Kampas Rem Wajib Ganti, Ini Tanda-Tanda yang Harus Dikenali

Post a Comment
Konten [Tampil]

Ganti kampas rem mobil wajib secara berkala

Kampas rem adalah komponen keselamatan pada mobil yang mudah aus dan membutuhkan penggantian secara berkala. Hanya saja masih banyak pengemudi yang bingung kapan waktu gantinya kampas rem. 

Penggantiannya sendiri bisa dengan mudah dilakukan oleh teknisi dari bengkel Suzuki Elang Perkasa Motor. Jangan sembarangan mengganti karena jika salah, resikonya adalah keselamatan penumpang. Anda hanya perlu tahu apa saja tanda-tanda rem harus segera diganti. 

Ciri Kampas Rem Minta Diganti yang Wajib Diperhatikan 

Peran dari kampas rem yang utama adalah mengingat piringan cakram atau tromol. Dengan begitu laju mobil akan berkurang dan penggantiannya sendiri cukup cepat. Jika kampas tidak diganti maka pengaruhnya juga akan merusak sistem pengereman. 

Kerusakan ini tentunya berakibat pada penggantian, Anda pun harus siap mengeluarkan biaya lebih besar lagi. Daripada harus keluar uang berlebih, Anda bisa mengetahui tanda kampas rem perlu diganti sebagai berikut:

1. Mengamati Jarak Tempuh Mobil

Cara pertama adalah dengan menyesuaikan jarak tempuh yang dimiliki mobil. Biasanya bengkel akan menyarankan untuk mengganti kampas rem pada 60.000 km hingga 70.000 km jika Anda memiliki mobil transmisi manual. 

Sedangkan mobil dengan transmisi otomatis membutuhkan jarak 35.000 hingga 40.000 km untuk segera diganti. Angka tersebut adalah patokan standar jika mobil digunakan sewajarnya. Namun jika Anda lebih sering melakukan pengereman maka penggantian bisa lebih cepat. 

2. Pedal Rem Diinjak Terasa Dalam

Tanda selanjutnya yang bisa dicermati adalah pada saat Anda menginjak pedal rem. Pedal memiliki pengaturan standar sehingga nyaman digunakan oleh pengemudi. Biasanya pedal yang diinjak terlalu dalam tanda bahwa kampas rem sudah mulai habis. 

Pengecekan masalah pedal rem ini bisa dilakukan juga di bengkel untuk mengetahui penyebab pastinya. Karena selain kampas rem yang sudah tipis, penyebabnya bisa karena master rem yang bermasalah. 

3. Muncul Getaran saat Mengerem 

Selain pedal rem yang terasa dalam saat dipijak, Anda juga akan merasakan rem terasa bergetar ketika diinjak. Getaran terjadi karena kampas rem sudah habis dan tidak bisa menghentikan putaran pada cakram secara pakem. 

Getaran yang dibiarkan saja lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada bagian piringan cakram. Permukaan piringan bisa bergelombang akibat gesekan antar plat. Dampak lainnya yang juga tanda semakin parah adalah terasa getaran pada bagian setir. 

4. Muncul Suara Berdecit 

Apakah pada saat mengerem Anda mendengarkan suara berdecit dari bagian ban? Jika iya, maka penyebabnya adalah kampas rem yang sudah aus. Ketebalan kampas rem yang berkurang bisa jadi penyebabnya, namun kotoran yang menempel juga jadi pemicunya. 

Jika muncul suara akan lebih baik jika Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian kampas. Kotoran yang terlihat sebaiknya dibersihkan, karena akan mengganggu proses kerja kampas. Anda pun akan tahu apakah kampas sudah tipis atau masih bisa digunakan. 

5. Rem Sudah Tidak Pakem Lagi

Tanda yang paling jelas adalah ketika di rem mobil sudah tidak pakem lagi. Lebih berbahaya lagi jika rem seringkali blong yang juga jadi indikasi bahwa minyak rem berkurang. 

Jika volume minyak berkurang ditambah kampas rem tipis maka jangan tunda lagi untuk mengecek kondisi rem di bengkel. Rem yang blong bisa saja terjadi di waktu yang tidak terduga sehingga menimbulkan kecelakaan. 

Mengganti kampas rem sejak awal adalah langkah tepat dalam perawatan komponen pengereman. Ketika Anda pergi ke bengkel resmi Suzuki terdekat, ungkapkan bahwa terjadi masalah saat mengerem sehingga pengecekan lebih jauh akan dilakukan. 

Soal mana bengkel resmi Suzuki terdekat yang bisa Anda kunjungi, tinggal pilih saja dari daftar berikut ini. 

1. Sejahtera Buana Trada area Riau, website : https://suzukimobilriau.co.id/ 

2. Elang Perkasa Motor area Sumbar , website : http://suzukiepmsumbar.co.id/

3. Jaya Indah Motor area Jambi, website : https://suzukijambi.co.id/

4. Kangaroo Motor Mandiri area  Bengkulu, website :  https://suzukibengkulu.co.id/

5. Nusa Sarana Citra Bakti area Sumsel, website : https://suzukithamrin.co.id/

6. Jagorawi Motor area - Bangka Belitung, website : https://suzukijagorawi.co.id/

7. Persada Lampungraya area Lampung, website : https://suzukilampung.co.id/

8. Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang area Jaktim, website : https://suzukidealerkalimalang.id

9. Sejahtera Armada Depok area Depok, website : https://suzukimargondadepok.co.id 

Sudah tahu manakah bengkel resmi Suzuki yang terdekat dari lokasi Anda? Jangan tunda lagi untuk mengecek karena kampas rem berhubungan dengan keselamatan berkendara. 

Related Posts

Post a Comment