5 Kebiasaan Blogger Selama Bulan Ramadhan

5 kebiasaan blogger selama bulan Ramadhan

Ngomongin kebiasaan blogger di setiap bulan Ramadhan pasti berbeda-beda, iyakan? Apalagi tahun ini menjadi kali kedua kita menjalankan ibadah puasanya bareng sama Covid-19. Nggak tahu deh tahun depan gimana, semoga saja sudah kembali normal seperti sedia kala ya.

Biar bisa beraktifitas seperti biasa, bisa keluar rumah sesuka hati tanpa harus horor sama keadaan dan orang-orang terdekat.

Nah gimana dengan kebiasaan teman-teman blogger lainnya? Apakah rutinitas selama Ramadhan dengan hari-hari biasa tetap sama dan begitu-begitu saja? Apakah masih sama-sama sibuknya? Atau bahkan sebaliknya?

Kalau di hari-hari biasa pasti aktifitas sebagai blogger dilakuin di waktu malam hari supaya ide nulis lancar selancar air sungai yang ngalir, hehehe. Kalau yang sudah ada anak nulisnya mungkin mereka disaat anak sedang tidur atau sedang bermain misalnya. Kalau di bulan puasa apakah tetap sama seperti itu juga? 

Itu sih balik lagi ke kebiasaan masing-masing ya atau mungkin ingin melakukan suatu perubahan kebiasaan biar ada pengecualian di bulan yang mulia ini 😄

Kalau aku sendiri sih hari yang ditunggu-tunggu ya bulan ini. Kenapa? Karena di bulan Ramadhan ini aktifitas sekolah jadi nggak full dan banyak waktu lowongnya. Bisa dibilang akunya jadi lebih santai.

Yang biasanya nulis harus nyuri waktu di sela kegiatan atau di malam hari, nah kalau di bulan puasa nulis untuk blog jadi lebih santai. Sangking santainya malah jarang update, wkwkwk *tak patut di contoh - hadeuuh.

Apalagi selama bulan puasa ini aku lebih banyak ke aktifitas baca buku. Ntah harus tetap bersyukur atau gimana, karena di saat kegiatan membaca meningkat, update tulisan jadi berkurang. Bahkan untuk review buku pun lebih update review ringkas di GD saja ketimbang nulis di blog.

Baiklah, kali ini aku ingin berbagi apa saja kebiasaan aku selama bulan puasa. Siapa tahu kita punya kebiasaan yang sama juga kan. 

Kebiasaan Blogger Selama Bulan Ramadhan

Kalau kebiasaan orang-orang selama ramadhan yang sudah pasti akan selalu ada ngabuburitnya.  Nah kalau blogger, pasti akan selalu berkaitan dengan menulis. Pada setuju dong? 😂

Ini beberapa kebiasaan lebih tepatnya sih kebiasaan aku selama bulan ramadhan sebagai blogger. 

Kebiasaan blogger

1. Membaca buku

Kalau untuk baca Al-qur'an atau tadarussan itu sudah pasti dan wajib kalau aku. Nah kita ngomongin sebagai blogger saja ya, hehehe. Ntar bagian tadarusnya kita bahas khusus.

Membaca buku selama bulan puasa aku lakuin sebelum tidur, lebih tepatnya pengantar sebelum mata terpejam. Karena aku tipe pembaca yang sebelum tidur itu harus baca sesuatu. Apalagi sudah beberapa bulan ini selalu rutin berlangganan Gramedia Digital jadi ya harap maklum saja. Tangan sama mata aku tuh kayak diwajibkan untuk buka aplikasi baca satu ini. Haram kalau nggak.

Dengan kegiatan kerjaan sehari-hari di dunia nyata yang nggak terlalu banyak tugas, jadi bacaanku bisa meningkat drastis. Buku yang dibaca pun bentuknya ebook. Mau baca yang versi bukunya pun lagi nggak mood banget megangnya. Tuh buktinya tumpukan TBR (to be read) ku masih segunung.

Jadi Alhamdulillah selama bulan Ramadhan ini (hampir setiap Ramdhan sih kayaknya) aktifitas baca aku selalu terjaga, walaupun update review-nya aku milih-milih tergantung buku sama penulisnya juga, hehehe. (Namanya juga buku dibeli sendiri)

2. Ikut Webinar dan Pelatihan/Kelas

Kerasa nggak sih kalau selama pandemi ini kita selalu apa-apa kegiatannya via online. Mau seminar, acara-acara pertemuan dan bahkan sampai rapat kerjaan pun via online.

Apalagi selama bulan puasa ini kan banyak banget tuh komunitas-komunitas yang mengadakan berbagai acara dengan jadwal yang di sesuaikan dengan bulan puasa.

Ada yang ngadain sebelum berbuka, jadi sambilan bisa ngabuburit plus dapat ilmu gratis. Ada juga yang ngadainnya setelah tarawih. 

Nah di bagaian tarawihnya ini nih yang aku sayangkan. Karena nggak setiap daerah/kota sama kan tuh jadwal selesai tarawihnya, di Aceh paling cepat sekitaran jam 22.00 WIB baru kelar. Kadang aku cuma bisa ikutan di setengah acara doang sih.

Selain untuk blogger, aku juga kadang ikutan kelas/pelatihan khusus buat guru-guru. Jadi selama Ramadhan ini banyak sekali hal-hal positif yang bisa kita ikuti. Bahkan kajian-kajian pun sudah banyak juga yang via online.

Jadi teman-teman yang punya banyak waktu luang bisa ikutan kegiatan yang memberikan banyak hal positif demi menunjang karir atau wawasan baru selama bulan Ramadhan.

Nah dari kegiatan webinar/acara yang ikuti ini kan nantinya bisa teman-teman jadikan bahan tulisan untuk postingan blognya. Lumayankan dapat ilmu plus update positingan juga.

3. Nonton Film/Drama

Menurutku sih sah-saha saja kalau mau nonton drama/film selama bulan puasa, asal film atau dramanya itu yang nggak membatalkan puasanya juga. Misal dengan menonton film yang menginspiratif atau film-film yang bertemakan sejarah para Nabi.

Nggak harus nonton di hari puasa kok. Menonton kan bisa juga di waktu malam hari setelah tarawih. 

Jadi siapa bilang selama puasa nggak bisa nonton? Dari pada mikirin menu bukaan dan pengen makan ini itu, mending luangkan waktu buat nonton hal-hal yang baik yang bisa memotifasi kita untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Oiya dari menonton sesuatu bisa jadi juga melahirkan sebuah tulisan karena tiba-tiba muncul ide. 

4. Blog Walking (BW)

Buat yang paham apa itu BW atau blog walking, BW ini adalah saat kita berkunjung ke blog orang lain atau teman-teman blogger lainnya, dengan meninggalkan komentar di blog mereka. 

Dari pada ngelihatin berita gosip yang muncul di notif Hp mending Bw saja, lumayan mengurangi dosa, hehehe

Dengan melakukan siapa tahu kita mendapat inspirasi tulisan dari komentar, atau bahkan dari postingan teman lainnya juga.

Baca juga: 

5. Menulis

Tugas wajib dari seorang blogger. Setuju?

Kalau nggak nulis gimana mau update postingan coba. Nulis apa saja terserah, selama yang kita tulis mengarah kepada kebaikan. 

Buatku pribadi, selama bulan puasa waktu luang lumayan banyak sih, ide-ide yang mau ditulis juga komplit walaupun ujung-ujungnya tersimpan di draft juga, wkwkwk efek nggak kelar-kelar.

Buat yang nulisnya sudah seperti air sungai yang mengalir dengan waktu di bulan puasa kurasa dalam satu haru bisa nulis untuk lima postingan. Apakah kamu?

Kesimpulan

Pada intinya sih setiap blogger punya kebiasaan masing-masing selama bulan Ramadhan. Baik itu dalam hal menulis dan membaca untuk mencari referensi tulisannya. Setiap orang pasti punya caranya masing-masing.

Gimana menurut teman-teman sendiri?

Apakah teman-teman punya kebiasaan lainnya selama bulan ramadhan selain 5 kebiasaan blogger yang aku sebutkan di atas? Kalau ada boleh dong di share juga di komentar bawah yaa.

Related Posts

21 comments

  1. Setuju banget. Kalau blogger wajib banget ya ngelakuin 5 hal itu. Selalu berupaya mengupdate konten dengan apapun yang kita baca dan lihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, kalau dipikir2 lagi, kayaknya blogger ini harus selalu sigap juga ya mba.

      Delete
  2. Blog walking dan menulis adalah jalan ninjaku #eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak muncul inspirasi dan ide nulis ya mba di BW, hehehe

      Delete
  3. Blogwalking jugaa jadi kebiasaan tiap minggu meskipun bukan bulan Ramadan sih wkwk. cuman Ramadan jadi ngga intens malahan huhu. Apa karena bw butuh sambil nyemil ya buatku wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku justru di bulan Ramadhan lebih sering BW, karena kalau hari-hari, dari pada asyik tiduran ya mending BW aja atau nyari ide nulis (walaupun ujung2 nya numpuk juga di draft, wkwkwk).

      Delete
  4. Kalo kebiasaan yang beda sih ga ada ya... tapi bener banget karena puasa keinginan baca tuh meningkat banget! Aku kadang habisin waktu seharian buat baca buku tiba2 udah mau buka aja, mungkin karena engga kemana-mana dan jadwal bukber kan juga minim karena lagi corona gini

    ReplyDelete
  5. semua kegiatannya bener semuaa, aku pun melakukannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogernya pada sehati yaak wkwk. Begini nih kalau hobinya sama, kegiatannya ngga jauh beda akhirnya

      Delete
  6. Hai teman satu pelatihan .. baru sempat mampir lagi nih. Sepertinya saya pun melakukan semua hal diatas tahun ini. Biarpun lebih banyak di rumah, aktivitas tetap banyak hehehe

    ReplyDelete
  7. Dari 5 itu ada 4 yang rajin banget aku lakuin, yang nomor 2 enggak begitu sering hehe. Enggak tahu kenapa malah jadi lebih produktif dari pada biasanya.

    ReplyDelete
  8. Kita kebalikan deh Mbak. Aku justru merasa Ramadan ini waktunya sempit. Berasa habis sahur, eh, udah buka aja. 😅
    Hampir semua poin yg disebutkan di atas aku lakukan juga, kecuali membaca buku yang jarang banget kulakukan. *jangan ditiru 🙈

    ReplyDelete
  9. Ahaha bener banget. Ada banyak acara webinar menarik dan ini lumayan mengisi waktu untuk hal positif. hihihi

    ReplyDelete
  10. Waah, kalau saya dari 5 hal tersebut, malah webinar yang terskip. Karena sudah kembali WFO, jadi enggak bisa ikutan meeting online lagi. Padahal seneng ya, bertemu sama temen-temen blogger lainnya walau secara online.

    ReplyDelete
  11. Betul banget apa yang dikatakan blog ini. kegiatan yang ditulis di blog ini merupakan salah satu rutinitas saya di saat ramadhan walau nggak terlalu rutin sih.

    ReplyDelete
  12. Pandemi hadirkan kebiasaan baru buatku..yaitu ikut webinar dan nonton film😅 lumayan lah dapat ilmu dapat duit

    ReplyDelete
  13. baca buku di awal Ramadhan kemarin, pas banget lagi on period, sekalian deh beresin 1 buku terus buat mini review di IG, padahal rencananya mau dituliskan di blog sih tapi belum sempat.
    kalau ikut webinar saya jugaa ada beberapa kemarin dan emang seru karena haus ilmu :)

    ReplyDelete
  14. Menonton film, aku banget wkwk

    ReplyDelete
  15. Khusus yang terakhir, di luar Ramadan pun sudah menjadi makanan sehari-hari ya kak. Bukan blogger namanya kalau nggak nulis..

    ReplyDelete
  16. Semua poin di atas bener nih kak, wkwk.. apalagi kegiatan blogger kalo bukan nulis. Kalo BW juga jadi auto rajin, hihi..

    ReplyDelete
  17. Selama ramadhan praktis nggak terlalu banyak berubah sih kebiasaan ngeblognya. Kalao blogwalking, kebetulan iku grup BW-nya mbak Vicky, jadi 'terpaksa' rajin BW.

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email