Menyambut Tahun Baru, Menyambut Berkah dan Harapan Baru

2 comments

Menyambut Tahun Baru, Menyambut Berkah dan Harapan Baru

Menyambut tahun baru bukan berarti melupakan hal-hal yang sudah terjadi ditahun sebelumnya. Tahun baru menjadi salah satu untuk memantapkan harapa-harapan baru, yang mungkin ditahun sebelumnya ada keinginan tapi belum bisa tercapai.

Apa yang kamu harapkan ditahun baru ini?

Pasti akan ada banyak hal, harapan dan keinginan seseorang yang ingin hidupnya menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pencapaian-pencapaian yang belum terlaksana, inginnya segera terlaksana perlahan-lahan ditahun baru ini. Bukankah begitu?

Aku sendiri ngerasa ditahun 2020 pencapaian yang bisa aku raih belum maksimal seperti yang aku harapkan diawal tahunnya. Ada banyak sekali faktor-faktor yang ngebuat aku menjadi sosok yang lain.

Ditambah lagi dengan keadaan pandemi yang melanda, membuat beberapa orang diluar sana menjadi lebih produktif atau malah sebaliknya.

Ada berbagai cara untuk setiap orang melakukan penyambutan tahun baru untuk hidupnya. Menyiapkan tekat misalnya, untuk menjadi sosok yang baru, yang bisa memberikan yang terbaik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang-orang disekitarnya.

Menyambut Semangat Baru Ditahun 2021

Sudah siap untuk menyambut tahun baru dengan hal-hal yang baru? Aku sendiri tidak banyak persiapan yang kulakukan saat menyambut tahun baru kali ini. Karena bagi aku tahun baru masih sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya angkanya saja yang berubah satu angka, bahkan usia pun semakin pendek. 

Menyambut tahun baru berarti kita mau nggak mau harus mau menyambutnya. Karena tidak ada cara untuk keluar dari itu semua.

Aku meyakinkan diri sendiri untuk apapun yang akan aku lakukan sekarang ini ditahun baru harus berbarengan dengan semangat-semangat baru. Karena tanpa semangat itu sama saja tidak ada arti. Berasa kita melakukannya setengah hati.

Bukankah begitu?

Akan terasa lebih indah dan lebih baik apa-apa yang kita kerjakan dan lakukan mendapat hasil yang sesuai ekspektasi yang diharapkan. Untuk itu menyambut tahun baru semangat pun harus baru. 

Membuat Harapan dan Pencapaian Baru

Perlukah harapan dan pencapaian baru ditahun yang baru ini? Tentu saja. Karena harapan-harapan ditahun sebelumnya perlu perbaikan dan butuh persiapan baru untuk bisa mencapai apa yang ingin kita capai dalam hidup untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Membuat harapan baru bisa dengan berbagai cara atau kita bisa melakukannya dengan menulis list-list yang ingin kita capai ditahun ini. 

Membuat content plan misalnya. Content plan bisa menjadi salah satu cara supaya kita bisa mengingat harapan-harapan dan pencapaian yang ingin kita raih. Jika disuatu hari saat kemalasan melanda kita bisa melihat kembali, bisa menjadi salah satu pengingat. Bahwa ada harapan dan pencapaian yang ingin kita raih tapi belum terlaksana.

Cara mewujudkan harapan baru

Cara Mewujudkan Harapan Baru

Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk bisa mencapai apa yang sudah menjadi harapannya diawal tahun, untuk menjadi seseorang yang lebih berwarna dan bermanfaat buat orang lain.

Tahun baru sekaligus menandakan adanya harapan-harapan baru dari setiap orang. Harapan-harapan baru itu pun tidak akan terwujud jika tidak ada keinginan untuk mencapainya. Oleh karena itu untuk bisa mencapai dan melaksanakan harapan-harapan tersebut, dibutuhkan beberapa cara yang kebetulan sudah aku rangkumkan disini, sekaligus ini caraku untuk menggapai harapan-harapanku ke depannya.

1. Niat

Bukankah niat sudah seperti motto saat seseorang ingin melakukan suatu hal? Berawal dengan niat baik maka akan menghasilkan hasil yang baik. Begitu pun sebaliknya. Saat seseorang ingin mengerjakan sesuatu dengan niat yang buruk maka hasilnya juga akan tampak buruk.

Begitu pun dengan harapan. Harapan-harapan yang ingin kita capai harus dibarengi dengan niat yang baik dan tulus didalamnya, tanpa ada paksaan dari orang lain. 

2. Berani Mencoba

Punya harapan bukan berarti hanya sekadar ucapan dan kemauan saja, tapi juga harus dikerjakan dengan maksimal untuk bisa menggapai harapan yang sudah kita canangkan di awal. 

Lawan rasa takut. Berani mencoba selama apa yang kita lakukan tidak merugikan diri sendiri bahkan orang lain. 

Punya harapan tentu harus punya cara untuk bisa merealisasikan harapan-harapan tersebut. Jangan sampai saat ada kesempatan tapi kita tidak melakukannya, tentu penyesalan yang akan datang menyambut di akhir.

Baca juga:

3. Chalenge diri sendiri

Memberikan kesempatan untuk diri sendiri mencoba hal-hal yang baru. Seharusnya saat membuat harapan-harapan baru, selipkan setidaknya satu atau dua harapan untuk menantang diri sendiri untuk bisa keluar dari zona nyaman.

Karena menantang diri sendiri itu tidak buruk kok, malah bisa sekalian melatih diri kita untuk menjadi sosok yang baru dan berani mencoba tanpa ada rasa takut didalamnya.

4. Ambil Yang Baik Dari Masa Lalu

Siapa yang bilang masa lalu biarlah menjadi masa lalu? Justru dari masa lalu kita bisa belajar banyak hal darinya. Masa lalu yang buruk bisa kita jadikan sebagai pelajaran supaya dimasa depan hal yang sama tidak terulang lagi dalam hidup.

Sedangkan untuk masa lalu yang baik bisa kita ambil kembali dan jadikan sebagai penambah semangat baru untuk menyongsong harapan-harapan baru yang sudah menanti di depan bersama-pencapaian yang ingin kita capai.

5. Kerjakan Karena Keinginan Bukan Paksaan

Ini jelas. Harapan-harapan yang sudah disusun sebaiknya memang dari diri kita sendiri bukan harapan dari orang lain. Karena dengan kita mempunyai harapan sendiri akan lebih semangat saat ingin mencapainya tanpa ada paksaan dari orang lain.

Saat kita mengerjakan hal-hal yang kita inginkan, akan ada keikhlasan yang akan menyertai didalamnya. 

Menyambut pergantian tahun dengan berdoa

6. Berdoa

Poin terakhir ini jangan pernah dilupakan. Kalau bisa disetiap kesempatan sempatkan untuk berdoa. Supaya apa-apa yang akan kita kerjakan dan harapkan ditahun baru ini bisa tercapai semuanya dengan maksimal. 

Karena disetiap langkah kita dalam hidup, sang Maha Pencipta tetap harus diprioritas pertama dibanding yang hal-hal lainnya.

Karena apapun yang kita kerjakan dan harapkan dalam hidup, tentu saja manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Karena untuk hasil akhirnya tentu Allah lah yang menentukan segalanya.

Gimana?

Sudah siapkah kamu menyambut tahun baru dengan keberkahan dan harapan baru? Apa harapan barumu ditahun baru ini? Lalu bagaimana cara kamu untuk mewujudkan harapan-harapan barymu itu? Semoga apa-apa yang kita harapkan untuk tahun 2021 ini lebih banyak terwujudunya ya.

Selamat mewujudkan harapan-harapan baru ya.

#happyblogging

Related Posts

2 comments

  1. Tahun baru ini ingin produktif ngeblog soal buku, kaya dulu lagi. kangen banget, sumpah! Semoga aja kerjaan yang menumpuk, skripsi kuliah, dan ngeblog bisa jalan beriringan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nihh blogger buku uda mulai sepi, pada beralih ke IG semua kayaknya :D
      Aamiin,
      Ayoo kak, semangat, semoga bisa tercapai..

      Delete

Post a comment

Follow by Email