Manfaat Media Sosial Untuk Personal Branding

Post a Comment
Konten [Tampil]
Manfaat media sosial


Banyak manfaat media sosial yang bisa di dapat. Salah satu media sosial bisa digunakan untuk membangun personal branding. 

Blogger butuh personal branding. Memanfaatkan media sosial yang beragam salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan adalah untuk meningkatkan personal branding seorang blogger.

Media sosial menjadi salah satu yang paling banyak dimanfaatkan untuk personal branding. Kemudahan dan terjangkaunya media sosial menjadi salah satu faktor penting untuk membuat branding bagi para blogger terutama.

Karena semakin berkembangnya teknologi media sosial semakin beragam jenisnya. Dan aku yakin semua teman-teman disini pasti menggunakannya demi kelancaran komunikasi bersama sanak saudara atau teman yang jauh dimana jarak yang sulit dijangkau. 


Selain untuk komunikasi, media sosial juga digunakan sebagai ajang untuk mengukuhkan diri sebagai personal branding. Nah teman-teman tahu nggak sih apa itu personal branding?

Nah, sebelum kita lanjut ke pembahasan yang lebih dalam tentang bagaimana startegi membangun personal branding di media sosial, ngomong-ngomong artikel kali ini masih berhubungan sama malam kedua dari kegiatan Webinar Marathon Coaching yang diadakan oleh Growthing.id dan BRTNetwork via Zoom ya. Kalau di artikel sebelumnya ada Mba Gilang dengan pembahasan tentang mengabadikan objek dengan smartphone, di sesi pertamanya ada Mas Ilham Sadli seorang selebtwit @pengagumrahasiamu di Twitter dengan followers-nya yang sudah wow ini berbagi tentang pengalamannya bagaimana cara branding di media sosial dan memancing interaksi.

Sebenarnya untuk artikel kali ini, mau sharing tentang Webinar Marathon Coaching malam ketiga sih. Tapi apa daya pembahasan di malam ketiga itu ibaratnya aku bumi materinya langit, wkwkw. Jadi, biar masih dalam rangka merangkum materi Webinar Marathon, aku ganti ke materinya Mas Ilham Sadli saja ya.

Oke, sip.
Mari kita lanjutkan ke pembahasan.

    Apa itu personal branding?


    “Personal branding adalah ketika orang-orang membicarakan kamu, disaat kamu tidak berada ditempat yang sama.”

    Setiap orang dalam kehidupan sehari-harinya pasti tanpa mereka sadari mereka sudah punya personal brandingnya sendiri. Baik itu dibentuk karena disengaja ataupun tidak. Nah kira-kira teman-teman sudah punya belum?

    Dengan adanya personal branding kita bisa dengan mudah mengembangkan diri dan mengukuhkan posisi di suatu bidang tertentu. Misal nih, kita sebagai blogger. Jika kita sudah punya personal branding, otomatis orang-orang akan mengenal kita dengan ciri khas tertentu. Misal orang mengenal kita karena kebaperan kita atau karena kita sering menulis di status tentang hal-hal yang lucu atau konyol. Nah dari kebiasaan itu kita sudah membentuk personal branding tanpa disadari.

    Baca juga :

    Bagaimana cara membangun personal branding dari awal di media sosial?

    Untuk pemula tentu belum banyak orang yang mengenal kepribadian kita. Langkah awal yang harus dilakukan untuk pemula adalah memanfaatkan media sosial sebagai salah satu upaya untuk personal branding.

    Sekarang ini hampir diseluruh pelosok dunia pasti sudah menggunakan media sosial demi kepentingan mereka masing-masing. Dari banyaknya jenis media sosial seperti Intsgram, Facebook, Twitter, Youtube, dan sebagainya tentu akan mempermudah kita untuk melakukan personal branding. Nah dipembahasan Marathon Coaching Mas Ilham hanya fokus pada dua media sosial saja, yaitu Facebook dan Twitter.

    Teman-teman sudah pada punya akunnya kan?
    Oke, baiklah kita lanjut.

    Apa saja manfaat media sosial?


    • Menjaga silaturrahmi. Dengan media sosial kita bisa berkomunikasi jarak jauh dengan teman-teman sekolah SD misalnya, yang sudah lama tidak dijumpai. Media sosial bisa dijadikan salah satu penunjang untuk tetap berhubungan dengan teman dan kerabat jauh. Walaupun terpisah jarak ribuan kilometer, silaturrahmi tetap terjalin dengan baik.
    • Perbanyak koneksi. Terkadang media sosial menjadi tempat untuk kita mengenal siapa saja tanpa ada batasan, bahkan diseluruh dunia. Maka dari itu media sosial bisa kita jadikan tempat untuk menambah koneksi.
    • Branding. Sebagai seorang blogger, kita butuh membrandingkan diri kita kepada khalayak ramai di media sosial. Semua orang pasti ingin dikenal dengan ciri khasnya masing-masing kan. Nah dengan adanya media sosial ini kita bisa membranding diri kita melalui status Facebook atau Twitter.
    • Media promosi. Tujuannya agar orang-orang mengenal siapa kita dan apa yang kita tulis di blog. Jadi dengan memanfaatkan media sosial untuk branding sekaligus bisa kita gunakan untuk mempromosikan artikel blog dan memancing pengunjung blog. Dan ujung-ujungnya page view blog bisa meningkat. Blogger senang, pengunjung blog pun merasa puas karena mendapat tambahan wawasan dari artikel yang kita tulis di blog.

    Manfaat Media sosial untuk Blogger

    Sosial media yang paling popular


    Dari banyaknya pilihan media sosial yang ada, teman-teman sudah punya akun media sosial apa saja? Kalau aku pribadi sih, yang masih aktif dan masih sering digunakan ya Twitter, Facebook, dan Instagram saja. Eh Youtube juga ding. Walaupun nggak punya channelnya, tapi akunnya aku punya, hehehe

    Nah berikut beberapa sosial media populer yang sudah dimanfaatin hampir diseluruh masyarakat yang ada dimuka bumi:
    • Facebook
    • Twitter
    • Instagram
    • Youtube
    • Linked in
    • Snapchat
    • Tiktok

    Dari beberapa media sosial diatas, dalam hal branding tentu kita tidak akan memanfaatkannya semua sekaligus. Tapi kita diharuskan untuk fokus pada salah satunya saja. Agar proses membrandingkan diri kita sebagai blogger menjadi maksimal dan hasil yang didapat pun sesuai seperti yang diinginkan. 

    Jangan serakah ya teman, cukup satu saja. Seperti kita kaum perempuan yang tidak mau diduakan *eyaaaak*

    Strategi branding di media sosial


    Apapun profesi pasti butuh media sosial kan. Baik itu media sosialnya digunakan hanya sebagai untuk komunikasi sesama teman atau kantor, bahkan ada yang hanya digunakan untuk sekadar berselancar di dunia maya demi mencari berita-berita dan gosip yang terkini. Begitu pun dengan seorang blogger yang juga tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Kenapa?

    Karena blogger juga butuh media sosial untuk mempromosikan blognya dan artikel-artikel yang sudah ditulis. Dengan adanya promosi, maka blognya akan di datangi sama pengunjung blog.

    Nah, berikut beberapa strategi personal branding di media sosial yang bisa teman-teman coba praktikkan untuk blognya masing-masing:

    • Tentukan audience. Berdasarkan usia, pendidikan, gaya hidup, hingga hal-hal yang disukai. Ingat nggak boleh semuanya. Tapi diharuskan fokus pada salah satu.
    • Mau dikenal sebagai apa dan siapa. Nah ini jelas ya. Saat menggunakan media sosial tentukan dulu tujuan dasarnya ingin dikenal sebagai siapa dan apa.
    • Tampilkan sesuatu yang berbeda yang menjadi ciri khasnya teman-teman. Misal dari gaya bahasa, atau caption yang membuat orang-orang mudah mengingat akun media sosial kita.
    • Tentukan arah akun. Strategi ini bisa teman-teman gunakan saat menyapa teman-teman followers, dan harus memperhatikan gaya bahasa dan penggunaan kosakata.
    • Konsisten. Ingin dikenal tapi nggak sering update postingan ya sama saja. Supaya personal brandingnya berjalan dan sukses, kita harus rutin update, misal atur waktu postingannya. Nah dari sana kita bisa mulai untuk konsisten. Dan jika ada yang berkomentar balaslah, agar dianggap humble dan ramah tidak sombong.

    Manfaat media sosial

    Dari beberapa poin di gambar atas yang harus diperhatikan saat kita mau personal branding di media sosial, kita harus tentukan terlebih dahulu tujuan kita itu untuk apa saat ingin membrandingkan diri. Hiburan kah, sebagai pemberi informasikah.

    Nah begitu pun halnya dengan karakter, bahasa dan gaya bicara saat ingin membranding diri. Tentu hal-hal tersebut sangat perlu diperhatikan agar fokus utama kita ya ada pada poin-poin yang ingin kita capai saat proses personal branding diri di media sosial berlangsung.


    Apa saja yang mempengaruhi optimalnya sosial media?


    1. Konten

    Seperti halnya Facebook dan Twitter dengan caption, Tiktok di video singkatnya, Instagram dengan grafisnya. Masing-masing dari platform media sosial ini memiliki konten dengan ciri khasnya tersendiri.

    2. Konsisten

    Seperti Youtube. Semakin sering kita mengupdate video di channel youtube, maka hal baiknya akan mendatangkan traffic yang bagus. 

    3. Timing

    Menggunakan waktu yang tepat saat akan mengupdate konten di sosial media

    4. Audience yang tepat sasaran

    Nah seperti yang sudah aku bahas dipoin sebelumnya, ada baiknya kita sudah tahu dan menentukan siapa yang akan menjadi target kita di media sosial

    5. Ikuti tren

    Dalam mengikuti tren tetap harus memilih dengan bijak ya. 

    Gimana?
    Sudah dapat gambaran untuk mulai personal branding dengan akun media sosialnya teman-teman? 

    Pada intinya untuk memulai personal brandingmu, baik itu untuk personal ataupun seorang blogger harus bisa memaksimalkan media sosial. Karena dengan banyaknya manfaat media sosial yang kita gunakan akan membangun personal branding dengan sendirinya. Karena tidak semua media sosial bisa kita kuasai. Tergantung bagaimana cara kita memulai personal brandingnya dan tetap disesuaikan dengan langkah-langkah di atas ya. Yang penting poin utama yang harus diingat adalah tetap konsisten.

    Semoga artikel tentang manfaat media sosial untuk personal branding bermanfaat untuk aku, kamu dan kalian semua ya.
    Happy weekand ☺

    Related Posts

    Post a Comment

    Follow by Email