6 Tips Persiapan Liburan Akhir Tahun Agar Menyenangkan

Post a Comment
Konten [Tampil]

Tips persiapan liburan akhir tahun perlukah? Tak terasa tahun 2022 menyisakan dua bulan lagi. Biasanya, jika mendekati akhir tahun, banyak traveler yang mulai mengambil cuti dan menyiapkan liburan ke berbagai destinasi dalam dan luar negeri.

Namun, pademi yang masih belum berakhir membuat banyak traveler yang ragu membeli tiket pesawat, karena berbagai alasan, seperti takut tiba-tiba positif Covid-19, atau penerbangan yang dibatalkan. Namun, kini kamu tak perlu khawatir lagi, karena sudah banyak platform perjalanan yang menyediakan fitur reschedule, seperti reschedule praktis via Traveloka.

Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun Agar Perjalanan Makin Menyenangkan

Tak hanya itu, agar liburan kamu tak berantakan dan tetap menyenangkan, ternyata ada beberapa tips juga yang bisa diterapkan. Kamu tidak mau rencana liburan yang sudah dirancang jauh-jauh hari, akhirnya harus batal karena alasan tertentu, kan?

Tips liburan akhir tahun

Untuk itu, berikut tips agar liburan akhir tahun kamu tidak kena zonk. Apa saja?

1. Tentukan Jadwal Liburan

Tips pertama yang bisa kamu terapkan adalah menentukan dahulu jadwal liburan yang ingin dipilih. Kamu juga harus mempertimbangkan banyak atau sedikitnya wisatawan yang akan berlibur di tanggal yang kamu inginkan.

Misalnya saja jika kamu bepergian mendekati tanggal 31 Desember, tentu akan semakin banyak orang juga yang liburan di tanggal yang sama dan berpotensi akan banyak wisatawan di tempat wisata yang ingin dituju. Ada baiknya kamu berlibur sebelum tanggal 25 Desember, untuk meminimalisir membludaknya jumlah wisatawan di tempat wisata.

2. Cek Ketentuan Bepergian

Pandemi yang belum berakhir membuat banyak kota atau negara masih memberlakukan pembatasan ketat kepada wisatawan yang masuk atau berlibur. Untuk itu, sebelum merencanakan untuk berlibur, kamu sebaiknya mencari tahu dahulu ketentuan bepergian yang berlaku di kota atau negara yang ingin kamu tuju.

Kamu bisa mengecek persyaratan masuk ke destinasi yang dituju, seperti persyaratan vaksinasi, hingga syarat lainnya. Kamu juga harus mengecek apakah negara atau kota tujuan kamu sudah membuka perbatasan mereka dan mengizinkan wisatawan masuk.

Misalnya saja Hong Kong, yang sebenarnya sudah menerima wisatawan, tapi masih dalam pembatasan ketat dan kewajiban untuk selalu tes antigen setibanya di tujuan. Selain itu, cari tahu juga tingkat penularan Covid-19 di tempat wisata yang ingin kamu tuju, agar kamu bisa meminimalisir kontak dengan orang lain.

3. Unduh Aplikasi Perjalanan

Zaman yang kini sudah sangat berkembang membuat teknologi juga semakin berkembang. Salah satunya adalah tersedianya beragam aplikasi perjalanan yang bisa kamu unduh untuk membantu memperlancar liburanmu. 

Sebelum pergi liburan akhir tahun, ada baiknya kamu mengunduh aplikasi ojek online, layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hingga penyewaan mobil yang bisa kamu dapatkan di satu aplikasi, seperti Traveloka. Aplikasi-aplikasi ini juga berguna untuk mengetahui gambaran rute perjalanan kamu di kota tersebut.

Tak hanya itu, di Traveloka misalnya, kamu juga bisa melihat berbagai informasi lainnya dengan mudah. Seperti informasi update peraturan perjalanan dari maskapai penerbangan dan lainnya.

4. Kemas Barang yang Diperlukan

Saat memutuskan untuk liburan, kadang kala kita jadi suka 'kalap mata' memasukkan barang apa saja yang dirasa diperlukan. Padahal, tak semua barang sebenarnya efisien dan akan kita pakai selama bepergian. Alhasil, koper menjadi overweight dan kamu harus mengemas ulang barang bawaan.

Untuk itu, saat berlibur, lebih baik kamu mengemas barang yang diperlukan saja. Kamu bisa membuat daftar barang-barang yang ingin dibawa, sesuai dengan jumlah hari liburanmu.

Kamu juga tak perlu membawa baju terlalu banyak, karena akan membuat kopermu menjadi lebih penuh. Jika bepergian lebih dari lima hari, lebih baik kamu mencari jasa laundry untuk mencuci pakaianmu, sehingga tidak menumpuk pakaian kotor selama perjalanan.

5. Membawa Makanan Ringan

Meskipun kadang kala jika berlibur kita ingin mencicipi makanan lokal daerah atau negara yang dikunjungi, tetapi ada baiknya kamu juga membawa makanan ringan dari rumah saat bepergian. Terlebih, jika kamu berlibur bersama keluarga dan membawa anak kecil, makanan ringan menjadi solusi terbaik agar anak tidak rewel sepanjang perjalanan.

Bawalah camilan atau makanan ringan secukupnya, untuk mengganjal perut atau dimakan saat kamu merasa bosan selama perjalanan. Pilih makanan yang banyak disukai orang-orang, seperti keripik kentang atau biskuit yang cocok untuk anak-anak.

6. Perhatikan Cuaca

Terakhir, kamu juga sebaiknya memperhatikan prakiraan cuaca di destinasi yang ingin dituju, agar tidak zonk selama liburan. Hal ini berguna, agar kamu juga bisa menyiapkan berbagai peralatan untuk mendukung liburanmu.

Misalnya destinasi yang ingin kamu tuju ternyata diperkirakan akan hujan seharian, maka kamu bisa membawa jas hujan atau payung sebelum pergi. Memperhatikan prakiraan cuaca juga berguna, agar kamu bisa terhindar dari kemungkinan terburuk, seperti terkena badai di tempat tujuanmu.

Nah, itu tips-tips yang bisa kamu terapkan saat liburan akhir tahun mendatang. Tetap ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di mana pun kamu berada, ya!

Related Posts

Post a Comment