Cara Merawat Rem Mobil Agar Kondisinya Tetap Prima

Konten [Tampil]
Cara merawat rem mobil agar tetap prima

Mengetahui tentang bagaimana cara merawat rem mobil agar tetap prima dan pakem merupakan sesuatu yang penting untuk teman-teman ketahui. Bisa dibayangkan, jika mobil mengalami permasalahan pada bagian rem, maka bisa menyebabkan kecelakaan.

Nah, itulah mengapa jangan hanya melakukan perawatan pada bagian bodi saja, melainkan juga merawat pada bagian rem agar selalu optimal. Mengingat bahwa rem pada kendaraan roda empat ini adalah komponen yang sangat berperan penting selama mengendarai.

Bagaimana tidak, sebab rem merupakan satu-satunya komponen yang ada pada kendaraan seperti mobil untuk menekan laju kendaraan. Oleh karena itu penting untuk merawat komponen ini agar tidak rusak dan terhindar dari insiden seperti kecelakaan.

Pahami Cara Merawat Rem Mobil 

Salah satu permasalahan yang sering timbul saat sedang mengemudi mobil di jalanan tanjakan dan turunan yakni rem overheat. Hal ini bisa terjadi pada bagian kampas rem akibat dari penggunaan yang terlampau berat dan menyebabkan koefisien geseknya turun.

Kampas rem overheat seperti ini adalah penyebab rem mobil menjadi blong sehingga mengakibatkan kecelakaan saat tidak bisa mengendalikan laju kendaraan. Sementara itu rem overheat juga bukanlah kejadian secara tiba-tiba, sebab kondisi ini biasanya disebabkan oleh penggunanya itu sendiri.

Melihat begitu pentingnya bagian rem yang satu ini, maka para pengguna harus rajin dan rutin untuk selalu menjaga dengan cara merawatnya. Karena jika komponen ini dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan penggunanya kecelakaan saat di jalanan. 

Maka penting bagi teman-teman untuk selalu merawatnya dan cara terbaik adalah dengan membawanya ke tukang bengkel profesional.

Membersihkan Luar Rem

Cara merawat rem mobil untuk tips yang pertama adalah dengan cara membersihkan bagian luar rem. Hal ini juga sudah termasuk ke dalam salah satu cara supaya rem mobil bisa bekerja lebih baik dari biasanya.

Teman-teman juga bisa membersihkan bagian yang satu ini setidaknya selama satu minggu sekali dari adanya debu atau kotoran yang menempel. Jika rajin membersihkannya, maka semua kotoran tersebut bisa langsung terlepas, dan bagian luar rem tidak akan kotor lagi.

Untuk bisa membersihkannya, maka teman-teman cukup menyemprotkan saja dengan selang air menggunakan debit yang kencang ke bagian luar rem itu. 

Setelah dibersihkan, maka bagian tersebut akan langsung bersih dan terlihat lebih kinclong seperti kembali baru.

Rajin Membersihkan Kanvas Rem

Cara merawat rem mobil juga bisa dilakukan dengan rajin membersihkan bagian kanvas rem tersebut. Jadi langkah yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja, sebab kanvas rem sendiri merupakan bagian yang paling utama dari perawatan.

Sehingga apabila teman-teman berhasil membongkar bagian komponen itu, kemudian bisa langsung cek kanvas rem per 10 ribu/km kemudian membersihkan dengan kompresor. Hal ini bertujuan supaya debu-debu yang menempel pada bagian kanvas resm ini selalu bersih.

Dengan demikian bagian komponen ini akan berfungsi lebih baik selama teman-teman menggunakan sistem pengereman pada mobil. Untuk melakukannya teman-teman bisa melakukan secara berkala dengan tujuan agar selalu pria dan optimal.

Mengecek Kanvas Rem

Cara merawat rem mobil tidak hanya melakukan pembersihan pada kanvas rem saja, melainkan juga rajin untuk mengecek kanvas rem. Biasanya saat teman-teman lagi jarang keluar rumah, maka kendaraan roda empatnya pasti akan selalu dibiarkan di dalam garasi saja dengan kondisi rem parkir.

Ternyata kondisi seperti itu tidak boleh dibiarkan terlalu lama loh, sebab bisa membuat kanvas rem akan menempel erat dengan cakram. Untuk bisa meminimalisirnya, maka teman-teman bisa melepaskan rem tersebut ketika memarkir mobil pada permukaan yang rata ya.

Tidak hanya itu saja, melainkan selalu rajin untuk mengecek kanvas rem, setidaknya selama satu kali dalam jangka waktu satu tahun atau ketika menempuh jarak 20 ribu km. Sehingga cukup penting  untuk senantiasa mengecek bagian kanvas rem tersebut.

Mengganti Minyak Rem Mobil yang Bagus

Mengganti minyak rem mobil yang bagus

Ternyata cara merawat rem mobil juga bisa dilakukan dengan cara mengganti minyak rem loh. Walaupun jarang digunakan, setidaknya minyak remnya harus dicek lagi kapan tanggal pergantian minyak rem kendaraan roda empat sesuai jadwalnya.

Karena dengan adanya pemeriksaan secara rutin, maka dapat meminimalisir kemungkinan adanya kebocoran yang membuat rem menjadi tidak berfungsi. Maka dari itu, mulai dari sekarang ini teman-teman bisa melakukan pengecekan minyak rem, setidaknya selama satu minggu sekali saja.

Atau mungkin juga dapat mengganti minyak rem tersebut setiap sudah menempuh jarak selama 20 ribu hingga 50 ribu kilometer. Karena apabila minyak rem sudah habis sebelum masanya, maka akan ada kebocoran dan hal ini harus segera dicek dan dibawa ke tukang bengkel.

Servis Secara Teratur

Cara merawat rem mobil selanjutnya adalah dengan melakukan service rem mobil secara teratur atau setiap mencapai 5000 km. Biasanya akan ada beberapa bagian sistem rem yang harus diperiksa, seperti bagian selang oli minyak rem,

Kemudian bagian kampas rem, bagian booster, master rem, piston rem yang sudah hangus atau belum serta jumlah dan kualitas oli minyak remnya. Pastikan pula untuk selalu melakukan servis pada bengkel-bengkel resmi yang mempunyai mekanik profesional dan handal.

Jangan sampai teman-teman melakukan service ke tukang bengkel yang tidak mampu untuk menjamin kualitas pelayanan yang bagus walaupun murah. Nah, dengan demikian harus pandai-pandai dalam memilih bengkel mobil terdekat dengan rumah agar cepat selesai.

Selain itu, cara merawat rem mobil juga sangat dianjurkan untuk teman-teman lakukan dengan cara ganti komponen rem menggunakan komponen rem asli. Sebab kualitas antara rem asli dan palsu juga akan jauh berbeda.

Itu dia beberapa tips dan cara merawat rem mobil agar kondisinya tetap terjaga dan selalu prima jika dibawa bepergian kemana pun. Semoga bermanfaat ya!

Related Posts

Post a Comment