4 Cara Memilih & Tahu Apa Saja Jenis-Jenis Bus Pariwisata

Post a Comment
Konten [Tampil]
Berbagai jenis bus pariwisata masih dipilih kalau mau bepergian dalam jumlah banyak. Rombongan mahasiswa sampai pengajian mengandalkan kendaraan ini karena mampu mengangkut puluhan orang sekaligus. 

Proses pembelian tiket pun semakin mudah karena dilakukan secara daring. Kamu bisa beli tiket bus sekarang juga tanpa harus antri dan menunggu lama. Sembari membaca artikel ini pun sempat. Jadi, tenang saja.

Memilih bus pariwisata yang bagus menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Jangan sampai kamu jadi korban penipuan sampai keteledoran sopir karena belum berpengalaman. Kalau diabaikan yang ada kamu nyesel sendiri. Bukannya seneng malah bete sepanjang hari. Liburan nggak, merajuk iya.

Cara memilih dan tahu apa saja jenis bus pariwisata

Cara Memilih Bus Pariwisata

Melihat pengalaman PO menjadi salah satu pertimbangan pertama kamu sebelum memilih tiket bus. PO yang berpengalaman biasanya memiliki supir yang handal, jam terbangnya tinggi, dan mampu mengatasi masalah medan di lokasi wisata tertentu.

Ini bukan satu-satunya pertimbangan dalam memilih bus pariwisata.  Mau tahu? Yuk simak bagaimana cara memilih bus untuk pariwisata yang aman dan nyaman.

1. Memilih Armada yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum beli tiket bus, pilihlah armada bus yang sesuai kebutuhanmu. Bus pariwisata sering dipakai karena harganya yang terjangkau untuk orang banyak. Bus eksklusif dipilih kalau kamu mengutamakan kenyamanan berkendara namun harganya jauh lebih mahal.

Perlu diketahui, setiap armada bus memiliki spesifikasi dan produk yang berbeda-beda. Perbedaan produk mempengaruhi berapa uang yang harus dikeluarkan. Sebelum beli tiket bus sekarang, perhatikan lagi kebutuhan dan uang yang kamu punya.

2. Perhatikan Jumlah Penumpang yang Dibawa

Setelah memilih armada yang sesuai kebutuhanmu, berikutnya adalah bagaimana menentukan jumlah kursi untuk bus. Sebelum itu, kamu harus merencanakan jumlah penumpang terlebih dahulu sebelum menyewa bus. 

Mengetahui jumlah penumpang dapat membantumu memilih bus mana yang sesuai kapasitas jumlah orang. Setiap bus memiliki jumlah kursi dan kapasitas penumpang. Membawa bus dengan jumlah penumpang berlebih dapat membahayakan semua penghuni. 

Kalau kamu membawa rombongan sedikit, jenis bus pariwisata minivan dapat menjadi pilihan. Medium bus jadi pilihan ketika membawa rombongan banyak. Berbeda dengan jenis Big bus yang dipakai jika kamu membawa rombongan dalam jumlah sangat banyak. 

3. Perhatikan Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas bus tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja, sehingga perlu kamu perhatikan dengan seksama. Umumnya bus menyediakan fasilitas berupa AC, bagasi tas, maupun alat hiburan karaoke. 

Cara menentukan fasilitas bus dengan bijak adalah perhatikan kembali tujuan keberangkatan. 

Seandainya kamu hanya pergi liburan ke tempat wisata dalam kota, pilihlah bus yang memiliki fasilitas standar. Toh, hanya membutuhkan waktu satu hari saja. 

Bagaimana kalau perginya keluar kota seperti study tour selama berhari-hari? Maka carilah bus yang punya fasilitas tambahan seperti kamar mandi, colokan usb di tiap kursi. 

Perjalanan jauh tentu saja memakan waktu dan tenaga. Belum kebosanan yang melanda karena kamu cuma duduk di dalam bus.

Fasilitas bus berbanding lurus dengan harganya. Jadi, perhitungkan kembali fasilitas yang didapatkan serta tujuan kamu memilih bus pariwisata ya.

Baca juga :

4. Carilah Agen Bus Terpercaya

Terakhir, hal penting yang perlu dicanangkan adalah memilih agen bus yang terpercaya. Cara mudah mencari agen bus terpercaya ialah dengan melihat armadanya yang lengkap, terdapat customer service, mudah dihubungi, dan semua unit mendapat perawatan dengan baik.

Traveloka bekerja sama dengan 60+ armada bus terpercaya di Indonesia untuk memberikan kamu pelayanan dan kenyamanan dalam naik bus. Fasilitas bus di Traveloka memiliki berbagai jenis untuk setiap kebutuhan seperti Premium, VIP, Eksekutif, sampai super eksekutif dengan fasilitas menarik. 

Jenis-jenis Bus Pariwisata

Bus pariwisata memiliki kapasitas penumpang luas sehingga mampu membawa banyak penumpang. Bus ini memiliki berbagai jenis bus pariwisata yang bisa kamu pilih sesuai kebuthan. Setiap jenis memiliki karakteristik dan ketentuan kapasitas yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis bus pariwisata.

1. Mini Van

Minivan merupakan jenis bus pariwisata dengan roda empat. Satu kendaraan memiliki kapasitas untuk menampung dua barik sebelah kanan dan dua baris di sebelah kiri, dengan jumlah 20 orang.

2. Medium Bus

Medium bus juga disebut sebagai bus ¾. Jenis bus pariwisata ini memiliki kapasitas 35 kursi. Serta terdapat konfigurasi kursi yang terdiri dari dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri. 

3. Junior Bus

Junior bus memiliki kapasitas lebih dari 39 kursi. Model bus ini sedikit lebih panjang daripada medium bus namun lebih kecil dari big bus. 

Junior bus merupakan bagian penyempurnaan dari medium bus secara ukuran fisik, sehing ruang penumpan akan terasa lebih luas dan membuat nyaman.

4. Big Bus

Jenis bus pariwisata Big bus memiliki kapasitas 59 penumpang dengan konfigurasi dua di sebelah kanan dan tiga di sebelah kiri. Pengaturan kursi ini disebut sebagai bus kelas ekonomi.

Jenis big bus memiliki konfigurasi yang lebih nyaman.Hal ini akan membuat ruang gerak pada bus lebih banyak dari big bus sebelum nya. 

Itulah bagaimana cara memilih bus pariwisata yang untung dan liburan bikin happy. 

Jadi buat kamu yang ingin bepergian liburan bersama rombongan jangan sampai salah memilih bis yang bikin manyun sepanjang hari ya. 

Karena sekarang kamu bisa membeli tiket busnya langsung melalui aplikasi Traveloka. Sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Bersama Traveloka kamu bisa memilih jenis bus pariwisata sesuai dengan kapasitas rombonganmu. Semoga bermanfaat 😊

Newest Older

Related Posts

Post a Comment