Biaya Service AC Mobil Bocor untuk Perawatan Berkala

Konten [Tampil]

Biaya service AC mobil bocor bagi pemula wajib tahu

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk pilihan biaya service AC mobil bocor sangatlah bervariasi tergantung dari kerusakan dan service yang seperti apa yang diinginkan dari si pemilik mobilnya.

Sebagai pemilik mobil tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi. AC mobil tidak dingin pasti ingin segera diperbaiki agar perjalanan saat berkendara tidak membuat gerah, apalagi kalau ada anak kecil ikut serta pasti akan rewel karena kepanasan dan bisa berakibat menggangu kosentrasi mengendara saat perjalanan.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang biaya perbaikan AC mobil bocor, yuk kita bahas dulu apa sih yang menyebabkan AC mobil bocor.

Apa Penyebab AC Mobil Bocor?

AC mobil bocor bisa menyebabkan kabin menjadi panas dan tentunya hal ini menjadikan penumpang dan pengendara yang berada di dalam mobil menjadi tidak nyaman, karena kegerahan dan panas.

Orang Indonesia bisa dikatakan tidak bisa lepas dari pendingin ruangan, karena memiliki cuaca yang cenderung panas dan cepat lembap. Oleh karena itu, salah satu bagian yang terlihat jika AC mobil bocor adalah saat mobil dihidupkan akan mengeluarkan busa-busa putih saat dinyalakan.

Selain itu, ada penyebab AC mobil bocor lainnya yang bisa kamu perhatikan jika sewaktu-waktu terjadi pada kondisi mobilmu, diantara sebab lainnya adalah:

1. Usia Pakai AC Mobil

Hampir semua barang memiliki jangka waktu atau usia pakai. Jika hal ini terjadi pada AC mobil bocor secara tiba-tiba sebaiknya kamu harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui asal muasal penyebab AC mobil bocor.

Periksa seluruh komponen yang berhubungan dengan AC mobil mulai dari kondensornya, evaporator, expansi valve, dryer dan lain sebagainya. Karena komponen yang melewati batas usia pakai namun tetap dipaksa akan membuat kinerja sistem AC-nya menjadi tidak optimal.

2. Seal Kompresor AC Mobil Bocor

Pelapis karet (Seal) AC mobil sangat berpotensi mengalami keretakan hingga sobek. Jika ini terjadi sewaktu-waktu bisa menyebabkan AC mobil bocor dan hanya menghasilkan hembusan angin yang tidak dingin.

Selain itu, kerusakan yang disebabkan oleh Seal (pelapis karet) dapat menyebabkan kinerja kompresornya menjadi lemah. Hal inilah salah satu penyebab yang akhirnya membuat AC menjadi kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali.

3. Adanya Sumbatan Karena Kotoran

AC mobil akan terus bekerja saat posisi mobil sedang dinyalakan. Ketika AC mobil tidak mengeluarkan dinginnya secara maksimal, bisa saja adanya penyumbatan dari debu dan kotoran yang terdapat pada freon dibagian filter dryer-nya.

Penyumbatan ini akan berefek pada AC mobil bocor dan berpengaruh besar pada kompresor yang berakibat mati total hingga menyebabkan kompresornya rusak.

Baca juga :

4. Isi Freon AC Mobil yang Sudah Berkurang dan Terlalu Banyak

Sebagai pemilik mobil kamu harus tahu dan paham komponen-komponen yang berhubungan erat dengan AC mobil, dengan begitu kamu jadi tahu lebih cepat penyebab AC mobil bocor.

AC mobil bocor bisa terjadi karena adanya retakan atau lubang pada selang freon. Jika hal ini terjadi maka kompresor akan bekerja lebih keras lagi untuk memompa freon ke seluruh sistem untuk mendinginkan mobil, namun karena freonnya yang berlubang dan adanya retakan mengakibatkan gas freon tidak kunjung keluar dan berakibat komponen kompresor mengalami kerusakan.

Begitupun sebaliknya untuk isi freon yang terlalu banyak bisa memicu kompresor akan mati total dan tidak berfungsi dengan baik.

Hal ini disebabkan karena isi freon yang melebihi kapasitas. Makanya sebelum mengisi freon, sebaiknya pengisian dilakukan oleh teknisi yang mempunyai pengalaman dan keahlian dibidang tersebut. Karena teknisi sudah pasti lebih tahu dan paham bagaimana cara memperbaiki selang AC mobil bocor dengan tepat.

5. Extra Fan (Kipas Tambahan) AC Mobil Mati

Extra Fan merupakan kipas tambahan yang diletakkan berdampingan dengan kipas lainnya yang digerakkan melalui tenaga dari aki mobil. 

Biaya perbaikan AC mobil tidak dingin

Biasanya pada mobil terdapat dua fan (kipas) yang sama-sama diletakkan dekat radiator mobil. Kipas yang pertama kipas radiator untuk mendinginkan radiator jika sensor membaca suhu radiator sudah terlalu panas. Sedangkan extra fan bekerja jika kompresor AC mobil menyala.

Nah, dari sini kamu sudah ada gambaran kan, kalau extra fan mati hanya akan mengeluarkan hawa dingin saja dan  AC kendaraan menjadi tidak dingin.

Berikut Kisaran Biaya Service AC Mobil Bocor Berdasarkan Kerusakannya

Setelah kamu tahu penyebab AC mobilmu bocor dan tidak dingin lagi, langkah selanjutnya adalah membawa ke tempat service AC mobil terdekat agar kendaraannya segera ditindaklanjuti.

Untuk biaya perbaikan AC mobil bocor itu berbeda-beda, tergantung dari kondisi mobil dan jenis kerusakannya, ditambah lagi dengan service yang dilakukan tidaklah sama. Bisa saja biaya service AC mobil Xenia dengan harga service AC mobil Avanza lebih mahalan yang mobil Xenia dan atau sebaliknya.

Satu lagi yang membuat biaya ganti AC mobil berbeda-beda adalah tergantung lokasi bengkel AC terbaik-nya. Karena belum tentu daerah Aceh dan Jakarta memiliki biaya perbaikan AC mobil bocor yang sama.

Jadi di postingan ini aku hanya memberikan kisaran harga yang paling mendekati dan tentu saja ini belum tentu sama untuk setiap bengkel service-nya ya.

Kisaran biaya perbaikan AC mobil bocor

1. Biaya Service AC Freon Bocor

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, Freon AC mobil adalah sebuah komponen yang wajib diperhatikan yang ada di AC mobil. Yang memiliki fungsi untuk menyerap panas dari udara sehingga ruangan (mobil) menjadi lebih dingin.

Untuk biaya service AC freon bocor tentu sangat bervariasi tergantung jenis kerusakan yang ada pada Freon.  

Nah, berikut beberapa jenis kerusakan dan perbaikan pada service freon AC mobil yang sudah aku rangkum dari beberapa informasi yang aku dapat.

Jasa dan   Jenis Kerusakan Harga Jasa   Service AC Mobil
Biaya Jasa Service   Freon AC Mobil
1) Tambah   Freon AC Mobil Rp. 175.000 hingga   Rp. 200.000
2) Tambah   Freon Standing Rp. 150.000 hingga   Rp. 200.000
3) Ganti Freon   AC Mobil Rp. 100.000 hingga   Rp. 400.000
4) Service AC   Freon Bocor Rp. 75.000 hingga Rp.   200.000
5) Isi Freon   AC Mobil Single Blower Rp. 200.000 hingga   Rp. 300.000
6) Isi Freon   AC Mobil Double Blower Rp. 200.000 hingga   Rp. 350.000

2. Biaya Service Berdasarkan Jenis Produksi Mobil

Sebenarnya kalau melihat dari apapun jenis kerusakan AC mobil semuanya memiliki tingkat harga service yang berbeda-beda. Terkadang di kota-kota kecil biaya service-nya tergolong lebih murah dibanding biaya service yang ada di kota-kota besar dan hal ini pun tergantung dari tipe mobil dan di produksi dari negara apa.

Ada tipe mobil tertentu yang memerlukan biaya perawatan lebih mahal, ada juga yang murah. Pada dasarnya, teknisi akan memeriksa jenis kerusakannya terlebih dahulu baru setelahnya menentukan tarif.

Contohnya di Jakarta, untuk mobil produksi dari Jepang tergolong lebih murah berkisar antara 30 ribu sampai 500 ribu. Sedangkan untuk mobil produksi Eropa lebih mahal berkisar antara 1,5 juta sampai 5 juta.

Jika bau AC mobil kamu tidak sedap, bengkel akan melakukan pemeriksaan kerusakan dengan biaya maksimal Rp200 ribu, lalu membersihkan AC dengan harga Rp100 ribu hingga Rp150 ribu.

Penyebab AC mobil bau sendiri cukup beragam, bisa karena karena freon yang sudah mau habis sampai karena adanya penumpukan pada evaporator AC.

3. Perbaikan AC Mobil Berbau Tidak Sedap

Tarif jika AC mobil berbau tidak sedap biasanya pihak teknisi akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk melihat penyebab kerusakannya. Untuk pemeriksaan ini biasanya akan dikenakan tarif sekitar 300 ribu hingga 350 ribu, kemudian dilanjut dengan membersihkan bagian AC-nya dengan biaya 150 ribu hingga 300 ribu.

4. Service AC Mobil Mati

Ada banyak penyebab AC mobil mati seperti yang sudah aku sebutkan di atas. Nah untuk biaya service-nya sendiri tentu saja beragam karena tergantung lokasi tempat service. Untuk tarif pengecekan berkisar antara 200ribu hingga 250ribu.

Setelah teknisi melakukan pengecekan, selanjutnya mereka akan mengganti spare part yang rusak jika ada yang berkisar antara 300ribu hingga 2juta. Tergantung harga spare part-nya sih.

5. Biaya Service Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil merupakan sebuah pusat kendali untuk AC dalam mobil. Tugasnya adalah menghisap dan menekan freon agar masuk ke dalam sistem AC mobil.

Jika bagian kompresor ini rusak dan harus dilakukan service, kamu harus mengeluarkan biaya 300 ribu untuk mobil keluaran Jepang, sedangkan untuk mobil buatan eropa berkisar jutaan.

6. Perawatan Rutin AC Mobil

Tidak hanya AC di rumah, AC pada mobil seharusnya wajib dilakukan perawatan rutin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan mengecek kondisi pada kompone-komponen yang terdapat pada AC mobil. Untuk biaya perawatan rutin AC ini biasanya berkisar 200ribu hingga 300ribu.

Baca Juga :

Kesimpulan

Memiliki sebuah mobil bukan hanya sekadar menaiki dan mengendarainya saja lho, sama seperti terhadap barang yang kita miliki yang memerlukan sebuah perawatan rutin, mobil pun seperti itu. Termasuk apa-apa yang terdapat di dalamnya, seperti AC mobil salah satunya.

Nah, buat kamu yang lagi membutuhkan referensi perkiraan biaya service AC mobil semoga postingan ini bermanfaat dan memberi gambaran berapa kisaran biaya yang harus kamu keluarkan untuk biaya perbaikan AC mobil bocor yaa. 

Related Posts

Post a Comment