Menu Catering Pernikahan: 6 Tips Hemat Murah Sesuai Selera

Konten [Tampil]

6 tips memilih hemat menu catering pernikahan

Kamu termasuk tim menu catering pernikahan atau siapin semuanya dengan beragam menu untuk acara pernikahan dilakukan semuanya sendiri?

Kalau ngikutin menu catering pernikahan modern, di zaman yang serba dimudahin segalanya sekarang ini sih hampir rata-rata sebagian orang disaat mengadakan acara nikahan dan semacamnya pasti lebih memilih menggunakan jasa catering yang membuat tuan rumah jadi lebih leluasa menerima dan menyambut para tamu ya.

Nah gimana dengan cara kamu?

Kalau ngomongin pernikahan dan segala perintilannya memang tidak ada habis-habisnya ya, apalagi kalau sudah berkaitan dengan segala menu yang harus ada. Apakah harus yang menu tradisional, campur atau apa saja yang penting ada makanannya 😂

Nah setelah sebelumnya kita bahas tentang sewa gedung pernikahan di bawah 5 juta, kini saat kita bahas tentang menu cateringnya. Sebelum menentukan menu apa saja yang harus ada di saat hari spesial tersebut, di postingan kali ini aku akan berbagi beberapa tips yang semoga saja bisa membantu kamu bagaimana cara memilih menu catering pernikahan agar tidak bikin pusng dan sakit kepala yang berkepanjangan ya.

7 Tips Hemat Murah Memilih Menu Catering Pernikahan

Untuk tips hemat kali ini bisa kamu jadikan untuk acara di rumah mau pun di gendung ya teman. Karena kalau masalah memilih menu itu menurutku sih sama saja sih keribetannya. 

Semoga saja beberpa tips ini akan membantu ya.

1. Siapkan Anggarannya Dulu (Budget)

Makanan merupakan menjadi poin utama dalam setiap acara apapun, apalagi dalam sebuah pernikahan. Sebagai pemilik acara tidak ada salahnya menghitung dan mengira-ngira dan mempersiapkan budget-nya terlebih dahulu, agar tidak oevrbudget ke depannya.

Semua orang pasti menginginkan menu makanan yang hemat tapi tetap bercitarasa dan berkualitas bukan. Nah jangan sampai karena menginginkan menu yang wah malah tertumpuk hutang setelah acara, karena persiapan anggaran yang sudah disiapkan melebihi target.

Kalau yang mau acara sakralnya disiapkan oleh pihak catering siapkan sesuai harga catering. Begitupun dengan menu yang disiapkan oleh pihak keluarga acara, hitung-hitung terlebih dahulu untuk semua biaya keperluan belanjanya dan lain sebagainya dan ini jelas lebih kelihatan lelah dan ribetnya kan, karena semuanya harus disiapkan sendiri.

2. Mau Menu Daerah atau yang Fleksibel

Untuk pilihan kebanyakan sih milihnya yang fleksibel ya, selain karena menunya yang jadi beragam dan tidak terbatas. Sebut saja, jika pada sebauh pesta menyiapkan menu fleksibel ini, ada menu rendang yang khas padang, terus ada menu-menu dari daerah lain jadi varian menunya lebih banyak.

Berbeda dengan yang tradisional, misal menu yang disiapkan adalah menu Aceh, otomatis semua menunya berasal dari makanan asli Aceh tanpa campuran dari luar menu itu sendiri. 

Walaupun demikian, mau menu yang fleksibel ataupun tradisional sekalipun masing-masing dari menu-menu tersebut memiliki kisaran biaya yang berbeda pula.

3. Sesuaikan dengan Tema Wedding

Untuk poin ketiga ini sih terutama di Aceh sendiri bukan masalah besar. Karena disini untuk penentuan menu makanan biasanya melihat dari keseharian makanan orang Acehnya sendiri. 

Keseringannya malah campur-campur, walaupun tema weddingnya nasional sekalipun. Di tambah lagi kalau kebanyakan para tamu undangannya adalah para sesepuh, tentu ini akan lain lagi ceritanya bukan.

Dalam penentuan ini tentu kembali lagi ke si pemili acara, maunya gimana. 

4. Pilihan Menu yang Variatif

Tips lain dalam memilih menu catering pernikahan adalah pilihan varian menu yang beragam. Hal ini tentunya sangat membantu jika ada tamu undangan yang tidak menyukai satu menu, mereka bisa memilih menu lainnya yang tersedia.

Katakanlah, kamu sebagai pemilik acara menyukai makanan pedas. Janganlah menu yang dihidangkan di acara juga semuanya pedas, tapi variasikan agar jika ada tamu undangan yang tidak menyukai makanan pedas bisa memilih menu lain yang tidak pedas untuk di santap.

5. Sesuaikan dengan Jumlah Tamu Undangan

Ini menjadi hal yang tidak boleh dilupakan saat menentukan menu. Untuk menghindari kekurangan makanan dan kelebihan yang bisa mengakibatkan mubazir. Kalau kelebihannya tidak seberapa sih ya tidak masalah, kan bisa berbagi kepada para tetangga.

Nah seberapa banyak menu yang harus dipersiapkan kamu bisa sesuaikan dengan jumlah tamu yang diundang berapa orang. Misal, tamu undangan ada 500 orang, untuk porsi makanan bisa kamu pesan kurang dari 1000 porsi. 

Untuk jaga-jaga kalau tamu-tamu yang datang membawa keluarga dan saudaranya. Jadi menu pun tidak kekurangan.

6. Menyediakan Cemilan Sederhana

Rasanya kurang pas kalau hanya menyediakan menu utamanya saja bukan, jadi jangan lupa juga persiapkan menu cemilannya. Nggak perlu yang mewah-mewah, pilih saja menu yang sekiranya banyak disukai tamu undangan, terutama menu yang segar-segar.

Seperti es buah, es krim dan beberapa snack untuk meramaikan hidangan di bagian menu. 

Mempersiapkan menu catering pernikahan untuk acara sakral memang tidak akan kelihatan mudah, pasti lebih banyak lelah dan capeknya. Tapi jika semuanya sudah dipersiapkan dengan matang dan menerapkan beberapa tips di atas, pasti akan terlihat lebih ringan kok. 

Related Posts

Post a Comment