Makanan untuk Diare Pada Anak, Ini Anjuran dan Pantangannya

Konten [Tampil]

Makanan untuk Diare pada Anak, Ini Anjuran dan Pantangannya

Makanan untuk diare yang dikonsumsi saat seseorang sedang mengalami penyakit satu ini pasti beragam yaa. Dari yang mulai makanan yang dipercayakan untuk mengatasi rasa sakit dan mengurangi, padahal hanya mitos belaka dan ada juga yang memang faktanya. Yah balik lagi ke kitanya mau coba yang mana atau mungkin mau coba semua yang direkomendasikan sama Paman Google yaa disikat aja 😂

Diare adalah salah satu penyakit yang disebabkan gangguan pada saluran pencernaan yang paling umum dan bahkan hampir semua kalangan manusia pernah mengalaminya. Ehh atau ada yang selama hidupnya belum pernah ngalamin penyakit satu ini?? *serius nanyak*.

Baik itu dari yang anak-anak hingga berusia lanjut pun masih pernah mengalami penyakit satu ini. Apalagi pada anak-anak, orang tua pasti akan kalang kabut memikirkan bagaimana caranya untuk bisa mengurangi rasa sakit yang diderita sang anak.

Penyakit satu ini seringkali terjadi karena disebabkan oleh makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri, virus dan parasit yang masuk ke dalam perut dan menginfeksi usus sehingga menyebabkan diare.

Bisa juga disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan, alergi, keracunan dan peradangan khusus. Apalagi anak-anak yang kurang diawasi oleh orang tuanya, hal ini sering kali terjadi.

Nah untuk mengatasi dan meringankan dari rasa penyakit diare ini adalah dengan kita yang harus lebih cermat dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi selama diare agar keluhan dari rasa sakit diare ini berkurang bukannya malah sebaliknya.

Makanan untuk Diare Pada Anak yang Dianjurkan

Ketika sedang diare, kondisi tubuh pada umumnya menjadi lemas dan kekurangan cairan. Tidak jarang, pada kondisi diare yang lebih parah, bisa menyebabkan dehidrasi pula. Untuk itulah teman-teman jika ada keluarga dan pada anak-anak yang sedang mengalami hal ini makanan yang dikonsumsi harus diberikan perhatian khusus. Terutama dalam kurun waktu 24 jam sejak mengalami diare.

Beberapa riset merekomendasikan untuk memakan makanan yang mengandung probiotik yang dapat mempercepat penyembuhan diare. Selain itu ada juga makanan lainnya yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare.

1. Air Putih

Minuman yang sering ditemui karena kita konsumsi sehari-hari ini sangat dianjurkan apabila sedang diare. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh. Jadi jangan heran untuk dikonsumsi sehari-hari saja disarankan untuk diminum 8 gelas sehari.

2. Makanan Hambar

Makanan yang bercita rasa hambar yang dikonsumsi saat diare mempunyai fungsi untuk mengurangi resiko iritasi pada usus ketika saluran cerna tersebut sedang terkena diare. Seperti oatmeal, nasi putih dan kentang rebus dan lain-lain.

3. Makanan yang Berkuah

Tidak hanya melalui minuman saja, untuk mengurangi rasa sakit karena diare, teman-teman juga bisa mengonsumsi makanan yang berkuah seperti sup, kaldu Ayam dan Sapi. Hal ini sama juga dengan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

4. Diet BRAT

Diet BRAT merupakan singkatan dari Banana (pisang), Rice (nasi), Applesauce (apel yang dihaluskan), Toast (roti panggang). Diet BRAT ini sangat dianjurkan untuk penderita diare karena memiliki kandungan serat dan protein tinggi , serta kandungan lemak yang rendah, sehingga bisa meredakan masalah pada saluran pencernaan.

Makanan untuk diare anak yang mudah ditemukan disekitar kita

Pantangan Makanan yang Harus Diperhatikan Saat Diare

Jika tidak ingin mengalami rasa sakit karena diare yang berkepanjangan, ada baiknya untuk menghindari dulu makanan dan minuman yang bisa memperparah rasa sakitnya. Yang tentu saja hal ini membuat kita tidak bisa leluasa untuk melakukan aktifitas seperti biasanya.

Adapaun pantangan makanan yang harus dihindari saat diare beberapa diantaranya adalah;

1.  Makanan Berminyak dan Berlemak

Khasnya orang Indonesia yaa, kalau makanan berminyak yang sulit untuk dihindari yaitu gorengan 😂. Apalagi kalau cuacanya pas lag hujan turun, seakan betapa nikmatnya dunia, heheheh

Tapi saat sedang mengalami diare makanan satu ini mau nggak mau harus dihindari.Karena efeknya bisa menyebabkan otot-otot disaluran pencernaan menjadi tegang, sehingga malah memperparah diarenya. 

2. Makanan Pedas

Tidak hanya gorengan yang harus dihindari saat diare, tapi juga makanan pedas. Kalau teman-teman berkunjung ke Aceh pasti makanan yang bercita rasa pedas ini sangat mudah ditemui. Karena lidahnya orang Aceh identik sama makanan pedas, jadi kalau lagi diare makanan pedas wajib dihindari dulu yaa.

3. Produk Susu kecuali Yoghurt

Karena di dalam susu terdapat kandungan laktosa, saat diare usus sulit untuk memproduksi enzim laktase yang diperlukan tubuh. Sehingga hal ini bisa menyebabkan perut kembung, mual hingga diare yang semakin parah jika latoksa ini tidak dicerna. 

Selain susu, tapi yang mengandung susu didalamnya, teman-teman masih bisa mengunsumsi Yoghurt walaupun sedang mengalami diare. Karena pada Yoghurt mengandung probiotik yang baik dikaonsumsi saat diare sekalipun.

4. Makanan (Sayuran) yang Mengandung Gas

Sayuran memang sangat dianjurkan apalagi baik untuk kesehatan juga, tapi berbeda jika sedang diare. Ada sayuran-sayuran tertentu yang dilarang pada kondisi ini, seperti brokoli, bunga kol, buah pir, buah persik dan lain-lain. Hal ini jika dikonsumsi akan membuat kondisi diare semakin parah.

Alternatif lainnya adalah agar diarenya tidak semakin parah, teman-teman bisa mengonsumsi sayuran seperti wortel, kacang hijau, jamur dan asparagus untuk menghindari makanan penghasil gas tersebut.

5. Alkohol, Kafein, dan Minuman Berkarbonasi

Ketiga jenis minuman bertindak sebagai diuretik yang bisa meningkatkan produksi dan volume urine, hal ini mempunyai efek yang bisa memparah kondisi diare bukannya malah mengurangi.

Karena disaat produksi urine meningkat, maka cairan pada tubuh dapat hilang lebih banyak sehingga menyebabkan dehidrasi pada kondisi sedang diare. 

Resep Makanan untuk Diare Anak

Dalam kondisi sehat pasti para moms akan mempersiapkan segala aneka resep makanan untuk dihidangkan buat si kecil agar asupan gizi dalam makananya terjaga bukan. Nah dalam kondisi si kcil yang sedang mengalami diare tidak ada salahnya juga para moms juga menyiapkan resep atau makanan dan buah-buahan yang harus siap siaga jika sewaktu-waktu diperlukan mendadak.

1. Teh Pahit

 Pertolongan pertama dan cepat yang bisa dipersiapkan untuk anak saat sedang diare adalah membuat teh pahit. Hal ini dipercayakan dapat mengatasi diare.

Karena pada teh pahit mengandung zat tanin yang dapat memberikan efek astringen, yang bisa mengurangi kandungan pair pada feses.

2. Buah untuk Anak Diare

Selain teh pahit, orang tua di rumah juga bisa menyiapkan stok buah-buahan yang bisa mengatasi dan mengurangi diare anak.

Buah untuk menghentikan diare pada bayi

Adapun buah-buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi anak saat sedang diare adalah :

  • Pisang. Jika dikonsumsi saat diare bisa mengeraskan kotoran. Karena di dalamnya terdapat kandungan pektin. 
  • Air Kelapa. Karena saat diare cairan tubuh banyak berkurang, minum air kelapa sangat dianjurkan karena berfungsi bisa mencegah dehidrasi yang rentan terjadi saat diare, apalagi minuman satu ini sangat mudah didapat. 
  • Apel. Yang mengandung Pektin didalamnya dalam dapat membantu masalah diare pada anak. Pada anak buah apel ini bisa dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, lalu direbus dengan air, dan haluskan agar lembut dan mudah dicerna oleh anak. Mengonsumsi apel bisa juga menambah energi pada anak.
  • Lemon. Dikonsumsi dengan cara satu sendok hingga 4 sampai 5 kali dalam sehari dapat menyembuhkan diare. Karena buah lemon mengandung sifat anti-inflamasi dan anti bakteri.
  • Blueberry. Bila anak mengonsumsi buah Blueberry saat diare, kandungan didalamnya dipercaya bisa meredakan bahkan menghentikan gejala diare. Apalagi di dalam Blueberry mengandung serat saluble pectin yang dapat menyerap cairan dalam usus.
  • Jambu Biji. Zat-zat yang terdapat dalam kandungan jambu biji ini dipercaya bisa membunuh kuman dan radikal bebas yang masuk pada tubuh si kecil. Sehingga resiko akibat diare parah bisa berkurang hingga dapat menyembuhkan.
  • Wortel. Diare bisa membuat tubuh si kecil lemah, untuk para moms ada baiknya memberikan wortel agar sumber energi si anak kembali pulih. Sajian wortel dalam makanan pun tergolong mudah. Misalnya bisa dijadikan dalam masakan sup.
Itu dia beberapa buah-buahan yang bisa disiapkan untuk berjaga-jaga jika kondisi si kecil sedang mengalami diare. Hal ini tentu saja dapat membuat rasa sakit yang tidak berkepanjangan karena sudah diatasi sedini mungkin dengan buah-buahan yang tersedia di rumah. 

Makanan Sehat Penting untuk Anak

Makanan untuk diare pada anak ini sebenarnya mudah sekali ditemukan disekitar dan lingkungan kita. Terutama dalam hal menjaga kondisi lingkungan terutama di area permainan anak. Kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Bukankah ada pepatah yang mengatakan bahwa, ada baiknya mencegah dari pada mengobati.

Saat mengambil makanan misalnya. Si kecil bisa dibiasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah memegang sesuatu. Tujuannya agar kuman-kuman yang ada disekitar tidak ikut masuk ke dalam tubuh. 

Dalam kondisi sebelum timbulnya diare, selain persiapan makanan untuk diare, pencegahan dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sehabis buang air, bahkan setelah beraktifitas. Nah disini teman-teman dan para moms bisa menggunakan sabun lifebuoy yang dipercaya bisa membantu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di keluarga kita.

Related Posts

21 comments

  1. wah paling manjur memang nih teh pahit, tapi kalau untuk anak-anak aman tidak ya mom? hihi

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru tahu ada makanan sedetail ini. Dulu waktu anak diare saya kasih makanan biasa kecuali asam, lemak/santan dan sayuran yg menyebabkan kembung.

    ReplyDelete
  3. Gak tega ya lihat anak kena diare sebenarnya namun bagaimana lagi namanya telanjur sakit tidak bisa dicegah hanya bisa diobati. Kalau orang dewasa mgkin bisa nahan sakit ya mbak

    ReplyDelete
  4. beberapa hari lalu saya juga kena diare kayaknya, tapi kekeh aja makannya pedas karena rasanya makan tanpa ada sambal itu ga nikmat heheheh

    ReplyDelete
  5. aku jadi inget dulu pernah diare pas hamil 5 bulan, karena ga ada yang masuk aku minum susu dan kue marie gitu mbak. saat periksa sorenya, dokter bilang kalau lagi diare jangan minum susu. Nah, jadi selalu kuingat ketika anak-anak ku yang terkena diare lagi. Yang penting pantau terus hidrasinya, jgn sampai dehidrasi.

    ReplyDelete
  6. Belum lama ini aku juga sempet diare, sebelumnya kalo untuk diare dsuruh makan buah salak, tapi pas searching kok buah salak gak ada ya.. Hahaa,, akhirnya ku ganti pisang deh..

    ReplyDelete
  7. Wah noted bangett. Rekomendasi buah2annya ternyata di luar ekspektasi yakk

    ReplyDelete
  8. Suka sekali, sangat membantu mbak untuk dijadikan referensi saat diare menyerang.

    Diet BRAT, baru paham kalau itu singkatannya. Emang Andalan buah pisang untuk menghentikan diare .
    Kalau jambu biji biasanya ambil yang daunnya hehhd ramuan jaman dulu ya


    Mantap kak artikelnya.

    ReplyDelete
  9. Ulasannya lengkap Mbak. Terima kasih sharingnya ya
    Dari artikel ini saya jadi tahu apa saja makanan yang jadi pntangan dan ajuran bagi anak yang mengalami diare. Baru tahu juga nih wortel bisa jadi salah satu makanan untuk mengatasi diare anak

    ReplyDelete
  10. Pantangan kalau diare tuh susah banget dilakuin kak. Paling aku cuma bisa mengurangi makanan pedas aja hehe

    ReplyDelete
  11. Ternyata ada ya pantangan makanannya. Jadi tahu biar nanti gak kaget lagi kalau anak diare

    ReplyDelete
  12. Ouw ternyata kalau sedang diare, malah makanan yang mengandung susu sebaiknya dikurangi ya.

    Selain itu, banyak juga pilihan makanan lainnya buat dikonsumsi saat diare. Selama ini tahunya kalau nggak jambu biji ya pisang.

    ReplyDelete
  13. Wah.. bermanfaat sekali deh infonya mba pidaa... Aku jadi makin tahu setelah membaca tulisan ini.. heheheh

    ReplyDelete
  14. Aku catet dalam pikiran ttg BRAT. Banana, Rice, Applesauce, Toast. Ternyata ini toh makanan yang rekomended buat diare. Thanx ya mbak udah sharing.

    ReplyDelete
  15. Anakku pernah kena diare tp waktu itu belum tau pantangannya. Next time bakal lbh lebih siaga lagi

    ReplyDelete
  16. Baru tahu kalau lemon bisa buat ngobatin diare juga. Kan, rasa buahnya asem banget. Kirain bakal ngaruh ke perut. Ternyata buat yang diare nggak apa². Catet, ah. Terima kasih, Mbak Pida.

    ReplyDelete
  17. Selama ini tahunya cuma jambu biji aja yang bisa menyembuhkan diare, ternyata pisang pun juga bisa ya. Aah, pas banget, pisang ini buah yang hampir selalu ada di rumah sih, hehe.

    Btw, susu ini memang kalau pencernaan lagi nggak oke malah bikin tambah sakit perut.

    ReplyDelete
  18. Masalah makanan hambar ketika diare, sudah banget anak-anak untuk menyantapnya. Sepertinya harus preventif ya dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari diare

    ReplyDelete
  19. Kalau anak yang diare, pasti langsung ditelatenin macem2.

    Tapi kalau saya pribadi yang diare, kadang saya biarkan dulu. Karena diare termasuk proses pembersihan usus.

    ReplyDelete
  20. Siaaap nice sharing mba pidaa. Otw catetin 1 1

    ReplyDelete
  21. Huhu.. aku pernah nih pas sekolah dulu. Tapi keknya memang pasti dialami semua orang dah ni diare, hihi.. dan memang harus jaga makan, ya mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment