Tips Ajarkan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Konten [Tampil]

Tips Ajarkan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Tips Ajarkan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak - Ngomongin kesehatan nggak melulu tentang penyakit dari dalam tubuh saja, tapi juga bagian luarnya perlu diperhatikan kesehatan. Eh mulut dan gigi termasuk bagian dalam tubuh apa luar tubuh yaa?? Hmmm...

Oke. Itu pertanyaan dijawab dalam hati masing-masing saja ya. Nah balik lagi ke kesehatan mulut dan gigi. Di masa pandemi gini teman-teman sadar nggak sih kalau kita semakin banyak mengonsumsi makanan dan minuman setiap harinya. Yeaa gimana tidak banyak makan, suasana diluar yang nggak ngebolehin keluar mau nggak mau diisi dengan kegiatan kerja nyambi makan-makan yaa, hehehe

Karena banyaknya aktifitas di dalam mulut karena kunyahan dari makanan  inilah yang membuat kita wajib dan harus banget menjaga pola sehat untuk bagian dalam mulut ini termasuk gigi.

Apalagi buat anak-anak nih. Kalau orang tua malah membiarkan tidak memberikan arahan tentang pentingnya menjaga kesehatan buat mulut dan giginya, nggak heran kalau ke depan, si anak bakalan sering mengeluh sakit gigi dan efek yang paling bikin nggak nyamannya adalah bau mulut yang tidak mengenakkan, sangat mengganggu.

Mau nggak mau, dewasa, muda dan anak-anak sekalipun harus tahu sedini mungkin bagaimana pola dalam merawat agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. 

Ternyata sepenting itu loh untuk ajarkan cara bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Karena sumber kuman dan penyakit lebih banyak dan dominan dari bagian ini. Untuk para Bunda di rumah dan teman-teman yang mempunyai anak dan keponakan wajib perhatikan kesehatan mulutnya ya. Apalagi mulut itu adalah rumah bagi setidaknya 700 spesies mikroba.

Spesies mikroba ini sendiri adalah termasuk bakteri baik dan jahat. Supaya bakteri jahatnya nggak nongol dan mengganggu kesehatan anak, ada baiknya para orang tua di rumah wajib mengawasi dan mengajarkan cara bagaimana menjaga kesehatan pada bagian mulut terutama.

Ajarkan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Ngomongin tentang mengajarkan anak untuk mau belajar bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut tentu ini sangat berbeda dengan menjelaskan kepada orang dewasa. Istilahnya pemahaman mereka masih sepohon toge dibanding pikiran orang dewasa yang sudah sepohon kelapa 😂 umpamanya loh.

Untuk mengajarkan anak-anak kita perlu memberikan gambaran dan contoh yang mudah agar anak-anak ke depan dengan sendirinya nggak harus selalu diawasi tapi dengan kesadaran mereka masing-masing dengan sendirinya akan menjaga kondisi kesehatan dibagian mulut dan gigi mereka.

Caranya:

Jelaskan Seberapa Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya. Memberikan pemahaman kepada anak-anak dengan orang dewasa sangat berbeda. Dengan anak-anak kita sebagai orang tua dan dewasa butuh banyak stok sabar dan nggak boleh ada kata lelah dan menyerah saat sedang mengajarkan anak tentang hal ini.

Jelaskan menggunakan bahasa yang sekiranya bisa dengan mudah dan dipahami oleh anak-anak. Jangan biarkan anak belajar sendiri tanpa ada yang membimbingnya dengan menjelaskan hal-hal yang seharusnya sudah saatnya mereka untuk tahu. Berikan pemahaman sedini mungkin.

Apalagi kalau kondisi gigi dan mulut tidak dalam kondisi sehat akan memunculkan penyakit-penyakit yang ke depannya juga akan menyusahkan orang tua itu sendiri. Nggak mau kan rempong dan riweh di kemudian hari?

Tips Agar Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Tetap Terjaga dan Sehat

Untuk tips ini nggak hanya untuk anak-anak saja, tapi juga bisa dicoba oleh orang dewasa loh yaa. Karena pada dasarnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut baik itu pada anak dan dewasa hampir sama saja.  Bedanya hanya terletak pada bahan/produk yang digunakan.

Kesehatan gigi dan mulut anak

1. Biasakan Makan Makanan yang Mengandung Unsur Baik

Hal yang pertama yang harus teman-teman lakukan adalah menjaga asupan makanan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kebaikan untuk kesehatan gigi dan mulut. 

Seperti makanan yang banyak mengandung kalsium yang bisa menguatkan gigi dan tulang, nah ini bisa teman-teman dapatkan dari sayuran yang berwarna hijau gelap dan tahu. Makanan yang mengandung vitamin C dan yang bisa meningkatkan kesehatan pada gusi.

2. Meminimalisir Cemilan Manis

Aku nggak akan larang makanan yang satu ini. Karena aku sendiri pun pecinta makanan manis-manis, heheheh. Hanya saja ada baiknya dikurangi deh, jangan terlalu banyak. Karena makanan yang mengandung manis-manis gini terlalu cepat berefek pada kesehatan gigi dan mulut (lebih cepat menempel dan nyangkut pada rongga mulut).

Gimana cara meminimalisirnya? 

Teman-teman imbangi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan konsumsi air putih. Karena dengan mengonsumsi sesuatu yang banyak mengandung air di dalamnya hal ini akan memberikan pengaruh yang baik untuk gigi dan mulut. Karena cenderung bisa membersihkan sisa-sisa makanan dari kunyahan dan membantu mengendalikan bakteri jahat pada mulut.

3. Sikat Gigi dengan Langkah yang Benar dan Tepat

Tips ketiga ini perlu banget. Nggak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasa juga harus perhatikan hal mendasar dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya masing-masing. Luangkan waktu 2 menit saja di saat pagi hari setelah makan dan di waktu malam hari sebelum tidur untuk menyikat gigi, jangan terburu-buru dan tentunya harus dibarengi dengan langkah-langkah saat sikat gigi dengan prosedur yang benar dan tepat.

4. Bersihkan Bagian Lidah

Salah satu faktor yang bisa mendatangkan bakteri pada mulut adalah lidah. Karena bakteri ternyata bisa hidup di lidah. Untuk menghilangkan bakteri pada lidah teman-teman bisa menggosoknya dan membersihkan dengan bagian belakang sikat gigi. 

Karena kalau kita membiarkan bakteri hinggap di lidah, ini akan memunculkan bau tak sedap dari mulut kita. 

5. Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

Tidak hanya pakaian yang harus diganti setiap harinya, sikat gigi juga. Cuma bedanya, kalau sikat gigi di ganti setidaknya 3 atau 4 bulan. Bisa juga lebih cepat dari itu, apalagi kalau teman-teman baru saja sembuh dari penyakit flu. 

Karena jika sikat gigi sudah usang, tidak bisa lagi menjalankan tugasnya dengan efektif. Dengan menggantinya secara berkala bisa membantu mencegah penyebaran bakteri dalam mulut.

6. Dilarang Keras untuk Tukaran Sikat Gigi

Semoga teman-teman nggak pernah melakukan hal ini baik kepada teman ataupun saudara kandung sekalipun. Berbagi sikat gigi bukanlah ide yang baik. Karena dapat menularkan bakteri gigi dan virus dari orang lain. 

Jangankan bertukar sikat gigi, saat menyimpan sikat giginya saja sangat dianjurkan untuk bagian kepala sikat giginya tidak berbenturan dengan sikat gigi orang lain. 

7. Rutin Cek Kesehatan Gigi 

Jangan berkunjung ke dokter gigi pada saat sakitnya saja, tapi lakukan pemeriksaan secara rutin dan teratur. Kalau sempat buatkan jadwal kunjung setidaknya 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi dan kesehatan dalam mulut, bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi di dalamnya terutama bagian gigi.

8. Gunakan Flossing (Benang Gigi) 

Untuk kondisi pada anak-anak kegiatan flossing ini dilakukan sesuai arahan dari dokter dan lakukan secara perlahan. Jangan sembarangan melakukan flossing, ntar malah menjadi parah bukannya baik.

Jika tidak bisa melakukannya sendiri, datanglah ke dokter gigi. Tujuan dilakukan flossing ini adalah untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi agar terhindar dari bakteri dan plak.

Rekomendasi Produk Perawatan Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat

Setelah melakukan perawatan secara mandiri untuk gigi dan mulut, ada baiknya kegiatan perawatan gigi dan mulutnya didukung dengan produk yang sesuai dengan permasalahan gigi dan mulut yang sedang teman-teman alami.

Oiya, berikut ini produk yang aku rekomendasikan untuk orang dewasa terlebih dahulu ya. Karena orang dewasa kalau diperhatikan sebenarnya lebih bandel dalam menjaga kesehatan mulutnya sendiri.

Perawatan Gigi dan Mulut

  •  Close Up Pasta Gigi Fire Freeze, yang mempunyai masalah nafas berbau tidak sedap sehingga membuat kepercayaan diri berkurang, teman-teman bisa gunakan produk satu ini untuk hasil nafas yang lebih segar dan gigi yang lebih putih.
  • Close Up Pasta Gigi Ever Fresh, memiliki anti bacterial mouthwash formula dan dapat melawan bakteri hingga 99%, pasta gigi satu ini banyak menggunakannya. Aku sendiri pun menggunakan pasta gigi satu ini. Karena bisa membuat nafas kita segar dan terlindungi dalam jangka waktu yang lebih tahan lama.
  • Close Up Pasta Gigi Red Hot, seperti namanya pasta gigi satu ini mempunyai rasa pedas tapi nyegerin dimulut. Memberikan sensasi fresh dan tampilan gigi lebih putih setelah pemakaian.

Kesimpulan

Pada intinya sih untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut baik pada anak-anak dan orang dewasa itu sangatlah mudah, Tergantung bagaimana setiap individu menjaga pola makanan  yang dikumsumsinya saja.

Karena penyakit seperti gigi dan bau mulut lebih sering muncul karena pola makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak baik, memberikan efek yang berkepanjangan. Makanya itu penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga dengan baik.

Nah buat para orang tua di rumah karena orang dewasa tidak perlu lagi diajarkan cara bagaimana menjaga kesehatan mulut, sangat penting sekali sedini mungkin arahkan dan bimbing anak-anak untuk tahu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak untuk hasil yang maksimal agar tidak ada penyesalan yang muncul di kemudian hari dikarenakan kondisi yang tidak mengenakkan.

Related Posts

3 comments

  1. Anaku seneng sekali nih kalo udah sikat gigi, dan alhamdulillah nggak rewel kalo diajak ke dokter gigi, hihi.. cara-cara ini memang harus sedini mungkin diajarkan ke anak ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuls mba.
      Harus dibiasakan sedini mungkin yaa, biar anak2 terbiasa dan juga harus dikasih pemahaman tentang pentingnya sika gigi dan efek2 buruknya jika tidak dilakukan, hehehe

      Delete
  2. Noted banget nih tipsnya. Memang merawat kesehatan gigi mudah aja ya sebenarnya asal ada kesadaran dan tekad yang kuat agar bisa disiplin menyikat gigi. Jadi kalau sudah terbiasa gitu akan ringan melakukannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email