Simulasi Kredit Mobil Baru? Persiapan Agar Cepat Disetujui

Konten [Tampil]

Simulasi kredit mobil baru Suzuki

Berkeinginan simulasi kredit mobil baru Suzuki tahun ini? Teman-teman harus tahu dulu apa saja perlengkapan syarat dokumennya agar mudah dan cepat disetujui.

Sebelum mulai mengajukan, ada baiknya teman-teman harus paham dan tahu tentang simulasi kredit yang ditawarkan, bisa dibaca dari brosur kredit mobil misalnya. Serta kenali cara hitung kredit mobil Suzuki agar tahu berapa kisaran uang muka dan angsuran. 

Jadi sebelum mengajukan kredit, teman-teman sudah paham dan memiliki gambaran soal berapa uang yang harus disisihkan untuk membayar angsuran nantinya. Selain itu sebagai kreditor, harus mempersiapkanbeberapa syaratnya agar sekali mengajukan bisa langsung cepat disetujui. 

Syarat Lengkap Simulasi Kredit Mobil Baru yang Wajib Diketahui 

Penting bagi teman-teman sebelum memilih dealer dan leasing terpercaya. Syarat yang bukan berupa dokumen ini nantinya yang akan menentukan apakah teman-teman akan untung atau justru buntung. 

Pasalnya masing-masing penyedia kredit menawarkan bunga yang berbeda-beda. Begitu juga dengan uang muka yang harus dibayarkan. 

Bagi teman-teman yang masih bingung terkait soal simulasi kredit ini, tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan yang menyediakan layanan kredit tersebut. Baik itu dengan dealer atau perusahaan leasing yang nantinya akan memberikan informasi sesuai jenis mobil yang kita pilih dan inginkan. 

Melalui informasi ini, teman-teman harus menimbang faktor keuntungan dan juga resikonya. Apakah mobil akan langsung ditarik jika tidak sanggup membayar angsuran nantinya dan seperti apakah tenor serta suku bunga yang ditawarkan. 

Setelah percaya dan yakin dari semua informasi yang di dapat, barulah membeli mobil tersebut, dan bisa untuk menyiapkan beberapa syarat perlengkapan dokumennya berikut ini. 

1. Mempersiapkan Uang Muka 

Syarat pertama yang harus dipenuhi tidak lain adalah uang muka. Ini adalah hal wajib. Menyediakan uang muka yang besarannya 20% hingga 30% dari total harga mobil. Jumlah tersebut adalah minimal down payment (dp) yang harus dibayarkan dimuka. 

Jadi misalnya teman-teman ingin membeli mobil dengan harga 150 juta rupiah dan peraturan dp adalah 30% maka uang mukanya adalah menjadi 45 juta rupiah. Menyediakan uang ini artinya teman-teman sudah siap untuk membeli mobil baru dengan layanan kredit. 

2. Memiliki Skor Kredit yang Baik

Jika ini adalah kali pertamanya teman-teman mengajukan kredit, maka harus tahu dulu apa itu skor kredit. Sistem yang digunakan pihak perbankan untuk menilai seberapa layak calon debitur untuk mendapatkan pinjaman. 

Disebut juga dengan BI checking, ada standar skor yang menjadi patokan. Biasanya skor dianggap aman jika memiliki angka di atas 720 dan kurang jika di bawah 640. Demi mendapatkan skor kredit baik maka ada beberapa hal yang harus dan perlu dilakukan. 

Pertama adalah tidak ada tunggakan cicilan dan kedua adalah tidak memiliki cicilan sama sekali. Jadi teman-teman harus melunasi terlebih dahulu semua cicilan yang dimiliki sebelumnya jika ada. 

Kemudian mengecek juga skor kredit yang dimiliki melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

3. Melengkapi Semua Dokumen yang Dibutuhkan

Syarat dokumen juga harus dipenuhi selain kedua syarat di atas. Melalui dokumen inilah identitas pribadi dan BI checking bisa dilakukan dengan mudah. Syarat dokumen yang dimaksudkan disini adalah KTP atau SIM dan juga Kartu Keluarga. 

Jika teman-teman ingin mengajukan kredit atas nama perusahaan maka harus menambahkan identitas berdirinya perusahaan seperti SIUP.  Dokumen lain yang juga harus disertakan antara lain NPWP, PBB, rekening listrik dan air, serta slip gaji. 

Selain itu teman-teman juga harus menyertakan rekening koran dan menambahkan tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir jika memilikinya. Oiya, syarat dokumen tidak boleh ada yang tertinggal ya, karena bisa menghambat proses pengajuan. 

4. Memilih Harga Mobil Sesuai Kemampuan

Sudahkah teman-teman menghitung berapa biaya cicilan mobil? 

Nah, cara menghitungnya ini sangat memudahkan teman-teman untuk tahu berapa harga mobil yang sebaiknya dipilih. Perhitungan ini juga jadi syarat penting untuk bisa lolos BI checking dan tidak kesulitan membayar nantinya. 

Selama menghitung besar kecilnya cicilan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari harga mobil, uang muka, tenor, suku bunga, asuransi dan juga administrasi. 

Baru setelah itu tambahkan dengan biaya pengeluaran bulanan. Maka akan ketemu berapa pengeluaran bulanan serta kredit secara keseluruhan. Disini teman-teman bisa menguranginya dengan jumlah pemasukan. 

Pastikan kalau teman-teman sudah dan masih memiliki dana darurat serta sisa dana untuk ditabung atau di investasi ya. 

Nah, dari sini barulah teman-teman bisa memulai mengajukan syarat dokumen kepada dealer atau perusahaan leasing untuk pengajuan simulasi kredit mobil baru. Mudah bukan. 

Related Posts

Post a Comment