Penghasilan Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta, Memang Bisa?

2 comments
Konten [Tampil]

Penghasilan Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta, Memang Bisa?

Penghasilan blogger pemula bisa capai 30 juta. Memang Bisa? - Ahh siapa coba yang nggak tertarik begitu lihat angka penghasilan yang fantastis sebesar itu. Aku yakin semuanya, termasuk aku.

Sebagai seseorang yang baru saja sadar kalau ngeblog itu bukan hanya untuk sekadar menulis dan berbagi pengalaman saja, tapi juga ternyata bisa berbuah penghasilan.

Mendapat satu informasi tentang Shourt Course dari IGs kak Jihan tentu aku sangat excited, nggak sabar banget. Apalagi ada angka 30 juta-nya yang terpampang jelas. Tentu mataku langsung dan tanpa menunggu-nunggu aku langsung mendaftarkan diri takut kelupaan atau kelewat batas pendaftaranya.

Alhamdulillah akhirnya aku keterima dan bergabung bersama teman-teman blogger lainnya untuk menikmati sajian ilmu yang luar biasa dari pemateri yang luar biasa juga dengan pengalaman-pengalaman mereka.

gaji blogger pemula

Jadi acara Shourt Course 30 Juta Pertama dari Blog ini diselenggarakan pada tanggal 26 - 28 Oktober 2021 pada waktu malam hari dengan durasi waktu kurang lebih 90 menit. 

Nggak hanya dari Mba Jihan saja yang akan berbagi pengalaman dan tipsnya tentang bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari ngeblognya hingga 30 juta, tapi juga ada dua pemateri lagi yaitu Mba Shafira Adlina yang berbagi tips Cara Menulis Artikel yang Menarik dan Bang Rozak Al-Maftuhin yang akan berbagi tentang pengalamannya terkait Google Adsense dan SEO.

Aku akan merangkum ketiga materi secara ringkas disini ya, nanti insya Allah akan aku buat postingan khusus satu persatu dari materinya masing-masing.

Intip Tips Cara Mendapatkan Penghasilan Blogger Bisa Capai Hingga 30 Juta

Untuk bisa menjadi seorang blogger sukses tentu tidaklah mudah, ada beberaa langkah dan persiapan serta kesiapan yang harus dimiliki oleh setiap blogger. 

Nggak hanya sekadar menulis, menulis dan menulis. Tapi juga kita harus tahu bagaimana caranya mengoptimasi tulisan yang kita tulis agar lebih menarik menarik dan membuat betah pembaca dari pengunjung yang datang ke blog kita. Untuk itulah kak Shafira hadir di malam pertama acara Shourt Course.

1. Menulis Artikel dengan Menarik

Bersama kak Shafira Adlina, rasanya aku diingatkan kembali tujuan awal ngeblog itu untuk apa, terus cara mendapatkan penghasilan dari blog, dan yang terakhir cara menulis artikel yang menarik.

Untuk menarik pembaca supaya blog kita ada pengunjungnya tentu kita harus bisa menulis dan mengisi postingan blog kita dengan sesuatu yang menarik dan membuat apa yang dicari oleh para pembaca hingga mereka mendapatkan jawabannya di blog kita.

Kenapa? 

Berawal kita berlatih untuk menulis dengan cara yang menarik, perlahan akan membuat pengunjung akan kembali lagi, karena mereka betah dan nyaman dengan gaya menulis kita yang nggak asal-asalan. Benar-benar memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Apapun keadaannya, baik itu rasa malas dan sebagainya, paksakan untuk tetap menulis. Karena untuk apa buat blog kalau sama rasa malas saja bisa kalah. Betul tidak?

Berawal dari paksaan untuk diri sendiri, kemudian terus berlatih hingga menjadi suatu kebiasaan yang baik.

Aku pribadi pun masih PR banget nih buat terus konsisten menulis. Karena ada saja alasan untuk menunda-nunda, padahal topik yang ingin ditulis sudah ada. Dan ini ngak patut untuk ditiru.

Nah karena kebiasaan menulis kita sudah baik nggak ada salahnya untuk meningkatkan performa blog dengan mendaftarkan blog kita ke platform berbayar seperti Vira.id, Sosiago dan lain-lain yang dari platform ini kita akan dibayar karena tulisan kita sendiri. Lumayan bukan dari yang awalnya menulis sudah bisa menambah penghasilan.

2. Rutin Mengikuti Lomba Blog

Di malam kedua kami mendapat materi yang ndaging banget dari kak Jihan Mawaddah yaitu tentang bagaimana sih seorang kak Jihan bisa mendapatkan penghasilan yang hanya bermodalkan blog dan menulis tapi bisa mendapatkan cuan hingga 30 juta. Sebuah angka yang fantastis memang.

Kalau teman-teman ada yang mengikuti Instagramnya, pasti kita akan sering melihat kalau kak Jihan ini sering banget memenangkan lomba blog hingga berturut-turut. Dalam satu bulan pasti ada, nggak pernah absen. Luar biasa emang.

Nah dari mana saja sih penghasilan yang diperoleh kak Jihan hingga bisa sampai segitu besarnya? Ternyata salah satunya adalah dari mengikuti lomba blog. 

Nah untuk tips dari kak Jihan, bagaimana bisa beliau sering banget menang lomba blog dengan apapun tema lombanya adalah dengan menerapkan dan melakukan beberapa hal berikut

  1. Pelajari Penyelenggaranya
  2. Pelajari tema blog dan lakukan riset untuk bahan tulisan lomba
  3. Cari dan pikirkan pokok bahasan yang unik dan yang tidak biasa
  4. Kaitkan tema lomba blog dengan pengalaman pribadi dan orang-orang sekitar (jika ada)
  5. Berikan gambar dan infografis yang mendukung dan menarik
  6. Sertakan data pendukung untuk menguatkan tulisan
  7. Pastikan tulisan yang kita tulis ada manfaatnya buat pembaca
  8. Berdoa

Gimana? Sudah siap bersaing dengan kak Jihan di lomba blog selanjutnya? Heheheh

Aku pribadi kadang kalau lihat ada info tentang lomba gini yang paling aku perhatikan adalah tema blognya. Kalau menarik dan kira-kira aku pahami betul bidangnya ya aku ikutan, tapi kalau nggak ya gitu sering-seringnya aku nanti-nantikan dan berakhir byebye deadline alias kelewat deadline.

Ternyata hal itu sangat tidak baik. Kak Jihan sendiri katanya banyak kok tema yang nggak dipahami dari nol tapi beliau mau belajar dan mencari tahu dengan membaca dari berbagai referensi yang didapat terkait tema lomba blog. 

Seperti kata pepatah yaa, usaha tidak pernah mengecewakan hasil akhir ya. Nah buat teman-teman dan aku bisa dicoba yuk tips cara mengikuti lomba blog ala kak Jihan di atas. 

cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula

3. Dari Penghasilan Google Adsense dan SEO

Tips ketiga mendapatkan penghasilan 30 juta dari blog salah satunya adalah bisa dari iklan adsense blog.

Bersama Bang Rozak di malam ketiga sekaligus malam terakhir di Shourt Course, membahas tentang Google Adsense dan SEO. 

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dong tentang Google Adsense? 

Ituloh penayangan iklan dari google di halaman website. Dimana jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, pemilik website/blog akan mendapatkan fee dari tayangan iklan dan klik yang di dapat.

Apa cukup jika hanya dari klik iklan doang? Tentu saja tidak. Teman-teman juga perlu untuk meningkatkan traffic blog, kemudian menulis dengan keyword bernilai CPC (Cost Per Click), dan rutin mengupdate blog setiap harinya. Insya Allah akan cepat juga kok mendapat penghasilan Google Adsense-nya.

Kelihatan mudah? Tidak.. Percayalah mencari keyword yang mempunyai keyword itu cukup sulit.  Sulit-sulit gampang, mudah-mudah sulit, hehehe

Penghasilan Blogger Pemula Bisakah Mencapai Jutaan?

Pasti bisa dong. Asal terus berkomitmen untuk menulis dan menerapkan apapun ilmu seputaran blogging yang di dapat., baik itu dari teman, kelas blog yang diikuti, group blogging dan beberapa tips di atas. Baik itu dari kak Jihan , kak Shafira dan Bang Rozak.

Yang pasti teman-teman harus tetap semangat ngeblognya, jangan bermalas-malasan, tulislah setidaknya satu paragraf sekalipun dalam sehari untuk membentuk kebiasan menulis yang baik dan teruslah untuk meningkatkan skill blogging-nya.

Karena siapapun blogger-nya, baik itu sebagai pemula sekalipun asal yakin dan komitmen dan konsisten ngeblognya pasti bisa untuk mendapatkan penghasilan dari blog hingga jutaan dari mana saja. Tidak hanya dari lomba blog saja. Bagaimana sudah siap untuk mendapatkan penghasilan blogger hingga jutaan? 

Semoga postingan penghasilan blogger pemula ini bermanfaat buat teman-teman semua yaa.. 

Related Posts

2 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Jika kamu bingung nyari alkes di Daerah Keerom kamu bisa langsung kunjungi Distributor Alat Kesehatan Keerom sekarang juga

    ReplyDelete

Post a Comment