Belajar Internet Marketing untuk Pemula Wajib Dicoba

Konten [Tampil]

Langkah mudah untuk belajar internet marketing

Belajar internet marketing di zaman dengan perkembangan teknologi yang sudah luar biasa tidak perlu diragukan lagi. Hampir semua kalangan baik itu orang pribadi, perusahaan-perusahaan hingga sampai organisasi pun sudah memanfaatkan jalur hemat satu ini yaitu internet.

Seperti yang kamu sudah ketahui, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan dan fasilitas komputer yang ada di seluruh dunia. 

Lagi rebahan, nyemil pun kita tetap bisa terhubung dengan siapapun dan dimana pun tanpa perlu harus bertatap muka dan bertemu langsung. Beruntunglah aku, kamu dan kalian yang pada masa sekarang ini.

Semakin berkembangnya teknologi, internet pun tidak hanya lagi digunakan oleh individu saja. Namun juga juga dimanfaatkan oleh pengusaha-pengusaha untuk memasarkan produk-produk produksi agar dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pengusaha-pengusaha ini adalah melalui internet marketing yang semakin memudahkan siapa saja penggunanya untuk mengenalkan dan menyebarkan infomasi tentang apapun.

4 Langkah Mudah Belajar Internet Marketing untuk Pemula 

Semakin pesatnya perkembangan teknologi ini semakin memudahkan siapa saja yang menggunakannya dari berbagai kalangan kehidupan.

Apalagi dimasa pandemi di tahun sebelumnya, efek internet marketing dikalangan masyarakat sangat terasa sekali kegunaannya. Karena banyak orang-orang lebih memilih membeli via online ketimbang offline (membeli langsung ke tokonya). Dan hal ini pun masih berefek hingga sekarang.

Nah buat kamu yang mempunyai usaha dan ingin dikenalkan kepada masyarakat luas, agar produkmu dikenal banyak orang dan mendatangkan banyak pelanggan juga, ada beberapa langkah yang harus kamu siapkan terlebih dahulu sebelum memasarkan produkmu dengan internet dengan memanfaatkan internet marketing.

Hal ini bertujuan agar apa yang ingin kamu capai dari pemanfaatan internet akan semakin maksimal mengenalkan produk-produknya kamu di pangsa pasar yang lebih luas.

Walaupun pemanfaatan internet sudah dimanfaatkan oleh semua orang, ada beberapa masalah yang kerap masih terjadi dan dialami oleh internet marketer pemula, seperti menentukan produk-produk yang akan dijual, kurang memahami bagaimana cara riset kompetitor yang benar dan tepat, dan yang terakhir masih kurang memahami bagaimana menerapkan marketing pada setiap produknya.

Supaya kamu lebih paham tentang masalah yang kerap terjadi pada pemula, yuk kita bahas cara agar masalah yang terjadi tidak akan terulang lagi ke depanya. Dan untuk pemula agar bisa belajar internet marketing dan langkah-langkahnya dengan benar.

1. Riset produk

Kalau blogger butuh riset keyword untuk postingannya, pelaku usaha butuhnya riset produk untuk menunjang usaha dan jualannya agar cepat laris dan menguntungkan.

Tidak berbeda jauh dengan cara riset keyword blogger, riset produk untuk pelaku usaha juga merupakan kunci utama. Bukan produk yang kamu inginkan saja tapi juga produk yang diinginkan pasar.

Ada banyak cara untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar. Kamu bisa melihatnya dari beberapa marketplace besar. nah di sana kamu bisa melihat dibagian best seller. Produk-produk apa saja yang sedang banyak diincar dan menjadi best seller.

Selain itu kamu juga bisa mencarinya dengan menggunakan tool riset produk melalui google trends

Caranya kamu cukup search beberapa produk. Dari hasil penelusurannya kamu bisa perhatikan hasil grafiknya. Jika gerakan grafiknya menurun sebaiknya kamu tinggalkan produk tersebut dan beralih ke produk lain. Jika gerakan grafiknya stabil produk tersebut bisa kamu pertimbangkan.

2. Riset Kompetitor

 Setelah melakukan riset produk, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset kompetitor (persaingan). Pada riset persaingan ini tujuannya adalah untuk melihat kamu bersaing dengan siapa saja dan seberapa besar sainganmu.

Di bagian ini kamu bisa melakukan riset dengan cara melihat seberapa kuat sainganmu, kelebihannya, kekurangannya, kesempatan yang bisa manfaatkan. Hal ini

Dalam menentukan harga pun harus memperhatikan harga pasar. Kalau bisa tentukan harga produkmu lebih rendah dari pesaingmu dengan keuntungan yang minim. Hal ini untuk menarik perhatian konsumen agar mereka beralih ke produknya kamu.

3. Membangun Database Konsumen

Membangun database konsumen bisa dilakukan dengan internet marketing. Hal ini bermanfaat untuk bisa kam ketahui konsumen potensialmu dengan target distribusi internet marketing melalui konten dan penawarn.

Karena membangun database artinya kamu sedang membangun koneksi. Melalui internet marketing kamu bukan hanya sedang mengenalkan produk ke konsumenmu, tapi juga bagaimana caranya agar konsumen atau target pasarmu sadar dan mengenal produk-produk yang kamu hasilkan.

4. Memilih Media untuk Internet Marketing

Media internet sekarang ini sudah banyak sekali pilihannya dan bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk kamu melakukan marketing produk-produknya kamu.

Seperti instagram, facebook, tiktok, youtube, dan bahkan hingga website khusus untuk tokomu. Nah dari beberapa pilihan media ini kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan marketing dengan cara menyiapkan konten-konten produkmu dengan menarik dan berikan hasil yang terbaik.

Bagaimana?

Mudah bukan menerapkan belajar internet marketing untuk pemula. Nggak sulit-sulit amat kok. Kalau kamu sudah terbiasa dengan pekerjaan marketing pasti akan mudah dengan sendirinya.

Related Posts

Post a Comment