Seberapa Penting Ponsel Gaming ASUS ROG Phone 8 untuk Gamer?

Konten [Tampil]

Ponsel gaming terbaik ASUS ROG Phone 8

Besarnya daya tarik untuk memiliki ponsel gaming ditandai dengan semakin banyaknya para mobile gamer yang menggemari aktivitas tersebut. Trend untuk membeli dan memiliki ponsel gaming dengan performa yang lebih baik dan mendukung aktivitas tersebut pun semakin tinggi.

Mau heran, tapi ... ya sudahlah ya. Setiap orang kan pasti punya hobinya masing-masing. Apalagi bermain game online memang semenyenangkan itu kok. Bahkan bermain game dipercaya dapat menjadi obat mujarab dari pengalihan rasa bosan dan jenuh. Selain itu, bermain game juga dapat menjadi solusi sebagai opsi alternatif dari berselancar di media sosial yang berlebih.

Apalagi sekarang ini banyak sekali informasi-informasi yang jauh dari fakta yang bertebaran di media sosial yang dapat memicu pertengkaran informasi yang menyesatkan.

Memangnya bermain game ngga menyesatkan?

Hmm, kalau boleh jujur sih, bermain game tanpa mengenal waktu dan keterusan juga dapat merugikan diri sendiri. Gimana ngga? Bermain game dapat membuat kamu lupa waktu kalau sedang asyik-asyiknya. Apalagi kalau sedang difase menang dan kalah. Saat kamu berada diposisi kalah, kamu akan ketagihan bermain sampai kamu mendapatkan posisi menang.

Tapi kamu percaya tidak kalau apa yang aku sebutkan sebelumnya itu hanya untuk mereka para gamer yang belum merasakan kemenangan pada saat bermain? Berbeda dengan mereka para gamer profesional. Dimana bermain game bukan lagi sekadar hobi, tapi sudah menjadi sebuah profesi yang mengharuskan mereka untuk terus berlatih dan fokus agar permainannya semakin baik.

Faktanya, bermain game tidak akan selalu menyenangkan, jika perangkat yang digunakan tidak mendukung dan sering bermasalah seperti cepat panas, lag, atau layarnya yang tidak responsif.

Perubahan paradigma terhadap industri game ternyata sangat berefek terhadap prospek e-sports di dunia dan lokal, lho. Memasuki era 2000-an, e-sports semakin besar termasuk media pendukungnya untuk memainkan game pun sekarang sudah ada khusus dengan menggunakan ponsel gaming. 

Oleh karena itu, penting sekali menggunakan smartphone gaming dengan spesifikasi yang lebih baik dan tinggi yang dapat membantu meningkatkan performas grafis, kecepatan bermain, dan kapasitas penyimpanan yang memadai, sehingga memungkinkan kamu untuk bermain game yang lebih kompleks dengan lancar.

Nah, kalau ngomongin ponsel gaming yang mumpuni yang memiliki perfoma yang baik di antara para gamer, ROG Phone selalu mengedepankan kepentingan para gamer-nya untuk mendukung aktivitas bermain game yang lebih baik. 

Keunggulan ASUS ROG Phone 8 Layaknya Ponsel Gaming Pemain Profesional

Berbicara tentang mobile gaming yang popularitasnya semakin meningkat tajam, ROG Phone 8 menjadi rekomendasi yang tepat karena merupakan ponsel gaming yang nyata, yang didesain khusus untuk dapat memaksimalkan performa bermain untuk para gamer.

Ngga hanya menjadi andalan ponsel gaming terbaik, ASUS ROG Phone 8 hadir sebagai pendukung perangkat premium berteknologi masa depan yang membuat para gamer merasa lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.

ASUS ROG Phone memiliki banyak keunggulan karena merupakan hasil dari inovasi terbaru dalam teknologi ponsel gaming. Berikut adalah beberapa alasan kenapa ASUS ROG Phone 8 banyak memiliki keunggulan layaknya sebuah ponsel gaming pemain profesional :

1. Performa Ganas dengan Teknologi Terkini dan Tak Terkendali

Keunggulan pertama yang dimiliki ROG Phone adalah selalu menetapkan standar kinerja, dengan desain termal terbaik di kelasnya dan Mode X yang khas untuk memaksimalkan kekuatan prosesor yang sebenarnya.

Performa dengan teknologi tinggi ROG Phone 8

Didukung oleh platform seluler tangguh dari chipset Qualcomm® Snapdragon® 8 Gen 3 yang diklaim sebagai chipset mobile platform dengan performa tertinggi untuk saat ini dan memiliki CPU dari chipset yang berjalan di clockspeed 3,3 GHz mampu memberikan peningkatan performa hingga 30% lebih cepat dan GPU 25% lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Selain itu, demi membuat performanya semakin kencang dan maksimal, ROG Phone 8 juga sudah dibekali dengan RAM berkapasitas hingga 24 GB berjenis LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan berkapasitas hingga 1 TB berjenis. 

Menilik dari jenis penyimpanan yang dimiliki ROG Phone 8 membuatnya memiliki performa yang lebih tangguh dan tak tertandingi. Hal ini semakin meyakinkan sistem kerjanya yang sangat cepat demi menghasilkan frame rate yang tinggi, sehingga animasi yang ditampilkan akan sangat lancar.

Apalagi kalau sedang gabut-gabutnya, kalau menggunakan ROG Phone 8 dengan dapur pacunya yang memiliki performa tinggi tentu kamu tidak perlu menunggu proses yang lama. Karena dengan ASUS ROG Phone 8 kamu tidak perlu membunuh waktu karena terlalu lama menunggu proses kinerjanya.

2. Dapur Pacu yang Memiliki Tingkat Kestabilan Impian Gamer

Pernah dengar kalau ponsel gaming cukup dengan memiliki RAM yang besar dan penyimpanan yang mumpuni, maka saat bermain akan lancar-lancara saja?

Belum tentu.

Pernah nggak kamu ngalamin, saat bermain game terlalu lama, ponsel kamu menjadi panas dan performa ponselmu menjadi lebih lambat, tidak selancar pada saat awal-awal kamu bermain? Nah, itu dia salah satu bukti kenapa ponsel gaming tidak hanya membutuhkan RAM dan penyimpanan yang besar saja, tapi juga membutuhkan sistem pendinginan yang mumpuni untuk durasi waktu bermain jangka panjang.

Eitts, ngga perlu khawatir dengan masalah tersebut, karena ROG Phone 8 sudah mengatasi hal tersebut dengan menggunakan desain termal terbaru yang diberi nama GameCool 8.

ROG Phone 8 memiliki teknologi pendinginan yang tinggi dan kompleks

Meskipun lebih ramping, ROG Phone 8 memiliki struktur termal presisi yang revolusioner. Karena teknologi GameCool 8 mengadopsi desain sistem pendingin SoC 360°  Gen 2 Dan didukung dengan clip-on AeroActive Cooler X terbaru bahkan lebih bertenaga untuk kinerja ekstra, walaupun memiliki ukurang 29% lebih kecil, namun dapat menghasilkan peningkatan efisiensi termal hingga 1,2x lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang.

Kecangihan teknologi Thermal GameCool 8

Selain itu, untuk meningkatkan kestabilan performanya, ROG phone 8 juga dilengkapi dengan Rapid-Cooling Conductor (Konduktor Pendinginan Cepat) diantara SoC dan logam di dekat penutup belakang, sehingga panasnya dapat secara merata dari semua lapisan termal yang dimiliki. Dan ketika AeroActive Cooler X dipasang, lokasi Rapid-Cooling Conductornya sama persis dengan tempat chip pendingin termoelektrik menyentuh ponsel, sehingga chipset didinginkan secara langsung dan efisien.

Kemudian yang paling penting saat bermain tentu kita membutuhkan ketahanan baterai berjam-jam agar permainan kita jadi lebih maksimal.

Nah, bersama ROG Phone 8 kamu ngga perlu khawatir, karena jaminan ketahanan baterainya ngga perlu diragukan lagi.

Ketahanan baterai ponsel gaming ROG Phone 8

Memiliki baterai monster membuat ponsel gaming ngga hanya digemari oleh kalangan gamer saja, bahkan untuk kegiatan sehari-hari. Karena memiliki pengisi daya USB PD Hypercharge 65 watt yang kuat dan tambahan nirkabel 15 wat memberikan kamu kenyamanan yang lebih puas saat bepergian dan bermain game hingga berjam-jam sekalipun.

ROG Phone 8 menjadi solusi tepat buat pendamping sempurna kamu untuk berbagai aktivitas yang dilakukan baik itu untuk kamu yang menyukai game berat, sosial scrolling, atau streaming film.

3. Kontrol Permainan Layaknya Konsol Gaming

Rasanya cuma ROG Phone yang menyediakan kontrol permainan layaknya konsol gaming profesional yang membuat gamer jadi betah dan ngga kesusahan buat ngatur startegi dengan kecepatan jari-jari tangan.

Fitur khas pada ROG phone adalah berupa AirTrigger yang memudahkan gamer melakukan kontrol permainannya dengan 4 jari. Dengan adanya kontrol AirTrigger bawaan dapat membuatmu mengontrol penuh permainan yang tak tertandingi sekalipun layaknya konsol gaming. 

Selain itu, kemudahan lainnya dari fitur ini adalah dapat mendukung berbagai gerakan, termasuk aksi ganda, tekan dan angkat, dan bidik Giroskop. Yang semua gerakan tersebut hanya bisa kamu kendalikan maksimal dengan ASUS ROG Phone 8. Apalagi kalau kamu memasangkan AeroActive Cooler Buttons dan ROG Tessen Mobile controller untuk meningkatkan pengalaman bermainmu seperti pemain profesional.

Layaknya pemain profesional, dengan ROG Phone 8 kamu akan merasakan hal tersebut

4. Kombinasi Layar AMOLED Super Jernih dan Teknologi LTPO

Bermain game pada saat layar kurang jernih atau buram pada bagian tertentu sangat mengesalkan dan membuat permainan jadi kurang menyenangkan, bukan?

Pada ROG Phone 8 menawarkan layar AMOLED E6 yang fleksibel dengan ukuran 6,78 inchi. Sedangkan pada kecepatan refresh rate-nya mencapai 165Hz untuk permainan yang lancar, dan kecepatan pengambilan sampel sentuh mencapai 720Hz yang mengesankan untuk respon instan.

ROG Phoene 8 memiliki kombinasi layar AMOLED super canggih dengan teknologi LTPO

Sedangkan untuk tingkat kecerahan yang dimiliki mencapai 2500 nits, sangat memungkinkan bermain game atau menonton film di bawah sinar matahari langsung tanpa masalah. Dengan tawaran visual akurasi warna yang luar biasa. Terutama dengan adanya teknologi LTPO, kecepatan refresh adaptif dapat mengurangi konsumsi daya secara siginifikan dengan menyesuaikan situasi kondisi di sekitar.

5. Kamera Sultan Pembuat Konten Pro

Kemampun kamera yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone 8 membuat ponsel gaming satu ini tidak hanya dilirik oleh para gamer saja, namun juga pembuat konten kekinian untuk postingan media sosialnya.

Kamera ROG Phone 8 memiliki 3 kamera belakang dan kamera depan yang menakjubkan dengan hasilnya. Bisa diperbesar dari objek jauh, ambil gambar ultrawide, atau rekam video yang hasilnya tetap mengesankan dan super stabil.

Kelebihan kamera ASUS ROG Phone 8

Keunggulan menarik dari kamera ponsel gaming ROG Phone 8 :

1. Kamera Utama

Kamera utamanya dapat menghasilkan gambar yang jernih karena didukung sensor gambar dari SONY IMX890 terbaru dengan 50 MP. Memiliki lebar lensa hingga 24 mm memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil bidikan yang paling sempurna, bahkan dijalanan sekalipun. Dengan tambahan mode zoom 2x  lossless menjadikannya setara layaknya lensa prima 50 mm yang sangat sempurna untuk fotografi potret dan makanan.

2. Lensa Ultrawide

Kamera ultrawide pada ROG Phone 8 adalah 0,7 x 13 MP yang memiliki lensa free-from dan algoritma canggih yang dapat mengurangi distorsi pada lensa, sehingga dapat menghasilkan gambar dan hasil rekaman yang berkualitas dengan kejernihan yang luar biasa menakjubkan namun tetap terlihat alami.

3. Telephoto Camera with Optical IS

Untuk pertama kalinya, pada seri ROG Phone 8 dilengkapi lensa telefoto 3x dengan 32 MP yang mendukung pengambilan gambar dari jarak jauh. Lensa telefoto 3x ini memiliki stabilitas gambar obtik internal yang memastikan hasil yang jernih dan tajam, sekaligus dapat mendukung mode fotografi malam walaupun dengan bidikan cahaya rendah.

Didukung teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW) dapat mempertahankan setiap detail pada foto bahkan pada saat di zoom hingga 30x. Pada proses rekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif yang dapat menghasilkan rekaman yang lebih stabil hingga zoom 10x serta didukung dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang membuat video lebih mulus dan bebas guncangan.

4. Kamera Ultrawide Selfies

Kamera ultrawide selfies memiliki 32 MP dan Field of View yang ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk hasil selfies yang lebih baik serta adanya sensor RGBW yang memastikan gambar bersih dan jernih baik itu dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Meskipun kinerja kamera ROG Phone 8 bukan keunggulannya yang utama, namun ponsel gaming ini masih mampu menghasilkan hasil foto yang memuaskan dalam berbagai situasi, terutama dengan sensor utama yang dapat memberikan hasil tervaik secara sempurna.

6. Fitur Gaming yang Disempurnakan dengan Artificial Intelligence

Bukan hanya urusan performanya saja yang ganas dan tak terkendali serta hasil gambar dan videorafinya yang sudah tingkat pro, ROG Phone 8 juga sudah dibekali dengan empat fitur AL yang dapat mendukung para gamer untuk meningkatkan pengalaman bermainnya ke level yang lebih tinggi.

Melalui X Capture, ROG Phone 8 menerapkan Al penerapan pola  yang berfungsi untuk merekam layar secara otomatis. Kemudian ada Background mode untuk menjalankan game otomatis (auto combat) di latar belakang. Dengan kata lain, game akan tetap berjalan melanjutkan misinya tanpa pengawasan dan tanpa perlu takut dengan sistem menjeda atau mematikan game.

Kemudian ada AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X Sense meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan.

7. Memiliki Desain Unik dan Cantik dengan AniMe Vision-nya

Dibadingkan dengan seri pendahulunya, ASUS ROG Phone 8 didesain ulang sepenuhnya. Memiliki bodi yang lebih ramping dan ringan serta bezel yang lebih tipis menjadikan ponsel gaming satu ini sempurna untuk para gamer, karena mejadi perangkat premium yang futuristik untuk masa depan. 

ASUS ROG Phone 8 memiliki bodi yang lebih ramping dan fitur AniMe Vision di bagian belakang ponselnya

Keunggulan unik dan tampil beda yang dimiliki ROG Phone 8 adalah adanya fitur AniMe Vision yang membuat ponsel ini jadi lebih elegan dan mewah. AniMe Vision merupakan fitur pencahayaan mini-LED yang terletak dicasing belakang ponsel yang dapat diprogram dengan 341 LED. Selain itu, fitur ini juga dapat menampilkan animasi atau penyesuaian pribadi, dengan pencahayaan yang sama sekali tidak terlihat saat digunakan, sehingga kamu dapat menjadikan ponsel gaming ini senyap dan senyaman yang kamu inginkan.

Didesain dengan ketahanan terhadap debu dan air dengan peringkat IP68, ROG Phone 8 memungkinkan kamu untuk bermain di area outdoor dimana pun dan kapan pun tanpa perlu khawatir.

Bagaimana dengan Harganya?

Di Indonesia, ROG Phone 8 Series tersedia 4 pilihan, dengan rincian harga resmi sebagai berikut:

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Untuk menyambut kehadirannya, ASUS ROG Phone 8 mengadakan promo pembelian khusus nih berupa:

1. First Sale Promo
Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized
Partners.

2. Consumer Launch Sales Promo
Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUGBM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. 

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.

Tabel Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Phone 8 Series 

Daftar spesifikasi lengkap ASUS ROG Phone 8

Untuk lebih lengkap dan ringkasnya, kamu bisa intip tabel berikut yang memuat spesifikasi lengkap tentang ponsel gaming ASUS ROG Phone 8 

Dimensions / Weight

163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g

Color

ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black

ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Rear Camera

Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56, f/1.9

Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μmActual output photo: 8 MP

Front Camera

32 MP RGBWpixel binning 1.4 μmActual output photo: 8 MP

Screen

6.78 flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits

Battery / Charging

5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging

Memory

12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB

Frequency

5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz

Others

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC

Penutup

Memiliki ponsel gaming dengan spesifikasi yang mumpuni dan mendukung aktivitas untuk bermain tidak ada salahnya, apalagi kalau memang kamu menyempatkan waktu luangmu buat bermain game. 

Dengan memiliki ponsel gaming khusus, secara perlahan kamu juga akan mengasah cara bermainmu seperti pemain profesional. Dengan kelihaian serta kecepatan gerakan tangan saat memainkan sebuah game. 

Boleh-boleh saja sih, kalau kamu mau bermain game dengan ponsel biasa. Hanya saja, kecepatan dan daya tangkap yang dihasilkan tentu akan sangat berbeda.

Untuk itulah ASUS ROG Phone 8 hadir menjawab semua tantangan dan kemudahan dalam bermain game yang dapat membawamu pada permainan yang lebih profesional dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

Dengan begitu banyaknya keunggulan yang ditawarkan, ASUS ROG phone 8 menjadi pilihan populer bagi para gamer dan pengguna yang mencari perangkat yang kuat dan mumpuni, khususnya buat mereka untuk keperluan gaming yang intens.

Bersama ASUS ROG Phone 8 kamu akan mendapatkan pengalaman bermain game yang luar bisa dan mengesankan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien


Sumber referensi :
https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-8-pro/
https://youtu.be/ylhsclwW3O0

Related Posts

12 comments

  1. tadi mantau berita di X, wuaah trending tentang ROG Phone karena rilis hari ini ya.
    cocok nih memang jadi andalan gamers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, sempat trending kemarin itu pas banget barengan sama acara launchingnya..
      Ponsel gaming impian banget ini mah :)

      Delete
  2. Waaaa...kerennnn
    kayanya bakal tambah betah pegang ponsel, mau gaming, streaming atau ngonten hasilnya prima
    Apalagi layarnya amoled, bisa refreshing nonton drakor sepuasnya

    ReplyDelete
  3. ASUS ini lumayan gencar juga ya untuk produk gamers nya. yang pasti handphone ASUS ROG phone 8 ini bakal jadi incaran para gamers sejati, eh, harganya di kisaran berapa nih kak?

    ReplyDelete
  4. beli poselnya dulu ya, ASUS ROG Phone 8, buat modal berlatih ngegame, biar bisa terjun ke dunia game profesional. Eh, tapi ini harganya berapa ya, spesifikasinya tinggi, penasaran sama harganya

    ReplyDelete
  5. Kalau Ngomongin ROG Phone 8 dari ASUS, saya langsung dibuat takjub dan kagum. Teknologinya itu loh, sangat komplit banget. Benar-benar dukungan perangkat yang sangat mumpuni buat diajak tarung nih

    ReplyDelete
  6. Impian para gamers sejati ini sih. Baca spesifikasinya aja keknya mereka pasti sudah paham tentang kecanggihannya. Apalagi HP ASUS tuh ukurannya setangan banget. Pas saat digenggam. Jadi pas nge-game telapak tangan tuh terasa nyaman. Godaan berat ini sih. Apalagi kameranya semakin canggih dengan visual fisik yang cetar luar biasa.

    ReplyDelete
  7. Benarkah bermain game jadi tidak menyenangkan kalau hp-nya ngelag panas dan lainnya. Emang paling cocok kalau main game itu pake ASUS ROG Phone 8 aja... speknya dewa. Dah gitu kamera 50 MP plus 6-Axis Gimbal Stabilizer 3.0 cocok banget buat content creator

    ReplyDelete
  8. Mupeng banget dengan ASUS ROG Phone 8 ini, juara banget buat gamer dan konten kreator.
    Performanya luar biasa, kameranya juga bagus banget, cocok mah buat para konten kreator, biar bikin foto atau video lebih kece

    ReplyDelete
  9. Aku pengin banget punya ROG Phone 8 ini. Apalagi yang memorinya sampe 1T. Pasti puas banget make hp nya, anti ngelag dan bisa update game2 terbaik

    ReplyDelete
  10. Yang penting dari para gamer ini adalah HP dengan kualitas terbaik, yang memvisualisasikan dengan bagus, cepet gak gampang nge-lag sama gak mudah panas. Ini keren banget yaa.. ASUS ROG Phone 8 menjawab semuanya.

    ReplyDelete
  11. Pastinya suka dengan beragam fitur yang tersedia di ASUS ROG Phone 8 ini. Meskipun bukan pro player dalam bermain games tapi melihat segala keunggulannya buat makin tertarik miliki 1 unit dari ROG Phone deh.

    ReplyDelete

Post a Comment