10+ Gedung Pernikahan di Jogja Lengkap dengan Harga

Konten [Tampil]

Pilihan gedung pernikahan di Jogja? Kenapa tidak 😁 Terkenal karena tradisi jawa yang masih  melekat melalui kerajinan batik, pertunjukan wayang, musik tradisional atau gamelan hingga beberapa candi-candi yang masih berdiri kokoh. Bahkan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pun melangsungkan pernikahannya di salah satu hotel berbintang yang ada di Yogyakarta. 

Rekomendasi gedung pernikahan di Jogja

Jogja menjadi pilihan tempat yang strategis untuk pernikahan dengan konsep adat tradisional. Karena selain suasananya yang masih sangat mendukung, gedung-gedung di sana pun masih kental dengan suasana Jawanya.

Mana nih warga Jogja? Sudah punya konsep pernikahannya sendiri belum?

Lebih Murah Nikah di Gedung Atau di Rumah Sih?

Menikah di gedung memang sudah jadi tren apalagi bagi masyarakat perkotaan. Salah satu sebab pernikahan di gedung semakin marak dilakukan, karena lahan rumah yang sempit menjadi pertimbangan utama, sehingga pilihan emmilih gedung menjadi solusi terbaik untuk mengadakan pesta pernikahannya di gedung.

Apalagi sekarang sudah banyak sekali pilihan gedung-gedung yang disewakan untuk menggelar acara pernikahan.

Kalau dari awal memang sudah memiliki pernikahan impian di dalam gedung, ya why not kan. Karena menurutku pribadi sih, menikah dimana saja tempatnya, yang penting ada pengantinnya lengkap, kesakralan suasana pernikahannya ada ya tetap saja sama, hehehe. Cuma bedanya mungkin kemewahannya saja, iya nggak siih?

10+ Pilihan Gedung Pernikahan di Jogja, Yang Mana Gedung Impianmu?

Kalau dengar kata gedung, kesannya tuh uda waw banget nggak sih? Kalau yang kayak aku kantongnya masih menjerit mungkin bakalan menjerit kalau dengar kata gedung doang. Padahal baru gedung, belum lagi dengan paket weddingnya, makin menjerit  deh kayaknya kantongku 😂

Justru di zaman sekarang ini tuh, kalau nggak nikah gedungan kayak gimana gitu kan. Selain karena lebih menghemat tenaga, kondisi rumah juga agak rapian, tetap bersih walaupun lagi acara hajatan nikah.

Memangnya masih ada harga sewa gedung pernikahan yang murah sekarang ini?

Dari pada bahas harga yang nggak akan kelar-kelar, yuk kita bahas dulu gedung pernikahan yang seperti apa saja nih yang ada di Jogja, yang cocok kamu jadikan buat acara penting pernikahanmu sekali seumu hidup 😍

1. Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta

Hayoo, siapa yang nggak asing dengan nama gedungnya? Yup, Pendopo Agung menjadi pilihan tempat diselenggarakannya upacara akad nikah anak bungsunya Bapak nomor satu di Indonesia, bapak presiden kita.

Royal Ambarrukmo ini dulunya adalah kediaman para sultan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Nggak heran sih, kalau suasananya tuh msih kental banget sama adat tardisionalnya, karena memang gedungnya pun sarat dengan makna sejarah. 

Sebenarnya Pendopo Agung ini lebih cocok disebut sebagai semi-outdoor sih, karena tanpa dinding. Beralamat di Jl. Laksda Adisucipto No. 62, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat pernikahan Kaesang dan pasangan mungkkin bisa kamu tiru jika memiliki budget pernikahan besar.

Untuk harga sewanya sendiri berkisar antara 500 hingga 5 juta tergantung dengan pilihan paket yang kamu pilih.

2. Gedung Pernikahan di Jogja Wisma Kagama UGM

Gedung Wisma Kagama merupakan bagian dari kampus Universitas Gajah Mada. Siapa sih yang nggak tahu lokasi kampus ternama di Indonesia satu ini? Kecuali seperti aku yang nggak berdomisili di Jogja wajar sih nggak tau, hehehe cuma sekadar tahu alamatnya doang di Jl. Boulevard UGM.

Gedung Kagama ini sudah sering menjadi langganan tempat acara-acara penting diselenggarakan, seperti seminar, wisuda, hingga acara pernikahan. Untuk harga kisaran sewanya sendiri berkisar antara 3 juta hingga 15 juta rupiah tergantung dari waktu dan jam yang kamu pilih sat melangsungkan pernikahan.

Kelebihan gedung Wisma Kagama UGM ini adalah selain memiliki luas yang mampu menampung jumlah tamu undangan sebanyak 600 orang, gedung ini memiliki desain yang unik serta wisma penginapan yang bisa digunakan untuk menginap para keluarga dan tamu undangan.

3. Burza Hotel Yogyakarta

Burza Hotel Yogyakarta adalah hotel berbintang tiga di Yogyakarta yang memiliki suasana klasik dan modern. Beralamat di Jl. Jogokaryan No. 61-63, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143, Burza Hotel memiliki akses mudah ke tempat-tempat terkenal di Jogja, sehingga membuat hotel ini menjadi pilihan untuk melangsungkan acara pernikahan impian.

Memiliki daya tampung sebanyak 500-3000 tamu undangan membuat hotel ini menjadi pilihan yang tepat untuk konsep pernikahan dengan target jumlah tamu yang besar. Ditambah lagi hotel ini letaknya berselang 7 menit berkendara dari Alun-Alun Kidul Yogyakarta.

Untuk harga sewanya berkisar antara 8 juta sampai 14 juta dan ini harganya bisa saaj berubah sewaktu-waktu yaa, dan kamu yang ingin memanfaatkan fasilitas hotel untuk pernikahanmu bisa langsung ke akun Instagramnya saja di @burza.yogya

4. Gedung Darmaputra Baciro

Berada di tengah kota Jogja dengan lokasi strategis dan mudah diakses, Gedung Darmaputra Baciro merupakan gedung serbaguna yang bisa disewakan untuk menggelar acara dengan pilihan venue indoor dan outdoor.

Beralamat di Jl. Andong, No. 1 Baciro, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta sebelah barat Stadion Mandala Krida, gedung ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Seperti sound system, kursi lipat, meja tamu, AC blower, ruang penginapan, ruang rias, ruang catering, cadangan genset dan juga memiliki area parkir luas. 

Memiliki fasilitas yang memadai dengan kapasitas tamu kurang lebih 500 tamu undangan tentu membuat gedung serbaguna ini sangat mendukung untuk pelaksanaan acara pernikahan hingga berjalan dengan baik. Uuntuk kisaran harga sewa gedungnya 3 juta rupiah hingga lebih.

5. Yellow Star Hotel Jogja

Yellow Star Hotel Jogja adalah salah satu gedung hotel yang menampilkan teras di puncak gedung dengan pemandangan kota, terletak di Jl. Laksda Adisucipto No. 23, Catur Tunggal, 2,4 KM dari Monumen Tugu. 

Hotel Jogja ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu dan pasangan yang ingin mengadakan pernikahan yang tidak terlupakan. Yellow Star Jogja menawarkan desain modern, ruang pernikahan dengan kapasitas tamu undangan hingga 800 orang serta memiliki fasilitas lengkap yang dapat memenuhi harapan pengantin dan tamu.

Untuk harga sewanya sekitaran 6 juta hingga 16 juta rupiah, sedangkan untuk kontaknya langsung saja ke akun Instagramnya ya di @yellowstarhotel

6. Gedung JEC (Jogja Expo Center)

Gedung JEC (Jogja Expo Center) merupakan gedung yang bisa dilakukan acara-acara untuk pergelaran pameran dan tempat penyelenggaraan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang terletak di Jl. Raya Janti dekat dengan Bandar Udara Adisucipto, atau beralamat di Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DIY. 

Walaupun sering digunakan untuk kegiatan MICE, gedung JEC juga bisa disewa untuk acara pernikahan. Untuk kapasitas tamunya tergantung kamu pilih yang mana, karena ada beberapa pilihan seperti dilantai 1 kapasitas tamunya bisa menampung 11.000 orang tamu undangan, sedangkan untuk Hall Bima sebanyak 3.700 tamu, dan di Arjuna Hall sebanyak 1.800 tamu.

Dengan jumlah kapasitas tamu yang berbeda-beda, tentu saja tingkat harganya juga berbeda-beda yaitu antara 13 juta hingga lebih karena disesuaikan dengan pilihan area yang ingin kamu pakai.

7. Gedung Pyramid Jogja

Memiliki gedung sama seperti Piramida Mesir, membuat gedung Pyramid yang ada di Jogja ini kerap dijadikan sebagai tempat acara-acar tertentu seperti pernikahan, foto prewedding, dan lain-lain.

Beralamat di Jl. Parangtritis No. KM 5,5, Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Yogyakarta gedung ini memiliki desain yang unik dan menarik serta kisaran harga sewanya 8 juta rupiah hingga lebih.

8. Jambuluwuk Malioboro

Jambuluwuk Malioboro merupakan salah satu gedung pernikahan di Jogja yang cukup terkenal di Jogja. Selain gedungnya bagus dan terawat, area parkir yang tersedia sangat luas sehingga jika kamu ingin memanfaatkan fasilitas gedung Jambuluwuk Malioboro untuk pernikahanmu dengan jumlah tamu yang banyak, Jambuluwuk menjadi solusi yang tepat untuk kebutuhan pernikahanmu.

Gedung yang terletak di Jl. Pregolan, No. 221, Patangpuluhan, Gedong Tengen, Yogyakarta ini mampu menampung lebih dari 100-2000 tamu undangan.

Untuk tarif sewanya sekitaran 8 juta hingga 9 juta. Lumayan terjangkau laah yaa dengan fasilitas yang luas dan ruangan yang bagus. Nah, buat teman-teman yang pengen tahu lebih lanjut tentang Jambuluwuk Maioboro bisa langsung mampir ke Instagramnya saja yaa di @JambuluwukMalioboroagr 

9. The Westlake Resort Yogyakarta

Wedding venue selanjutnya adalah The Westlake Resort Yogyakarta. Gedung pernikahan di Jogja satu ini mampu menampung kapasitas tamu undangan sebanyak 100-2000 orang. 

Beralamat di Jl. Tidar No. 204, Pringgokusuman, Ngapilan, Yogyakarta 55251, The Westlake Resort Yogyakarta memiliki kisaran harga sewa antara 5 juta sampai 14 juta rupiah.

Memiliki jalur akses yang mudah, membuat gedung pernikahan satu ini termasuk yang paling favorit oleh para pasangan calon pengantin. Untuk akun Instagramnya @thewestlakeresort ya teman-teman.

10. The Atrium Hotel and Resort

Alamat hotel Atrium Jogja terletak di Jl. Haji Juanda No. 435, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, 55225.  Walaupun memiliki kisaran harga sewa yang lumayan tinggi antara 7 juta hingga 22 juta rupiah, hotel Atrium tetap memiliki daya tarik tersendiri buat pasangan yang ingin melangsungkan hari bahagianya.

Mampu menampung 400-3000 orang kapasitas tamu undangan, gedung ini mempunyai desain interior yang unik, sehingga sangat coock buat yang ingin menggunakan konsep pernikahan adat dan tradisional. Untuk akun Instagramnya @theatriumjogja

Kesimpulan

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya di atas, mau menikah dimana saja baik itu di indoor maupun di outdoor sama saja, yang penting suasana kesakralannya dapat dan akad berjalan dengan lancar.

Karena untuk memilih gedung pernikahan di Jogja yang memiliki daya tarif sewanya yang berbeda-beda kembali lagi dengan bugdet pernikahan yang dimiliki oleh pasangan yang akan menikah. 

Related Posts

Post a Comment