Investasi Mata Uang Digital, Aksi Elon Musk dengan Dogecoin

1 comment
Konten [Tampil]

Investasi Mata Uang Digital, Aksi Elon Musk dengan Dogecoin

Investasi mata uang digital selama pandemi menjadi perbincangan hangat dikalangan banyak orang. Apalagi melihat dampak dari pandemi Covid yang belum usai, membuat sebagian orang beralih untuk mengamankan asetnya ke berbagai bentuk. Salah satunya adalah investasi dalam bentuk mata uang digital.

Baru-baru ini, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, salah satu uang digital yaitu mata uang kripto mengalami peningkatan popularitas di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, hal serupa pun terjadi di pasar internasional.

Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, hingga akhir Mei 2021 lalu, jumlah total investor aset kripto mencapai 6,5 juta orang. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 4 juta.

Nah ngomongin mata uang kripto, ada beberapa jenis mata uang kripto yang sudah dikenal banyak orang, salah satunya adalah Dogecoin.

Yang teman-teman harus tahu tentang Dogecoin ini adalah pada Maret 2021 Elon Musk, pemilik Dallan Mavericks Mark Cuban mengumumkan tim NBA-nya akan mengizinkan setiap pembelian tiket dan produknya dengan Dogecoin. Efek dari pengumuman inilah yang membuat Dogecoin seakan sangat berpengaruh dengan apapun yang umumkan dan dilakukan oleh Elon Musk.

Mengenal Investasi Dogecoin Sebagai Mata Uang Digital

Dogecoin (DOGE) adalah salah satu dari mata uang digital atau cryptocurrency yang tengah danik daunMata uang kripto yang diciptakan oleh insinyur perangkat lunak yaitu Billy Markus dan Jackson Palmer. 

Tujuan keduanya menciptakan Dogecoin ini adalah untuk membebaskan sistem pembayaran dari biaya perbankan tradisional.

Mempunyai logo yang menampilkan wajah anjing Shiba Inu dari meme "Doge", Dogecoin mulai diperkenalkan pertama kali pada 6 Desember 2013 dan dengan melesat cepat dapat mengembangkan komunitas online-nya sendiri dan hanya dalam 30 hari pertama sudah ada satu juta pengunjung ke dogecoin.com

Investasi Dogecoin berkat Elon Musk

Hal ini terbukti setelah pembentukannya tepat pada 19 Desember 2013, nilai Dogecoin melonjak hampir 300% hanya dalam waktu 72 jam saja. Pada saat itu harga Dogecoin dari US $0,00026 menjadi $0,00095 dengan volume miliaran Dogecoin perharinya.

Bahkan setipa bulannya volume perdagangan bulanan Dogecoin secara singkat dapat melampaui Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Pada tahun 2017 selama setahun berjalan, hingga awal gelembung mata uang kripto 2018, dapat mencapai puncaknya hingga $0,017/koin dan pada 7 januari 2018 dapat menempatkan total kapitalisasi pasarnya yang mendekati USD 2 miliar.

Pada Juli 2020, harga Dogecoin melonjak mengikuti arus tren TikTok yang mempunyai tujuan untuk membuat harga koin menjadi $1.

Ada Apa dengan Elon Musk dan Dogecoin? 

Walaupun terbilang pemain baru, Dogecoin kini semakin mampu bersaing dengan beberapa pasar kripto lainnya, sebut saja seperti Bitcoin dan Ethereum. 

Apalagi semenjak Elon Musk menyebutkan bahwa Dogecoin adalah mata uang kripto favoritnya, popularitas Dogecoin semakin meledak hingga memperoleh lebih dari 5.000 persen.

Elon Musk sendiri adalah seorang CEO sekaligus pendiri beberapa perusahaan besar teknologi populer, termasuk SpaceX yang bergerak dibidang teknologi antariksa; Tesla Inc. yang bergerak dibidang otomotif; OpenAI, SolarCity, Neuralink, serta beberapa perusahaan lainnya yang dimiliki oleh Musk.

Tidak heran kalau cuitannya di Twitter tentang Dogecoin menjadi investasi mata uang digital favoritnya membawa pengaruh yang paling besar dan membawa Dogecoin ke puncaknya hingga mampu mengalahkan mata uang digital lainnya.

Sejak itulah Elon Musk dijuluki sebagai dewa di dunia Cryptocurrency. Bagaimana tidak, hanya dengan satu cuitannya saja bisa mempengaruhi pergerakan harga mata uang digital tersebut. Tak heran kalau adaselintingan kabar dan beberapa informasi yang menyebutkan bahwa Elon Musk di endorse oleh Dogecoin.

Ditambah lagi dengan pengumuman pada Maret 2021 yang menyatakan bahwa pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban akan mengizinkan tim NBA-nya untuk setiap pembelian tiket dan produk akan menggunakan Dogecoin. Dan hanya dalam dua hari, Cuban menyatakan waralabanya menjadi Dogecoin teratas, setelah melakukan 2000 transaksi.

Hal tersebut membuat Dogecoin dan harga mata uang kripto lainnya mengalami kelonjakan. Ini terlihat pertama kalinya pada 14 April 2021 mencapai $0,10 sebelum mencapai ketinggian baru $0,45 pada 16 April 2021. 

Kelonjakan tersebut ditaksir mengalami kenaikan hingga 400 persen, dengan volume hampir $70 miliar yang diperdagangkan dalam waktu hanya 24 jam dari sebelumnya.

Cara Mendapatkan Dogecoin untuk Investasi Mata Uang Digital di Tokocrypto

Di Indonesia sendiri walaupun jenis investasi mata uang digital jumlah dan ragamnya sudah banyak, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komuditi hanya memberikan izin sebanyak 229 jenis mata uang kripto saja di Indonesia. Dan beberapa diantaranya yang sudah populer di Indonesia adalah Bitcoin, Ethereum, Tether, Polkadot, Litercoin, dan Dogecoin.

Seperti halnya mata uang kripto lainnya, Dogecoin ini bekerja juga menggunakan teknologi blockchain. Dimana teknologi ini seperti buku besar digital yang didistribusikan ke seluruh pengguna untuk mencatat transaksi dengan menggunakan uang kripto.

Jaringan ini menggunakan kriptografi untuk menjaga keamanan dan semua transaksi di dalamnya.  

Sebagai imbalan, penabung uang akan mendapatkan uang kripto yang bisa disimpan dan ditukarkan di pasar terbuka. Bahkan Dogecoin ini juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran dan pembelian.

Tokocrypto menjadi salah satu tempat untuk teman-teman bisa mendapatkan mata uang digital Dogecoin ini. Bahkan di sana teman-teman bisa mengkonversi Dogecoinnya ke rupiah dan sebaliknya seperti doge to USD misalnya.

Nah, demikian ulasan tentang Dogecoin yang perlu teman-teman ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya agar lebih informatif. Semoga informasi terkait investasi mata uang digital dengan aksi Elon Musk dengan Dogecoin ini bermanfaat yaa.

Related Posts

1 comment

  1. tau gak kak, waktu aplikasi e wallet bermunculan aku tuh langsung kepikiran krpto. entah gimana kok metode dan sistemnya mirip dengan kryto. mata uang digital juga, tapi istilahnya jadi cashless ya. aku sih gak asing dengan istilah krypto atpalagi bitcoin, karena pernah terjun di dunia ini tapi gak diterusin, hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment