Keuntungan Akun Bisnis untuk Mengembangkan Usaha

2 comments
Konten [Tampil]

Akun bisnis untuk bantu kembangkan bisnis usahamu

Akun bisnis untuk usaha menjadi sebuah kebutuhan bagi pebisnis dalam mengembangkan usaha. Dengan memiliki akun terpisah dari akun pribadi memudahkan kamu dalam mengelola usaha dan bisa menjalankan bisnis dengan lebih profesional. 

Apalagi saat ini persaingan usaha semakin meningkat sehingga kamu pun mau nggak mau harus terus berinovasi agar bisa memenangkan persaingan dalam dunia bisnis. 

Pelayanan yang cepat dan profesional merupakan kebutuhan penting yang dapat menambah kepercayaan pelanggan pada usaha yang sedang kamu jalankan. Salah satunya dengan menggunakan akun khusus untuk mengelola bisnis.

Keuntungan Menggunakan Akun Bisnis

Sebuah bisnis atau usaha bertujuan untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal. Karena itu pemilik bisnis perlu melakukan banyak strategi. Salah satu strategi yang perlu kamu pertimbangkan adalah dengan memiliki akun yang terpisah dengan akun pribadimu. 

Fungsi akun bisnis hampir sama dengan akun pribadi namun hanya untuk keperluan transaksi yang menyangkut usaha saja sehingga penggunaannya lebih spesifik. 

Untuk membuka akun khusus usaha ini cukup mudah dan sudah banyak perusahaan keuangan yang bisa memfasilitasi. Adapun keuntungan bagi kamu yang memiliki akun khusus untuk bisnis adalah:

1. Memisahkan Uang Perusahaan dan Uang Pribadi

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pebisnis adalah tidak memisahkan antara uang pribadi dan usaha sehingga tidak mudah mengetahui berapa banyak keuntungan yang diperoleh. Karena tidak memisahkan keuangan tersebut, pebisnis sering merasa mempunyai banyak uang dan menggunakannya tanpa perencanaan yang jelas.

Ini merupakan awal masalah baik untuk keuangan usaha maupun bisnis. Kesalahan dalam pengelolaan keuangan tersebut sering menjadi penyebab habisnya modal karena tidak bisa mengontrol jalannya usaha, terutama dalam hal pengelolaan keuangan. 

2. Mudah Melacak Transaksi

Kecepatan pelayanan merupakan faktor penentu yang sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas setelah bertransaksi tidak jarang akan melakukan repeat order bahkan merekomendasikan usaha kamu kepada rekan atau kenalannya.

Kamu juga akan lebih mudah dan cepat melacak transaksi jika menggunakan akun yang terpisah.  Bahkan juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi sebagai penanda ada transaksi pada akun tersebut sehingga kamu bisa dengan mudah untuk segera mengecek dan memproses pembelanjaan dari pelanggan tersebut. 

Berbeda jika kamu mencampur keuangan pribadi dan bisnis, kamu bisa kerepotan untuk melacak dan memastikan setiap ada transaksi, apakah untuk pribadi atau bisnis. Hal ini akan bisa menurunkan kepercayaan dari pelanggan karena lambat dalam merespon transaksi yang diterima. 

3. Tidak Perlu Menyediakan Banyak Akun

Tidak jarang calon pembeli yang membatalkan rencana belanja karena pebisnis tidak menyediakan akun yang sesuai dengan bank yang dimiliki oleh calon konsumen. Kurangnya fasilitas keuangan yang bisa digunakan untuk bertransaksi, termasuk e-wallet dan pembayaran non bank lain sering menjadi kendala. 

Nah, untuk ini kamu bisa mengatasinay dengan menyedikan satu akun yang fleksibel, yaitu bisa menerima pembayaran dari banyak bank atau perusahaan keuangan lain dengan mudah, cepat dan murah. 

Untuk mendapatkan penyedia akun bisnis yang fleksibel, kamu juga bisa melakukan survey dan membandingkan fitur yang tersedia terlebih dulu. 

4. Mudah Digunakan

Penyedia layanan akun untuk bisnis sudah mendesain produknya sehingga mudah terintegrasi dengan berbagai website. Ini akan memberikan pengalaman bertransaksi yang berbeda dan mudah digunakan. Pelanggan akan senang bertransaksi karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kamu sebagai pebisnis juga berkesempatan untuk melayani lebih banyak pelanggan sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Pelanggan pun bisa semakin tertarik untuk berbelanja karena kemudahan yang tersedia tersebut. 

5. Memperkecil Kesalahan Transaksi

Pebisnis harus memberikan pelayanan terbaik sehingga usahanya menjadi pilihan banyak pelanggan. kamu juga dapat membantu pelanggan untuk meminimalkan resiko kesalahan dalam melakukan pembayaran dengan menyediakan virtual account atau VA melalui akun khusus untuk bisnis. 

Karena menggunakan virtual account, pembayaran hanya bisa diproses jika jumlahnya sesuai, dengan demikian apabila pelanggan salah transfer secara otomatis transaksi tersebut akan ditolak oleh sistem. 

6. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan merupakan modal penting dalam menjalankan usaha. Tidak jarang pelanggan rela membayar lebih karena percaya dengan toko atau pelayanan yang diberikan. 

Sebaliknya, tidak sedikit calon pembeli yang membatalkan rencana transaksi karena ragu dengan kredibilitas Perusahaan tersebut.

Penggunaan akun khusus untuk bisnis juga lebih menyakinkan pelanggan bahwa akun tersebut terpercaya dan bukan berasal dari penipu. Karena itu, penggunaan akun khusus untuk bisnis sangat mendukung perkembangan usaha yang sedang kamu jalankan. 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan akun khusus usaha, kamu tentu perlu mencari referensi berbagai penyedia layanan yang terbaik sehingga bisa mengoptimalkan usaha yang kamu jalankan. Salah satu penyedia akun khusus untuk bisnis yang sudah terpercaya dan memiliki banyak pelanggan dan sudah dipercayai hingga saat ini adalah Fazz. 

Fazz merupakan perusahaan keuangan yang sudah membantu ribuan UMKM di Indonesia. sampai saat ini Fazz melayani kebutuhan keuangan bagi pengusaha kecil di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara. 

Akun bisnis yang tersedia di Fazz menawarkan berbagai layanan keuangan digital seperti pembukaan rekening, transfer uang, pinjaman, kartu kredit, dan pencatatan keuangan bagi pebisnis dari skala mikro, kecil, menengah, startup, hingga perusahaan web.

Dengan kepraktisan dari akun khusus untuk bisnis dari Fazz, pengusaha dapat membuka sekaligus memonitoring finansial bisnisnya kapan pun dan di mana pun.

Related Posts

2 comments

  1. Terimakasih ka tipsnya, sangat membantu terutama bagi saya ingin memulai untuk membuka usaha

    ReplyDelete

Post a Comment