Kemitraan Usaha Frozen Food Pemula yang Wajib Dipahami

Post a Comment
Konten [Tampil]

Bisnis kekinian bisa dimulai dengan menjalin kemitraan usaha frozen food

Bagi pemula wajib tahu nih kemitraan usaha forzen food yang harus diketahui sebelum memulai bisnisnya. Tujuannya? Agar bisnis usaha yang dijalankan bisa fokus dan target penjualan serta keuntungan pun sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelum aku bahas lebih lanjut, teman-teman sudah pada tahu belum apa itu kemitraan usaha?

Kemitraan usaha adalah dimana pemilik usaha kecil dan usaha besar saling bermitra, yang nantinya dari pihak pemilik usaha besar akan membimbing dan membantu pemilik usaha kecil dengan memperlihatnkan beberapa prinsip yang paling diperlukan untuk saling memperkuat dan saling menguntungkan di antara keduanya.

Dalam dunia bisnis, kemitraan atau yang sering disebut juga sebagai partnership usaha bukan hal yang asing lagi. Apalagi dengan banyaknya peminat dengan sistem kerjasama yang terjalin melalui kemitraan ini memang terlihat relatif mudah jika menjalankan bisnisnya seorang diri. 

Apalagi jenis kemitraan usaha yang dipilih adalah usaha frozen food. Yang bisa dilihat sendiri, selama pandemi minat masyarakat terhadap makanan cepat saji ini semakin meningkat setiap harinya .

Tips Aman untuk Pemula Memulai Kemitraan Usaha Frozen Food

Kemitraan usaha frozen food ada yang menggunakan sistem waralaba, dimana sebagai pengusaha kecil teman-teman bisa membeli satu merk dari suatu produk yang dimiliki (franchise), atau bisa juga dengan menjual yang varian beku dari distributor resminya.

Walaupun demikian sebagai pemula yang ingin serius dibidang kemitraan usaha ini harus memperhatikan beberapa hal berikut;

1. Pelajari dan Pahami Bagaimana Cara Kerja Bisnis Melalui Mitra Usaha

Sebelum menjalin kerjasama terlebih dahulu pahami dan pelajari atau bisa juga tanya-tanya dengan teman-teman lainnya yang paham tentang mitra usaha ini. Karena setiap usaha yang mengijinkan perusahaannya untuk bermitra memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda, terutama dalam hal harga jual.

Teman-teman harus betul-betul memahami bagaimana Standard Operating Procedure (SOP) yang diajukan oleh perusahaan mitra.

2. Tentukan Produk Frozen Food yang Akan Dijual

Frozen food  seperti yang teman-teman ketahui mempunyai banyak varian. Jadi sebelum memutuskan untuk join bersama mitra usaha frozen food, tentukan dan fokus pada satu jenis produk saja. 

Dengan memilih fokus pada jenis tertentu, hal ini akan mempengaruhi citra dan branding usaha teman-teman nantinya. Kualitas frozen food yang dijual pun akan terjaga kualitasnya dan mendatangkan banyak pembeli.

3. Targetkan Pelanggan

Mengidentifikasi target pelanggan ini untuk memudahkan teman-teman saat melakukan promosi dan mengenalkan usaha bisnis nantinya. Misal target pelanggannya teman-teman adalah anak-anak milenial seusia remaja atau yang young adult.

Dalam hal ini bisa dilakukan melalui postingan Instagram, dan bisa mendaftarkannya pada Go-Food pesan antar.

4. Persiapkan Peralatan yang Dibutkan

Peralatan khusus untuk memulai bisnis usaha dengan bermitra frozen food adalah mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku. Walaupun tergolong mahal, mesin pendingin ini nantinya bisa digunakan untuk waktu jangka panjang.

Selain mesin pendingin, siapkan juga kemasan plastik khusus yang memang dirancang untuk makanan beku. Pastkan plastiknya tidak bocor dan terjamin kualitasnya.

5. Siapkan Modal

Apaun usahanya tetaplan modal harus disiapkan sebelum menjalankan semua bisnisnya. Dalam bermitra modal bisa dihitung dimulai untuk keperluan membeli makanan frozen food yang akan dijual nantinya, kemudian lemari pendingin, toko, listrik dan lain-lain yang sekiranya diperlukan untuk menunjang usaha agar berjalan sesuai rencana.

6. Frozen food yang Dipilih Memiliki Izin Edaran Resmi

Bermitra dengan usaha yang sudah memiliki izin edaran resmi sangatlah penting dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen terutama. Hal ini menandankan bahwa makanan yang teman-teman jual sudah sesuai standar dan aman untuk dikonsumsi.

Apalagi negara Indonesia didominasi kaum muslim tentu ini harus diperhatikan oleh setiap pemilik usaha bisnis yang bermitra.

Kesimpulan

Usaha bisnis bukanlah hal mudah saat menjalankannya, pasti akan ada pasang surut, sepi pelanggan dan mungkin bangkrut dan sebagainya. Nah buat pemula yang baru bergabung di dunia berwirausaha bisa coba untuk melakukan kemitraan usaha ini.

Untuk itu bagi pemula memiliki partnership sangat direkomendasikan. Selain karena bermitra, usaha yang dijalankan akan mendapatkan bimbingan dan sharing pengalaman dari perusahaan besar. 

Begitupun dengan menjalin kemitraan usaha frozen food bagi pemula yang ingin membuka usaha untuk makanan beku.

Related Posts

Post a Comment