Tantangan Generasi Sandwich dalam Wujudkan Mimpi Naik Haji

8 comments
Konten [Tampil]
Wujudkan mimpi naik haji

Sebagai Sandwich Generation, strategi keuangan seperti apa yang harus diterapkan agar bisa mencukupi kebutuhan dan rencana jangka panjang dan tetap menafkahi tiga generasi? 

Dapatkah kita memenuhi impian berhaji tanpa mengorbankan salah satu generasi yang menjadi tanggungan? Keuntungan reksadana yang cuan bisa menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan mimpi tersebut. 

Pertanyaan terkait hal ini sering mengganggu pikiran Generasi Sandwich, namun saat ini banyak cara untuk meraih mimpi. Salah satu manfaat reksadana yang merupakan fitur investasi dengan penghasilan signifikan dapat menjadi alternatif. 

Untuk memiliki produk investasi ini juga cukup mudah. Semua orang, baik yang berpengalaman maupun belum, bisa mendapatkan keuntungan. 

Pengaturan Keuangan Generasi Sandwich untuk Wujudkan Mimpi Naik Haji

Semua umat Muslim, termasuk dalam kelompok Generasi Sandwich pasti ingin menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Namun biaya yang harus dikeluarkan setiap tahun mengalami kenaikan. Ini menjadi salah satu penyebab banyak orang merasa ragu apakah bisa menunaikan ibadah haji. Namun, dengan keuntungan reksadana sebagai investasi pilihan, siapa saja insya Allah bisa mewujudkan mimpi tersebut. 

Karena mempunyai banyak tanggungan, yaitu keluarga dan orang tua atau mertua, Generasi Sandwich harus pandai mengelola keuangannya secara mandiri. Manfaat reksadana salah satunya adalah membantu mereka dalam mencapai tujuan finansial, termasuk keinginan untuk menunaikan ibadah haji. 

Adapun cara yang harus dilakukan adalah:

1. Buat Catatan Pendapatan dan Pengeluaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pencatatan semua pendapatan dan pengeluaran yang harus dipenuhi setiap bulan. Pastikan mengoptimalkan dana yang ada untuk mencukupi semua kebutuhan. 

Untuk pengeluaran, cek kembali apakah ada yang bisa dihilangkan atau dikurangi. Jika ternyata dari efisiensi ini terdapat sisa dana, bisa dibelikan reksadana. Keuntungan reksadana dapat menambah pemasukan. 

2. Tentukan Kapan Rencana Naik Haji

Prediksi kapan akan berangkat haji sangat berpengaruh terhadap bagaimana cara menyiapkan dananya. Jika berangkat secara regular, waktu tunggu bisa sangat panjang. sedang jika ingin lebih cepat, bisa menggunakan fasilitas haji plus, namun biayanya jauh lebih besar. 

Biaya haji setiap tahun terus bertambah. Ketika merencanakan untuk berangkat haji, kamu perlu memperhitungkan proyeksi kenaikan tersebut. Tujuannya agar dana yang terkumpul mencukupi sehingga kamu tetap tenang. 

3. Hitung Semua Pengeluaran yang Diperlukan

Pada saat seseorang berangkat haji, biaya yang dikeluarkan bukan hanya untuk Ongkos Naik Haji atau ONH saja. Generasi Sandwich perlu memperhitungkan dana yang ditinggalkan di rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Selain itu juga, uang saku yang digunakan untuk membeli oleh-oleh dan keperluan lain juga harus diperhatikan. 

Jangan lupa untuk menghitung total kebutuhan dana. Keuntungan reksadana sebagai jenis investasi yang memberikan passive income signifikan bisa menambah dana yang sudah disiapkan sehingga mencukupi untuk kebutuhan tersebut. 

4. Libatkan Semua Anggota Keluarga

Dalam mengelola keuangan untuk menyiapkan dana haji, jangan lupa untuk melibatkan semua anggota keluarga. Bukan hanya pasangan, anak, mertua atau orang tua yang menjadi tanggungan juga harus dilibatkan. Sampaikan rencana tersebut dan berapa kebutuhan dana yang harus tersedia. 

Sebagai bagian dari keluarga yang biaya hidupnya berasal dari pendapatan pencari nafkah, mereka juga harus memperbaiki pengeluarannya. Minta mereka mengurangi pengeluaran yang kurang penting sehingga dana yang sebelumnya untuk hal tersebut bisa dialokasikan pada biaya haji. 

5. Manfaatkan Aset yang Menganggur

Tidak menutup kemungkinan kamu atau orang tua dan mertua yang menjadi tanggungan mempunyai aset menganggur, seperti tanah atau bangunan lain. Bisa juga kamar di rumah yang saat ini tidak ditempati. Manfaatkan aset tersebut dengan menyewakannya dan gunakan uangnya untuk menambah biaya naik haji. 

6. Semua Anggota Keluarga Mempunyai Proteksi

Salah satu yang menjadikan kondisi finansial Generasi Sandwich berantakan adalah ada anggota keluarga yang tidak mempunyai proteksi. Ketika mereka sakit, maka tabungan yang sudah terkumpul bisa terpakai untuk memenuhi biaya berobat. Pastikan semua anggota keluarga mempunyai proteksi yang cukup sebagai antisipasi. 

7. Siapkan Dana Darurat

Selain kebutuhan harian, biaya berobat, setiap keluarga bisa saja harus memenuhi kebutuhan lain yang tidak terencana. Jika hal ini terjadi, dana yang sudah terkumpul untuk rencana haji atau keperluan bisa terpakai. 

Dana darurat merupakan jenis simpanan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan mendadak tersebut, semua keluarga harus mempunyai sejumlah dana untuk hal ini. Besarnya berbeda tergantung kondisi setiap keluarga. Keuntungan reksadana bisa digunakan untuk menyiapkan dana darurat. 

8. Mulai Membeli Produk Investasi

Saat ini semakin banyak orang yang memahami pentingnya berinvestasi. Generasi Sandwich juga harus mulai berinvestasi sebagai cara untuk mengamankan aset dan mengembangkannya sehingga mudah mencapai tujuan keuangan tertentu, seperti berhaji. 

Keuntungan reksadana bisa mengalami fluktuasi setiap saat. Namun dengan perencanaan yang benar, produk ini bisa menjadi pilihan investasi terbaik bagi Generasi Sandwich yang ingin menyiapkan dana haji.  

Menyiapkan Dana Tabungan Haji yang Bagus untuk Generasi Sandwich Bersama digibank by DBS

Siapkan tabungan haji yang bagus dengan digibank by DBS

Sudah banyak yang merasakan keuntungan reksadana sebagai instrumen investasi yang cuan. Dengan berinvestasi dalam produk ini, kamu sebagai generasi sandwich yang mempunyai banyak tanggungan lebih mudah mewujudkan mimpi untuk berhaji. Apalagi jika membeli dari aplikasi terbaik seperti Aplikasi digibank by DBS

Manfaat reksadana terus meningkat setiap waktu dengan semakin mudahnya untuk membeli produk investasi tersebut. digibank memfasilitasi semua generasi yang ingin mencapai tujuan finansial dengan produk reksadana dan instrumen lainnya. 

Adapun keunggulan reksadana dari Aplikasi digibank by DBS adalah: 

  • Memiliki lebih dari 50 pilihan produk reksadana yang menguntungkan
  • Tersedia 3 fitur kategori yang memudahkan investor, yaitu: kinerja terbaik, produk paling populer serta scoring terbaik
  • Bisa mulai investasi dengan Rp100.000 sehingga lebih terjangkau
  • Terdapat fitur autodebet sehingga bisa membeli produk secara berkala dan lebih fleksibel sesuai kebutuhan
  • Daftar SID (Single Investor Identification), jual beli dan switch produk, semua bisa dilakukan hanya dalam satu aplikasi digibank by DBS yang simple dan user friendly

Keuntungan reksadana dalam mewujudkan mimpi naik haji bagi Generasi Sandwich tidak diragukan lagi. Apalagi saat ini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi. Berminat untuk berinvestasi dalam bentuk reksadana? Klik di sini untuk mendapat informasi lebih detail. 

Related Posts

8 comments

  1. investasi memang penting banget selain menabung. Dan produk investasi yang cukup terjangkau bahkan bisa mulai dari 100rb reksadana ya..!

    ReplyDelete
  2. menarik ya tabungan digibank ini. saya sendiri juga sedang menabung juga untuk haji, mudah-mudahan saja bisa terpenuhi aamiin

    ReplyDelete
  3. Menarik banget. Kalau nabung biasa memang sih, majunya dikit banget. Belum lagi inflasi. Mudah-mudahan ada rezeki materi, kesehatan, dan usia untuk beribadah haji.

    ReplyDelete
  4. Emang bener kak kalau mau naik haji niatnya kudu kuat. Walau antrian makin panjang tapi optimis dan nabung dulu. Kalo udh dapat 25 kita daftar deh
    Tapi emang lebih cepet via haji plus ya antriannya walau bayarnya lebih mahal.

    ReplyDelete
  5. Bisa dicoba nih tips untuk menabung haji pakai digibank. Soalnya kalau aku baca lebih banyak proteksinya ya

    ReplyDelete
  6. Kalau untuk naik haji sebaiknya jangan di tunda2, sediakan uang 25 juta supaya dapat nomor antrian haji.

    Mengingat antrian yg panjang kalau daftar tar2 tambah panjang lg spt jawa timur dampai puluhan tahun.

    Biaya naik haji nanti ketika hari H totalnya dikurangi setoran awal.kita. (gusti yrni)

    ReplyDelete
  7. Sekarang kalau mau daftar haji udah harus nunggu 30 tahun kemudian wkwk.. kayaknya memang perlu haji yang bayar tustusan juta itu..

    ReplyDelete
  8. memang harus diprioritaskan ya kalau mau segera, karena antriannya udah panjang juga hehe

    ReplyDelete

Post a Comment