Guru Inovatif.id; Pangkalan Guru Anti Gaptek Belajar

GuruInovatif.id, pangkalan guru anti gaptek

 Seberapa perlu dan penting sih buat seorang guru untuk meningkatkan produktifitas mengajarnya? 

Kalau aku dikasih pilihan antara nilai 1 - 10, aku pasti akan memilih 10. Ya tentu saja dan sudah pasti tentunya. Karena seorang guru itu pasti akan menghadapi dunia pendidikan yang terus berkembang setiap zamannya. Dunia pendidikan akan terus berevolusi dari zaman yang belum kenal dengan berbagai macam jenis teknologi, menjadi sangat ketergantungan dengan teknologi.

Terbuktikan. Coba deh kamu ingat-ingat lagi, dulu waktu zaman SMA ditahun 90-an pasti gurunya nggak pernah tuh memberikan tugas yang harus dikumpul via email atau whatsapp dan sebagainya. Coba perhatikan sekarang, jangankan tingkat SMA, tingkat SD saja sudah tahu cara mengirim tugas dari email. 

Masa guru kalah pintar sih dari siswanya, nggak bangetkan?

Mau nggak mau, kita harus mengakui kalau anak-anak zaman sekarang tuh semakin melek sama teknologi. Jadi sebagai seorang pendidik kita juga dituntut untuk bisa memberikan yang lebih dan harus mau untuk terus meningkatkan skill dalam produktfitas mengajar. 

Salah satunya dengan memahami bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menunjang proses belajar mengajar. Jadi saat proses mengajar berlangsung di kelas seorang guru nggak lagi hanya memberikan ceramah panjang dan catatan sampai penuh halaman buku tulis.

Guru Gaptek? NO WAY!!

Siapa coba yang mau dijuluki guru gaptek oleh anak didik di sekolahnya? Aku sih NO. Seperti yang sudah aku bilang diawal, guru di zaman sekarang tuh sudah harus bisa memaksimalkan penggunaan teknologi dengan baik. 

Disaat anak didik yang hobi bermain game, guru pun dituntut untuk bisa membuat materi ajar yang kreatif dan inovatif, yang bisa membuat mereka menjadi fokus ke proses belajar mengajar, hingga membuat mereka abai dengan game-nya. Siap?

Kalau nggak siap, ngapain jadi guru? 

Apalagi semenjak pandemi, beuh rasa-rasanya tanggungjawab dan beban seorang guru semakin bertambah saja. Tapi mau gimana lagi, inilah resiko dari setiap profesi yang kita pilih. Siapa bilang profesi guru adalah yang paling mudah dan gampang?

Mungkin kelihatannya guru yang paling mudah. Pergi pagi pulang siang atau bahkan ada yang sore, terus beban kerjanya nggak banyak. Nggak tahu saja tuh orang yang ngatain, justru pekerjaan guru adalah yang paling berat.

Karena mereka menghadapi makhluk hidup yang punya karakter yang berbeda-beda. Dan guru dituntut untuk membimbing mereka ini menjadi anak yang punya wawasan dan karakter yang baik untuk masa depan mereka.

Baca juga:

Nah, balik lagi ke masa pandemi. Sekolah memang diliburkan, jadi kelihatan gurunya tidak punya banyak lagi kerjaan, karena nggak perlu lagi ke sekolah dan beban jadi sedikit berkurang karena tidak mengajar.

Tapi tahukah kalian? Dibalik itu semua guru mendadak tanpa persiapan mau nggak mau harus mempersiapkan materi ajar dan kelas pembelajaran secara online. Bersyukurlah buat guru-guru yang memang dasarnya sudah paham IT, gimana dengan guru-guru sepuh yang kadang untuk melihat keyboard di hp-nya saja sudah nggak jelas lagi.

Ya mau nggak mau mereka tetap harus mengikuti arus. Karena jika tidak, nanti dibalik persiapan materi ajar, mereka harus mempersiapkan pertanggung jawaban kegiatan belajar mengajarnya selama pandemi kepada atasan dan pemerintah terkait. Ribetkan, tapi seperti itulah sosok guru sebenarnya dibalik layar.

Nggak hanya tanggung jawab mereka sebagai pendidik kepada anak didik, tapi seorang guru harus bisa mempertanggung jawabkan kegiatan mereka selama pandemi baik itu pada saat tatap muka maupun tidak, mereka tetap harus memberi laporan kepada atasan.

Jadi guru-guru yang sebelumnya nggak seberapa mahir IT gimana dong? Ya harus belajar. Mereka harus bisa belajar secara kilat dan bisa juga belajar dengan guru-guru lain yang lebih paham.

Sebagai seorang guru aku pribadi pun mulai kerasa perbedaannya. Apalagi semenjak pandemi. Jadi dibalik musibah yang menimpa negara ini karena virus, bagi guru disatu sisi bisa membawa keberkahan dan hikmah. Karena bisa lebih meningkatkan skill-nya untuk lebih produktif dalam mengajar. Yang sebelumnya tidak mengerti apa-apa tentang IT jadi lebih banyak tahu.

Produktifitas Seorang Pengajar

Menjadi seorang pendidik tidak hanya sekadar mengajar dan menjelaskan materi ajar kepada anak didiknya. Ada persiapan-persiapan yang terlebih dahulu harus dipersiapkan. 

Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 pasal 52

Berdasarkan Peraturan Pemerintah di atas, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pendidik, kita harus bisa dan sudah mempunyai dasar dalam merencanakan, menyusun, menilai,  membimbing anak didik. dan bahkan ada tugas tambahan diluar kewajiban mengajar.

Menilik dari perkembangan teknologi yang semakin pesat, persiapan-persiapan di atas tidak lagi hanya sekadar penyusunan dalam bentuk berkas saja, tetapi juga harus di optimasikan dalam bentuk teknologi. 

Misalnya saja pada saat merencanakan perencanaan. Ada banyak sekali persiapan-persiapan awal yang harus disiapkan bagi seorang guru. Dimulai dari bahan ajar, media yang akan digunakan saat pembelajaran berlangsung seperti laptop, proyektor, penilaian yang seperti apa yang akan diterapkan oleh guru saat proses belajar, dan yang terakhir membimbing dan melatih anak untuk bisa memahami apa yang sudah disampaikan oleh guru selama proses pembelajaran.

Hal itu semua yang dulunya dilakukan secara satu kesatuan, sekarang ini semuanya bisa dilakukan dalam waktu yang cepat dan tepat. Misalnya dalam bentuk penilaian. Guru bisa memanfaatkan salah satu fitur online  seperti Google Classroom dan Google Form untuk memudahkan proses pengambilan penilaian peserta didiknya. 

Dengan tujuan agar produktifitas yang dimiliki oleh seorang guru tidak hanya berpatok pada itu-itu saja. Untuk itu sekarang ini banyak sekali sekolah-sekolah yang menuntut kreatifitas dari guru-gurunya untuk terus berinovasi dengan perkembangan fitur-fitur pembelajaran yang semakin canggih dan beragam yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan pembelajaran yang interaktif antara guru dan peserta didik.

Cara meningkatkan produktifitas seorang guru

 Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktifitas seorang guru. Apalagi di era serba digital sekarang ini, yang seakan sangat membuka peluang bagi siapapun yang ingin belajar. Bahkan untuk guru.

membaca buku

Guru yang kreatif adalah guru yang banyak membaca. Guru belajar dari banyak sumber. Untuk bisa mendidik dan membimbing peserta didik tentu guru harus mempunyai wawasan yang lebih luas.

Tidak hanya dari membaca buku saja, membaca dari berbagai sumber yang berhubungan dengan dunia pendidikan juga membuat seorang guru sudah siap menghadapi bagaimanapun perkembangan dan pola pikir dari daya serap anak didiknya. 

Melakukan penelitian tindakan kelas

Bagi seorang guru tentu kegiatan PTK ini sudah tidak asing lagi dilakukan. Karena tujuan dari adanya PTK ini sendiri adalah untuk melihat keberhasilan dan pencapaian dalam proses belajar mengajar yang dilakukan antara guru dan peserta didik.

Dan dengan adanya PTK ini guru bisa langsung melihat dan memperbaiki problem yang terjadi di dalam kelas atau yang berasal dari peserta didik.

Tujuannya agar guru bisa melihat seberapa tanggap anak jika si guru menggunakan metode pembelajaran Problem Solving Learning misalnya. Dan mungkin karena tidak efektif, dipertemuan selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menggunakan proses pembelajaran secara IT.

IKut diklat atau pelatihan untuk guru

Kalau sebelum pandemi bisa ikut pelatihan guru yang disediakan oleh pihak Dinas Pendidikan dengan bepergian sampai harus menginap seminggu, berbeda setelah pandemi. Pelatihan bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun sesuai jadwal.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi guru. Salah satunya tidak mengganggu jadwal mengajarnya di sekolah. Yang biasanya kalau ikut pelatihan, terpaksa juga jadwal mengajarnya harus digantikan dengan guru lain dan itu tentu saja tidak produktif.

Dengan kondisi yang masih pandemi ditambah lagi setiap guru mendapatkan kuota gratis dari kemdikbud tentu hal ini sangat-sangat memudahkan sekaligus menguntungkan. Ditambah lagi selama pandemi banyak sekali pelatihan-pelatihan online yang dibagikan baik dari Group sekolah dan bahkan dari platform belajar online yang berkaitan dengan menigkatkan skill dan produktifitas seorang guru.

Pelatihan yang disediakan pun beragam. Guru tinggal memilih dan menyesuaikan jadwalnya sesuai kebutuhan masing-masing. Seperti salah satu platform belajar online yang bisa memenuhi semua kebutuhan dan keperluan guru diseluruh indonesia yaitu guruinovatif.id yang menyediakan beragam pilihan pelatihan dan webinar bagi guru untuk meningkatkan skill dan produktifitas mereka dalam proses belajar mengajar dengan jadwal yang fleksibel.

Produktif bersama Guru Inovatif 

Sudah siap untuk meningkatkan skill dan produktifitas dalam proses belajar mengajar? Kini saatnya guru perlu perubahan secara cepat dan tepat.

Disaat kondisi guru dituntut untuk lebih serba-bisa dan cepat tanggap dalam menghadapi perubahan semenjak memasuki fase pandemi, platform belajar online bagi guru yaitu Guru Inovatif ini hadir menjawab semua permasalahan kebutuhan para pendidik.

Platform belajar online guruinovatif.id adalah tempat belajarnya guru dan penggiat pendidik secara daring yang bersertifikasi yang digarap oleh Hafecs. Mereka (guru/pendidik) yang ingin meningkatkan skill kompetensi dalam pengajarannya agar lebih kompeten dengan cara digital dan siap bersaing dengan perkembangan zaman yang terus melaju.

Pernah dong ikutan pelatihan atau webinar yang diselenggarakan oleh berbagai organisasi guru misalnya saja aku sebut IGI (Ikatan Guru Indonesia) yang menyediakan pelatihan dengan berbagai macam topik bahasan yang akan dikulik yang tentu saja berkaitan dengan dunia pendidikan. Dan diakhir kegiatan biasanya akan disediakan sertifikat dengan jumlah jam (JP) tertentu sebagai penghargaan kepada peserta yang ikut.

Nah di Guru Inovatif teman-teman guru lainnya juga akan mendapatkan hal yang serupa. Mudahnya lagi, disini kita hanya tinggal memilih pelatihan apa yang sedang kita butuhkan. Karena di Guru Inovatif menyediakan banyak sekali pilihan baik itu dari segi pelatihan skill, webinar bahkan kelas belajar online untuk menunjang strategi mengajar secara online dan juga para guru bisa berbagi apapun kreatifitas yang dimiliknya disini yang nantinya tentu saja selain akan membiasakan melatih diri juga sangat bermanfaat buat yang membutuhkan.

Mereka juga memberikan layanan yang maksimal dari satu portal online untuk semua jenis pilihan pelatihan dan kebutuhan para guru di seluruh Indonesia.

Beragam pilihan pelatihan di guruinovatif.id

Jadi biar teman-teman semakin penasaran nih, aku mau berbagi sedikit informasi nih dari pilihan pelatihan yang sudah aku ikuti di platform belajar guru online di Guru Inovatif beberapa waktu lalu. 

Aku pilih pelatihan yang Mini Course yang membahas tentang 9 Langkah Mengajar Efektif di Kelas, yang pematerinya adalah Bapak Dr. (Cand) Zulfikar Alimuddin, B. Eng., MM

Pengalaman aku selama mengikuti kelas ini satu kata yaitu luar biasa. Karena dari segi penyampaian dan gaya bahasa trainernya yang lugas membuat kita secara tidak langsung memperhatikan sampai habis tanpa terlewat. Justru rasanya kalau dilewati akan sayang sekali. Berbeda sekali degan webinar-webinar yang biasanya saya ikuti yang pematerinya fokus pada ceramah. Tapi di Guru Inovatif ini tidak sama sekali.

Pelatihan yang aku ikuti ini mempunyai 9 video yang wajib aku tonton, dimana kualitas videonya yang memang bagus ditambah lagi setiap penjelasan materi dibarengi dengan praktik dari trainernya langsung hingga adanya timbal balik dari siswa yang ada di video.

Yang menariknya lagi, setiap apapun yang dilakukan oleh trainer dalam proses pembelajaran di dalam video tersebut ada penjelasan kenapa trainer melakukan hal tersebut. Misalnya, bagaimana cara trainer memancing interaksi melalui pendekatan kinestetik dan ini juga dibarengi dengan penjelasan yang detail yang tentu saja sangat membantu kita sebagai seorang guru yang mungkin selama ini abai dengan istilah-istilah dalam proses pembelajaran berlangsung.

Pelatihan mini course di GuruInovatif.id

Gimana? Layanan yang diberikan guruinovatif.id super duper lengkap bukan? Tunggu apa lagi yukk gabung bersama aku di portal belajar online guru Guru Inovatif.

1. Cara Mengakses GuruInovatif.id

Penasaran dong gimana cara supaya teman-teman guru lainnya dan para pendidik bisa ikutan join bersama Guru Inovatif? Gampang banget kok. 

Bersama GuruInovatif.id kemudahan akses ke seluruh Indonesia hanya bermodalkan satu email aktif bisa membuat akun kemudian mengikuti semua pelatihan yang ada tanpa batas. Jadi membuat semua guru yang ada di pelosok Indonesia sekalipun bisa mudah mengaksesnya dimana saja dan kapanpun tanpa ada batas waktu dan berkesempatan untuk belajar bersama dan berdiskusi dengan para trainer berpengalaman dibidangnya dan tentunya harus terkoneksi internet.

Cara mengakses pelatihan di GuruInovatif.id

2. Keuntungan Guru Mengikuti Pelatihan di GuruInovatif.id

Belajar bersama Guru Inovatif tentu memberikan banyak sekali manfaat yang di dapat oleh para pendidik, tidak hanya untuk meningkatkan skill produktifitas dalam pengajarannya, tetapi juga membuat para guru memikirkan strategi yang efektif saat mengajar apalagi dalam suasana pandemi seperti sekarang ini.

  • Akses kesemua fasilitas secara daring
Dengan hanya mendaftarkan satu akun, guru bisa menikmati fasilitas kelas dan pelatihan yang disediakan sepuasnya dan online course pun bisa di akses dimana pun dan kapan saja.

Yang kita tahu dalam pelatihan harus dihadiri pesertanya secara langsung karena akan ada absensi untuk setiap peserta. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi guru-guru yang berada di pedalaman karena tetap bisa mengikuti pelatihan dengan bersertifikasi walaupun jarak yang berjauhan. Ilmu dapat sertifikasi guru pun dapat.
  • Beragam pilihan pelatihan dan webinar
Pilihan pelatihan dan webinar yang disediakan oleh Guru Inovatif tentu saja  sudah disusun dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan para guru, apalagi di situasi pandemi sekarang ini. Tuntutan guru semakin bertambah, GuruInovatif.id jawabannya.

Pengembangan kompetensi guru dibahas pun beragam disini mulai dari topik HOTS, PCK dan bahkan pembahasan tentang asessment pun bisa dengan mudah kita peroleh. 
  • Instruktur berpengalaman
Tim pemateri/trainer yang disediakan adalah dari orang-orang yang sudah berpengalaman dibidangnya dan tentu saja sudah menguasai materi yang akan disampaikan pada saat pelatihan  berlangsung
  • Mudah dipahami dan diterapkan
Apa yang disampaikan pematerinya sangat mudah dipahami tidak berbelit-belit. Bahkan dari beberapa video pelatihan yang sudah aku nonton materi pelatihan dijelaskan langsung dengan cara praktik jadi kita pun bisa mengikutinya. Seperti pada salah satu pelatihan Guru Inovatif Academy yang aku ikuti yaitu pada pembahasan pemanfaatan Google Form.
  • Mendapat E-Sertifikat dengan JP
Setelah mengikuti pelatihan hingga selesai, kita akan mendapatkan sertifikat dengan jumlah jam pertemuan (JP) sesuai yang kita pilih. Menariknya kita mendapat dua sertifikat sekaligus, diantaranya sertifikat saat menyelesaikan menonton video pembelajaran dan kedua sertifikat pada saat  menyelesaikan tugas dan pelatihan.
Menarik bukan?
  • Program Afiliasi
Nilai plusnya lagi, selain kita bisa mengikuti berbagai macam pelatihan yang disediakan, bersama Guru Inovatif para guru yang sudah bergabung juga bisa menambah cuannya (tambahan penghasilan) tanpa batas loh. Salah satunya dengan memanfaatkan program afiliasi.

Nggak tanggung-tanggung, komisi yang akan diperoleh adalah sebesar 20% dengan cara merekomendasikan layanan Guru Inovatif ini kepada teman-teman guru lainnya yang belum bergabung. Nah gimana? Tertarik untuk bergabung dengan program afiliasinya?
  • Tanya Customer
Disela waktu mengajar pasti bapak/ibu guru kadang sulit melihat jadwal pelatihan yang ada. Nah di Guru Inovatif mereka menyediakan layanan WhatsAap yang bisa membantu kita untuk mengupdate informasi baru terkait jadwal pelatihan dalam waktu dekat. Dari mulai nama kegiatan, jadwal, fasilitas apa saja yang diperoleh dan bahkan sampai informasi tentang potongan harga pembayaran. Super duper lengkap kan.

Nah, menarik bukan layanan dan fasilitas yang diberikan oleh Guru Inovatif yang sangat membantu kita para guru untuk tetap bisa meningkatkan produktifitas mengajar walaupun dengan jadwal yang padat.

Berikut aku perlihatkan testimoni yang sudah pernah mengikuti pelatihan di guruinovatif.id

Testimoni guruinovatif.id

Itu dia tiga orang testimoni mewakili dari 50.000 guru dan penggiat pendidik yang sudah bergabung bersama guruinovatif.id yang sudah memberikan testimoninya selama mereka mengikuti pelatihan online.

Kalau testimoni dari aku sih, 

Dengan pilihan waktu yang fleksibel, membuat guru yang ingin ikut pelatihan tidak terganggu dengan kegiatan mengajarnya. Sehingga bisa menyerap materi yang disampaikan dengan cepat dan mudah dipahami.

3. GuruInovatif.id; Pangkalan Guru Anti Gaptek Seluruh Indonesia

Pandemi saatnya guru-guru berkembang dengan pengetahuan dan kemapuan yang lebih mumpuni dari yang sebelumnya. GuruInovatif.id menjadi tempat belajar yang tepat bagi guru dan penggiat pendidik yang ingin meningkatkan produktifitas yang tidak hanya itu-itu saja, tapi berkembang secara pesat mengikuti arus zaman yang semakin dipenuhi dengan kecanggihan dan terobosan baru dari teknologi.

Sebagai seorang guru sudah sepatutnya kita tidak hanya duduk menunggu dipanggil pelatihan/diklat guru, apalagi disituasi pandemi sekarang yang sudah pasti pelatihan dilakukan secara daring.  

Sudah sewajarnya seorang guru wajib memecahkan solusi dan mencari strategi baru saat mengajar dengan metode pembelajaran yang efektif yang mendapat respon yang juga positif dari peserta didiknya, sehingga menjadikan kelas lebih interaktif.

Bersama Guru Inovatif siap untuk menggabungkan teknologi dan inovasi untuk membantu para guru mengajar secara efektif dan memanfaatkan beragam pelatihan yang sudah disediakan dengan fasilitas sertifikasi guru di GuruInovatif.id dengan JP (jumlah jam pertemuan). Sehingga membuat guru-guru di seluruh Indonesia terbiasa dan mudah membuat suasana kelas saat proses pengajaran berlangsung menjadi lebih kondusif dengan materi ajar yang lebih menarik dan mudah dimengerti oleh peserta didik.

Salam Inovatif.

Sumber : 

GuruInovatif.id

Ilustrasi Gambar : Freepik

Infografis didesain oleh penulis

Related Posts

11 comments

  1. Wah informatif bakal bermanfaat nanti ketika saya sudah menyelesaikan wisuda. Thanks mbak informasinya. Saya simpan dulu untuk kedepannya ketika sudah menjadi guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay sama-sama. Moga berkah ilmunya Mas..
      Siaap :)

      Delete
  2. Hwah saya juga udah daftar guru inovatif, kontennya lumayan bagus sih. Keren

    ReplyDelete
  3. Waaah baru tau kalau Mba Pida guru :D
    Ibuku juga guru mba dan sejak pandemi jadi mau belajar pakai laptop walaupun ya kadang kesusahan.

    ReplyDelete
  4. Senangnya ada aplikasi media belajar untuk guru. Di masa seperti ini memaksa guru pun harus inovatif sama sepertinya media ini. Semoga, ya menjadi referensi dan membantu para guru.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ya ada apa buat para gurur ya, setelah ada buat para muridnya. Semoga guru2 ini mendapat keberkahan atas segala ikhtiarnya, aamiin

    ReplyDelete
  6. Wah...informatif banget nih buat para guru. Mudah-mudahan guru2 skrg makin keren dan bisa beradaptasi dengan keadaan.

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk yang menyambut baik adanya guruinivatifid ini.. karena bagaimanapun tenaga pengajar harus melek teknologi dan harus membuat inovasi dalam metode pembelajaran agar lebih uptodate ya

    ReplyDelete
  8. Di jaman now menjadi guru inovatif sudah harus ya, apalagi dukungan teknologi yang membuat melek. Agar dunia pendidikan bisa lebih maju lagi

    ReplyDelete
  9. Banyak yang memilih profesi guru tanpa kesiapan yang layak, baik secara ilmu maupun hati. Saya punya ijazah guru lengkap dan selama proses mendapatkannya punya teman-teman seperti ini.
    Kebetulan saja setelah lulus jalur saya tidak di pendidikan lagi kecuali mendidik anak.

    ReplyDelete
  10. setujuuu, jadi guru harus inovatif, jangan kudet!
    harus mau maju dan update info dan cara mengajar terbaru, apalagi sekarang guru bisa belajar dari mana saja,, udah banyak juga kok fasilitas belajar yang memudahkan guru tuk upgrade ilmu, seperti guruinovatif ini ya :)

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email