Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Konten [Tampil]

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang. Di zaman sekarang ini apalagi dikondisi pandemi gini pasti deh teman-teman ingin punya penghasilan tambahan, tanpa terkecuali bagi mereka yang tempat kerjanya work form home. Iya kan? 

Kerja di rumah, selain dapat gaji di kantor, ditambah dapat penghasilan tambahan dari ngeblog, beuuhh hidup pasti akan lebih berwarna, wkwkwkw alias beban karena mikirin biaya hidup yang nggak pernah habisnya.

Situs Apa Saja yang Menyediakan Layanan Membuat Blog Gratis

Ngomongin tempat situs yang menyediakan layanan membuat blog ini ada banyak loh ternyata. Walaupun untuk aku pribadi ada beberapa yang masih asing. Aku sih tipe orang yang membuat blog di tempat yang umum-umum aja sih, lebih karena nggak mau ribet sih sebenarnya.  lebih mudah, nggak ribet, dan cepat dapat solusinya.

Apa saja sih tempat situs yang menyediakan layanan tempat membuat blog gratis?

  1. Blogger.com (ini seperti blog yang aku pakai sekarang ini)
  2. Wordpress.com
  3. Kompasiana.com
  4. Medium.com
  5. Tumblr.com
  6. Penzu.com
  7. Ghost.org
  8. Wix.com
  9. Livejournal.com
  10. Pen.io
  11. Webs.com
  12. Weebly.com
  13. Postach.io

Nah itu dia, ada tiga belas banyak juga ya ternyata. Mungkin ada teman-teman yang ingin menambahkan lagi boleh loh. Selain tempat-tempat di atas, seperti Facebook dan Instagram, banyak juga yang menjadikan tempat tersebut sebagai blog pribadinya mereka. Apalagi Instagram. 

Walaupun mempunyai batas maksimal jumlah kata, nggak dipungkiri bahwa banyak sekali orang-orang diluar sana memanfaatkan media sosial satu ini untuk tulisan mereka. Nggak hanya untuk hobi saja, bahkan sampai mendapat penghasilan juga (seperti influencer dan lain-lain). Lumayan kan.

Apa Keuntungan Membuat Blog

Kalau ditanyak pas zaman dulu awal-awal aku mengenal blog, aku bakalan jawab sederhana banget "untuk nyalurkan hobi dan ngisi waktu luang pas nggak ada kerjaan" 😂. Jawaban anak baik banget kan yaa. 

Kalau sekarang jawabannya, banyaak. 

  • Buat salurkan hobi menulis kalau lagi ada ide atau sesuatu yang ingin ditulis
  • Bisa berkenalan sama orang-orang hebat
  • Nyari tambahan uang jajan
  • Perluas pertemanan dan relasi sesama blogger (poin ini ada banyak sekali manfaatnya, yang aku sendiri ngerasa menyesal banget kemana saja aku selama ini, kenapa baru sekarang mengenal orang-orang seperti mereka).
  • Jadi banyak tahu tempat-tempat sumbernya cuan 😄 (beneran ada loh ternyata tempatnya)

Sudah sih itu saja dulu yaa keuntungan dari membuat blognya, ntar kalau tiba-tiba aku ingat lagi bakal aku tambahin. Kalau teman-teman mau nambahin versi kalian boleh loh. Tinggalkan jejak di kolom komentar bawah ya.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Blog

Yang perlu disiapkan sebelum membuat blog nggak banyak kok. Yang pasti harus punya bakat menulis dulu dong. Kalau nggak punya minat di menulis, terus sudah buat blog, lah mau diisi dengan apa kalau bukan dengan menulis. Kosong melompong dong jadinya, iya kan.

Jadi siapapun yang pengen buat blog sudah pasti karena punya minat sama menulis. Nggak bisa nulis nggak bisa buat blog? Tetap bisa dong. Ntar untuk ngisi tulisan di blog kita, ya pakai jasa menulis dari teman atau kenalan yang terpercaya. Yang penting duit semua aman, hehehe

Terus persiapan lainnya sebelum membuat blog, teman-teman harus punya email dulu ya. Ada baiknya sih emailnya punya Gmail ya. Biar gampang dan nggak ribet juga.

Sudah ada gambaran nama dan URL blognya. Biar nanti pas mau membuatnya nggak perlu mikir lama lagi.

Sudah itu saja sih kayaknya persiapan sebelum membuat blog. Ada lagi nggak ya? Semoga nggak ada yang terlewat yaa.

Baca Juga:

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Sudah tahu situs apa saja yang menyediakan layanan membuat blog secara gratis, keuntungan membuat blog apa saja, terus persiapan yang harus disiapkan sebelum membuat blog, sekarang saat kita lnjut dengan pembuatan blognya ya.

Nah disini aku akan berbagi cara membuat blog dengan blogger.com ya. Untuk situs lain, ntar kapan-kapan deh, Insya Allah bakalan aku buatin juga kok.

Apa Itu Blogger?

Berdasarkan wikepedia, blogger.com merupakan situs membuat blog gratis yang diselenggerakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com" (gambaran umumnya seperti ini sih ya).

Untuk membuat blog dengan menggunakan situs blogger.com ini menurutku sih yang paling gampang sih ya. Eh tapi sebenarnya semuanya gampang-gampang saja sih, kalau emang dasarnya kita juga sudah paham bagaimana cara buatnya, wkwkw

Cara Membuat Blogger

1. Login ke Blogger.com

Langkah selanjutnya, teman-teman buka halaman blogger.com-nya. Nanti dibagian sudut kanan atas ada login, ini untuk email yang sudah terkoneksi dengan Google teman-teman bisa langsung klik Login itu. Ntar tinggal pilih deh email mana yang mau dibuat untuk blog (kalau memang emailnya lebih dari satu).

Selain dari Login, teman juga bisa membuat blognya dari "Buat Blog" yang ada di bagian tengah-tengah. Langsung diklik saja.

Cara membuat blogger

Diantara pilihan keduanya, nanti sama-sama akan diarahkan ke pilihan email yang konek dengan Google. 

2. Tulis Nama dan URL Blog 

Nama blog ini nantinya akan muncul di bagian atas blog kita. Seperti blog aku ini judulnya Book and I | Kubikel Bookish. Jadi sebelum buat ada baiknya siapkan dulu nama blognya biar nggak perlu mikir lama. Selesai dengan nama blog, klik Next.

Lanjut ke tahap URL blog seperti www.pidaalandrian.com, karena ini belum ada (dot)com, ya nggak masalah. Jadinya seperti ini pidaalandrian.blogspot.com, lalu klik Next.

Ada baiknya untuk penulisan url ini hindari menggunakan - (strep) ya. Ini dari aku ikut kelas blog katanya nggak bagus. Hindari saja udah.

Cara membuat url blog

3. Buat Nama untuk Tampilan di Blog

Nama ini nantinya ditampilkan pada halaman blognya teman-teman. Jadi gambarannya seperti, kalau ada yang berkunjung ke blog kita, orang lain akan tahu siapa nama/pemilik blog yang sedang dikunjungi oleh mereka.

Saran aku sih, pakai nama branding kalian saja ya, lebih oke. Untuk lebih jelas biar nggak pada bingung tentang branding ini, kuy baca dulu deh artikel aku sebelumnya tentang Pentingnya Personal Branding.

Setelah teman-teman mengisi bagian nama, klik Finish.

4. Selesai

Iyaa beneran selesai loh. Gampang bangetkan buatnya. Untuk pemula bisa dicoba buat sendiri deh, nggak perlu bantuan orang lain atau pakai jasa bayar. 

Setelah klik Finish, kemudian kita akan diarahkan ke halaman bloggernya. Nah, disanalah kita mulai menjelajah untuk menulis, mengatur tampilan blog, memposting dan sebagainya.

Buat blog

Next ya aku buat postingannya. Kalau aku lanjut disini, yakin deh panjang banget ntar yang ada pada bosan bacanya.

Kesimpulan

Mudah bukan langkah-langkah dalam membuat blog pribadi secara mandiri. Yuk ahh mulai ngeblog. Selain bisa menyalurkan hobi, dari ngeblog juga bisa menghasilkan cuan loh.
Alhamdulillah salah satu resolusi aku ditahun ini sudah tercapai, yaitu bisa menghasilkan cuan dari blog. Walaupun nggak seberapa, tapi lumayan buat nambah jajan dan saat-saat kalap pas pantengin flash sale-nya Shoppe 😂

Siapa saja bisa kok praktikkan langkah-langkah cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang ini. Karena memang semudah itu, termasuk bagi pemula.

Related Posts

3 comments

  1. Selama ini aku baru paham medium, blogspot, wordpress, multiply, Tumblr dan weebly aja. Ternyata ada banyak ya kak..wkwkeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ni kah, kalau dikulik lebih jauh lagi, ada banyak lagi nii kak, hehehe
      Ini aku untuk sampelnya doang :D

      Delete
  2. Banyak penyedia blog gratis, tapi yang paling populer memang blogger & wordpress, ya Mbak.

    btw tumblr tuh masih ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email