Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget dengan Eyevi

Konten [Tampil]

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadhet dengan Eyevi

Ada banyak cara menjaga kesehatan mata terutama dari gadget. Apalagi kan hampir semua kalangan di masa pandemi gini dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa tidak pernah lepas bahkan jarang tidak ada yang tidak bermain gadget jenis apapun itu.

Ditambah lagi sekolah-sekolah sekarang ini pada daring tuh (tidak tatap muka) membuat anak-anak di rumah lebih memilih asyik dan bermain hp, terus belum lagi disaat mereka diharuskan belajar dengan menatap layar baik itu di hp maupun di laptop membuat kondisi mata jadi mudah lelah. Contoh pada saat nge-zoom misalnya.

Sebenarnya pun kondisi dimana kita lebih asyik pantengin Hp tidak hanya terjadi pada anak-anak saja, tetapi juga hal ini terjadi pada orang dewasa. 

Perhatikan saja pada saat-saat tertentu, misalnya kalau sedang asyik-asyiknya stalker Instagram, tiktok, hingga marketplace misalnya. Duuh aku yakin sekali hal ini pasti membuat teman-teman jadi lupa waktu. Hingga tak jarang kadang yang seharusnya sudah waktunya istirahat dan tidur, tapi gara-gara mengintip Hp jadi malah keterusan dan lupa waktu.

Yang seharusnya hal tersebut sangatlah tidak baik untuk kesehatan dan kondisi mata kita sendiri. Jadi cara mengatasi kebiasaan buruk ini, salah satunya adalah kembali ke diri sendiri. Apakah mau menjaga kesehatan matanya sendiri atau nggak 😂

6 Cara Menjaga Kesehatan dari Gadget

Nah untuk menghindari semua itu apakah kita bisa mengontrol dan tetap bisa menjaga kesehatan mata sekaligus tapi tetap bisa melihat dan bermain Hp? Tentu saja tetap bisa dong dengan cara teman-teman bisa mengatur waktu untuk tidak terlalu sering-sering melihat layar Hp. Di bagian ini memnag sulit sih, aku saja hampir sama sulitnya kok.

Godaan untuk megang hp lebih berat. Cobaan hidup di generasi Z, wkwkwk

Nah untuk menimimalisir hal yang membuat teman-teman keseringan mantengin layar hp demi kesehatan mata, ada beberapa hal yang mungkin bisa teman-teman coba terapkan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan, diantaranya adalah 

1. Manfaatkan fitur dark mode

Untuk meminimalisir pencahayaan yang berlebih dari gadgetnya teman-teman, sebaiknya gunakan dulu fitur dark mode ini. Tujuannya agar cahaya yang diterima oleh mata tidak langsung terpapar cahaya yang mempercepat mengurangi kesehatan mata.

Apalagi kalau teman-teman melihat layar gadget di ruangan yang gelap atau penerangannya yang minim. 

Kalau aku pribadi sih, settingan cahaya di Hp (terutama) kalau sudah malam hari aku settingnya ke paling rendah, karena memang mataku cepat banget lelah dan silau banget. Begitu pun di laptop. Berbeda dengan siang hari, dikira-kira saja. Kalau memang sudah kelihatan tulisan buat balas chat dan semacamnya ya aku cukupkan segitu pencahayaannya.

2. Jangan pandang lama layar elektronik

Nah ini juga. Siapa coba yang nggak mandang lama? Apalagi kalau sudah berhadapan samadeadline yang kepepet banget jangan harap dah tu istirahat. Pasti bakalan keterusan.

Padahal hal ini sagat-sangat tidak dianjurkan. Kalaunpun memang lagi ada kerjaan bisa manfaatin kacamata radiasi misalnya. Jadi terpapar sinar dari layar gadgetnya sedikit terhalang, nggak langsung ke mata.

3. Istirahatkan mata secara berkala

Kalau teman-teman membaca tentang istirahatkan mata ini, pasti akan disebutkan setidaknya walaupun pekerjaan yang memang mengharuskan untuk menatap layar gadget dan apapun jenis elektroniknya pasti dianjurkan unuk mengistirahatkan mata dari paparan sinar dari layar. 

Mislanya lakukan kedipan mata. Jangan terlalu fokus ke layar. Selipkan atau alihkan mata ke hal-hal lain. Hal ini bertujuan agar mata tidak mudah perih. 

4. Rajin olahraga

Teman-teman sudah tahu belum kalau aktifitas olahraga ternyata bisa mengurangi resiko dari kehilangan penglihatan loh. Penglihatan ini bisa saja disebabkan oleh kolestrol tinggi, diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Jadi jelas penting dong dengan melakukan aktifitas olahraga ringan saja bisa mengecilkan kemungkinan-kemungkinan kerusakan yang terjadi pada. 

5. Periksa mata ke Dokter

Periksa mata ke dokter nggak harus di waktu kondisi mata sudah dalam kondisi sakit yang memang sudah seharusnya untuk diperiksa. Tapi juga di saat kita merasa kondisi mata dalam kondisi sehat-sehat saja sekalipun kita dianjurkan untuk memeriksa rutin kondisi kita ke dokter setidaknya dua tahun sekali.

Dua tahun sekali buat yang merasa matanya dalam kondisi sehat-sehat saja ya. Nah gimana buat yang kondisi matanya memang lagi sakit dan perih, kemerahan dan sebagainya, tentu harus segera diperiksa segera. Kalau ditunda-tunda malah ditakutkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Untuk pemeriksaan mata secara rutin ini sebaiknya dilakukan ke semua kalangan usia. Karena siapa sih yang tahu kondisi mata kalau tidak diperiksa dulu ke yang ahlinya terlebih dahulu.

6. Gunakan kacamata hitam

Ini pasti banyak ditemuin di jalan-jalan kan ya. Mungkin sebagian orang ada yang melakukannya untuk bergaya tapi tak jarang ada juga yang menggunakannya untuk menjaga kesehatan matanya sendiri.

Jangan pernah sepelekan sinar matahari. Terutama jika terpapar langsung dengan mata. Karena mata yang terlalu sering terpapar matahari secara langsung dapat mengakibatkan katarak, kornea terbakar, hingga kanker mata.

Untuk menghindari semua itu sebaiknya mulai sekarang gunakan kacamata yang memiliki perlindungan dari sinar UV ya.

7. Makan makanan sehat untuk mata

Cara terakhir untuk menjaga kesehatan mata dari gadget adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan dan buah-buahan yang kandungannya baik untuk menjaga kesehatan mata, seperti vitamin A, C, E, Lutein, Zeaxanthin, Astaxanthin, dan kandungan ini semua bisa untuk melindungi makula dan lensa.

Biar konsumsinya mudah, sekarang ini semua kandungan di atas sudah sangat mudah ditemui. Karena ada satu produk kesehatan yang bagus banget untuk mata jika dikonsumsi secara rutin yaitu Eyevi.









Newest Older

Related Posts

Post a Comment