Belajar SEO Blogger Khusus Perempuan di SEO Moms Community

Konten [Tampil]

Belajar SEO Blogger Khusus Perempuan di SEO Moms Community. Kalau dilihat dari arsip mungkin blogku sudah berumur panjang karena terbentuk dari Februari 2016 (menurutku sih sudah lama, hehehe). Tapi kalau terkait belajar serius tentang ilmu-ilmu perbloggeran aku tidak sebanding dengan umur blogku yang masih bayi ini.

Belajar SEO Blogger di SEO Moms Community

Kalian percaya tidak kalau aku pertama kali mendengar kata SEO itu di akhir tahun 2020 saat sedang mengikuti satu kelas blogger, nah disana ada materi terkait SEO ini yang waktu itu pas pertama kali dijelasin aku cuma bisa melongo karena memang awam banget, nggak ada gambaran apa-apa tentang SEO apa dan untuk apa.

Yang lucunya aku yang dulunya nggak tahu apapun, yang mulai ngeblognya pun karena cuma ingin sharing tentang review-review buku yang kubaca, perlahan mulai paham seberapa penting si SEO ini jika diterapin pada blog.

Sejak hari itu aku pun mulai mencari tahu lebih lanjut tentang SEO, mulai intip beberapa acara webinar dan  workshop khusus blogger dan sampai ke kelas-kelas online yang materinya ada SEO aku pasti akan mendaftar. 

Tujuanku waktu itu nggak muluk-muluk, kalau lulus dan bisa join Alhamdulillah, kalau nggak ya sudah. Pokoknya daftar lagi aja sampai lolos kelas dan berhasil. Begitulah seterusnya. Dan hal serupa juga terjadi waktu pertama kali tahu tentang kelas SEO Moms Community ini.

Seneng banget akhirnya bisa join disini bersama teman-teman blogger hebat lainnya yang berasal dari berbagai provinsi. 

Apa Sih SEO Moms Comminity?

Belajar SEO sekarang ini sebenarnya bisa dimana saja. Apalagi yang ngakunya sebagai blogger pasti tahulah mencari ilmu di zaman yang teknologinya semakin mudah ini bisa dimana saja dan dari mana saja.

Cuma yaa biar lebih afdhal dan bisa ditanyain langsung sama yang ahlinya kan lebih asyik lagi kan yaa. Dan karena alasan itu pula aku mendaftarkan diri untuk bisa mengikuti kelas online yang di adakan oleh SEO Moms Community ini. 

Komunitas blogger SEO Moms Community

Nah ngomongin komunitas yang ternyata dikhususkan untuk perempuan ini, bisa bergabung di dalamnya terasa spesial. Kenapa? Karena semua peserta di dalamnya nggak ada yang Bapak-bapak, kecuali foundernya saja. Yang lain perempuan semua alias para emak-emak dan calon emak-emak, hehehe

SEO Moms Community adalah komunitas blogger yang dikhususkan untuk seluruh perempuan Indonesia) yang ingin memfokuskan dirinya pada pembelajaran berbasis SEO dasar buat ngeblog.  

Mengenal Founder dan Sejarah Berdirinya SEO Moms Community 

Ternyata SEO Moms Community (SEOMOC) ini baru terbentuk pada Januari 2020 tahun lalu loh, waah ini sih pencapaian yang luar biasa yaa. Belum dua tahun tapi sudah banyak blogger perempuan Indonesia pada rebutan ingin bergabung di komunitas ini.

Komunitas blogger SEOMOC ini dibentuk karena dedikasi sang founder kepada almarhumah sang ibu.  Beliau adalah seorang praktisi SEO yang dulunya tidak begitu terkenal karena bermain underground. Terkenal dengan nama Qbenk atau yang sering disapa Bang Q ini mendirikan SEOMOC bersama Co-founder yang juga seorang beauty blogger asal Surabaya. Sedangkan Bang Q sendiri berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Namun karena satu dan lain hal co-founder off, jadi sekarang ini SEOMOC hanya di handle oleh Bang Q dibantu oleh beberapa Admin berdasarkan pembagian wilayah yang mulai dibentuk pada awal tahun 2021.

  1. Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah koordinatornya adalah Mba Wiwin Pratiwanggini
  2. Wilayah Jawa Timur, ada Mba Adikara dan Rahmah Chemist sebagai koordinator.
  3. Wilayah Sulawesi - Bali - Nusa Tenggara, dikoordinator oleh Mba Rizky Masdila dan Mugniar Marakarma.
  4. Wilayah Sumatera dengan Mba Arda Sitepu sebagai koordinatornya.
  5.  Dan beberapa kota lainnya yang tidak disebutkan dalam pembagian wilayah di atas tergabung dalam SEO Moms 4 yang dikordinator oleh Mba Lidya Fitrian.

Member pengurus koordinator wilayah SEO Moms Community

Tempat Belajar SEO Blogger untuk Pemula, Gratis!

Dimana lagi tempat yang cocok dan pas buat belajar SEO blogger dari dasar, kalau bukan di SEOMOC ini. Dimulai dari yang awalnya tidak tahu apa-apa tentang SEO, pelan-pelan jadi tahu dan mulai ada gambaran bagaimana menerapkan ilmu SEO di blog yang kita kelola dengan benar dan tepat.

Oiya ngomongin SEO, teman-teman sudah tahu dong SEO yang aku bahas disini tentang apa dan untuk apa belajar tentang ini semua. Tentunya kalau kita menerapkan ilmu SEO yang sudah kita dapatkan pada blog Insya Allah postingan kita akan berada di page one Google. Nah lohh, yakin nih nggak mau postingan blognya muncul di page one Google? Nggak tega nolaknya bukan, hehehe

Selain fokus pada pembelajaran SEO basic melalui kelas online, SEO Moms Community juga membuka peluang untuk kejasama dengan pihak-pihak lain dalam berbagai bentuk yang nantinya akan didiskusikan bersama founder dan koordinator setiap wilayah masing-masing.

Beberapa kerjasama yang sudah terjalin sejak berdirinya SEOMOC antara lain adalah dengan Qwords, Ruang Pulih, SHer Stories, dan lain-lain.

Yang serunya lagi bergabung bersama komunitas blogger khusus perempuan ini mereka juga kerap mengadakan beberapa kegiatan kopdar setiap bulannya, baik itu secara online melalui GMeet. Tujuannya sebagai saranan untuk merefresh ilmu dan lepas kangen antar member, admin dan founder.

Kenapa Harus Belajar SEO dari Nol bersama SEO Moms Community?

Buat teman-teman yang jadwal kegiatan sehari-harinya sudah padat merayap dan pengen banget belajar tentang SEO blog, nggak ada salahnya untuk bergabung di SEOMOC ini. Karena disini belajar SEO dari nol yang akan dibimbing langsung oleh foundernya.

Selama beberapa hari kemarinberkesempatan untuk ikut kelasnya di SEO Moms Basic 4, ada beberapa hal yang membuat aku merekomendasikan komunitas ini untuk blogger-blogger pemula seperti aku ini.

1. Waktu belajar yang tidak terikat

Karena ini kelas khusus buat perempuan pasti sudah kebayang dong betapa riwehnya kesibukan sehari-harinya, apalagi kalau sudah emak-emak dan punya anak. Dengan menyesuaikan waktu luangnya Bang Q selaku founder sekaligus pemateri, tidak membuat peserta kelas harus ikut menyesuaikan waktunya juga dengan Bang Q. Itu tidak perlu. 

Karena walaupun Bang Q sudah memberikan materinya, kita tetap bisa membacanya nanti setelah urusan di kehidupan nyata selesai. Kita diberi waktu luang untuk meresapi semua materi yang sudah dibagi di group WhatsApp secara pelan-pelan. 

2. Boleh tanya apapun

Beneran boleh tanya "apapun" loh. Sedasar apapun pertanyaan yang kita ajukan tentang blog, Bang Q akan menjawabnya dengan sabar dan sangat telaten. 

Nggak harus sesuai dengan materi yang baru saja dijelaskan, diluar materi juga boleh asal terkait dengan blogger.

3. Model pembelajaran teori dan praktik

Model pembelajaran teori dan praktik yang diterapkan disini ada baiknya langsung dipraktik materi yang baru dijelaskan. Hal ini untuk menghindari kelalaian yang diakibatkan oleh para peserta sendiri. 

Sehingga materi-materi yang sudah diberikan akan mudah kita ingat karna langsung dipraktikkan ke blog sendiri.

4. Kelasnya Gratis

Aku pernah dapat info kalau yang sebenarnya kelas SEO tuh lumayan menguras isi kantong. Pengen sihh ikutan, tapi masih belum mampu di bagian kantong. Maish harus bersabar lagi.

Lain cerita kalau ada kelas SEO gratis, Alhamdulillah kalau ada waktu luang pasti ikutan. Seperti kelas SEO Moms Community misalnya. Kapan lagi coba bisa ikutan kelasnya dengan materi-materi yang ndaging banget, yang sayang kalau dilewatin begitu saja.  

Cara  Bergabung dengan Komunitas Blogger SEOMO

Lalu bagaimana caranya jika ada teman blogger lainnya ingin bergabung ke komunitas blogger SEOMOC ini? Nah ini kuncinya utamanya, harus "SABAR".

Kenapa? Karena komunitas ini tidak selalu ada dibuka untuk penerimaan pendaftaran member baru. Karena mereka membuka pendaftaran member baru menggunakan sistem perperiode gitu.

Jadi siapapun yang ingin bergabung sering-sering saja untuk mengecek update terkini tentang informasi seputaran komunitas SEOMOC di akun sosialnya. 

Begitulah pengalamanku selama aku mengikuti kelas SEOMOC ini. Rasanya pengen lanjutin lagi kelasnya, nggak usah berhenti-henti, hehehe

Karena ada banyak sekali manfaatnya baik untuk diri sendiri, untuk blog yang dikelola dan untuk masa depan keduanya.

Semoga postingan belajar SEO blogger khusus perempuan di SEO Moms Community ini bermanfaat buat teman-teman yang sedang mencari referensi tentang kelas ini yaa.

Related Posts

Post a Comment