Review Novel Perhaps Yours by Sara Maureen

2 comments
Konten [Tampil]
Review novel Perhaps Yours by Sara Maureen

Setelah sekian lama, akhirnya kembali dengan review novel Perhaps Your karya terbarunya Sara Maureen. Ngomong-ngomong buku ini baru terbait banget lohh. Pre-ordernya bahkan baru saja selesai dari 26 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022 kemarin.

Novel terbaru sekaligus yang membuat mood bacaku kembali dengan baik. Seneng banget dong akunya, akhirnya bisa menemukan sebuah novel yang aku banget (bukan seperti kisahku loh yaa, tapi sebuah cerita yang memang genrenya aku).

Dimulai dari alur ceritanya, gaya bercerita penulisnya, tema cerita yang bikin emosi plus gregetan banget sama karakter-karakter tokohnya dan yang bikin aku happy ada karakter anak kecilnya yang menggemaskan, yang semakin membuat alur ceritanya jadi lebih seru, tegangm sedih pokoknya nano-nano deh baca buku ini.

Identitas Buku

Sebelum aku bahas lebih lanjut tentang reviewnya, yuk kita intip dulu identitas bukunya yaa. 

Judul Buku : Perhaps Yours (Le Marriage)

Penulis : Sara Maureen

Editor : Afrianty P Pradede (salah satu editor favoritku. Karena di semua novel yang beliau editornya selalu bikin aku suka sama novel tersebut, termasuk salah satunya novel ini)

Penerbit : Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : 2022

ISBN : 978-623-00-2991-2

Ah iya aku baca buku ini di Gramedia Digital ya. Belum punya buku fisiknya sih, pengen punya tapi nanti deh nunggu recehannya dulu karna mikir ongkirnya yang selalu bikin aku nangis 😢 untung-untung ada yang kirimin gratis 😂

Baca juga :

Kilas  Balik Cerita Perhaps Yours (Le Marriage)

Jadi dalam kisah Perhaps Yours ini terdapat dua bagian cerita, yang pertama adalah 3 tahun setelah Aiden meninggalkannya sendirian di pelaminan tanpa mempelai pria. Dan pada bagian kedua 3 tahun setelah Renjana akhirnya menyerah dan memilih bercerai dengan Aiden.

Kedengerannya rumit? Belum seberapa itu mah. Kalau teman-teman baca isi keseluruhan ceritanya baru ngerasain gimana perjalanan seorang Renjana menjalani pernikahannya selama 3 tahun hanya berdua bersama anaknya dengan tingkah suaminya yang bre****k banget itu yang selingkuh sana-sini yang menganggap dirinya adalah korban.

Renjana dan Aiden menikah karena Renjana hamil karena insiden satu malam. Renjana bukan mengincar harta keluarga Aiden, namun ia hanya menginginkan kelak anaknya mempunyai status yang jelas. Ia hanya butuh dinikahi, tidak ada yang lain. 

Dan aiden mengabulkannya. Padahal saat itu Aiden memiliki kekasih yang sudah dipacarinya dari remaja, Alsa. Dengan terpaksa Aiden meninggalkan Alsa. Demi tanggungjawabnya.

Setelah menikah pun Aiden tidak pernah menganggap status menikahnya ada. Aiden berubah. Dia menjalin hubungan dengan sembarang perempuan tanpa perduli dengan keluarga kecilnya.

Bertemu dengan anaknya, Kelana pun hanya sekadar formalitas. Mereka tinggal berpisah. Dan Renjana menjelaskan kepada anaknya kalau Ayahnya sedang melakukan tugas pahlawan. Saat bertemu pun hubungan antar anak dan ayah itu sangat canggung seperti orang asing.

Hingga suatu hari, saat Aiden merasa rutinitas dan balas dendam terhadap rasa sakit karena patah hati dan statusnya, membuatnya menyadari akan satu hal bahwa menghabiskan waktu bersama anaknya di rumah Renjana ternyata memberikan perasaan yang baru untuknya.

Kedekatan dan rasa nyaman di keluarga kecil itu mulai terbentuk hingga membuat Renjana merasa masih ada harapan, tapi sayang kembalinya Alsa mantan kekasih Aiden yang masih sangat dicintainya itu merubah segalanya. Ditambah Aiden yang belum bisa memilih antara keluarga kecinya terutama Kelana dan Alsa membuat Renjana menyerah.

Masuk ke bagian dua, kita akan mengenal bagaimana lika-liku kehidupan Renjana bersama Kelana yang sudah berusia 6 tahun dan hidup berdua di Bali. Sampai Kelana pun tidak ingat lagi bagaimana wajah sang Ayah yang memang dari renjananya sendiri tidak pernah membahas lebih lanjut tentang papanya.

Tanpa di sangka-sangka ternyata setelah minggat dari Jakarta pun, Renjana kembali bertemu dengan mantan suami yang dikiranya mereka sudah bercerai tapi ternyata belum, karena berkasnya ditangguhkan oleh sang sahabat.

Aiden yang saat ini meminta kesempatan kedua dan Aiden yang dulu juga menyakiti kamu. Coba pikirkan, Jana. Kalau kamu masih menginginkan dua Aiden itu -- Aiden yang saamma -- berarti dia berhak mendapatkan kesempatan kedua darimu." - Hal. 318

Dan kegigihan Aiden untuk mendapatkan kepercayaan kembali dari Renjana dan bisa kembali bersama keluarga kecilnya terus ia lakukan tanpa mengenal kata menyerah. Di saat Renjana akhirnya luluh, masa lalu suaminya lagi-lagi datang tidak hanya dari seorang mantan yang sangat menggilai Aiden, tapi juga dari musuh bebuyutannya yang ingin menghancurkan Aiden dari keluarga kecilnya itu.

Apakah Renjana akan tetap bertahan dengan mempertaruhkan keluarga kecilnya termasuk Kelana di dalamnya?

Review Novel Perhaps Your by Sara Maureen

Sebuah novel yang mengangkat kisah tentang sebuah pernikahan yang penuh lika-liku dan drama yang tak kunjung usai karena keduanya kekeh tidak ingin berpisah karena alasan kuat masing-masing.

Ini kali pertama aku baca karyanya penulis dan aku langsung jatuh cinta sama gaya berceritanya. Walaupun di beberapa bagian aku menemukan bebebapa typo, seperti salah penyebutan nama tapi tidak membuatku berhenti untuk melahap habis ceritanya.

Karakter favorit?

Tentu saja Renjana dan Kelana dengan keinginan-keinginannya yang polos dan menggemaskan. Renjana adalah sosok ibu yang akan melakukan apapun demi kebahagiaan anaknya dan tidak akan membiarkan seorangpun bisa menyakiti anaknya termasuk ayah kandungnya sendiri.

Untuk karakternya Kelana aku agak sedikit sulit membayangkan seorang anak yang berusia 3 tahun tapi sudah bisa memahami dan menerima kenapa ayahnya nggak pulang-pulang. Tapi diluar itu semua aku tetap suka kok sama karakternya Kelana. Ah aku sih memang lemah sama cerita yang ada karakter anak-anaknya 😍

Sedangkan karakter Aiden awalnya aku kesal banget sama sifatnya yang nggak tegas ke Alsa seakan memberikan harapan. Di satu sisi pengen memperbaiki hubungannya bersama keluarga kecilnya, tapi di lain waktu setiap mendapatkan telpon dari Alsa langsung tancap gas. Hadeuh semoga di kehidupan nyata nggak ada cowok dengan sifat seperti ini ya ;)

Selain karakter Renjana, Aiden dan Kelana, ada para sahabat-sahabat mereka masing-masing yang mempunyai peran pendukung membuat cerita ini jadi lebih seru dan asyik.

Seperti Hafi, Krystal, Jerry, satu lagi lupa aku namanya (ketinggalan dan lupa catat deh aku namanya).

Perasaanku setelah membaca buku ini?

Campur aduk dan nano-nano rasanya. Aku sangat mengapresiasi karakternya Renjana di novel ini. Siapa sih yang mampu bertahan pada pernikahan yang suaminya malah selingkuh sana-sini jadi incaran berita gosip, dan mereka bahkan nggak tinggal serumah. Hubungan keduanya hanya status doang.

Rekomendasi novel terbaik Perhaps Yours

Konflik Cerita

Complicated sih menurutku. Yang pertama hubungan pernikahan keduanya yang tak kunjung usai dari awal hingga Renjana pindah ke Bali. 

Kemudian masalah masa lalu Aiden yaitu selain Alsa, ada Cello. Nah di Cello ini yang aku masih gagal paham kenapa dan apa penyebabnya hingga Cello sangat membenci Aiden. Di masalah mereka ini yang masih kurang penjelasannya dan aku kurang nangkap permasalahan sebenarnya apa.

Seakan permasalahan keduanya seperti dipaksakan untuk ada, yeah walaupun masalah keduanya dimulai dari remaja, aku belum nemu sama inti masalah mereka hingga dewasa.

Ah iya, ada bebeberapa pertanyaan dan rasanya sedikit aneh yaitu sosok Cello ini. Cello nggak bisa dipenjara karena kekuasaannya. Hmm ini kurang diperjelas yaa, tentang sekuasa apaa sih Cello ini, padahal kan keluarga Aiden kan punya kuasa juga. Tapi ya sudahlah ini hanyalah rasa penasaranku dan menurutku tidak menganggu alur ceritanya juga.

Kenapa Harus membaca Novel Perhaps Yours?

Selain ceritanya yang bikin greget, kesal dan rasanya pengen marah-marah ke Aiden, aku sebagai pembaca bisa apa dengan sikapnya yang semena-mena dan seenak jidatnya sama Renjana dan Kelana? 

Membaca novel ini memberikan banyak sekali petuah-petuah yang bisa kita ambil untuk jadi pembelajaran tertama terkait sebuah hubungan pernikahan. Dari banyaknya alasan kenapa teman-teman juga harus membaca novel ini, diantara duanya adalah:

1. Dari Renjana dan Aiden kita belajar bahwa dalam sebuah pernikahan tidak hanya sebuah akad sah saja yang diperlukan, tapi komitmen antar pasangan untuk saling terbuka dan selalu berkomunikasi tanpa harus ada yang disembunyikan, termasuk masa lalu yang sudah kita anggap tidak penting sekalipun.

2. Kita akan belajar dari Renjana, kalau sebuah pernikahan bukan hanya tentang diri sendiri, tapi kebahagiaan seorang anak yang menginginkan sosok ayah. Karena seorang anak jika sudah memasuki lingkungan sekolah akan berhadapan dengan siapapun; sebuah kehidupan yang tidak selalu bisa kita awasi seperti di rumah.

Kesimpulan

Overall aku suka sama keseluruhan dari alur cerita, karakter tokoh utamanya, dan konflik antar keduanya yang campur aduk. Walaupun endingnya yang sudah bisa ditebak dengan mudah, tapi kusuka bagaimana penulis meramu ceritanya sehingga membuat pembaca hanyut dengan kisah dan perjuangannya Renjana.

Membuat aku pribadi nggak nggak puas dan dibuat penasaran sama alur ceritanya. Dan di setiap kelebihan dan aku sangat merekomendasi cerita ini, tetap ada beberapa kekurangan dan tanya yang aku rasa kurang diperjelas tapi tetap tidak mengganggu, hanya rasa penasaran. Ya ini sih kembali lagi ke selera baca masing-masih saja sih.

Untuk rating aku kasih 4/5 bintang deh. Selain ada kekurangan buku ini tetap asyik untuk diikuti. Apalagi banyak hal yang bisa kita ambil buat dijadikan pembelajaran hidup dari kisah Aiden dan Renjana ini. 

Well, kalau teman-teman sedang mencari bacaan baru untuk awal tahun 2022 dengan tema kehidupan dengan penuh lika-liku dalam sebuah pernikahan yang tidak biasa aku sarankan buat baca novel ini. 

Semoga review novel Perhaps Yours ini bisa jadi referensi sehingga membuat teman-teman jadi makin penasaran ya sama ceritanya. Aku tunggu pendapat kalian tentang novel ini jika sudah selesai membacanya ya ;)

Related Posts

2 comments

  1. wah, jadi pengen baca langsung nih :D seru bangetttttttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy mbaa.
      Di GD juga uda tersedia kok bukunya :)
      Btw ini jadi salah satu buku favoritku ditahun ini loh

      Delete

Post a Comment