6 Tips Persiapan Liburan ke Bali untuk Pemula

Konten [Tampil]

Persiapan liburan ke Bali

Mau liburan ke Bali? Tapi karena masih pemula bingung persiapan liburan ke Bali apa saja?

Ah ngomongin Bali, siapa sih yang nggak tergiur? Mendengar kata Bali saja pasti sudah terbayang keindahan pantainya yang memukau hingga terdengar ke seluruh penjuru dunia. Siapa saja, dan bahkan kamu juga termasuk salah satu dari yang  menginginkan berlibur ke destinasi yang memiliki julukan Pulau Dewata ini, baik bersama pasangan, keluarga, maupun sahabat. Apalagi kalau bukan untuk menikmati keindahan serta kentalnya budaya masyarakat Bali.

Nggak heran sih, kalau Bali kerap menjadi destinasi wishlist wisatawan sebagai tempat yang wajib dikunjungi untuk menikmati indahnya alam dan terlepas sejenak dari hiruk pikuk kota. Terlebih dengan mudahnya transportasi ke Bali dan bermacam promo serta penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya dengan menggunakan maskapai Super Air Jet.

Tips Persiapan Liburan ke Bali untuk Pemula

Supaya liburan kamu ke Bali tidak sia-sia dan menghabiskan anggaran yang tidak terkira, ada baiknya kamu membuat rencana dan persiapan semua kebutuhan selama liburan di Bali. 

Buat kamu pemula, berikut beberapa tips yang bisa dicoba saat berlibur ke Bali sehingga liburan tetap nyaman dan aman serta mengasyikkan :

1. Membuat rencana liburan

Ada baiknya sebelum berangkat berlibur, kamu membuat rencana perjalanannya terlebih dahulu. Mulai dari pemilihan moda transportasi sesuai dengan kebutuhan, destinasi wisata yang nantinya akan kamu kunjungi sesampainya di Bali, akomodasi untuk menginap, biaya makan, tiket masuk atraksi atau destinasi, hingga transportasi selama kamu berada di Bali. 

Membuat rencana perjalanan akan membuat liburanmu menjadi lebih terarah. Sebab, rencana perjalanan bisa kamu gunakan sebagai acuan kamu selama berlibur. Jadi, kamu bisa menyiapkan anggaran perjalanan sehingga tidak menghabiskan banyak pengeluaran hanya untuk liburan.

Baca juga :

2. Membawa barang seperlunya

Bepergian tentu identik dengan membawa berbagai barang kebutuhan. Sebaiknya, bawalah barang seperlunya agar bagasi tidak kelebihan muatan alias overload. Sesuaikan pakaian yang hendak dibawa dengan tujuan wisata yang hendak kamu datangi.

Misalnya, pakaian tipis untuk pergi ke pantai, dan pakaian renang jika kamu ingin berenang. Selain itu, beberapa barang lain yang bisa kamu bawa seperti losion, sunscreen, sandal yang nyaman, alat elektronik seperti ponsel atau tab dengan perlengkapannya, perlengkapan mandi, dan obat-obatan. 

3. Pemilihan waktu dan lokasi yang tepat

Waktu dan lokasi wisata yang dituju juga perlu diperhatikan agar liburan tidak menjadi sia-sia karena lonjakan pengunjung yang datang pada waktu yang bersamaan. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bali akan memudahkan kamu untuk mengunjungi banyak objek wisata yang menarik.

Waktu terbaik berkunjung ke Pulau Dewata yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober. Pada periode tersebut, cuaca di Pulau Bali sedang baik dan intensitas curah hujannya sedang rendah. Jadi, kamu bisa berkunjung ke pantai atau destinasi wisata terbuka lainnya. Selain itu, datang saat Bali sedang cerah juga membuat kamu tidak akan kebasahan saat berjalan-jalan menikmati Bali. 

4. Pemesanan tiket dan hotel

Menjelang waktu libur, biasanya harga tiket pesawat ataupun hotel akan melambung. Inilah mengapa, kamu dianjurkan untuk melakukan pemesanan tiket perjalanan dan hotel jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Biasanya, kamu akan mendapat banyak promo dan penawaran menarik setiap melakukan pemesanan.

Dengan memesan tiket dan hotel lebih awal, kamu tidak hanya menghemat biaya untuk perjalanan, terutama dengan banyaknya promo yang bisa kamu gunakan, tetapi juga tidak harus terburu-buru dalam mencari tiket dan hotel mendekati tanggal berangkat.

5. Menyewa kendaraan 

Guna memudahkan mobilitas kamu selama berlibur di Bali, ada baiknya kamu menyewa kendaraan pribadi. Selain bisa menghemat anggaran untuk transportasi, juga bisa lebih nyaman saat hendak bepergian ke berbagai destinasi wisata yang ada di Pulau Dewata.

Ketika menyewa kendaraan pribadi, kamu bisa mengemudikan kendaraan tersebut sendiri atau lengkap dengan jasa pengemudi. Pastikan menyewa kendaraannya di tempat yang kredibel dan terpercaya ya serta memiliki banyak pilihan tipe kendaraan. Kamu dapat mencari rekomendasinya dari wisatawan lain atau langsung menyewa di aplikasi penyedia perjalanan seperti Traveloka.

6. Kebiasaan atau adat setempat

Sebagai pendatang, tentunya kamu harus mengerti kebiasaan dan adat masyarakat di lokasi yang didatangi. Misalnya, mengenakan pakaian tertutup ketika berkunjung ke pura atau tempat lain yang sakral bagi masyarakat Bali. Selain itu, sebaiknya kamu juga menjaga kesopanan tingkah laku dan komunikasi selama berkunjung ke destinasi yang disakralkan oleh penduduk setempat.

7. Bawa uang tunai

Ini yang paling dan jangan sampai lupa. Ada baiknya menyiapkan beberapa lembar uang tunai. Memang benar, sebagian besar gerai di Bali telah memudahkan para wisatawan dengan adanya transaksi secara digital. Namun, membawa uang tunai untuk berjaga-jaga juga tidak ada salanya, kok. 

Akan tetapi, tetap pastikan kamu tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang berlebihan, ya! Selalu ingat jika kamu sedang berlibur di Bali, destinasi yang sangat ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Tetap waspada untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan selama kamu berlibur. 

Simpanlah uang tunai dan barang berharga kamu lainnya pada tempat yang aman. Misalnya, tas kecil khusus atau saku celana. Pisahkan uang tunai pada beberapa tempat saat menyimpannya. Jadi, apabila mengalami tindak pencurian, kamu tidak mengalami kerugian besar.

Demikian tadi beberapa tips yang dapat kamu coba saat berkunjung dan persiapan liburan ke Bali untuk pemula. Terkait dengan pemesanan tiket pesawat, booking hotel, hingga sewa kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilitas kamu selama berada di Bali, percayakan saja pada Traveloka. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Related Posts

Post a Comment