Tips Aman dan Tepat Cara Memilih Obat Sakit Kepala

Tips Aman Memilih Obat Sakit Kepala

Obat sakit kepala memang bisa jadi salah satu solusi untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri di kepala. Tapi saat teman-teman ingin mengonsumsinya tetap harus hati-hati dan selalu dibawah pengawasan para ahli agar tidak ada efek samping tambahan ya.

Karena salah satu rutinitas seharian yang tidak pernah lepas dari laptop membuat aku sangat antisipasi terhadap rasa sakit satu ini. Karena jika sudah kambuh, semua aktifitas mau nggak mau harus dihentikan dan berakibat pekerjaan jadi terganggu dan tidak selesai tepat waktunya.

Nggak mau dong kejadian yang sama terulang lagi ke depannya?

Siapa sih yang mau sakit dengan rasa sakit yang sama terus-menerus? Hanya orang "aneh" dan nggak peduli sama tubuh dan diri sendiri saja yang bakal sakit dengan rasa sakit yang sama.

Kalau aku mah, ogah. Kalau bisa pun tubuh aku ini selalu fit dan jauh dari segala penyakit yang ada di permukaan bumi ini. Tapi apa daya, sakit kepala buatku itu sudah seperti langganan yang nggak mau terpisahkan. Sulit. Untuk itu ada beberapa tips aman sebelum memilih obat sakit kepala yang tepat.

Cari Tahu Penyebab Sakit Kepala

Rasa sakit yang muncul pasti akan selalu ada pemicu awalnya. Baik itu dari apa yang teman-teman konsumsi sebelumnya atau bisa juga dari aktifitas yang berat sehingga membuat rasa sakit di kepala muncul.

Sakit kepala sendiri merupakan rasa nyeri yang tiba-tiba datang menyerang dibagian kepala. Bisa datang dari satu sisi atau dari dua sisi sekaligus dan bahkan berpindah-pindah rasa sakitnya. Dan rasa sakitnya itu sendiri ada yang seperti ditusuk-tusuk, diremas dan sebagainya. 

Makanya itu sebelum memilih dan membeli obat sakit kepala ada baiknya teman-teman kenali dulu gejala dan cari tahu penyebab sakitnya karena apa.

1. Kurang tidur

2. Telat makan

3. Pilihan makanan yang kurang tepat

4. Aktifitas yang berlebih

5. Penyakit yang sedang di derita

Baca juga:

Nah itu dia beberapa yang sering dan menjadi penyebab awal yang bisa menimbulkan rasa sakit di kepala. Itu pun balik lagi ke setiap individu dan daya tahan tubuhnya masing-masing ya. Karena tidak semua orang mengalami sakit kepala karena penyebab poin-poin di atas, ada juga karena faktor lainnya. 

Untuk poin di nomor lima itu aku pernah ngalaminnya dulu. Karena aku punya lambung, jadi kalau banyak pikiran bisa jadi salah satu penyebab sakit kepala juga loh. Jadi yang punya sakit lambung harus hati-hati ya.

Jadi teman-teman sebelum membeli obat sakit kepala kenali dulu gejala sakitnya karena apa ya. Jangan langsung beli obatnya. Karena setiap obat punya efek sampignya juga, kalau nggak cocok kan jadi bahaya juga buat tubuh.

Pertolongan Pertama untuk Atasi Sakit Kepala

Di saat rasa sakit yang sedang menyerang tentu aku dan teman-teman pasti tidak akan sanggup untuk membeli obatnya apalagi harus keluar rumah, jika sewaktu-waktu persediaan obat sakit kepala di rumah lagi kosong.

Untuk mengatasi hal tersebut, aku ada cara lainnya nih, gimana caranya supaya rasa sakit hilang tanpa harus membeli dan keluar rumah untuk mencari obatnya. Karena selain obat, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit di kepala sebagai langkah atau pertolongan pertama sebelum semakin bertambah rasa sakitnya, caranya:

Cara alami mengobati sakit kepala

1. Banyak minum air putih

Karena dehidrasi bisa menyebabkan seseorang terlalu memikirkan sesuatu dengan keras sehingga memberikan efek samping ke kepalanya. Untuk itu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Ada penelitian yang mengatakan bahwa minum air putih tidak bisa menghilangkan rasa sakit di kepala secara instan. Tapi dengan meminum air putih bisa sedikit mengurangi rasa sakitnya secara subjektif. 

Selain air putih, teman-teman bisa juga menggantinya dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi kadar airnya.

2. Kompres dengan air dingin atau es

Kompres dengan air dingin bisa mengurangi sedikit rasa sakit. Karena saat menempelkan kompresan dingin ke bagian kepala (pelipis) atau dibagian belakang leher dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah.

3. Tidur

Normalnya waktu tidur malam adalah 7-9 jam dalam satu hari. Jika waktu tidur malam kurang, bisa digenapi dengan waktu tidur siang dan usahakan untuk mengurangi konsumsi kopi di malam hari. 

Karena kurangnya tidur salah satu faktor penyebabnya sakit kepala. Untuk itu atur waktu istirahatnya teman-teman, jangan paksa diri untuk terus beraktifitas dengan keras. Karena badan dan pikiran tentu butuh istirahat yang cukup pula.

4. Olahraga atau yoga

Terkadang sakit kepala disebabkan karena stres atau beban pikiran yang berlebih. Untuk itulah dalam aktifitas sehari-hari berilah jeda pada tubuh agar meluangkan waktu sejenak untuk berolahraga. 

Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan berjalan kaki santai atau bahkan dengan yoga pun sudah cukup dilakukan sekitaran 30 menit dalam sehari.

Karena saat kita sedang berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon  endorfin yang bisa menimbulkan rasa bahagia.

Baca juga:

5. Wedang jahe 

Minum wedang jahe sangat dianjurkan untuk mengobati rasa sakit di kepala. Karena di dalam jahe mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi rasa sakit kepala, sekaligus bisa mengurangi gejala tambahan dari sakit kepala itu sendiri seperti mual dan muntah.

Nah, itu dia beberapa solusi buat teman-teman yang membutuhkan pertolongan yang cepat untuk mengatasi rasa sakit kepala di saat persediaan obat dirumah sedang habis. Jadi bisa diganti dengan poin-poin di atas. 

Setelah sakitnya agak mereda barulah selanjutnya konsultasi ke dokter. Tujuannya agar kita jadi lebih tahu penyebab dan sakit yang kita alami (sakit kepala) bukan karena efek atau gejala awal dari penyakit yang serius. 

Ke lima poin diatas bisa teman-teman coba di rumah sebagai pertolongan pertama saat rasa sakit sedang menyerang. Jadi sebelum membeli obatnya, ada baiknya coba dulu atasi dengan ketersediaan yang ada di rumah yang bisa membantu mengurangi rasa sakitnya ya.

Konsultasi Dokter tentang Obat Sakit Kepala

Setelah mengenali gejala awal secara mandiri dan mengatasi rasa sakitnya dengan pertolongan pertama, langkah selanjutnya adalah teman-teman bisa konsultasi lebih lanjut tentang sakitnya teman-teman ke Dokter untuk mencari tahu penyebab sekaligus berobat.

Di zaman sekarang ini dimana teknologi hampir semua orang memanfaatkannya dengan maksimal baik untuk keperluan pekerjaan dan juga untuk diri sendiri, terutama pada layanan online yang semakin mudah kita temukan.

Mau bertanya ini-itu tentang penyakit pun bisa secara online. Nggak perlu ribet harus bepergian keluar rumah untuk ke klinik atau ke rumah sakit. Apalagi dalam keadaan sakit, kita bisa memanfaatkan layanan tanya-jawab bersama dokter ini melalui online dimana saja dan kapan saja. Sambil rebahan cantik juga bisa.

Salah satu layanan yang menyediakan konsultasi dokter via online adalah Toko sehatQ. Di toko SehatQ konsultasi dokter yang disediakan juga sangat membantu kita, karena disana nantinya dokter yang akan melayani pertanyaan dan keluhan dari setiap pasien sudah dikelompokkan sesuai penyakitnya. Jadi dokter yang menjawab sudah pasti ahli dan spesialis dibidang masing-masing sehingga membuat siapapun yang ingin konsultasi di SehatQ merasa yakin dan tidak ragu-ragu.

Kenapa Harus di Toko SehatQ

Toko SehatQ merupakan solusi disaat teman-teman sedang mager (malas gerak). Apalagi di masa pandemi sekarang ini, rasanya rumah sakit menjadi tempat rawan dan harus ekstra hati-hati. 

Order obat sakit kepala di Tok SehatQ

Untuk itu memanfaatkan fasilitas dari Toko SehatQ dengan layanan inovasinya yang super mudah dan cepat dalam memecahkan masalah penyakit dari setiap pasiennya demi menjalani gaya hidup sehat adalah solusi dan tempat yang paling aman dan tepat. 

Karena beraneka ragam fitur dan layanan yang disediakan di dalamnya tentu saja sudah sangat lengkap dan komplit. Karena Toko SehatQ bekerja sama dengan berbagai rumah sakit dan para dokter juga dengan brand-brand terbaik.

Berikut sudah aku rangkum kenapa Toko SehatQ menjadi tempat yang tepat untuk kita bisa berkonsultasi atau mau cari tahu lebih lanjut tentang informasi kesehatan lainnya,

1. Lebih aman, mudah, cepat dan praktis

Hanya bermodalkan internet kita bisa mengakses dengan cepat dan memecahkan masalah dari sakit yang sedang kita alami langsung ke yang ahlinya tanpa adanya perantara. Dan juga bisa langsung order obat-obatan yang dibutuhkan dan melihat-lihat artikel yang berkaitan dengan kesehatan juga. Tanpa perlu repot keluar rumah.

Karena di Toko SehatQ apapun sakitnya bisa dicarikan obatnya dengan layanannya yang praktis tanpa ribet dan tentunya bisa konsultasi terlebih dahulu sebelum membeli obatnya.

2. Bisa konsultasi dokter secara langsung

Saat memutuskan membeli obat ada baiknya kita konsultasi terlebih dahulu dengan dokternya, untuk mencari tahu tentang baik tidaknya atau ada efek samping apa dari obat yang akan kita konsumsi.

Di Toko SehatQ tersedia layanan chat bersama dokter sehingga semakin mempermudah siapa saja yang ingin mencari tahu informasi tambahan seputar produk atau obat yang ingin kita order dan juga tentang kondisi kesehatan dengan hanya bermodalkan gadget. Ingin konsultasi tentang vitamin atau obat yang cocok juga hayuk saja.

Baca juga:

3. Banyak pilihan produk kesehatan

Yang menambah nilai plusnya lagi, di toko SehatQ tersedia banyak pilihan obat-obatan nggak hanya untuk mengobati berbagai penyakit saja, tapi juga tersedia produk untuk perawatan wajah, suplemen dan vitamin, alat kesehatan bahkan sampai ke perlengkapan ibu dan bayi juga ada disini yang tentunya berasal dari kualitas yang bagus dan pastinya juga berkualitas. Dan masih banyak lagi tawaran produk yang ditawarkan di Toko SehatQ ini.

Contohnya nih, dibagian produk obat. Di bagian obat nantinya ada kategorinya lagi. Misal teman-teman lagi butuh obat diabetes. Setelahnya akan keluar banyak pilihan obatnya. Begitu pun dengan obat sakit kepala. Kan ada banyak macamnya tuh jenis obat sakit kepala, jadi kita bisa order sesuai yang disarankan atau yang kita butuhkan sesuai kebutuhan.

Setelah memilih obat, selanjutnya kita bisa order obatnya dalam bentuk suplemen kah atau pil. Nah di Toko SehatQ ada pilihannya bahkan kalau teman-teman hanya ingin konsultasi dan meminta resepnya saja juga bisa kok.

Filter pencarian Toko SehatQ

4. Keaslian produknya terjamin

Untuk produk-produk yang ada di toko SehatQ semuanya dijamin asli. Karena yang menjual hampir rata-rata berasal dari apotek dan distributor resmi dari berbagai merek dan brand produknya langsung. Dan jika pun teman-teman mendapat produk yang tidak original kita bisa mengklaimnya kembali dan uang kita dijamin kembali 100 %.

5. Ada diskon dengan S&K berlaku

Yang paling menarik dan banyak diminati oleh setiap pembeli adalah adanya berbagai pilihan diskon yang bisa dipilih oleh setiap pembeli. Dari mulai dikson/gratis ongkir, diskon dari berbagai produk pilihan dan lain-lain.

Kesimpulan

Apapun sakitnya tetap harus terlebih dahulu kenali gejala awalnya. Agar mempermudah untuk kita memberikan pertolongan pertama, jika sewaktu-waktu persediaan obat di rumah sedang kosong. 

Saat ingin mengonsumsi obat pun harus dalam pengawasan atau atas saran dokter ya. Karena setiap tubuh manusia punya kadar ketahanan yang berbeda-beda. Nah Konsultasi atau ingin tanya-jawab dengan dokter sekarang ini bisa dilakukan dimana saja kapan saja, apalagi jika di Toko SehatQ.

Begitu pun dengan obat sakit kepala. Saat ingin membeli obatnya pasien harus bijak, jangan asal membeli karena rekom dari orang terdekat. Dalam memilih obat sakit kepala pun harus punya tempat yang tepat dan juga aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Posts

16 comments

  1. Alhamdulillah semakin dimudahkan dengan kehadiran toko online SehatQ. Sewaktu-waktu mau nyari obat udah nggak kebingungan lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, betul bangettt.
      Sekarang mah apa-apa serba online yaa. Cukup bermodalkan hp android dan internet, langsung cas ciss cusss :D

      Delete
  2. kalau saya rata-rata sakit kepala karena kurang tidur, jadi pertolongan pertamanya otomatis tidur... :) . Sekarang informasinya jadi reachable dengan adanya SehatQ, which is good

    ReplyDelete
  3. Aku kdang sakit kepala gegara kebnyakan tidur, kadang juga kekurangan tidur 😅😅
    Lngsung antisipasi obat aja sih, reaksi nya cepet soalnya hehe

    ReplyDelete
  4. Alasan tersering kalau lapar dan nggak langsung makan, bisa pusing kak. Dan kadang nggak cuma kurang tidur, kebanyakan tidur juga bikin pusing :D

    ReplyDelete
  5. Ini endorsan bukan mbak?
    Keren ih, dari hal yang sepele seperti sakit kepala bisa jadi tulisan ciamik.
    Barakallah

    ReplyDelete
  6. Kalau aku sakit kepalanya itu biasanya.... saat nggak punya duit, alias rekening kosong mlompong wkkwk. Obatnya apa dong kalau gitu mbak?

    ReplyDelete
  7. Kalau aku mah, rajin boci aja buat ngehindarin sakit kepala. Sama rajin makan, jangan sampai perut kosong kelamaan.

    ReplyDelete
  8. hampir sama nih, klo sakit kepala aku juga minum air putih dulu yang agak banyak, abis itu bikin teh anget, tdur deh, kalau malamnya badan makin anget, minum obat

    ReplyDelete
  9. aku sakit kepala karena rumah berantakan hahahahaha. btw baru tau nih soal sehatQ, alhamdulillah sekaramg tuh bener-bener rasanya sesuai dalam genggaman ponsel ya :)

    ReplyDelete
  10. aku sakit kepala karena tugas belum dikerjakan hehe
    tapi begadang dan salah makan bener2 dampaknya gak bagus buat tubuh.

    ReplyDelete
  11. Aku sakit kepala karena kerjaan di rumah yg nggak ada berhentinya sih hahahahahha apalagi kalo habis begadang, makin kerasa banget di kepala sih emang

    ReplyDelete
  12. Loh kok bisa pas banget aku baca artikel ini pas lagi agak sakit kepala. Kalo aku biasanya sakit kepala karena abis beraktivitas di bawah terik matahari

    ReplyDelete
  13. kalo sakit kepala sih aku lebih milih tidur mbak, huhu.. btw, udah makin canggih deh sekarang, apa-apa tinggal klik buat konsultasi.

    ReplyDelete
  14. Ternyata sehatQ bisa untuk konsultasi juga ya ka, jadi memudahkan sekali di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  15. waah penting banget nih, kalau aku selalu pasti karena kurang air putih kalau udah sakit kepala hehehe

    Bagus emang SehatQ ini :)

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email