Obat Herbal ala For A Better Tomorrow by Rini Zabiruddin

Obat herbal

Setelah membaca buku For a Better Tomorrow  karyanya kak Rini Zabiruddin, ada banyak sekali cara-cara pengobatan secara herbal yang bahkan bahan-bahannya sangat mudah kita temui di sekitar lingkungan.

Maka dari itu, dari pada aku simpan sendiri bagaimana cara menyembuhkan penyakit dengan cara herbal ini aku akan berbagi kepada teman-teman juga, siapa tahu ada yang sedang membutuhkan.

Selain menyajikan kisah manis antara Ellis dan Bima, di bukunya ini kak Rini juga menyajikan berbagai macam informasi terkait pengobatan secara herbal. Lumayankan kalau-kalau ada sanak-saudara terdekat kita yang lagi sakit dan sangat membutuhkan bisa dipraktikkan oleh siapa saja yang tentunya sangat bermanfaat. 

Awalnya aku cuma nulis di catatan aku semua hal pengobatan yang ada di novel ini. Tapi setelah dipikir-pikir, ngapain coba aku tulis di catatan, nggak banyak yang bisa lihat dan manfaatin juga. Ya sudah, akhirnya aku putusin untuk membuat postingannya di blog ini..

Bunga Teratai


Akar Teratai bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit jantung . Daunnya bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan pada paru-paru, rahim, dan hidung . 

Sedangkan kelopak bunganya bisa digunakan sebagai masker untuk menghaluskan kulit. Dan biji bunga Teratai bisa digunakan untuk mengatasi insomnia.

Air Embun


Air Embun tenyata menyimpan banyak khasiat loh. Salah satunya saat kita menampung air embun semalaman atau gunakan wadah gelas berisi air kemudian kita letakkan di luar dibawah naungan pohon. Keesokann paginya kita bisa menggunakan air tersebut untuk membasuh wajah di saat bangun tidur pagi.

Dan manfaatnnya agar wajah kita  terlihat kencang. 

Bunga Melati

Selain untuk mempercantik halaman rumah dengan keindahan bunga melati, ternyata bunga melati juga bisa menyembuhkan panuan ditubuh secara herbal loh. Cukup teman-teman balurkan bunga melati pada panu yang ada.

Bunga Bugenvil 

Bunga Bugenvil atau yang orang-orang sebut sebagai bunga kerta juga bisa menyembuhkan penyakit Hepatitis loh. Luar biasa kan. 

Bunga Soka

Kalau di daerah aku Bunga Soka ini disebut sebagai bunga jarum. Mungkin karena bentuk bunganya yang bertumpuk-tumpuk sepeti jarum kali ya, wkwkwkw. Jadi khasiat bunga Soka ini bisa membantu mengatasi keputihan yang berlebihan..

Bunga Pukul Empat

Bunga yang bahkan bisa tumbuh liar ini ternyata juga menyimpan khasiat herbal. Salah satunya bisa digunakan untuk mengatasi radang sendi akut. Wow.

Serai, Jahe, dan Garam

Dua bahan rempah di tambah dengan larutan garam ini sangat mudah ditemukan bukan. Bahkan aku yakin di dapur teman-teman semuanya pasti ada banyak stoknya. Adapun khasiat herbal yang bisa diperoleh dari ketiga bahan ini untuk menyembuhkan kaki yang lelah. 

Caranya, teman-teman bisa merebus ketiga bahan tersebut sekalian  lalu masukkan ke dalam wadah dan celupkan kedua kaki ke dalam wadah tersebut.

Daun Sirsak

Daun Sirsak ternyata bisa mendeteksi sel yang memiliki kelebihan energi dan bisa memblokirnya loh. Sel kanker adalah salah satu yang bisa membelah dengan sangat cepat. Jadi dengan memanfaatkan dau sirih, sel-sel normal tidak akan terganggu  sementara energi sel kanker akan berkurang dan mulai kesulitan untuk membelah diri. Kita hanya menunggu hingga sel kanker tersebut mati dengan sendirinya.

Kunyit

Tanaman herbal satu ini sudah banyak digunakan oleh hampir smeua orang. Bahkan di beberapa komposisi obat-obat yang dijual ada tercantum kunyit di dalamnya. 

Salah satu khasiat kunyit yang aku baca dari buku Kak Rini adalah bisa menguatkan lambung. Yang di gunakan adalah bagian umbi kunyitnya. Sedangkan untuk bagian kunyit yang berwarna lebih pucat ini juga bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Air Mandi

ada apa dengan air mandi? 
Jadi sebelum mandi, ada baiknya teman-teman menyiapkan ramuan aromaterapi ini sekaligus untuk merilekskan tubah dari kelelahan dan sebagainya. 

Adapun apa-apa saja yang dicampur di dalam air mandi?
  1. Bunga kacapiring
  2. Bunga mawar
  3. Bunga kenanga (kalau di daerah Aceh namanya bunga Selanga ya)
Kemudian ketiga bunga di atas ditambah dengan air rebusan/hangat dari kayu manis dan jeruk lemon. Selesai deh. Selamat menikmati manfaatnya ya.

Air Embun

Air embun ternyata selain bisa di minum juga bisa digunakan untuk mengompres mata panda loh. Kompresnya harus air embun yang belum terkena sinar matahari terbit ya teman-teman.

Bunga Frangipani

Pernah dengar nama bunganya?  
Sama, aku pun nggak pernah dengar kok, wkwkwk

Jadi bunga Frangipani ini, bunga hiasan kepala yang digunakan oleh perempuan-perempuan Bali itu loh. Yang warnanya dominan putih tapi ada kuningnya juga sedikit. Eh tapi bunga ini banyak warnanya juga ya. Nggak hanya warna putih itu saja. 

Nah khasiatnya apa dong. Bunga ini ternyata bisa digunakan untuk masker dengan tambahan minyak Zaitun dan air. Caranya dihaluskan terlebih dahulu sehingga ramuannya berubah menjadi serbuk yang halus dan lembut.


Gimana-gimana?
dari beberapa poin tanaman herbal yang sudah aku sebutkan di atas, adakah yang ingin teman-teman coba. 

Pada intinya sih hampir kesemua tanaman herbal yang ada di sekitar kita itu mempunyai khasiatnya masing-masing kan ya. Tergantung kegunaannya. Terutama yang memanfaatkannya untuk pengobatan segala jenis penyakit.

Identitas Buku :

Judul Buku : For A Better Tomorrow 
Penulis : Rini Zabiruddin 
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 
Terbit : Mei 2015 

Alhamdulillah aku pribadi sampai saat ini sudah rutin memanfaatkan air embun pagi untuk membasuh wajah dan juga meminumnya. Mana tahukan, rutin dikonsumsi lama-lama wajah aku bisa se-glowing eonni-eonni Korea, wkwkwkw

So itu dia pengobatan dan tanaman herbal yang ada dibahas di dalam buku For A Better Tomorrow karyanya Rini Zabiruddin. Lumayan bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk berobat kan. Apalagi tanamannya pun sering kita jumpai disekitar daerah tempat tinggal.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email