Review Novel Cinta Dalam Diam Wattpad Karya Shineeminka

Konten [Tampil]

Review novel cinta dalam diam wattpad

Akhirnya setelah menunda-nunda, baca sekian purnama reviewnya baru sempat ditulis. Ada yang sudah baca novel cinta dalam diam Wattpad karyanya Shineeminka ini? Fyi, penulis novel ini jadi salah satu penulis favoritku loh. 

Yang aku suka dari semua karya-karyanya itu adalah cerita romance-nya dibalut dengan kisah islami yang dijamin nggak bakalan bikin bosan, yang ada justru sebaliknya. Bacanya adem banget. Kisah cerita yang bikin bapernya dapat, ilmu agamanya juga dapat.

Oke biar nggak berlama-lama.

Kilas Balik Novel Cinta Dalam Diam Wattpad

Novel ini memang awal publishnya dari aplikasi oren itu dan aku pun awal tau penulisnya dari sana juga. Karena sudah tahu seperti apa kualitas tulisannya, sayang dong kalau nggak dikoleksi buku-bukunya. Dan Alhamdulillah hampir semuanya aku punya versi buku.

Jadi buku Cinta Dalam Diam ini bercerita tentang Zahra cewek manis, lugu, tapi ceroboh yang dijodohkan dengan Ali, anak dari teman mamanya. Yang ternyata juga dosen Zahra dikampus yang terkenal karena ketampanannya juga cara mengajarnya yang bikin mahasiswanya nggak terkantuk-kantuk.

Zahra ini sosok perempuan yang merasa dirinya nggak cantik kalau berpakaian seperti Ustazah gitu. Jadi begitu pada awalnya ia dipaksa untuk pakai gamis untuk menemani ibunya ke pengajian mau nggak mau Zahra harus pakai. Tapi berkat dari situ dan satu buku yang sempat dibacanya tentang mulianya seorang Fatimah Zahra, Zahra jadi pengin terus pakai baju gamis. Karena memang sudah seharusnya seperti itu.

Walaupun di awal Zahra diledek sama temen kampusnya, tapi dibiarkan. Karena memang sudah seperti itu bukan tabiat orang-orang.

Oke balik lagi ke hubungannya Ali dan Zahra. Dalam waktu singkat tidak terasa kedua menikah. Tapi sayangnya seakan cobaan Zahra yang nggak disangka datang lebih cepat. 

Di malam pertama pernikahannya Zahra menyadari kalau Ali suaminya ternyata menyesal telah menikahinya. Ayana sepupu Zahra yang sudah dianggap seperti kakaknya sendiri yang ia baru tahu merupakan masa lalu sang suami. 

Ali yang selama ini terus mencari keberadaan Ayana, akhirnya menyerah dan mengiyakan perjodohan. Tapi sayangnya takdir ingin bermain-main. Begitu dekat ia sebenarnya dengan Ayana. Sosok yang selalu ia doakan ditiap malam disujud shalatnya.

Review Novel

Salah satu novel yang bikin aku suka banget sama bagaimana cara penulis menggabungkan sisi romantis dan riligiusnya. Hampir semua novel-novelnya penulis ada unsur religiusnya, dan ke semuanya itu bikin aku nyaman-nyaman aja kok bacanya. Tanpa ngerasa kayak digurui atau diceramahi gitu. Bener-bener ngalir banget. 

Padahal di dalam buku ini ada beberapa adegan yang dibuktikan sama dalil agamanya. Seperti pas Zahra lagi ngambek banget sama Ali. Karena saat tidur dilarang banget buat munggungi suami jadinya Zahra cuma tutupin selimut sampe kepalanya dengan pandangan lurus ke atas, hehehe Gemes nggak sih

Ilmu-ilmu agama yang disajikan dibuku ini tuh bisa kita terima dengan baik sambil merenung buat diri sendiri sih. Jadi aku suka banget sama alur cerita dengan ilmu agama yang bikin santai pas bacanya.

quote cinta dalam diam

Untuk karakter tokohnya, Ali pas awal-awalnya digambarkan adalah sosok yang agamis, paham agama banget. Tapi begitu muncul Ayana kok aku jadi kurang sreg sama pembawaan dia yang agak gimana gitu. Nggak sinkron aja sama karakter dia di awal. Nggak tegas sama hubungannya. Aku paling nggak suka banget sama karakter laki yang kelihatan komit di awal tapi malah plin plan di akhir. Hufft nyebelin memang.

Apakah kalian mau bilang namanya juga manusia biasa, pasti akan ada godaannya?  Aku kurang setuju sama ini. Kalau kalian baca buku ini dari awal pasti paham bagaimana sikap Ali yang kumaksud disini.

Zahra yang awalnya adalah sosok yang mudah ceroboh, tapi semenjak menikah dia berusaha untuk lebih mandiri dan bersikap dewasa. Terutama demi mempertahankan keutuhan rumah tangganya. Salut banget sama sifat tegarnya Zahra disini. Walaupun dia tahu si suami tidak mencintainya bukan berarti dia harus menyerah justru sebaliknya. Ia berjuang demi mempertahankan semua yang sudah jadi miliknya.

Bukankah memaafkan itu lebih indah dari pada menyimpan dendam. Hmm... Untung ini novel, nggak tahu deh kalau di kehidupan nyata.

Memaafkan itu lebih indah dari pada mendendam. Janganlah hanya karena satu kesalahan, kamu membenci seseorang habis-habisan. Boleh jadi ketika kamu sedang memikirkan kejahatannya, orang yang sedang kamu benci sedang memikirkan kebaikanmu dan sedang bersujud kepada Allah untuk mendoakan kebaikan untukmu." - hal. 249

Untuk karakter Ayana dari awal sudah ketebak sih dia ini sebagai apa dan akan terjadi apa pada jalannya cerita. Well sebenarnya novel ini nggak sulit untuk ditebak jalan ceritanya. Apalagi pas munculnya Ayana. 

Nah yang bikin aku bertanya-tanya, Ayana ini kan tamatan Kairo tuh, otomatis dia berjilbab kan ya. karena tidak diceritakan dengan jelas sosok Ayana ini yang sebenarnya seperti apa. Kalau menurutku sih karakter Ayana ini persis hanya untuk meramaikan saja, hehehe

Diceritakan menggunakan alur maju mundur karena ada beberapa scene yang menceritakan tentang masa lalu Ali, Ayana dan hubungannya dengan keluarga Zahra. Juga diceritakan dari sudut pandang orang ketiga membuat kita pembaca jadi paham bagaimana perasaan setiap karakter tokohnya.

Dari yang merasa dikhianati, dikecewakan karena keadaan, waktu dan takdir. Perasaan aku sendiri campur aduk tepatnya. Gimana nggak, apalagi pas dikonflik puncaknya tuh sisi melow aku berhamburan keluar.

Beda Baca Wattpad dan di Novel?

Seperti pada umumnya saat cerita-cerita di WP dicetak, pasti penulisnya ingin memberikan sesuatu yang spesial buat pembacanya. Seperti bonus beberapa extra part misalnya. 

Nah begitu pun dengan buku ini. Aku nggak seberapa ingat lagi sih detail cerita versi wp-nya gimana. Karena emang uda lama banget juga bacanya. Reviewnya aja yang baru aku tulis.

Rating

Kalau dulu pas pertama kali baca aku kasihnya 4/5, sekarang pas aku baca ini buku untuk kedua kalinya aku kasih 3,8/5 saja yoo. Bukan karena nggak suka, tapi ada satu dua yang masih janggal buatku dan aku baru merasakannya sekarang. Tapi untuk keseluruhan ceritanya aku rekomen banget kok. 

Kesimpulan

Well secara keseluruhan aku merekomendasikan banget buku ini buat teman-teman yang lagi nyari buku bacaan yang inspiratif pake banget ini. Nggak hanya sekadar cerita cinta saja di dalamnya, tapi akan ada banyak sekali pembelajaran yang bisa teman-teman dapatkan dari buku.

Bersama novel cinta dalam diam wattpad ini mengajarkan kita tentang bagaimana seharusnya seseorang dikatakan punya sifat sabar yang sebenarnya, keikhlasan dan juga pengorbanan.

Related Posts

Post a Comment