Aplikasi Menggambar di Android dengan Medibang Paint

Post a Comment
Konten [Tampil]

Aplikasi Menggambar di Android dengan Medibang Paint

Aplikasi Menggambar di Android dengan Medibang Paint - Kalau bahas aplikasi tentang menggambar dan mendesain aku yakin teman-teman semua pasti sudah tahu dan mahir dibidang ini. Apalagi blogger.

Aku pun disaat mulai menyeriusi jadi blogger, aplikasi untuk mendukung gambar dan infografis blog yang pertama kali dikenalin adalah Canva, sampai beberapa hari lalu tepatnya di hari Selasa, di tanggal 9 November 2021 di WAG-nya genk The Cupuers ada Mba Widya yang mengenalkan ku sama satu aplikasi menggambar di Android yaitu dengan Medibang Paint.

Yang sudah mengenal Mba Wid pasti sudah nggak asing lagi dong dengan isi feednya yang beberapanya lebih dominan dengan gambar-gambar ilustrasi. Apalagi dengan karakter perempuan berhijab yang menggemaskan yang sudah menjadi ciri khasnya Mba Wid.

Yang teman-teman harus tahu, itu beberapa desainnya Mba Wid menggambarnya dengan apliaksi Medibang Paint loh, apalagi yang karakter perempuan yang menjadi ciri khasnya.

Yuk Kenalan dengan Medibang Paint Aplikasi Menggambar di Android

Aku pribadi jujur baru ini kali pertamanya aku berkenalan sama aplikasi menggambar di android dengan Medibang Paint. Jadi masih beneran asing banget, apalagi waktu sharing session kan akan lebih asyik kalau langsung dipraktikkan, nah aku memutuskan untuk unduh langsung aplikasi dan mencobanya tuh, hasilnya? Nggak karuan banget 😂

Yaa namanya juga masih belajar. Masih coba-coba, hehehe

Apa Itu Medibang Paint?

Medibang Paint adalah sebuah aplikasi yang diprogramkan khusus untuk melukis secara digital, sekaligus pembuat komik yang ringan dan juga GRATIS dengan beragam pilihan ada kuas, font, latar belakang dan sumber daya lainnya yang ditawarkan di dalam Medibang Paint yang sungguh terlalu banyaknya pilihannya.

Ternyata Medibang Paint ini tersedia juga untuk Windows, Mac OS X, Android dan iOS loh teman-teman. Jadi buat teman-teman yang khawatir memori androidnya penuh bisa coba manfaatin Medibang yang versi Windows dan kawan-kawannya itu. 

Untuk versi Androidnya sendiri memungkinkan para ilustrator bisa menggambar dimana saja dan kapanpun mereka inginkan sambil tetap mempertahankan semua fitur-fitur versi dekstop yang ada.

Ditambah lagi aplikasi menggambar ini menggunakan penyimpanan cloud, dimana tujuannya agar kita sebagai pengguna dapat memindahkan karya (hasil dari desain dan menggambar) antar platform dengan mudah dan cepat.

Kenapa Harus Menggambar dengan Aplikasi Medibang Paint?

Kalau dari penuturannya Mba Wid, beliau memilih nggambar awal mulanya karena hobi dan untuk self healing saja. Belajar menggambar di Medibang ini pun otodidak, tanpa berguru dengan siapapun. 

Keren yaa. Benar adanya juga, kalau kita mau serius pada satu hal dan tekun melatih dan belajar, pasti akan membuahkan hasil dan keahlian yang memuaskan.

Seperti Mba Wid ini. Belajar sendiri, utak-atik aplikasinya sendiri, mencoba-coba sendiri lama-lama karena sudah terbiasa dan sudah paham dengan fitur-fitur yang ada jadi punya keahlian menggambar yang menghasilkan cuan.

Selain itu dengan Medibang kita bisa membuat beberapa karakter untuk menjadi ciri khas blog ataupun branding media sosial kita loh. Memang sih ada beberapa penyedia gambar juga yang sudah menyediakan beberapa gambar yang sudah jadi baik yang free maupun yang premiumnya. Tapi kan kadang ada warna-warna yang nggak kita suka, nah dengan menggambar sendiri kita bisa memilih warna dan bentuk sesuai selera sendiri.

Yang menjadi nilai plusnya lagi, Medibang Paint ini adalah platform menggambar yang menurut Mba Wid adalah yang paling ringan di Hp dan bikin nyaman juga. Hmm patut kita coba bersama yaa. 

Mengenal Fitur Aplikasi Menggambar di Android Tanpa Stylus

Mengenal fitur aplikasi menggambar di Android tanpa stylus cobaan buat yang jari-jari tangannya besar seperti aku. Ini memang harus mengaktifkan ekstra sabar yang besar juga. Biar nggak bosan dan jenuh karena kelelahan mengontrol jari-jarinya biar nggak lari kemana-mana, bukan lelah karena menggambarnya 😂

Nah biar nggak berlama-lama yuk kita kenala sama fitur-fitur menggambar yang ditawarkan oleh aplikasi menggambar dari Medibang Paint.

1. Membuat akun

aplikasi menggambar di Android tanpa stylus

Sebelum kita mulai, pastikan teman-teman juga sudah mengunduh aplikasi menggambar ini di Hp masing-masing ya, biar bisa langsung dipraktikkan.

Sudah unduh/download? Langsung saja buka aplikasinya. Nanti teman-teman akan diarahkan untuk membuat akunnya terlebih dahulu. Bisa juga daftarkan langsung dengan menghubungkan akun Google.

Setelah membuat akun, kemudian kita lanjut menggambar. Tampilan awalnya akan terlihat seperti di atas.

2. Pilih ukuran Canvas yang diinginkan

aplikasi untuk menggambar di hp


Langkah kedua, pilih ukuran canvas. Hal ini untuk menentukan ukuran gambar yang akan dibuat. Mulai dari berapa pixel atau berapa cm. Dan bisa juga memilih size kertas yang diinginkan.

Misalnya, mau upload ke Instagram. Berarti teman-teman harus pakai ukuran yang weidht-nya 1080 dengan height-nya juga 1080. Dan untuk size kertasnya bisa pilih yang A4, post card dan lain-lain. Disesuaikan dengan peruntukannya biar tidak pecah dan ngeblur hasilnya gambar akhirnya.

3. Waktunya Menggambar sesuka hati

Cara menggambar di medibang paint

Nah penampakan layar ptuihnya itu untuk tempat atau wadah menggambarnya dan beberapa fungsi pilihan fitur yang sering dipakai untuk menggambar yang paling dasar dulu. 

Aplikasi fitur dan fungsinya

Yang kalau di klik bagian lingkaran merah itu maka akan keluar beberapa fitur lainnya. Seperti Palet yang fungsinya untuk bisa gnti-ganti model brush-nya (pensil) dan atur-atur warna yang diinginkan.

Layer, fungsinya untuk membuat beberapa tumpukan kertas canvas-nya (untuk penjelasannya sudah ada di gambar ya).

Di bagian layer ini juga bisa teman-teman insert foto juga loh. Nah nanti kita jiplak supaya jadi sketsa dengan foto jadi. 

Nah itu dia beberapa langkah dasar untuk pemula banget seperti aku yang ingin memulai nggambar di Medibang Paint. Dan untuk foto-foto stepnya aku masih menggunakan punya Mba Wid yaa.

Kesimpulan

Pada intinya sih, mau menggambar dengan aplikasi apapun sama saja. Tergantung kitanya mau belajar serius dengan aplikasi yang mana. 

Menggambar menggunakan Hp mungkin bagi aku pribadi kelemahannya cuma di jari-jari yang harus bisa dikontrol dengan baik, wkwkwk biar nggak melebar kemana-mana. Karena mau disalahkan jari-jarinya pun nggak mungkin. Karena ada banyak sekali orang-orang yang ahli dalam menggambar memulai dengan jari-jarinya juga.

Orang lain bisa, kenapa kita tidak. Apalagi Mba Widya yang belajarnya secara otodidak tanpa berguru dengan siapapun, sekarang hasil gambar-gambarnya sudah bagus-bagus sekali. Yan jadi favoritku sih tetap si perempuan hijab menggemaskan dan lucu ituu, hehehe

Gimana? Sudah tertarik dan ingin mencoba menggambar di android dengan Medibang Paint? Yuk kita berlatih bersama. Nanti kalau hasil gambar aku sudah layak untuk dipamer bakalan aku update disini ya untuk hasilnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment