8 Ide Usaha Sampingan Karyawan Menguntungkan Tahun 2023

2 comments
Konten [Tampil]
8 ide usaha sampingan karyawan yang jadi pilihan menguntungkan

Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan Tahun 2023 - Biaya hidup yang terus meningkat membuat pendapatan utama kamu sebagai karyawan terkadang terasa tidak cukup. Alih-alih berharap kenaikan gaji, kenapa tidak coba memiliki usaha sampingan saja ? 

Ada banyak loh usaha yang bisa dijalankan tanpa modal besar dengan waktu yang fleksibel tetapi hasilnya sangat menguntungkan. Apalagi sekarang ini banyak aplikasi investasi yang memudahkan kamu dalam mengelola keuangan dan mengumpulkan dana untuk modal bisnis. 

Nah, di postingan kali ini semoga bisa memberikan referensi usaha sampingan apa saja yang cocok untuk karyawan dan menguntungkan di tahun 2023 ya. Serta investasi apa yang tepat untuk mendukung perkembangan usaha kamu agar bisa berjalan lancar. Jadi simak pembahasannya hingga tuntas ya? 😉

8 Ide dan Referensi Usaha Sampingan Karyawan yang Mendatangkan Cuan

Ada berbagai jenis usaha sampingan karyawan yang menguntungkan dan cocok disaat memiliki jadwal kerja yang padat. Kamu bisa memulai dari hobi atau keterampilan yang dimiliki. Lalu dapat menjual jasa ataupun produk kepada customers. 

Berikut ini beberapa peluang usaha sampingan karyawan yang bisa dijadikan referensi : 

1. Dropshipper

Kamu bisa memulai usaha tanpa mengeluarkan biaya dan modal dengan menjadi dropshipper. Dropshipper adalah orang yang memasarkan produk atau barang dari produsen, supplier atau distributor tanpa harus membeli atau menyetok barang.

Sebagai dropshipper kamu hanya fokus untuk menjual dan memasarkan produk kepada konsumen. Untuk mengoptimalkan penjualan dan menjangkau konsumen lebih luas, kamu dapat menggunakan media sosial sebagai media promosi. 

Bisnis online ini sangat fleksibel dan tidak menyita banyak waktu. Sehingga pekerjaan utama di kantor tidak akan terganggu. 

2. Fotografer

Suka foto atau memotret? Jangan hanya untuk swafoto saja. Asah keterampilan memotretmu dengan smartphone atau kamera yang sudah kamu miliki. Tampilkan di akun media sosial pribadi untuk ajang promosi. Jika sudah mahir cobalah kirim hasil jepretan ke situs-situs foto yang berani membayar mahal karya fotomu. 

3. Social Media Evaluator

Pekerjaan sebagai social media evaluator mungkin masih terdengar asing, namun pekerjaan sampingan ini sangat menjanjikan. Sosial media evaluator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi sebuah akun sosial media. Bahan evaluasi yang dilakukan utamanya berkaitan dengan konten seperti tulisan, foto dan video.

Untuk langkah awal merintis karir sebagai social media, kamu dapat bergabung ke sebuah agency tertentu. Contohnya Appen atau LionBridge. Fee yang ditawarkan cukup fantastis lho di sana, bisa mencapai mencapai hingga $5 per harinya! 

Selain itu kamu juga bisa mengelola honor yang kamu terima nantinya melalui aplikasi investasi agar bisa lebih menguntungkan. 

Adapun syarat untuk menjadi seorang social media evaluator adalah harus up date perkembangan media sosial dan mengikuti tren berita terkini. Selain itu kamu juga harus menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris.

4. Podcaster

Sekarang ini podcast menjadi salah satu tren yang banyak digemari. Di Indonesia banyak bermunculan podcaster handal. Kamu pun bisa menjadikan ini sebagai usaha sampingan yang menguntungkan. Hanya bermodalkan perekam suara di ponsel, kamu sudah bisa menghasilkan uang dari iklan apabila banyak yang mendengarkan. 

Pilihlah topik yang kamu kuasai yang kira-kira banyak diminati oleh audiences. Gunakan Audacity untuk mengedit audio lalu unggah hasil podcast ke platform yang tepat. Contohnya seperti Spotify, Soundcloud atau Anchor.

5. Penulis Lepas 

Di era digital, banyak sekali perusahan besar yang membutuhkan jasa di bidang kepenulisan. Melalui hobi menuli kamu dapat mengasah skill dengan menjadi penulis konten, slogan iklan, laporan, dan sebagainya. Pekerjaan sebagai penulis lepas sangat fleksibel sehingga bisa dilakoni oleh seseorang yang telah memiliki pekerjaan tetap di sebuah perusahaan. 

6. Toko Online 

Selain menjual jasa dan skill, kamu juga bisa memulai usaha sampingan karyawan tanpa modal dengan menjual barang atau produk secara daring. Jenis bisnis ini sangat cocok untuk karyawan karena waktunya bisa disesuaikan. Jenis produk yang dijual bisa sangat variatif sesuai dengan minat dan kecocokan. 

Kelebihannya dengan usaha toko online ini kamu dapat memasarkannya di toko online melalui situs atau marketplace. Keuntungannya nanti bisa kamu kelola melalui aplikasi investasi terpercaya. 

7. Thrift store 

Usaha sampingan karyawan tanpa modal

Thrift store merupakan istilah keren untuk menyebut toko yang menjual aneka pakaian bekas atau second. Lantas apa yang membedakan thrift store dengan toko second biasa? Perbedaannya ada pada kualitasnya. Thrift store hanya menjual baju bekas yang masih bagus dan layak pakai atau high-end. 

Nah, jika kamu memiliki baju-baju branded yang sudah kekecilan, kamu bisa menjualnya secara online. Untuk berjualan di thrift store, kamu wajib punya selera fashion yang bagus. 

8. Toko Sembako (Sembilan Bahan Bahan Pokok)

Bisa dibilang bisnis ini tidak ada matinya. Selama ada kehidupan, bahan pokok akan terus dibutuhkan. Sesulit apapun kondisinya orang tetap perlu makan dan minum. Karena alasan itulah bisnis sembilan bahan pokok bisa jadi usaha sampingan karyawan yang menguntungkan dan tahan krisis. 

Sembako meliputi beras, minyak goreng, sayur dan buah, gula, garam, daging, susu, telur dan gas elpiji. Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh karyawan. Kamu bisa menyetok persediaan barangnya di rumah dan memasarkannya secara online.  

Kembangkan Keuntungan Bisnis Sampingan Karyawan dengan Digital Banking

Tujuan memiliki bisnis sampingan karyawan adalah untuk memperoleh penghasilan tambahan. Jadi jangan biarkan keuntungan bisnis yang kamu peroleh hanya sekadar numpang lewat saja untuk membayar aneka pengeluaran yang bersifat produktif maupun konsumtif. 

Segera atur finansial dan mulailah berinvestasi. Langkah mudahnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi investasi digibank by DBS yang terbukti aman dan mudah

Layanan Aplikasi digibank by DBS ini merupakan aplikasi investasi terpercaya untuk menjawab semua kebutuhan investasi. Tersedia beragam produk investasi yang dapat dipilih. Salah satunya yang direkomendasikan untuk mengelola keuangan bisnis yaitu obligasi atau surat hutang.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi melalui Aplikasi digibank by DBS:

  • Transaksi lengkap, mudah dan aman
  • Adanya asuransi dan tersedia lebih dari 150 produk investasi
  • Tersedia produk Kartu Kredit dan pinjaman dengan approval 60 detik

Aplikasi investasi digibank by DBS memudahkan kamu mengamankan dan mengembangkan keuangan bisnis. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk investasi, cukup Rp 1 juta atau 1 dolar kamu sudah bisa membeli obligasi sebagai instrumen.  

Keunggulan lainnya, investasi dalam aset surat hutang ini sudah mendapatkan jaminan dari pemerintah. Selain itu akan mendapatkan pengembalian 100% nilai pokok saat jatuh tempo tiba.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS demi masa depan finansial yang cerah dan usaha sampingan karyawan berjalan lancar dan mendatangkan banyak cuan. Untuk informasi lengkap klik tautan di sini.

Related Posts

2 comments

  1. Jadi dropshipper rasanya bisa dilakukan dengan santai karena nggak membutuhkan waktu khusus tapi bisa diselipkan pada aktivitas harian ya. Aaa ternyata jadi podcaster juga bisa menghasilkan uang jajan tambahan.

    ReplyDelete
  2. akhirnya dapet insight utk usaha sampingan disini, dan baru tahu juga point ke-7 ttg thrift store. Klo boleh tahu, utk jual barang bekas yg berkualitas itu biasanya ambil darimana kak? ato seperti seller2 di tiktok impor dari china kah..

    ReplyDelete

Post a Comment