Cara Bersihkan Lensa Kamera Hp, No. 3 Wajib Dicoba!

Post a Comment
Konten [Tampil]

Cara Bersihkan Lensa Kamera Hp

Punya Android? Wajib tahu cara bersihkan lensa kamera Hp. Supaya apa? Kalau-kalau layar kameranya buram atau hasil fotonya jadi ngeblur, teman-teman tidak perlu membawa ke bengkel Hp untuk memperbaiki lensa kamera agar kembali normal.

Hal itu tidak perlu sama sekali.

Karena di zaman yang serba mudah ini, kalau bisa dibersihkan sendiri kenapa harus repot-repot mengeluarkan biaya cuma untuk membersihkan lensa kamera Hp.

Sekarang apa-apa bisa dilakukan secara mandiri, dirumah, tanpa harus keluar rumah. Apalagi lagi pandemi ginikan.

Manfaatkan apa saja yang ada dirumah, yang sekiranya bisa membantu teman-teman ampuh membersihkan lensa kameranya. 

Apalagi kamera depan hp nih. Rasanya kalau tidak selfi di tempat-tempat baru yang sedang dikunjungi tidak sah rasanya. Iya atau iyaa?? 😂

Penyebab Kamera Hp Buram

Nah sebelum kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana cara membersihkan lensa kamera hp baik yang dibagian depan dan belakang, teman-teman harus tahu lebih dulu nih penyebab kenapa lensa kamera jadi buram dan hasil bidikan kameranya tidak sesuai keinginan.

Ternyata ada beberapa penyebab yang bisa membuat lensa kamera jadi buram dan teman-teman bisa berjaga-jaga untuk itu (kalau bisaa, hehehe), diantaranya:

1. Sidik Jari

Sidik jari tanpa disadari bisa menyebabkan lensa kamera jadi buram loh, apalagi kalau lagi sibuk di dapur, langi nyiapin masakan terus bunyi hp atau berbalas pesan disela memasak. Jari tangan masih dalam keadaan berminyak dan sebagainya kalau terpegang dibagian lensanya bisa menyebabkan buram.

Tangan berkeringat, lensa kamera terkena noda cipratan dan lain-lain. 

2. Debu

Satu masalah yang kalau diabaikan bisa berefek ke lainnya. Apalagi kalau hpnya tidak memakai casing, jadinya debu bisa langsung terpapar ke lensa kameranya. 

3. Minyak di wajah

Sadar nggak sih, kadang kalau teman-teman sedang mengangkat telpon otomatis layar hp akan menempel pada bagian wajah kita. Nah kalau wajah dalam kondisi berminyak tentu ini secara tidak sengaja akan mengenai lensa kamera bagian depan juga bukan. 

4. Goresan

Bila hp terjatuh atau terbentur, segera cek kondisi hp-nya. Jika goresan mengenai bagian lensa kamera hal ini akan membuat hasil kamera jadi buram.

Nah itu dia beberapa penyebab lensa kamera hp jadi buram. Mula sekarang-teman bisa mengatasinya untuk segera membersihkan beberapa penyebab di atas. 

Itu saja? Tentu tidak. Masih ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat lensa kamera jadi buram.

Cara membersihkan lensa kamera hp Depan

Di saat sedang mengalami beberapa penyebab lensa kamera jadi buram, sebaiknya teman-teman bisa langsung mengambil tindakan dengan cara membersihkannya segera. Jangan ditunda-tunda.

Ah iya, sebelum membersihkan ada baiknya menyiapkan alat-alat untuk membersihkan terlebih dahulu. Tidak ribet. Justru alat-alatnya sangat mudah dijumpai dan selalu tersedia dirumah.

Persiapkan Alat untuk Membersihkan Lensa Kamera

1. Kain lap microfiber

2. Cotton Buds

3. Air

4. Wipol Disinfektan Spray

5. Wipol Wipes

Langkah-Langkah Cara Bersihkan Lensa Kamera Hp

1. Cara pertama, teman-teman bisa oleskan sedikit odol ke kain lap microfiber, lalu gosokkan ke bagian lensa kamera hp yang buram secara perlahan.

2. Cara kedua, masih dengan bahan utamanya odol. Oleskan sedikit odol pada cotton buds. Lalu gosokkan cotton buds searah jarum jam pada bagian lensa kamera. Usahakan semua bagian lensa kameranya di gosok secara merata ya.

3. Cara terakhir teman-teman bisa coba lakukan dengan wipol spray. Caranya semprotkan wipol spray ke kain lap microfiber, lalu gosokkan ke bagian lensa kamera hp secara perlahan.

Nah itulah cara membersihkan kamera depan yang buram. Dan disini yang menjadi menarik adalah wipol yang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lensa kamera hp.

Semoga bermanfaat ya postingan tentang cara bersihkan lensa kamera hp ini. 

Related Posts

Post a Comment