Belajar SEO Blogger di Kelas Gratis BRT Network

57 comments
Konten [Tampil]

Belajar SEO Blogger di Kelas Gratis BRT Network

Mengikuti kelas dengan materi belajar SEO blogger adalah salah satu impian yang aku yakin semua blogger yang ingin serius terjun ke dunia blogging pasti mendambakan materi satu ini. 

Bagaimana tidak, menerapkan SEO di semua postingan blog kita bisa jadi nantinya postingan tersebut (artikel) akan nangkring di halaman page one Google. Yakin masih tidak mau?

Artikel nongkrong di page one, tentu akan mendapatkan sedekah view yang bikin hati senang.

Untuk SEO harus dibarengi juga dengan yang SEO friendly. Teman-teman tentu saja sudah tidak asing lagi dengan SEO Friendly bukan. 

Yup artikel, hingga ke template pun disarankan menggunakan yang SEO friendly ini. 

Nah gimana dong caranya supaya kita sebagai blogger bisa menerapkan SEO Friendly ini ke dalam blog kita?

Jadi kapan hari aku memberanikan diri untuk mendaftar ke kelas blog yang di gagas oleh tim BRT Network. Sudah lama sih mendengar tentang BRT yang ada satu waktu mengadakan kelas blog secara gratis.

Apalagi dengan isu-isu kelasnya yang "katanya" ngeri, bikin mual, nambah sakit kepala dan sebagainya tapi mengasyikkan. Ada euforia tertentu yang walaupun banyak yang mengatakan bikin pusing tapi peminatnya selalu banyak.

Belajar SEO Blogger Bersama BRT Network Bikin Mumet Tapi Asyik

Bisa bergabung di kelas BRT tuh kayak semacam rejeki yang nggak disangka-sangka. Karena di kelasnya ini semua peserta baik itu yang senior dan junior ya sama saja. Ada yang aku kenal satu blogger, beliau sudah senior tapi masih ikutan kelas. Lalu apa kabarnya aku ini yang masih reremahan rempeyek.

Jadi di kelas BRT Class December ini ada beberapa coach yang masing-masing berperan penting di dalam group. Oiyaa kelas blog gratis BRT ini juga berlangsung via WA yaa.  

Baru berjalan satu minggu, suasana kelasnya sudah riuh sampai ribuan chat dalam sehari. Dan selama satu minggu ini juga kami sudah mengerjakan 3 tugas dengan beberapa materi di antaranya ada SEO, Google Analytic dan Google Search Console (GSC).

Apa Itu SEO di Blog?

Search Engine Optimization atau yang sering disebut juga dengan sebutan SEO ini pada dasarnya adalah langkah cepat untuk mendatangkan pengunjung ke blog atau website yang kita punya. 

Teknik yang diterapkan dalam SEO ini adalah penggunaan kata kunci (keyword) agar mudah diidentifikasi oleh mesin pencari.

Langkah-langkah yang harus diterapkan di dalam optimasi blog

Belajar SEO blog ini gampang-gampang susah. Susahnya kalau kita masih dalam tahap ngulik kode html-nya siap-siap saja mata puyeng dengan kepala pusing. Tapi kalau sudah ketemu senengnya luar biasa. Berasa dapat durian runtuh. 

Jadi kalau ditanya, penting nggak sih SEO itu buat blog? Pasti aku jawabnya penting. Siapa coba yang nggak mau mendapat view banyak dari blognya. Apalagi yang blognya sudah beradsense, view banyak tentu akan mendulang penghasilannya jadi meningkat πŸ˜‚

Pahit Manis  Belajar SEO Blogger 

Seperti yang dikatakan mba Zakia Widayanti, salah satu teman blogger yang juga mengikuti kelas BRT ini 

"Masuk kelas BRT tuh seneng sekaligus ngeri lihat peraturannya. Kalau A ya harus A, kepeleset sedikit ya mau nggak mau harus siap ditendang dari group. 

Tugas-tugasnya dari luar si kelihatan gampang. Namun pas dicoba ternyata bikin pusing plus penasaran karena harus ngulik kode html. Kalau sudah ketemu kode dan berhasil tuh rasanya langsung seneng karena bisa menaklukkan kode yang rumit itu.

Ah buat teman-teman yang sedang berkecimpung di kelas BRT ini untuk belajar SEO blogger pasti pada setuju dengan apa yang dikatakan mba Zakia. 

Ya memang seperti itu. Kalau sudah A peraturannya ya harus A. Nggak ada yang namanya toleransi. Kalau memang ada anak sakit, atau kurang sehat ya silakan di prioritaskan dulu. 

Selain mba Zakia, ada lagi nih satu temanku yang lain, yang kumintain pendapatnya tentang kelas BRT yang sedang diikuti yaitu dari Mas Pandu Nur Husna .

Apa kata beliau:

"Awal dapat info ada kelas gratis BRT Network langsung jatuh hati, karena dari dulu ngeblog otodidak hanya Google yang jadi mentor. Jawabannya pun tidak selalu sesuai harapan. 

Makanya seneng banget pas berkesempatan masuk kelas gratis BRT Network. Pas mulai materi pertama ternyata mudah dan sudah dipraktekkan sejak awal ngeblog.

Tapi, pas masuk materi kedua harus putar otak dan bergadang buat nyelesaikan tugas-tugasnya. Sempat mogok di tengah pengerjaan tapi karena jiwa kepo dan pengen benerin blog jadi lanjut otak-atik blog lagi.

Karena saat tugas selesai dan blog bagus adalah kepuasan tersendiri buat saya yang dari dulu cuma tau baju luar ngeblog tanpa tahu dalemannya.

Coach dan teman-teman blogger di kelas gratis BRT Network juga sangat interaktif dan solutif. Jadi tidak hanya dapat ilmu seputar blogger, tapi dapat relasi blogger lain yang ternyata sudah senior. Lumayan kan. 

"Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui."

Masing-masing dari kami peserta ini punya pengalaman yang berbeda-beda tentunya. Seperti blognya ada yang sudah SEO friendly dan ada juga yang belum. 

Sampai-sampai ada yang harus mengganti template blog demi supaya nggak di kick dari kelas gratis BRT Network ini.

Untuk blogku sendiri Alhamdulillah karena sebelumnya sudah pernah mengikuti kelas untuk blogger pemula jadi ada beberapa tugas dan materinya yang sudah tidak asing lagi. Jadi rasa panik dan sakit kepalanya sedikit berkurang.

Kelas Pintar Bersama Para Coach yang Tidak Pelit Ilmu

Kenapa aku bilangnya kelas pintar? Karena setiap peserta yang bergabung di kelas gratis blog ini yang awalnya nggak tahu-menahu tentang perkodean html jadi tahu. 

Seperti aku nih. Mana pernah aku belajar tentang bahasa kode-kodean ini. Tapi Alhamdulillah selama mengikuti kelas blog mulai sedikit paham utak-atik kode html-nya. Walaupun pas awalnya bikin kepala pusing tapi bikin nagih dan keasyikan sampai lupa waktu.

Nah kembali lagi ke kelas belajar SEO blogger ini. Di kelas ini kita akan belajar bareng dengan para Coach yang ilmu bloggingnya nggak usah diragukan lagi. Karena berbagai pengalaman dan lamanya ngeblog membuat materi blogging ini bagi mereka sudah diluar kepala.

kelas pintas ngeblog bareng para coach BRT Network yang tidak pelit ilmu

Total ada 6 mentor atau coach yang akan membimbing kami di group selama kelas berlangsung:

  1. Mas Pewe
  2. Mba Monica
  3. Mas Priyo
  4. Mas Zen
  5. Mba Marita
  6. Mba Gilang

Kalau disuruh milih di antara ke enam coach di atas, jujur aku pusing juga. Bukan pusing karena apa. Tapi pusing ntar kalau sudah memilih satu orang, ntar yang lain dendam ke aku terus aku ditendang dari group, bagaimana?? 

Jadinya kalau ditanyak siapa yang paling berjasa ya semuanya. 

Yang sebenarnya adalah para coach di kelas ini tuh pada kompak semua sih. Masing-masing punya bagian dan perannya masing-masing. Cara mereka menyampaikan materi juga lugas dan  mudah sekali untuk dipahami. 

Jadi buat blogger pemula yang memang bener-bener baru tahu tentang SEO ini nggak akan kebingungan sendiri. Kita tentunya akan dibimbing. Tinggal kitanya sebagai peserta nih mau bergerak sendiri atau mau digerakin sama coach tapi keluar group wkwkwkw

Seperti mas Pewe nih. Yang menjelaskan materi tentang SEO-nya. Aku lumayan cepat paham juga. Walaupun penyampaian materinya via WA. Cepat nyangkut juga ke otakku yang pas-pasan ini. Ada Mas Priyo juga dengan materi GSC dan GA -nya.

Ditambah lagi di kelas ada mba Marita juga yang beliau ini dari awal sudah memapahku dari yang pengetahuan blognya dari nol yang tidak tahu apa-apa jadi tahu.

Yang asyik dan serunya, bersama para coach ini mereka tidak pelit ilmu. Apa yang mereka tahu bakalan di sharing habis-habisan tanpa batas. 

Kesimpulan

Setiap blogger tentu mempunyai caranya sendiri untuk mempercantik dan mengutak-atik blognya, baik dari luar maupun dari dalam. 

Ada yang hanya sekadar menulis, lalu posting. Ada juga yang benar-benar memperhatikan kaidah-kaidah menulis yang baik agar blognya bisa muncul di halaman pertama google. Dan penerapan SEO inilah yang dibutuhkan untuk itu.

Beruntung sekali aku bisa bergabung dan mendapat kesempatan merasakan keriuhan selama mengikuti kelas gratis BRT ini.

Semoga kami semua yang sedang berjuang di kelas belajar SEO blogger di kelas gratis BRT Network ini bisa lulus semua yaa. Bisa berhasil sampai penghujung kelas. Doakan kami ya manteman 😊 Perjuangan kami di sini belum usai.

Related Posts

57 comments

  1. Penasaraan sumpeeh!!!
    Nanti kalau pembukaan kelasnya, kasih tahu aku yaaa..

    ReplyDelete
  2. Baca artikel ini bikin napas kayak sesak, Mba. Saya belum ikutan dulu, ada prioritas lain bulan ini. Sukses, ya, Mba 😊

    ReplyDelete
  3. Semoga bisa ikutan di kelas selanjutnya, wah seru pasti ya ada 6 mentor berkumpul jd satu. Hrus siapin mental dan istiqomah buat blajar. Happy blogging yaaaaaaa

    ReplyDelete
  4. Aku baru kenal dengan istilah dalam per-blog-an baru-baru ini. Informasi ini sangat membantu! Terima kasih, ya.

    ReplyDelete
  5. Ini jam terbangnya harus bener2 di atur niihh... Keren banget deh ini kelasnya... Mau ikutan di next batch, semoga masih ada kesempatan...

    ReplyDelete
  6. Luar biasaaaa deh semangat belajar teman-teman blogger ini 😍

    Saya sama sekali belom pernah ikutan kelas blogger manapun dong, belum mampu manajemen waktunya πŸ˜…

    Jadi selama ini, saya utak Atik blog ya berbekalkan coach google.

    Tapi karena itu juga saya tau, kalau sebenarnya beda coach beda ilmu, karena parameter Google itu ganti Mulu πŸ˜…

    ReplyDelete
  7. Aslik! Belajar SEO itu memang bikin mumet, tapi percayalah, hasil yg didapet bakal bikin blog kita makin kece, hihi..

    Semangat terus buat mbak Pida dan kawan-kawan..

    Sukses juga ya buat BRT Network.

    ReplyDelete
  8. Aku nemu kelas blogging yang anti mainstream baru dua, blogspedia dan BRT. Tapi yang BRT belum merasakan sendiri sensasi adrenalin nya. Kayaknya seru banget ya wkwkwk semoga sukses di kelas ini ya mbak ..

    ReplyDelete
  9. Wah keren nih belajar SEO sama mastah ya mbak. Semoga makin semangat ngeblognya ya mba setelah paham SEO

    ReplyDelete
  10. Doa kami untukmu, Kak Pida. Wah, saya baru ikut kelas pemula Blogspedia saja sudah serasa dikejar-kejar deadline, apalagi kelas BRT ya. Semoga lancar sampai akhir dan lulus, Kak.

    ReplyDelete
  11. Menarik kali, pengen ikut kelasnya akak pida..😍

    ReplyDelete
  12. Mantap bener,, tetap semangat dan sukses trs buat kak pida si blogger sukses aamiin 🀭🀲

    ReplyDelete
  13. Sukses terus untuk dek Pida ...

    ReplyDelete
  14. Semoga sukses selalu ya Mrs blogger

    ReplyDelete
  15. Kelas gratis tp teratur banget ya mb, benar-benar belajar disiplin untuk dapat segudang ilmu.. semiga next class aku lolos hehe

    ReplyDelete
  16. Belajar langsung dari para mentor dalam beberapa wkatu adalah sebuah kesempatan emas mb. Beruntung sekali bisa bergabung dalam kelas BRT inj

    ReplyDelete
  17. Asyik ya Kak. Kerasa menegangkan kelasanya. Semangat sambil dag dig dug :D

    ReplyDelete
  18. Saya tuh pengen banget ikutan kelas kek gini. Gimana caranya kk?

    ReplyDelete
  19. Ini tuh beneran seru memang kak wkwkwk aku ikutan tahun lalu dan kalau diibaratkan daging, BRT itu wagyunya hahaha. Premium! Sukses terus kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah nggak tau infonya nih, haha.. kemana aja aku ya..

      Delete
  20. nerapin seo on page ini yaa mesti telaten dan teliti juga, kadang seringnya nulis trabas yang ingin diceritain, mesti bikin content planning sih ini ya biar makin mantul blog nya

    ReplyDelete
  21. Semoga bisa bertahan sampe akhir kelas dan lulus dengan baik ya kak, semua materi kelas BRT tuh daging banget jadi harus semangat

    ReplyDelete
  22. Beberapa artikelku belakangan jadi susah terindex, padahal dulu lancar-lancar aja, kayaknya ada yang salah dengan HTMLnya,tapi nggak tau apa. Mau banget ikut kelasnya.

    ReplyDelete
  23. Kelas yang butuh banget ketelitian dan konsisten tinggi.. semoga ada kesempatan ikut batch selanjutnya

    ReplyDelete
  24. Semoga lulus yaa, Kak.. Kelas ini memang bikin deg-degan, tapi hasilnya juga sepadan kok karena DA meroket dengan ringannya.

    ReplyDelete
  25. Sebenarnya saya sudah sering nemu istilah Google Analytic, SEO, tapi bel tahu menggunakan nya. Apalagi Google Search Console, baru denger. nanti saya coba baca-baca. Pengen ikutan kelasnya, tapi takutnya nggak bisa commitment πŸ˜…

    ReplyDelete
  26. Ngiri aaah, semoga next aku bisa ikut juga kelasnya, biar blognya ga jeblok kaya sekarang haha

    ReplyDelete
  27. Semangat terus Kak Pida. Semoga semakin sukses ya dengan blognya. Bagi-bagi ya ilmunya...

    ReplyDelete
  28. Selamat berjuang Mbak Pida. Semangat jangan kasih kendor. Didoain deh, biar lulusnya cumlaude. Aku mah udah agak lupa sama blog, nih. Baca² tulisan Mbak Pida, agak kebuka sedikit tentang SEO blog yang udah lama nggak dicolek.

    ReplyDelete
  29. coacch yg ku kenal cuma ka marita wk. sisany cuma sering denger di grup. hihi
    semangat y ka pida. baca materi dri artikel ini cuma faham sebagian. harus sama praktek sih. InsyaAllah aku nyusul, gtau kapan πŸ˜†

    ReplyDelete
  30. Wah jadi penasaran sama kelasnya. Kayaknya wajib banget diikuti dan biar bisa tambah produktif nih blogku yg selama ini sering nganggur. Makasih ceritanya kaak. Boleh dong sharing2 huehehe

    ReplyDelete
  31. Widih, jajaran coach bener-bener orang hebat semua sih. Banyak blogger kenalanku yang ikutan kelas SEO ini juga, wah bakalaan kesalip nih akunya haha

    ReplyDelete
  32. Selamat dan semangat, Mbak Pida. Coach-nya keren semua. Pasti blog bakal makin kece nih.. πŸ‘πŸ‘

    Btw aku pernah ikut kelas SEO tapi blm lulus juga ilmu SEO. Kek Mbak Zakia bilang, pusing ngulik html πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  33. Paling enak kalo udah paham seo minimal on page aja, karena bisa bikin artikel nangkring di artikel 1 :) sukses ya kak pidaaa

    ReplyDelete
  34. waaa belajar SEO lagiiii, kereen! semangat mbak pida

    ReplyDelete
  35. Meng-sedih aku melewatkan kelas yang keren ini, mudah2an tahun depan bisa ikutan deh....

    ReplyDelete
  36. Kepengin saya ikut kelas BRT ini. Semoga next ada info kelas lagi ya. Pengin belajar bagusin blog dan ilmu bloggingnya.

    ReplyDelete
  37. hiks kepengen banget ikut kelasnya.... aku telat masuk group...
    kereeen ya mba, mudah2n kesempatan selanjutnya bisa ikut

    ReplyDelete
  38. Semangat mbak pida. Semoga lolos ke tahap selanjutnya yaaa. Kelasnya selalu seru dan disiplin yaa BRT tuh.. Sayang blm bisa ikutan yg bulan ini

    ReplyDelete
  39. Selamat, kak! mumet didepan, lalu terdepan kemudian! hehehe... apalagi pas banget sama yang sedang ditekuni sekarang ini sebagai narablog, ya? SEO bisa menjadi bekal penting untuk modal personal branding.

    ReplyDelete
  40. Huaa zero tolerance ya kak. Kudu bener2 fokus menurutku sih. Jadu prioritas pertama ya selesaikan kelas ini dulu. Ketika Seo blog membaik, pasti sujud syukur. Hehe

    ReplyDelete
  41. Yes biar blog lebih friendly lagi itu benar2 peer banget ya kak, walau awalnya pusing2 gak karuan soalnya kalau ganti tamplate itu. Jadi ingat blog aku udah bbrapa kali ganti tmplate, dan semoga skrg dan seterusnya aman2 aja blog kita ya mba, hehehe

    ReplyDelete
  42. nah iyaa soal template blog juga ternyata berpengaruh yaa sama kualitas dan perfomance blog juga, bener2 butuh mentoring sama ahlinya buat naik kelas yaa.

    ReplyDelete
  43. beruntung sekali bisa ikutan kelas ini kak, semoga lancar sampai selesai dan performa blog meningkat

    ReplyDelete
  44. Wahh seru yaa ikut kelas SEO, jadi tertarik pengen ikut juga

    ReplyDelete
  45. Semakin banyak donk ya Kak pengalaman perbloggingannya. Semoga semakin berkah ya Kak, dan semakin sukses.

    ReplyDelete
  46. saya dikick semalam Kak, sedih tapi gpp, udah banyak belajar disini.
    saya kemarin itu pakai jalan ninja juga lho biar gak kena tendangan madun di awal, ganti template :D

    ReplyDelete
  47. Mau banget aku belajar kek gini, biar blog makin kece dan ads makin gembung hehhehe. Ini coachnya juga kece nih, aku kenal

    ReplyDelete
  48. Jadi pingin tanya kak...Aku perhatikan, setelah mengikuti kelas BRT Network ini, plugin copy paste pada dicopotin semua. Ada alasannya kah?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  49. Kelas gratis tapi keren banget. Meski gratis tapi Ilmunya yang mahal.

    ReplyDelete
  50. Di kelas gratis BRT ini, para mentornya bagus semua dan gak pelit ilmu. Terbukti deh, mereka berbagi ilmu yang keren untuk kemajuan blog kita.

    ReplyDelete
  51. Wah mantabbbbb nih udah jago SEO yesss kak, jadi pengen belajar lagi mengenai SEO deh hehhehe

    ReplyDelete
  52. Semoga ada cuplikan review materinya (ngarep). Baca komentar2nya auwoo gitu ya rasanya. Semoga lulus mbaa

    ReplyDelete
  53. Eh aku komen pas udah nggak jadi peserta lagi hahaha setelah selesai, aku masih ngerasa "kok aku bisa ya otak-atiik kode" hhahaha

    ReplyDelete
  54. Wah mantap, mba Pida ikutan kelas BRT Class Desember, semoga ilmunya bermanfaat ya mba :)

    ReplyDelete

Post a Comment