LISTER: Mudahnya Belajar Bahasa Inggris Bersama Generasi Z

23 comments

Tempat belajar bahasa inggris di Lister

Tahukah teman, kalau belajar bahasa Inggris di zaman sekarang ini jadi semakin mudah? Melihat dari perkembangan zamannya yang terus berkembang, generasi Z menjadi salah satu generasi dimana pada generasi ini terkesan apapun yang dilakukan dan dikerjakan terlihat dan menjadi sangat mudah, sehingga belajar pun bisa dimana saja. 

Menurut wikepedia, generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2010 masehi. Dimana pada generasi Z, penggunaan teknologi mengalami peningkatan yang sangat tinggi sehingga proses pendidikan pun mau tidak mau mengikuti perkembangan kondisi lingkungan generasi.

Seperti halnya aku yang lahir direntang tahun sebelum generasi Z sangat merasakan perbedaannya. Terutama dibagian pendidikan. Pada zamanku dulu, untuk membantu pembelajaran di sekolah, hampir rata-rata anak-anak mengikuti pelajaran tambahan diluar sekolah, seperti mengikuti les bahasa Inggris misalnya.

Berbeda dengan generasi Z. Dulu itu kalau mau mencari tempat les yang bagus hanya bisa mengandalkan cerita-cerita atau rekomendasi dari orang-orang sekitar atau bahkan informasi dari guru di sekolah. Kemudian mencari dan melihat lokasinya secara langsung dan berlanjut menentukan jadwal les. 

Apakah tergolong mudah? Tentu saja tidak.

Kekurangan dengan sistem belajar yang seperti itu, ada saat dimana aku yang sedang berhalangan hadir otomatis akan tertinggal pelajaran pada hari tersebut. Sehingga mau nggak mau aku berusaha untuk selalu hadir, kecuali jika memang benar-benar tidak memungkinkan untuk pergi les.

Berbeda sekali dengan zaman sekarang. Dengan semakin mudah dan banyaknya penggunaan gadget dan laptop hampir disetiap pelosok dan hampir semua generasi menggunakannya, pembelajaran tambahan yang ingin kita ikuti pun semakin dimudahkan dan bisa dimana saja.

Les yang sebelumnya dimana semua murid/siswanya harus hadir ke lokasi, sekarang ini cukup bermodalkan teknologi, jarak yang jauh pun tidak menjadi halangan. Sedang sakit tidak dizinkan keluar rumah juga tetap bisa menghadiri kelas. 

kuncinya;

Asal ada kemauan, belajar dimana pun dan kapan pun akan terasa mudah dan bisa sangat terjangkau.

Mengikuti Arus Zaman

Bukan berarti karena lahir diwaktu yang berbeda dan generasi yang berbeda pula, tidak membuatku merasa tertinggal. Justru mau lahir ditahun berapapun, aku mau nggak mau harus mengikuti arusnya, terutama di bidang teknologi dan pendidikannya.

Belajar dengan sistem online salah satunya. Belajar dengan sistem online sekarang ini sangat mudah sekali ditemukan. Tinggal kitanya mau belajar apa dan memilih tempat dimana ada yang menyediakan layanan pembelajaran online yang ingin diikuti secara tepat dan sesuai kebutuhan.

Mau belajar bahasa inggris secara online? Ya hayuk saja. Sebagai seorang pendidik dengan adanya sistem belajar berbasis online seperti ini justru sangat memudahkanku disela kesibukan lainnya aku tetap bisa mengikuti jadwal belajar tambahan bahasa inggris seperti ini. Tidak mengganggu aktifitas utama.

Tetap Belajar Biar Nggak Kalah Saing

Teman-teman juga pasti menyadarinya bukan, kalau sekarang ini bahasa inggris sudah seperti bahasa sunat yang juga harus dikuasai. Kenapa?

Karena dimana-mana di zaman sekarang tuh hampir rata-rata menggunakan bahasa inggris. Kok rasanya jadi malu sama diri sendiri ya kalau hanya cuma bisa jawab yes dan no saja. Gimana mau ke negara si Oppa coba, kalau ngomong bahasa inggris saja masih gagap. Ntar kalau tiba-tiba di jalan ketemu Oppa terus mau minta foto doang malah jadi bingung sendiri, apalagi yang dengerinnya, jadi ketakutan kali ya 😂

Makanya itu, walaupun umur ngakunya yang masih muda ini, aku tetap nggak mau kalah saing dong sama generasi Z yang bahasa inggrisnya sudah jago banget macam air mengalir. 

Apalagi kalau tiba-tiba ada anak didikku di sekolah ngebahas atau bertanya tentang bahasa inggris, masa aku cuma bilang "besok saja ya anak-anak kita bahas itu", ckckck. 

Ditambah lagi di sekolah sekarang itu nggak hanya murid saja yang dituntut untuk bisa bahasa inggris, setidaknya kalau ada pelatihan (diklat) tertentu dan di dalamnya materi yang disediakan juga nggak ada yang bahasa Indoneia, kan jadi gimana gitu kan. Setidaknya seorang guru harus bisa cakap bahasa inggrislah dan paham dasar-dasarnya.

Apa Segitu Perlunya Belajar Bahasa Inggris?

Perlu dong. Apalagi sekarang ini apa-apa pasti ada bahasa inggrisnya kan. Misal nih, aplikasi tertentu, atau mau nyari tentang informasi beasiswa pasti dah tu di syaratnya ada. 

1. Pekerjaan

Untuk kategori nyari kerja pun sekarang tiap perusahaan pasti sebar informasi lowongan kerjanya pakai bahasa inggris. Segala macam job desk-nya dijabarkan dalam bahasa inggris. Kan ada google terjemahan? Ya bisalah, tapi kan nggak selalu sempat juga tuh buka translate terus terusan belum lagi ngetiknya, luama dan ngabisin waktu juga.

Untuk seorang pengajar pun seperti guru, walaupun bukan di kota besar, tapi dengan keadaan di saat pandemi seperti ini banyak sekali pengembangan aplikasi atau portal belajar online, nah kadang-kadang tuh aplikasinya dalam bahasa asing. Nggak lucu dong, lagi buru-buru mau pakai tuh aplikasinya, eh kudu buka si translate lagi. Hadeuuh ini bencana namanya.

2. Join Webinar

Yang selama pandemi ngikuti webinar online pasti ngerasain bedanya. Aku pernah nih ngerasain pas lagi ngikutin webinar tentang pembuatan CV gitu, eh ternyata si pematerinya karena sudah terbiasa dengan bahasa inggris, kadang beliaunya ngomong bahasa inggris juga. Jadinya campur-campur.

Aku yang dengar cuma bisa ngerekam dan diam dengan gaya sok nyimak. Padahal nggak paham juga, kecuali kalau si mba Pematerinya dah bilang yes, or, nothing doang, wkwkwk

Jadi mulai sekarang harus ada peningkatan dong dari diri aku, nggak mau lagi jadi peserta yang menyedihkan, cuma bisa nyimak tapi nggak paham juga.

Makanya sekarang ini tuh setidaknya bahasa inggris harus bisa paham apa yang orang lain cakap dan ngertilah. Kalau sudah mahirkan, mana tau diundang dan bisa join di webinar tingkat Internasional, hehehe

3. Join Beasiswa

Ahh ini problem buat semua yang mau lanjut pendidikan tapi terkendala sama nilai toefl terutama. Mau ikut ujian toefl-nya juga sama saja, kalau hasilnya juga bakal mengecewakan. Iya kan. Sebelum join ada baiknya persiapkan dulu kesiapan diri sebelum mendaftar beasiswa. 

Untuk itu biar apapun tujuan masa depan dan target pendidikan tercapai, mulai sekarang sudah bisa tuh join dengan platform digital yang menyediakan pembelajaran bahasa inggris terutama. Sudah bisa cari-cari informasi tentang pembelajaran online dengan kualitasnya yang sesuai juga harga yang pas kantong.

Kira-kira bakal ada nggak ya? Kursus online dengan kualitas plus?

Tempat Kursus yang Mumpuni dengan Kualitas Plus

Apa sih yang melatarbelakangi teman-teman saat ingin memilih kelas online?

1. Menawarkan sistem belajar sesuai kebutuhan

2. Biaya kursus yang sesuai kantong

3. Jadwal yang bisa menyesuaikan

4. Pengajar yang kompeten

5. Fasilitas yang ditawarkan 

Yang pasti tempat dan sistem belajarnya dulukan yang menjadi pertimbangan utama. Selanjutnya baru deh pertimbangan dari segi harga yang pas dikantong. Apalagi ini berbasis online, yang pasti suasana belajarnya yang nyaman, tidak terbebani. 

Banyak kok sekarang ini kursus online yang banyak memberikan pelayanan yang kita butuhkan, tapi tidak selengkap seperti yang aku inginkan. 

Tapi ada satu yang baru-baru ini aku temukan. Yang cukup membantu keresahanku untuk memulai belajar lagi dari nol, biar lebih mumpuni. Karena setelah pencarianku ke sana kemari, aku menemukannya. Lister, salah satu tempat kursus online bahasa inggris dengan sistem belajarnya yang unik dan yang pasti terjamin plus mengiurkan dengan apa yang ditawarkan.

LISTER; Tempat Belajar Bahasa Inggris Kapanpun dan Dimanapun

Lister adalah salah satu platform digital English Academy  yang menjawab semua permasalahan setiap individu yang ingin belajar bahasa inggris secara online. Eits, nggak hanya bahasa inggris saja ternyata, di Lister teman-teman juga bisa belajar bahasa asing lainnya juga loh. Tinggal pilih saja mau bahasa apa, hampir semuanya ada.

Dibawah naungan PT. Lister Teknologi Edukasi, Lister hadir dari mimpi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas tinggi dengan menggunakan metode pembelajaran inovatif dengan standar internasional yang mengarah pada kurikulum Common Eropa Framework of References (CEFR) yang memvisualisasikan seberapa baik kecakapan dalam berbicara dan memahami bahasa asing.

13 Alasan Kenapa Kamu Harus Kursus Online di Lister?

Karena hanya di Lister yang bisa membuat kita nyaman dengan sistem belajarnya. Dimana sebelum memilih kelas, kita bisa melihat kemampuan kita sendiri berada di level mana. Tujuannya agar setiap peserta didiknya tidak merasa insecure dengan kemampuan orang lain di kelas, karena sudah pasti kita ditempatkan di kelas dengan kemampuan yang sama tanpa ada perbedaan dengan peserta didik (teman) lain.

1. Bisa belajar dimana saja dan kapanpun 

Mau jarak dari Sabang sampai Marauke sekalipun, dengan Lister kita bisa memilih jadwal kelas (waktu belajar) dengan fleksibel tanpa perlu repot mikir karena bentrok sama kegiatan sehari-hari juga. Cukup mengakses websitenya Lister, ilmu baru dapat, pekerjaan pun aman.

2. Kelas online rasa offline

Karena menggunakan teknologi meeting saat pembelajaran sehingga bisa menghadirkan kualitas yang maksimal karena bisa melihat dan mempraktikkannya secara langsung. Di tambah lagi pihak Lister juga menyediakan rekaman saat pembelajaran, sehingga kita bisa menyimaknya kembali saat kelas telah selesai. 

3. Konsultasi online

Kapan lagi ada tempat kursus online yang menyediakan layanan tanya-jawab 24 jam yang bisa membantu dan memecahkan masalah yang sedang kita hadapi yang tentunya berhubungan dengan kursus seperti apa yang kita inginkan. Hanya di Lister doang ini yang menyediakan, bahkan kita bisa konsultasi atau tanya-tanya seputaran Lister via WA juga.

4. Ada pre-test dan post test

Pre-test dilakukan saat awal mendaftar. Jadi tujuan pre-test ini sendiri adalah kita akan diarahkan ke kelas di level yang direkomendasi oleh Lsiternya sendiri sesuai hasil pre-test kita tadi. 

Sedangkan post test untuk mengevaluasi diri setelah proses pembelajaran/kelas yang diikuti selesai. Jadi dengan mengikuti post tes ini kita bisa melihat peningkatan kemampuan diri kita sendiri sudah sejauh mana.

5. Biaya yang terjangkau

Dengan standar internasional, Lister memberikan banyak pengalaman yang nggak bakalan kita temukan ditempat kursus lain yaitu, dengan harga yang murah kantong tapi kualitas belajarnya sangat memanjakan para pesertanya sendiri.

Sistem pembayarannya juga sangat mudah, karena bagi yang jaraknya jauh bisa membayarnya via pembayaran digital seperti transfer antar bank, kartu kredit (Visa, MasterCard), dan juga melalui E-Wallet.

Juga di Lister menyediakan cicilan dengan nol persen. Wow. Kapan lagi ada bayar biaya kursus dengan cicilan. Cuma di Lister doang kayaknya yang ada.

6. Banyak pilihan program kelas

Lister menyediakan layanan Class berupa, private, semi private, dan gorup class. Yang masing-masing tentu saja mempunyai kelebihannya tersendiri sesuai yang diinginkan oleh peserta sesuai kebutuhan mereka. Tentunya dengan kapasitas jumlah peserta didik di dalamnya yang  disesuaikan. 

Selain jenis kelasnya, di Lister juga menyediakan banyak pilihan program kelas yang ingin diikuti sesuai kebutuhan. 

Pilihan program kelas di Lister

7. Adanya komunitas pendukung

Nilai plus lainnya di Lister adalah adanya komunitas pendukung dimana di dalamnya setiap peserta/murid Lister saling mendukung satu sama lain dan bisa slaing diskusi untuk mencapai tujuan masing-masing.

8. Tutor berpengalaman, asyik dan bersahabat

Faktor kenyamanan lainnya selain tempat adalah tutornya. Cara tutornya berinteraksi dengan peserta yang asyik dan bersahabat pasti akan membuat suasana belajar menjadi semakin interaktif dan komunikatif hingga melahirkan suasana yang nggak kaku, dan proses pembelajaran pun menjadi lebih hidup. 

Di tambah lagi di Lister para tutornya juga nggak hanya berasal dari lokal saja tapi juga dari luar negeri juga ada, degan kemampuan yang nggak usah diragukan lagi karena mereka memiliki seritifikasi dibidangnya masing-masing.

9. Lister meraih Penghargaan Launcpad 2020

DS LaunchpAd Graduate Class 001.2020 adalah salah satu program yang menetaskan 100 startup teknologi untuk platform berbasis online secara bersama-sama. 

Padahal Lister sendiri awal terbentuk di tahun 2020, tapi mampu membuktikan kualitasnya dengan meraih penghargaan ini di tahun yang sama.

Penghargaan Launchpad 2020
Sumber foto lister.co.id

10. Lister bisa digunakan oleh semua kalangan

Tidak hanya untuk  individu saja. Lister juga menyediakan fasilitas bagi siapa saja atau pihak mana pun yang ingin belajar bahasa asing online bersama Lister. Seperti karyawan, kampus, bahkan instansi pemerintah sekalipun juga bisa belajar di sini.

Dan berikut beberapa instansi pemerintahan, kampus dan perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Lister :

  • Direktorat Jenderal Anggaran
  • Otoritas Jasa Keuangan
  • Universitas Negeri Semarang
  • Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • SIRCLO 

11. Mendapat sertifikat

Setelah proses pembelajaran selesai, setiap peserta/murid akan mendapatkan esertifikat di akhir kelas. Sertifikat ini tentunya bisa bermanfaat dan juga untuk melihat sejauh mana kemampuan kita saat proses kelas berlangsung. 

12. Kursus paket lengkap selain belajar bahasa inggris

Nggak hanya konsultasi tentang bahasa asing, di Lister juga melayani tentang bagaimana cara membuat essay dan bahkan informasi tentang beasiswa ke luar negeri dan Informasi seputaran beasiswa baik dalam negeri maupun dari luar negeri dan cara mempersiapkan berkas 

13. Mengikuti media sosial Lister

Dengan mengikuti media sosialnya Lister, kita jadi lebih banyak tahu informasi terupdate dan terbaru yang dibagi oleh Lister di media sosialnya mereka. Sehingga membuat kita tidak ketinggalan informasi.

Gimana? Mulai teratrik untuk bergabung bersama Lister demi meningkatkan kualitas bahasa asing teman-teman? 

Cara Mengakses Kelas di Lister

Setelah mengetahui banyak alasan kenapa teman-teman harus memilih belajar online di Lister, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mengakses kelas di Lister.

1. Kunjungi situs webnya lister.co.id

2. Daftarkan diri (buat akun) dengan menggunakan email yang aktif

3. Konsultasi terlebih dahulu sebelum menetapkan ingin bergabung ke kelas mana dengan pihak lister dengan menghubungi CS-nya.

4. Mengisi form yang disediakan

5. Peserta akan diarahkan untuk mengiktui placement test untuk mendapatkan kelas yang sesuai (penentuan level sesuai kemampuan)

6. Setelah mengikuti tes, kemudian peserta akan mengikuti kelas tatap muka secara live menggunakan video conference apps yang direkomendasikan oleh Lister

7. Selama proses pembelajaran dan sedang mengikuti kelas, peserta bisa mengakses sepuasnya materi-materi pembelajaran yang berkualitas tinggi yang sudah disediakan

8. Selama kelas online berlangsung, kelas akan direkam secara otomatis oleh sistem. Dengan adanya perekaman ini tentu menjadi sangat mudah apabila suatu waktu peserta ingin mereview kembali apa yang sudah dipelajari sebelumnya.

9. Jika dalam proses pembelajaran peserta mendapat kesulitan, ada tim konsultan kursus dan IT profesional dari Lister yang siap membantu 24 jam. Tim ini akan bekerja secara online untuk membantu dan menyelesaikan masalah para peserta yang tidak terduga.

10. Ikuti kelas sampai selesai hingga mendapatkan nilai dan melihat berapa persen peningkatan yang peserta peroleh selama mengikuti kelas di Lister.

Nah itu dia cara mengakses dan bergabung di kelas Liste. Sangat mudah sekali dan anti ribet.

Kesimpulan

Bersyukurlah walaupun tidak lahir dalam generasi Z, tapi kita bisa menikmati perkembangan teknologi dan kemudahan-kemudahannya.

Karena bersama generasi Z yang apa-apa selalu menggunakan dan memanfaatkan teknologi demi kelancaran kegiatan dan aktifitas, mau nggak mau kita pun yang lahir di generasi sebelumnya akan terseret dengan arusnya. Termasuk belajar dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan. 

Bersama Lister, belajar bahasa inggris akan terasa lebih mudah karena banyaknya layanan dan fasilitas yang ditawarkan dengan kemudahan di dalamnya yang tentunya juga sangat bermanfaat demi tujuan dan harapan bagi setiap pendaftar.

Sudah siap dong kita sebagai penikmat dari cara generasi Z belajar, untuk memperkenalkan Lister sebagai salah satu kursus belajar bahasa inggris/asing online dengan nilai dan kualitas plusnya kepada masyarakat luar yang ingin meningkatkan kemampuan mereka secara mandiri dibawah bimbingan para ahlinya secara efektif dan efisien.

Kursus bahasa inggris di Lister

Referensi: lister.co.id

Postingan ini diikutsertakan pada Lister Blog Review Competition 2021 yang diselenggarakan oleh lister.co.id

Related Posts

23 comments

  1. Bener nih mbak, saya juga masih payah nih kalau masalah bahasa inggris heheh. Tetapi kalau saya lebih suka belajar bahasa asing lain dibanding belajar bahasa inggris, sepertinya saya harus kembali belajar bahasa inggris lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan dong mba, kadang suka malu sama diri sendiri, karena uda sebesar ini Bahasa inggrisnya masih segitu-gitu aja, heheheh
      Walaupun kegoda sama bahasa asing lain, tetap bahasa inggris yang paling di depan ya :)

      Delete
  2. Aku pernah denger mbaa tempat kursus yg 1 ini. Dulu suka bangett kalau disuruh les bhs inggris, sampai sekarang jg kayaknya butuh untuk upgrade. Bisa jadi rekomendasi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mba, nggak salah pilih kok kalau join di kelasnya Lister. Banyak pilihan dan plusnya bisa konsultasi :)

      Delete
  3. Wah baru denger.. bisa direkomendasiin nih buat teman yg ingin belajar tapi kendala waktu dan temlpat. Iyup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeep bener bangett mba.
      Sesibuk apapun kalau belajarnya di Lister makin maksimal ini atur waktunya bisa buat belajar juga :)

      Delete
  4. wah keren ya lister. apalagi ada program yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kita. aku jadi penasaran juga sama lister. kepo sama biayanya dan sukanya bisa di akses kapan aja.

    ReplyDelete
  5. Wah keren kemudahan yang diciptakan teknologi di era sekarang benar-benar membantah berbagai alasan ini itu, jadi hak ada alasan lagi tu "gak bisa bahasa enggres"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, iyaa nih bener bangett.
      Di zaman sekarang kalau disuruh les, nggak bisa pake alasan ribet dan sok sibuk lagi juga ini, hehehe Karena di Lister semua alasan itu bisa diatasi dengan mudah :D

      Delete
  6. Sepakat banget betapa pentingnya bahas inggris di era sekarang. Selain untuk pekerjaan, job freelancer, bahasa inggris juga penting buat mengimbangi zamannya anak-anak yang dah mulai diajarin ini sedari dini wkwk. Rekomendasi lister baru denger, ternyata sudah top ya dilihat dari kelebihannya. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nih, mengikuti arus zaman ya mba :D
      Bener bangett mba, banyak kelebihan yang jarang bisa kita temuin di platform digital lain :)

      Delete
  7. kira-kira berapa budget mbak pida, untuk kursus di LIster. Baca ulasan ini membuatku pingin kursus apalagi bisa online, kalau budget terjangkau kenapa enggak upgrade skill bahasa inggris juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ayoo mba kepoin sendiri budget-nya biar lebih puas. Sekalian buat liat kelas-kelas yang cocok. Banyak pilihan kelas, banyak pilihan budget-nya :D

      Delete
  8. Wah bsa nih buat infoin ke adek aku yg masih SMA

    ReplyDelete
  9. Aku dong lulusan Sastra Inggris yang lupa sama ilmunya wkwk. Sampai tiba-tiba anak-anakku ngecipris speaking in English, aku terpukau. Belajar dari mana, emaknya kagak pernah ngajarin. Eh, ternyata belajar dari Disney Channel. Gara2 setting bahasanya selalu English hihi.

    Niatnya sih tinggal poles dikit, dikasih tahu patternnya yang bener biar ngomongnya sesuai grammar. Tapi kalau nanti emaknya mulai kewalahan, dilesin ke Lister bisa nih jadi solusi. Apalagi belajarnya bisa online ya? Lebih mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  10. kayanya saya juga harus ikut kursus bahasa inggris di Lister nih, siapa tau dapet job content replacement luar negeri kan? bahasa inggriku belepotan, apalagi grammar. duh

    ReplyDelete
  11. buat aku penting banget sih belajar bahasa inggris, kerasanya sekarang banget pas udah kuliah lagi dan bahasa pengantarnya in english, huhu...

    ReplyDelete
  12. Rekomendasi nya membantu bgt nih lister ya... Bisa di infoin ke keponakan aku nih

    ReplyDelete
  13. Baca tulisan ini jadi pengen belajar bahasa Inggris lagi. Ijin save ya Kakak.

    ReplyDelete
  14. Hmm pas banget ini buat aku yg lagi ingin mendalami academic writing. Udah sering lihat sih iklannya bersliweran di sosmed aku tapi setelah baca ini jadi lebih paham. Kepoin ah ke websitenya.

    ReplyDelete
  15. Waaah ini bisa buat orang tuanya jg kan? Hihiii enak ya jaman now belajar apa aja jd mudah ;)

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email