8 Tips Penting Naik Pesawat Bagi Pemula, Kamu Perlu Tahu!

Post a Comment
Konten [Tampil]
Tips naik pesawat bagi pemula, kamu wajib tahu!

Jalan-jalan naik pesawat adalah salah satu hal yang seru, lho! Apalagi sekarang kamu bisa pesan tiket pesawat dengan mudah. Contohnya nih, kamu bisa beli tiket pesawat ke Medan atau tujuan lain dengan mudah menggunakan Traveloka. Ga cuma mudah, beli tiket pesawat pakai Traveloka juga sangat fleksibel lho, karena kamu bisa refund dan reschedule pembelian tiket pesawat! 

Kalau kamu baru pertama kali naik pesawat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar perjalanan kamu jadi lebih lancar. Tenang saja, nggak ribet kok, malah akan sangat membantu untuk mengurus perjalanan kamu nantinya.

8 Tips Penting Perjalanan dengan Pesawat Terbang Buat Kamu Pemula!

Bagi pemula ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bepergian denan pesawat terbang agar perjalanan tidak terasa menegangkan. Sehingga kekhawatiran yang tidak penting, tidak mengganggu waktu perjalanannya kamu. 

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum keberangkatan pertamau dengan pesawat terbang.

1. Pesan Tiket Lebih Awal

Tips penting naik pesawat yang pertama adalah memesan tiket pesawat lebih awal. Tiket yang dipesan jauh sebelum tanggal keberangkatan kamu cenderung punya harga yang lebih murah dan memberi kamu lebih banyak pilihan dalam hal jadwal penerbangan. 

Sangat berbeda jika kamu memesannya mendekati hari keberangkatan. Dengan memesan tiket pesawat lebih awal, kamu nggak perlu takut kehabisan tiket atau kebingungan karena tidak ada jadwal penerbangan yang sesuai dengan keinginan kamu.

2. Cek Persyaratan Perjalanan

Kalau kamu sudah beli tiketnya, jangan lupa untuk cek syarat perjalanannya, ya! Sebelum kamu berangkat, pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa persyaratan perjalanan menuju lokasi yang akan kamu tuju. Apalagi jika kamu akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Setiap negara memiliki peraturan yang berbeda-beda, termasuk persyaratan perjalanan.

Persyaratan perjalanan ini termasuk persyaratan mengenai seperti visa, kewajiban vaksinasi, dan beberapa dokumen perjalanan lainnya. Pastikan juga kamu telah memenuhi seluruh berkas yang akan diminta oleh petugas negara tujuan, agar perjalanan kamu semakin lancar. Jaga paspor, visa, dan berkas perjalanan lainnya kamu dengan baik, ya!

3. Gunakan Aplikasi Travel

Cara paling mudah untuk membeli tiket pesawat adalah membelinya secara online. Dengan begitu, kamu nggak perlu keluar rumah. Cukup sambil rebahan, kamu bisa beli tiket pesawat. Selain itu, kamu juga bisa langsung membelinya di website maskapai ataupun aplikasi untuk traveling seperti Traveloka. 

Membeli tiket pesawat secara online, baik melalui website ataupun aplikasi jauh lebih praktis, lho! Setelah proses pembayaran selesai, kamu bisa langsung mendapatkan tiket pesawat kamu dan bisa langsung check in. Sangat mudah, bukan?

Aplikasi Traveloka solusi buat kamu pemula naik pesawat

4. Pilih Tempat Duduk

Saat kamu memesan tiket pesawat, pertimbangkan juga untuk memilih tempat duduk. Pilih tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kalau kamu ingin mendapatkan kenyamanan ekstra, kamu bisa pertimbangkan untuk memilih kursi di bagian depan pesawat yang menawarkan lebih banyak ruang kaki. 

Atau, jika kamu ingin duduk di tempat yang lebih tenang, kamu bisa pilih tempat duduk di bagian belakang pesawat. Pertimbangkan juga akses tempat duduk ke toilet pesawat, sehingga kamu nggak perlu repot jika ingin buang air kecil. 

5. Bawa Perlengkapan Penting di Tas Kabin

Saat kamu traveling dengan pesawat dan membawa barang bawaan, pastikan untuk menaruh perlengkapan penting seperti dokumen perjalanan, uang, obat-obatan, dan barang penting lainnya di tas kabin. Sesuai namanya, tas kabin boleh kamu bawa untuk masuk ke dalam kabin pesawat.

Hal ini penting, sebagai antisipasi terjadi keterlambatan atau kehilangan barang bagasi, kamu masih bisa menggunakan atau memegang barang-barang yang paling penting selama di perjalanan. Namun, ada beberapa barang-barang yang dilarang untuk masuk ke kabin pesawat, seperti benda tajam mulai dari gunting hingga pisau.

6. Patuhi Aturan Keamanan

Bandara memiliki peraturan keamanan yang ketat. Tidak perlu takut, hal ini justru penting buat keselamatan kamu dan penumpang lainnya. Nah, saat kamu berada di bandara, patuhi semua aturan keamanan yang berlaku. 

Contohnya, kamu bisa cari tahu terlebih dahulu mengenai aturan tentang cairan, barang yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin, hingga proses pemeriksaan keamanan. Dengan begitu, kamu jadi bisa melewati proses keamanan dengan lancar dan menghindari penundaan yang tidak perlu.

7. Jaga Kesehatan 

Perjalanan dengan pesawat, apalagi dengan jarak tempuh yang jauh, dapat membuat kamu merasa melelahkan. Untuk itu, pastikan kamu minum cukup air selama penerbangan.

Lalu, jika memungkinkan kamu bisa bergerak secara teratur seperti ke toilet sejenak dan mencoba tidur agar tetap segar. Hal ini akan membantu kamu  menjaga kesehatan dan mencegah gejala kelelahan saat berada di pesawat.

8. Tips Agar Tidak Bosan

Saat kamu naik pesawat, kamu akan diminta untuk mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat di smartphone kamu. Hal ini penting, agar sinyal ponsel tidak mengganggu sinyal komunikasi pesawat. Nah, agar tidak bosan, kamu bisa membawa buku, nih! Atau, kamu juga bisa download lagu atau film kesukaan kamu sebelum kamu naik ke pesawat.

Nah, itu dia beberapa tips penting naik pesawat buat kamu terutama bagi pemula. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa meningkatkan kenyamanan dan kelancaran perjalanan dengan pesawat. Sehingga perjalanannya kamu lebih menyenangkan dan tidak terasa membosankan. Selamat berlibur! 

Related Posts

Post a Comment