ke rumahku yang sederhana ini yaa :)

      Delete
  10. Maafkan kalo nanti aku sering mampir ke sini, ya. Mayan nih, ada tambahan bacaan buku 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, dipersilakan sekali mba. Sering-sering juga boleh loh mba, hehehe
      Dan terima kasih juga sudah berkunjung ke blogku ini ya :)

      Delete
  11. Suka sekali baca artikel ini, serasa ngobrol.
    Setuju, Mbak, sekarang banyak yang pindah jadi bookstagrammer. Saya suka lihat foto-foto buku berjajar cantik-cantik, tapi rasanya selalu kurang lengkap, kurang berasa diajak ngobrol dengan sesama pecinta buku, kurang bebas untuk diskusi. Kalau di instagram rasanya lebih seperti dipamerin.😅
    Kalau di blog memang bisa panjang lebar. Tetap pertahankan kelangsungan hidup blog ini, Mbak, ada orang-orang yang masih menunggu diajak ngobrol via blog tentang buku. Nggak nyesel saya menemukan blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uuwaaaaaaa... Seneng aku tuh kalau ketemu teman baru yang juga tau tentang #bookstagrammers :) *terharuuu
      Mohon doa restunya juga ya Mba Nia, biar blog ini tetap awet dan bisa kelihatan kehidupannya lagi, heheheh
      Iyesss bener banget, di blog mau kita tulis review nya sepanjang kereta api pun bebas, nggak ada batasnya beda dgn IG, wkwkwk

      Btw makasii Mba Nia uda berkunjung ke rumahku yang sederhana ini :)

      Delete
  12. Seru baca tulisannyaa, serasa lagi bercerita dengan tatap muka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, makasih mba sudah baca tulisan aku dan berkunjung kesini :)

      Delete
  13. Aku juga suka baca buku. Di blogku nanti bakal ada label review buku. Kalau buat niche khusus buku belum bisa. Gatel tangannya kepingin nulis gado² heuheh. Kerenlah Mbak Pida. Semoga istiqomah selalu dengan blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kl punya blog yg gado2 justru gak ada ide nulisnya, karena gk mahir merangkai kata dgn bebas. Kl review buku, tiap selesai aku baca tinggal nulis review nya aja, jadi lebih gampang :)
      Aamiiin.
      Di tunggu ya postingan review nya juga biar kita ntar bisa saling sharing juga, heheh

      Btw, makasih sudah berkunjung ;)

      Delete
  14. Wah, bisa masuk list blog yang bisa dikunjungi untuk mencari rekomendasi buku nih. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh, sialkan mba. Pintu blogku terbuka utk siapa aja yg mau nyari referensi bacaan :)

      Delete
  15. Baca berasa ngobrol langsung sama penulisnya, tulisannya ekspresif hehe. Sukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih mba,
      itu aku lg curhat mba ceritanya, wkwkwkw

      Btw, makasih mba sudah berkunjung ke blogku :)

      Delete
  16. Hobi baru, niche blog pun baru.

    Suka sama konsep blog ini "Book and I" kesannya buku sudah mendarah daging.

    Semangat terus, Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, makasih mba :)
      Tetap semangat untuk kita semua, smeoga bisa tempur sampe akhir ya mba kita :D

      Delete
  17. Keren banget mba, semoga ketularan nih nanti bisa review buku juga 😄 semangat dan sukses selalu ya mba ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh..
      Aamiin, aku bantu doa biar ketular review nya yaa mba :D

      Maksihh mba, tetap semangat dan sukses tempur sampe akhir untuk kita semua :)
      btw mba makasih ya sudah berkunjung.

      Delete
  18. Masa mudanya kayak aku dulu nih, ngoleksi lirik lirik lagu.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, masa muda kita zaman dulu gk model gadget mba.
      Tapi asik nulis2 lirik lagu :D

      Delete
  19. tulisannya bagus mbak, keren ... biasanya sebulan habis berapa buku mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba,
      Tergantung kesibukan dunia nyatanya mba.
      Kl lagi lowong Alhamdulillah dlm 1 minggu bisa kelar 3-4 buku kadang bisa lebih juga kl baca buku via digital :)

      Delete
  20. Review buku memang kerrren untuk selalu diulas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr mba, ada kepuasan sendiri tiap selesai nulis review nya :)

      Delete
  21. mantap sekali mbak tips-nya. semoga kita semakin istiqomah dalam menulis kebaikan di blog ya. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Dan gak bolong2 lagi ya kl update postingan hehehe

      Delete
  22. Kembali diingatkan pada pentingnya merawat blog dengan membuat komitmen membuat postingan setiap bulannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba, dan komitmennya ini butuh tekad yang kuat supaya bisa tetap bertahan nulis.

      Btw mba, makasih ya sudah berkunjung ke blogku :)

      Delete
  23. tipsnya..mantab banget. memang untuk menggapai mimpi. Menentukan prioritas.Baca tulisannya.. Jadi semangat nge-blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,
      Makasiih mba :)

      Tetap semangat dan sukses selalu ya untuk kita semua.

      Delete
  24. Sama mbak, blogku juga timbul tenggelam, padahal sudah disemangatin sama emak-emak disebelahku. Alhamdulilah tahun ini mulai rajin lagi. Tapi niche masih gado-gado tidak seperti blog ini yang sudah punya ciri khas sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak sih enak ada yang disebelah, wkkwkwk
      apa aku juga kudu segera nyari orang yg disebelah?? :D

      Cobaan ku pak, ya timbul tenggelam itu.
      Btw, makasi ya pak sudah berkuncung ke blog ku :)

      Delete

Post a comment

Follow by Email