Paket wedding outdoor Jogja, Jadi Untung atau Buntung?

5 comments
Konten [Tampil]

Rekomendasi pilihan pakte wedding outdoor yang jadi incaran pengantin

Ada yang bilang kalau paket wedding outdoor Jogja itu lebih terpantau budget-nya ketimbang kamu memilih ngebiayain per-item pada saat proses acara pernikahan? Memangnya iya? Ini sebenarnya kembali lagi ke daerahnya masing-masing nggak sih. Seperti Jogja kalau dibandingin Jakarta pasti biayanya lebih besar WO yang ada di ibukota.

Paket Pernikahan Terdiri dari Apa Saja?

Paket wedding biasanya itu sudah mencakup semua proses, dimana calon pengantin tinggal duduk santai memantau dan hanya mempersiapkan diri. Menurutku sih ini lebih oke, jadinya kamu sebagai pengantin nggak perlu nambah pikiran karena proses acara yang belum selesai. 

Baik itu acara outdoor maupun indoor sekalipun harganya yaa sama pasti ada selisih karena dari masing-masing pilihan tempat ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri bagi tim WO.

Eiitss, tapi kamu juga harus tahu kalau memilih paket wedding lengkap berarti kamu harus siap  mengeluarkan budget yang lumayan besar.

Nah, biasanya untuk full paket wedding package meliputi :

  • Tata Rias Pengantinnya, seperti make-up artis (MUA). Untuk daerah Aceh aku ada beberapa rekomendasi paket jasa rias pengantin untuk hari spesialmu 
  • Dress wedding. Kalau ini tergantung kamu pilih yang tradisional atau nasional dan kamu mau berapa dress. Kalau lebih satu ya sudah pasti nambah biayanya lagi
  • Dekorasi pelaminan
  • Catering makanan
  • Jasa photography dan video shooting
  • MC
  • Penampilan hiburan, seperti tarian penyambutan pengantin, atau penyanyi lokal untuk menghibur tamu undangan di sela-sela acara berlangsung
Kemudian untuk pilihan paket ini biasanya tim WO-nya sudah satu paket dengan membantu dari mulai merencanakan setiap detail acara, dari persiapan awal diskusi bersama keluarga, hingga selesainya acara wedding-nya kamu.

Lebih Murah Nikah Outdoor Atau  Indoor?

Mau outdoor atau indoor menurutku sama saja, seperti yang sudah aku bahas dipostingan sebelumnya, asal kamu memiliki budget yang besar  semua pilihan pasti adalah yang terbaik untuk hari spesial pentingmu.

Kalau ngomongin murah dan mahal, menurutku ini kembali lagi pada paket wedding yang kamu pilih. Namun, kalau perkiraan jumlah tamu yang diundang adalah sama, kemudian pilihan paket wedding pun sama, menurutku acara pernikahan di area outdoor cenderung lebih murah karena tidak perlu sewa gedung. Apalagi kalau kamu memilih lokasi outdoor yang sudah biasa digunakan untuk melangsungkan acara pernikahan outdoor.

Rekomendasi venue wedding outdoor yogyakarta

5 Rekomendasi Venue Wedding Outdoor di Jogja dengan View Alam yang Berbeda

Yogyakarta memang sudah terkenal dengan suasana keromantisannya. Nggak heran sih kalau kota yang dijuluki dengan kota pendidikan ini menjadi pilihan venue wedding outdoor oleh pasangan calon pengantin.

Mungkin bagi sebagian orang, lebih memilih outdoor untuk hari pentingnya karena indoor dianggap kurang berkesan. Makanya nggak heran kalau sekarang ini paket wedding outdoor semakin laris dikalangan penyedia jasa wedding. 

Eits, sebelum memilih lokasi wedding outdoor, perhatikan beberapa hal sebelum kamu menentukan lokasi untuk acara hari pentingmu yaa, seperti tips memilih tempat pernikahan outdoor yang tepat agar tidak menyesal di akhir

Berikut beberapa pilihan venue wedding outdoor di Yogyakarta dengan suasana yang estetik yang menyediakan view yang berbeda-beda, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi untuk hari spesialmu nanti.

1. Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta dengan View Pepohonan

Hutan Pinus Mangunan merupakan hutan pinus yang terletak di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, yang nggak hanya menjadi tempat wisata untuk masyarakat umum, namun juga menjadi pilihan untuk lokasi pernikahan outdoor.

Jika kamu menyelenggarakan pernikahan outdoor di Hutan Pinus ini, suasana pernikahanmu akan lebih terasa intimate dan indah karena pemandangan hutan pinusnya yang membuat suasana pernikahan menjadi lebih romantis.

2. Queen of The South Parangtritis dengan View Pantai 

Beralih dari pemandangan alam yang penuh dengan pepohonan, di Jogja kamu juga bisa menyelenggarakan acara pernikahan outdoor dengan view pantai selatan.

Beralamat di Jl. Parangrejo No. 13/RW 13, Parang Reja, Girijati, Purwosari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta, view yang dimiliki pantai selatan ini tidak kalah cantik dengan pernikahan outdoor dengan view pantai di Bali. Memiliki fasilitas yang lengkap dengan area yang luas membuat pantai ini menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin melangsungkan pernikahan outdoor impian.

3. Sumberwatu Heritage Resort dengan View Pengunungan

Beralamat di Dusun Sumberwatu, RT.02/RW.01, Dowang Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Sumberwatu Heritage Resort menjadi pilihan yang cocok buat kamu yang ingin memiliki acara pernikahan dengan view pengunungan. Dari resort ini kamu bisa melihat view gunung Merapi yang cantik dan estetik, bahkan dari resort ini kamu bisa melihat pemandangan Candi Prambanan.

Sumberwatu Heritage Resort memiliki beberapa pilihan venue untuk pasangan calon pengantin yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu sendiri, seperti pendopo, plataran, hingga Candi. Untuk kapasitas di setiap venue tersebut tentu saja berbeda-beda.

4. Pernikahan Outdoor di Candi Prambanan dengan View Candi

Candi Prambanan selain menjadi lokasi favorit untuk tempat wisata baik lokal maupun turis, ternyata menjadi pilihan calon pasangan pengantin yang ingin melangsungkan acara pernikahannya di outdoor dengan view Candi, lho.

Oiya, jika kamu memilihvenue wedding outdoor di Candi Prambanan, sebelum mempersiapkan dan menyewajasa WO ada baiknya sebelum itu kamu perlu mengurus perizinannya terlebih dahulu di PT. TWC (Taman Wisata Candi).

Candi Prambanan terletak di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Jogja. 

5. Villa Baliontoro dengan View Pepohonan yang Rimbun

Beralamat di Jl. Padma No. 4, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Jogja, Villa Baliontoro adalah tempat lainnya di Jogja yang bisa kamu jadikan pilihan referensi untuk venue wedding outdoor-nya kamu.

Villa Baliontoro menjadi pilihan karena selain terjangkau dibanding venue lainnya, Villa ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyelenggarakan acara pernikahanmu dengan suasana yang intimate.

Pilihan Paket Wedding Outdoor Jogja

Berbicara tentang pernikahan, venue menjadi salah satu hal wajib yang harus dipertimbangkan dan pikirkan baik-baik sebelum menjelang hari H oleh calon pasangan pengantin. Walaupun ada banyak pilihan venue, memikirkan matang-matang dan yakin terhadap pilihan terutama menyangkut dengan anggaran yang sudah disiapkan dengan kesesuaian tempat pilihan untuk hari pernikahan nanti.

Rekomendasi harga paket wedding outdoor Jogja

1. Villa Baliontoro

Villa Baliontoro adalah salah satu Villa yang menawarkan harga sewa yang terjangkau untuk kamu yang sedang mencari paket wedding outdoor Jogja. Memiliki tarif sewa dengan kisaran 6,5 juta rupiah dan memiliki taman yang indah dengan daya tampung tamu undangan sekitar 500 orang membuat Villa Baliontoro banyak dilirik oleh calon pengantin.

2. Queen of The South Resort

Wedding venue lainnya yang cocok dijadikan pilihanmu adalah di Queen of The South Resort. Tempat yang memiliki view pantai ini merupakan salah satu tempat tempat terbaik yang bisa kamu jadikan lokasi untuk pesta pernikahanmu. 

Untuk harga paket wedding outdoor Jogja di resort ini bisa disesuaikan dengan jumlah tamu dan konsep acara yang kamu inginkan. Untuk kisaran biaya kamu harus mulai menyiapkan dana sebesar 80 hingga 90 juta rupiah karena memiliki view dan kesan romantis yang susua bikin move on karena suasana yang dimiliknya.

3. Sumberwatu Heritage Resort

Menikah dengan latar belakang Candi yang eksotis, siapa yang tidak mau?

Sumberwatu Heritage Resort menyediakan suasana dengan spot indah dan latar belakang Candi yang memukau. Mampu menampung tamu undangan 800 orang, resort ini memiliki banyak pilihan fasilitas yang lengkap.

Selain bisa menjadi pilihan untuk pesta pernikahan, di Sumberwatu Heritage Resort juga bisa dijadikan untuk melaksanakan prewedding dan memiliki harga paket wedding outdoor Jogja berkisara antara 40 juta hingga 130 juta rupiah tergantung dengan banyaknya tamu undangan.

Kelebihan Menikah di Outdoor

Kebanyakan calon pasangan pengantin sekarang menginginkan pernikahanya di outdoor karena terlihat lebih meriah, mewah dan santai. Namun, dibalik mengadakan pesta pernikahan outdoor juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kamu pikirkan baik-baik sebelum memutuskan.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan jika kamu memilih menikah di luar gedung:

  1. Hasil foto yang bagus 
  2. Walaupun dekorasi acara sederhana, tetap kelihatan mewah dan meriah
  3. Selama acara akan terasa sejuk dan bikin nyaman tamu undangan
  4. Suasana lebih intim dan santai
  5. Butuh biaya tambahan
  6. Tergantung dengan kondisi cuaca

Kesimpulan

Gimana? Buat kamu kamu yang ingin melangsungkan pernikahan di Jogja, sudah siap menentukan segala resiko yang akan terjadi belum, kalau memilih paket wedding outdoor Jogja?

Melangsungkan pernikahan oudoor maupun di indoor menurutku ya kembali lagi pada setiap calon pasangan pengantin. karena dimana pun acara pernikahannya pasti akan ada resiko-resiko kecil yang akan dihadapi oleh setiap pasangan.

Untuk itu buat kamu, selain memilih lokasi pernikahan outdoor sesuai keinginanmu, pastikan dulu anggaran yang sudah kamu siapkan sudah cukup untuk harga paket wedding outdoor Jogja yang inginkan juga yaa 😍

Related Posts

5 comments

  1. Konsep menikah dengan tipe outdoor maupun indoor memang tergantung kebutuhan kedua mempelai. Semuanya pasti ada plus minusnya. Cuma penting sih memang untuk memilih jasa sewa wedding, sesuaikan juga dengan budget. Kalo ada rezeki lebih gpp ambil yang konsep outdoor, lebih fleksibel, misalnya di sekitaran taman-taman hotel atau vila juga bisa jadi pilihan. Btw, bagus nih ada jasa wedding outdoor Jogja, bisa lebih praktis karena ada sistem paket weddingnya, tinggal terima beres bagi calon pengantin... dah gak pusing dg urusan kebutuhan wedding. Makasih infonya kaks...

    ReplyDelete
  2. Seneng banget kalo liat wedding konsep outdoor tuh..
    Tamu undangan bisa membaur dengan alam dan intimate satu dengan yang lainnya. Hanya saja, resiko-resiko seperti cuaca atau kemungkinan tamu sepuh, mungkin akan sedikit mengalami kendala yaa..

    Tapi listingnya sangat membantu, kak.
    In syaa Allaah masku mau nikah abis Ramadan ini. Jadi mulai riweuhnya bulan-bulan ini deh..

    ReplyDelete
  3. bisa jadi gambaran kalau adik nanti nikah. Aku dulu juga pakai paketan pas nikahan.

    Dan jogja ini banyak banget jasa yang menyediakan paket wedding. Tinggal menyesuaikan budget

    ReplyDelete
  4. Jadi inget nikahan anak bungsuku
    Ternyata satu paket lengkap lebih murah daripada per item, hasilnya pun memuaskan banget
    Bikin saya terheran-heran, kok ada calon pengantin yang bisa tertipu WO ya?
    Kan menuju hari H cukup lama (photo prewedding, nyobain makanan, fitting baju dll), bakal ketahuan kalo WOnya ternyata nipu

    ReplyDelete
  5. Aku relate banget sama tulisan kakaknya. Menikah outdoor itu sisi positifnya adalah foto bagus. Bener banget. Itu yang bikin gen Z kayaknya banyak yang suka outdoor juga.

    ReplyDelete

Post a Comment