11 Cara Menemukan Ide Konten Blog yang Menarik

9 comments

11 cara menemukan ide konten blog menarik

Hai-hai, Assalamu'alaikum..

Mau serius ngeblog tapi masih sering bingung mau nulis apa? Nah kebetulan banget dipostingan kali ini aku mau share tentang tempat yang bisa kalian akses untuk mencari referensi atau ide menulis buat konten blognya teman-teman loh.

Penasaran? Cuss dibaca sampai kelar ya biar nggak ada yang kelewatan 😉

Ah iya, betewe postingan kali ini rangkuman dari materi sharing yang aku dapat dari WAG Berani Ngeblog yang digagas oleh Kak Indri Ariadna yang juga seorang blogger di www.indriariadna.com sekaligus virtual assistant. Oiya kak Indri juga pakarnya Upwork loh, yang mau tanyak-tanyak tentang upwork kak Indri ini ahlinya 😉

Jadi di Group-nya itu di setiap Senin malam adalah waktunya sharing yang berkaitan sama blogger terserah mau sharing apa saja dan sharingnya itu boleh dilakukan oleh semua anggota WAG nya yang mau berbagi, tanpa ada batasan, bebas. 

Selama aku bergabung di groupnya, ini kali pertama aku nulis materinya diblog, hehehe. Rencananya bakal aku post nyicil juga ntar disini materi-materi yang pernah di share disana sekaligus pengingat buat diriku sendiri tentang apa-apa yang harus aku terapkan buat blog aku juga dan demi masa depan yang cerah secerah mentari 😂

Jadi di Senin malam kemarin yang sharing adalah Kak Indri sendiri. Beliau ngebahas tentang tempat-tempat referensi untuk kita para blogger khususnya pemula yang mulai bingung mau nulis apa lagi untuk blognya karena kehabisan ide konten. Pernah dong teman-teman berada di posisi ini, kalau aku sih nggak usah ditanya, keseringan malah 😅.

Sharing session

Stok Ide Habis, Bingung Mau Nulis Apa Lagi

Pernah dong pasti ngalamin hal dimana kita pengen update postingan blog tapi ide nulisnya tak kunjung datang, bingung, dan buntu juga. Ujung-ujungnya jadi nggak nulis karena kebanyakan mikir dan postingan berakhir terbengkalai lagi, nggak postingan baru.

Aku sendiri sering banget malah. Makanya sekarang itu kalau tiba-tiba terlintas ide pengen nulis apa atau kebayang mau nulis apa langsung aku catat dulu, tujuannya biar nggak lupa, terus pas mau nulisnya juga lancar. Karena apa yang pengen kita tulis tuh sudah ada gambarannya mau nulis yang seperti apa.

Baca juga:

Makanya begitu kak Indri share banner sharing sesson di group tentang 11 Ide Blog Post untuk Konten langsung saja aku bintangin satu-satu materinya.

11 Cara Mencari Inspirasi Ide Konten Blog

Eh aku lupa tanyak, teman-teman biasanya kalau lagi buntu ide atau lagi butuh referensi ide nulis biasanya nyarinya kemana? 

Kalau aku sih random. Kadang search di Google juga. Intip-intip blog orang, eh jangan salah paham ya, terkaang dari postingan-postingan blog orang kita bakalan dapat ide juga loh, jangan copas loh ya, cari referensi saja ini. Pernah sih disaranin sama temen pake keyword gitu tapi ku belum paham-paham amat dan masih nggah ngerti juga caranya, wkwkwk

Mulai penasaran dong apa-apa saja yang disampaikan kak Indri supaya ide nulis kita itu lancar terus nggak macet-macet dan postingan blog pun terjadwal, apalagi sampai 11 tempat ide konten loh ini yang di share, nggak tanggung-tanggung. Kuy disimak langsung saja yaa.

1. Quora

Di poin pertama ini ada quora. Untuk para mastah pasti sudah nggak asing dong tentang Quora ini, jujur kalau aku baru ini pertama kalinya tahu pas kak Indri sharing. Nah buat teman-teman yang belum dan yang sama sepertiku baru tahu tentang ini, nih aku kasih tahu, apa itu quora lebih lanjut.

Quora adalah tempat pertukaran pengetahuan. Disana kita bisa mencari, membuat pertanyaan dan bahkan mencari jawaban untuk topik-topik tertentu dan kita pun bisa memberikan jawaban atau mengoreksi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada. 

Dan apa kaitannya sama blogger? Nah disana tuh banyak pilihan topik. Jadi kita sebagai blogger bisa sangat terbantu dengan quora ini, karena topik-topik disana tuh bisa dikembangkan menjadi tulisan dan artikel di blog.

Buat yang masih bingung nih aku kasih cara untuk bergabung dan contoh cara mencari satu topik untuk ide konten.

Langkah Pertama; buka Quora. Terus lanjut buat akunnya terlebih dahulu. Nah buat login atau buat akunnnya, ada dua pilihan; lanjut dengan akun google dan lanjut dengan Facebook. 

Cari ide konten blog di Quora.com

Langkah kedua; isi pilihan minat. Minat ini lebih ke topik apa yang kita sukai atau yang sedang kita cari. Ada banyak sekali pilihan, kita tinggal klik-klik saja sesuai keinginan. Saran aku, pilihlah minat sesuai dengan kategori yang ada di blog kita, untuk mempermudah nantinya saat kita ingin mencari ide konten. Kemudian klik "selanjutnya".

Pilih minat yang tersedia

Langkah ketiga; Pilih bahasa. Kemudian klik "selesai".

Pilih bahasa di Quora

Selanjutnya, silakan teman-teman menjelajah dan mencari ide-ide topik menarik buat konten blognya. Lalu kembangkan menjadi tulisan. Mudah bukan. 

Tampilan-home-quora

Sampai sekarang, aku lumayan keasyikan juga baca-baca topik yang berkaitan sama kategori blog aku, lumayan terbantu juga kalau di Quora. Misal nih, kita mencari tentang topik blogger. Selanjutnya akan banyak sekali bahasan topik yang berhubungan sama blog dan blogger. Tinggal kita kembangkan jadi artikel saja. Mudah bukan. Semoga terbantu.

2. Menulis Konten Tutorial

Tahu nggak sih bahwasannya topik tentang tutorial atau how to itu nggak pernah lekang dimakan jaman loh. Akan terus dan selalu dicari oleh setiap pembaca. Karena setiap orang dan pembaca pasti akan mencari topik bahasan satu ini. Termasuk pencarian bestseller lah ya.

Misal, cara membuat kue anti gagal. Semua orang pasti sudah tahu cara membuat kue, tapi mereka pasti ada yang belum tahu trik pasti tentang membuat kue yang anti gagal atau bantat. Nah dari sini kita sebagai blogger bisa menulis tentang tips dan trik ini secara lengkap. Nilai ples lagi kalau kita sendirinya juga punya pengalaman dan menguasai tutorial tersebut.

Atau bisa jadi ada pemula yang baru banget mau belajar membuat kue, pasti akan membutuhkan tutorial membuat kue anti gagal atau bantat ini kan. Untuk itu sebagai blogger, kita bisa mencari kira-kira apa yang sedang dibutuhkan oleh pengunjung blog kita sendiri. 

Misal lagi nih, blog aku lebih banyak ngebahas tentang review buku. Nah biar nggak isinya tentang review buku melulu, aku bisa saja menulis tentang tutorial cara membuat review buku yang mudah dan menarik. Nah dari poin-poin yang akunya sudah paham tentang review, aku bisa kembangkan lagi tulisan tentang review secara lengkap dan rinci. 

Baca juga:

Pokoknya apapun yang kitanya juga bisa dan paham kenapa nggak kalau mau nulis tentang tutorial.

3. Kategori atau Label di Blog 

Ternyata dari kategori yang sudah ada di blog kita sendiri bisa kita pecahkan lagi menjadi beberapa konten loh. Misal nih di blog pidaalandrian.com kan bahasan utamanya tentang review buku dan serba-serbi buku. Nah dari situ seharusnya bisa aku perluas lagi bahasannya, bisa aku tambah tentang tips membaca, tips review, rekomendasi buku dan lain-lain. Jadi nggak hanya berpatok sama label/kategori yang itu-itu saja. 

Atau bisa juga seacrh di google terkait kategori yang ada di blog kita. Lebih gampang lagi kalau menggunakan pihak ketiga dengan memasang extension chrome "keyword finder" misalnya.

Cari keyword di Keyword Finder

Ya intinya dengan kategori blog yang sudah ada, kita harus membedahnya lagi jadi sebanyak-banyaknya biar jadi celengan konten 😂

4. Jadi Mata-Mata

Eh eh jangan salah paham dulu. Maksud dari jadi mata-mata disini baik kok, hihihi. Untuk setiap blogger pasti memiliki niche atau beberapa niche yang sama kan dengan blogger yang lainnya. Nah dari sini kita bisa melihat dan perhatikan isi postingannya mereka. Setiap blogger pasti dong punya competitor-nya.

Misal ada blogger yang niche-nya buku nih kayak aku. Terus disaat yang sama kita pengen nulis konten tentang cara membaca buku gratis tanpa harus membeli buku. Nah sebelum menulis kita bisa intip tuh postingan blogger-blogger lain yang pernah membahas hal serupa di blognya. Perhatikan jumlah katanya.

Kalau hanya sekitaran 500-an kata, selanjutnya tugas kita adalah membuat postingan kalau bisa lebih lengkap lagi misal sampai 1000-an sampai 1500-an kata. Mainnya di jumlah kata nih kayaknya.

5 . Cek di Ubersuggest 

Disini pasti hampir semua blogger menggunakannya. Di Ubersugest ini kita bisa memasukkan kata kunci yang kita butuhkan dan perlukan. Nanti akan keluar banyak tuh pilihannya. Dari pilihan-pilihan yang ada pun bisa kita jadikan ide konten buat blog.

Cari keyword di Ubersuggest

Di Ubersuggest ini berbayar ya. Info dari kak Indri-nya sih kalau yang berbayar sekitaran $12 perbulan atau $120 lifetime untuk tiga website. Kalau mau gratisan bisa sih, cuma ya terbatas.

6. Google Auto Suggest

Pernah kan teman-teman pas lagi nyari sesuatu atau ketik di bagian penelusuran Google pasti ada keluar pilihan lainnya. Nah dari situ juga bisa kita jadikan beberapa ide konten, jadi pilihannya banyak sekali tinggal kita pilah-pilah sesuai isi konten blog kita sendiri.

Cari ide konten blog di Google

Dari gambar diatas aku cuma ketik "tips", tapi hasil yang keluar begitu banyak. Mudah sekali bukan cari ide konten blog menggunakan Google Auto Suggest.

7. Interview

Kalau sesama blogger buku, interview atau wawancara penulis ini sudah nggak asing lagi pastinya. Apalagi saat buku si penulisnya baru terbit banget, pasti akan ada beberapa blogger yang akan mewawancarainya terkait seluk-beluk dan proses penerbitan buku tersebut.

Dari interview itu juga terkadang dari jawaban-jawaban penulis bisa menginspirasi para blogger buat dijadikan konten lainnya. Dan sebelum menginterview, kita sebagai blogger harus bertanya dulu tentang kesediaan orang yang ingin kita wawancara dan apakah beliaunya bersedia untuk kita tanya-tanya atau tidak. 

Nggak hanya penulis sih, siapa saja bisa kita atur jadwal wawancara ini asal orangnya kita anggap expert dibidang tertentu.

Baca juga: 

8. Konten Ronund-Up

Ini yang paling menarik sih. Karena aku sendiri baru tau ada konten yang model gini. Jadi di konten Round Up ini para blogger akan menghubungi orang-orang yang expert dibidangnya, misal blogging. 

Tanya opini mereka tentang topik tertentu. Misal kita ingin tahu lebih lanjut tuh tentang bagaimana sih tips persiapan untuk mengikuti lomba blog?, Kalau bisa hubungi sampai 20-40 orang ya. Karena semakin banyak orang yang kita tanyai maka akan semakin bagus. 

Atau teman-teman bisa juga merangkum postingan mereka dari topik yang sama, eits jangan lupa sebelum itu minta izin dulu. Kalau dikasih baru lanjut buat artikelnya. Kumpulkan dari beberapa blogger lainnya juga, biar pembaca jadi banyak referensi. Ini ada contoh artikel round-up dari blognya kak Indri (semoga bisa jadi referensi).

Dan bonusnya kebanyakan dari mereka juga nggak akan segan-segan untuk membantu share artikel round-up yang kita buat tersebut. 

9. Review Aplikasi/Tools

Ini salah satu konten yang paling banyak dicari sih menurutku. Karena aku pribadi pun kadang juga perlu dan butuh. 

Nggak hanya #booklover saja yang menggunakan banyak aplikasi, bahkan blogger pun banyak menggunakan aplikasi dan tools tertentu untuk menunjang blog mereka. Nah dari sini kita bisa tuh membuat konten tentang review aplikasi yang sekiranya kita paham, alangkah lebih baiknya lagi kalau aplikasi yang akan kita review itu juga kita gunakan untuk diri sendiri. Ada nilai tambahnya. 

Kalau aplikasi/tools yang digunakan para blogger misal ada MOZ, Ahrefs, Buzzsmo, Buffer, Later, Backlink Checker, Ubersuggest, Keyword Finder, Convertikit, Drip, Sendfox, Canda dan masih banyak lagi tools-tools lainnya yang bisa kita jadikan konten review aplikasi di blog kita.

10. Komentar di Artikel Blog atau Sosial Media

Ini yang menarik. Beda memang kalau blogger mastah sama newbie kayak aku, wkwkkw. Kak Indri dari komentar bisa melahirkan ide-ide konten baru, lah aku? Bisa update postingan saja sudah syukuran, hehehe

Baca juga:

Kalau dipostingan tertentu ada banyak komentar, dari sana bisa kita jadikan konten. Kan pasti ada tu komentar yang berupa pertanyaan atau saran atau pendapat gitu. Biasanya sih ini tergantung isi artikelnya juga ya kayaknya.

11. Pinterest

Hayoo siapa disini yang sering menggunakan Pinterest sebagai tempat untuk mencari ide konten blognya? Disini sih kayaknya bukan rahasia lagi dan kurasa pun paling mudah. Apalagi sampai banyak orang bilang bahwa Pinterest adalah search engine yang visual.

Search pakai kata kunci blogging saja akan banyak sekali keluar pin-pin yang related to blogging. Setelah itu tinggal kitanya saja pandai-pandai memilah yang sekiranya cocok untuk dijadikan konten.

Sayangnya di Indonesia aplikasi satu ini kurang berkembang ketimbang yang di Barat. Tapi nggak masalah juga kurasa, tinggal kita ambil poin-poinnya saja lalu tinggal kembangkan lebih luas lagi dalam bentuk tulisan. Selesai deh.

Kesimpulan

Setelah sekian tahun ngeblog, akhirnya dapat ilmu baru lagi. Kali ini tentang tempat-tempat yang cocok untuk bisa aku jadikan referensi saat ide nulis lagi blenk. Penyakit aku banget nih kayaknya yang harus segera dihilangkan dan dipulihkan.

Ternyata kalau kitanya mau dan nggak ada alasan mager buat melakukan sesuatu dan nggak menunda-nunda juga apalagi untuk update postingan blog, ada banyak cara ya. Dan aku pun begitu kak Indri selesai menyampaikan poin-poin diatas ngerasa kesindir banget. Karena selama ini aku tuh nulis cuma tergantung sama mood dan pas lagi ada ide buat nulis saja dan ternyata itu salah total, duuhh #nggakpatutditiru

Dan semudah itu loh kalau kita mau serius dan mendalami lebih serius lagi konten blog kita sendiri, nggak perlu mikir keras juga. Cuma perlu riset lebih banyak. Riset pun kalau lagi duduk santai bisa juga kita lakukan, dari pada duduk-duduk kongkow unfaedah, iya kan.

Gimana? Dari sebelas poin yang diatas mana nih yang sudah teman-teman gunakan untuk melakukan riset buat konten di blog? 

Related Posts

9 comments

  1. Mantap, setelah baca ini langsung tertarik dengan Quora dan langsung download, cuman masih belum terlalu paham menggunakannya tapi it's okay sambil belajar kedepannya. Nice info, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku lgsg ke website nya aja sihh, gk pake aplikasi, hehehe.
      Gak ribet juga kl di web nya.

      Sama² kak ☺️

      Delete
  2. Terimakasih kak, ini untuk penggunaan quora gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Quora lgsg ke laman website nya aja kak. Sudah aku sisipkan link nya juga di atas.

      Dan cara penggunaannya juga kayaknya uda aku jelaskan singkat di poin 1, hehehe
      Atau masih bingung kah?

      Delete
  3. Terimakasih kak, ini untuk penggunaan quora gimana ya?

    ReplyDelete
  4. Sebagai blogger, sepertinya memanf harua punya semua poin-poin di atas ya kak 😁

    ReplyDelete
  5. sebenernya banyak ya ka insipirasinya tapi memang kadang mengusir mager itu yang susah...

    ReplyDelete
  6. Luar biasa mbak pida, aku bener-bener baru tahu banget tentang info ini. Makasih ya mbak pida aku jadi nambah wawasan lagi soal ngeblog, tahunya nulis aja wkwkwk.

    ReplyDelete
  7. yang Quora itu aslii baru tahu lho, jadi pengen langsung coba juga deh biar gak buntu ide lagi nih buat update, heheh. terima kasih sudah berbagi ya Kak :)
    saya juga ada blog buku tapi udah berdebu gak pernah tersentuh lagi, hihihih

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email