Macam-Macam Alergi Jenis Dermatitis, Kenali Penyebabnya!

Konten [Tampil]

Macam-Macam Alergi Jenis Dermatitis, Kenali Penyebabnya!

Macam-macam alergi jenis Dermatitis. Pernahkah teman-teman mendengar jenis alergi seperti Dermatitis? Mungkin sebagian dari kita menganggap kalau yang namanya alergi ya sama saja. Sama-sama mempunyai gejala seperti gatal-gatal dan ruam, atau mungkin berbentuk bintik-bintik kecil berwarna merah yang bisa sangat mengganggu penampilan.

Mungkin ada juga sebagian lagi yang sudah tidak terasa asing lagi dengan sebutan dermatitis ini. Karena sama-sama berasal dari sebutan untuk penyakit kulit, penyakit kulit dermatitis satu ini sudah sangat umum ditemui.

Nah ngomongin dermatitis. Tahu nggak sih apa itu Dermatitis?

Dermatitis adalah peradangan yang terjadi pada kulit. Dalam hal ini ditandai dengan adanya gejala ruam kemerahan yang disertai dengan kulit seseorang mengalami gatal-gatal, kering, bahkan hingga bersisik.

Diklaim sebagai penyakit kulit yang tidak berbahaya, tapi tetap saja kalau penyakit ini muncul dan terlihat pasti akan sangat mengganggu terutama dalam penampilan.

Pada dasarnya kalau seseorang mengalami gatal-gatal pada kulitnya, pasti ia akan tergoda untuk menggaruknya. Nah disini yang seharusnya diantisipasi. Karena pada bagian kulit yang gatal, jika sering digaruk, pada akhirnya akan terluka, melepuh, kemudian tidak lama bisa saja mengeluarkan cairan dan berakhir mengelupas.

Tentu beberapa hal yang disebabkan gatal-gatal tidak ingin terjadi pada teman-teman bukan. Nah untuk itu kenali dulu yukk berbagai jenis dermatitis yang harus diketahui dan cara mengatasinya agar terhindar.

Macam-Macam Alergi Jenis Dermatitis

Walaupun penyakit gatal-gatal dari jenis dermatitis ini tidak berbahaya dan menular, namun sebaiknya kita tetap harus melindungi diri dari faktor-faktor yang disebabkan oleh macam-macam alergi dari jenis dermatitis ini bukan.

Dan ternyata untuk jenis penyakit dermatitis ini terdapat beberapa jenis dengan beberapa efek yang ditimbulkan dari beberapa jenisnya tidak asing dan pasti pernah teman-teman rasakan juga, setidak satu hingga dua kali mungkin (?).

Baca juga :

1. Dermatitis Kontak

Dermatitis jenis kontak ini ternyata terdapat dua bagian, diantaranya adalah jenis dermatitis kontak iritan dan jenis dermatitis kontak alergi.

Dermatitis kontak iritan bisa terjadi karena kulit mengalami iritasi akibat terpapar bahan kimia yang sangat kuat (zat iritan). Dalam kehidupan sehari-hari akan teman-teman temui pada produk-produk rumah tangga seperti cairan pembersih rumah, pembersih hama bahkan hingga pada produk perawatan tubuh dan lain-lain.

 Sedangkan dermatitis kontak alergi bisa terjadi apabila kulit teman-teman terpapar bahan tertentu yang bisa memicu reaksi alergi pada kulit.

Seperti pada produk kosmetik yang tidak cocok di kulit, lateks atau karet, bahan perhiasan, tanaman poison ivy, dan lain-lain. 

Untuk mencegah munculnya dermatitis kontak ini sebaiknya melihat terlebih dahulu isi dari kandungan yang digunakan untuk keperluan rumah dan sehari-hari agar terhindar dari dermatitis kontak ini.

2. Dermatitis seboroik pada wajah

Dermatits serboroik biasanya akan muncul pada kulit yang berminyak, seperti pada kulit kepala dan wajah. Gejala jenis dermatitis ini pada orang deawasa adalah ditandai dengan munculnya sisik berwarna kekuningan pada kulit serta ketombe pada rambut.

Adapun penyebabnya adalah karena tumbuhnya jamur tertentu secara berlebihan pada kulit. Untuk mengatasi Dermatitis seboroik ini adalah dengan menggunakan shampo khusus dan obat anti jamur.

3. Dermatitis Atopik

 Dikenal dengan sebutan eksim, dermatitis atopik adalah yang paling terjadi. Terutama pada anak-anak balita. Selain karena faktor genetik, penyebab lainnya adalah adalah karena faktor lingkungan, kulit kering, dan adanya gangguan imum pada tubuh.

Ada beberapa cara mengobati dermatitis atopik ini, diantaranya dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Rutin mengaplikasikan pelembap agar kulit selalu terjaga kelembapannya
  2. Mengonsumsi obat-obatan yang dapat mengontrol kerja imum pada tubuh
  3. Melakukan terapi dengan sinar ultraviolet
  4. Mengoleskan obat kortikoteroid sesuai saran dokter

4. Neurodermatitis

Neurodermatitis biasanya muncul dikarenakan faktor rasa gatal di area kecil, seperti pada tangan, kaki, belakang leher, nelakang telinga, atau di bagian alat kelamin. Bila jenis neurodermatitis ini terus di garuk, bagian gatalnya akan menebal, berwarna kemerahan dan akan berkeriput.

Tentu dalam hal ini teman0teman tidak ingin mengalaminya bukan.

Efek buruk dari jenis penyakit kulit satu ini adalah jika si penderita sedang mengalami stres atau mengalami gangguan pencernaan akan berakibat buruk kepada si penderita.

5. Dermatitis Numularis

Nama lain dari Dermatitis numularis adalah eksim diskoid. Gejala jenis ini adalah munculnya ruam merah dalam jumlah banyak dan berkelompok yang disertai dengan rasa gatal dan nyeri. 

Jenis numularis ini adalah penyakit kambuhan. Jika tidak ingin kambuh, upaya yang harus teman-teman lakukan adalah dengan menghindari faktor penyebab iritasi dan alergi serta menjaga kesehatan dan keebrsihan kulit dengan menggunakan serangkaian produk yang tepat. Seperti Lifebuoy misalnya.

Kesimpulan

Menjaga kebersihan tidak hanya lingkungan di sekitar saja, tapi juga tubuh perlu diperhatikan agar kebersihan tetap terjaga dan kita terhindar dari segala penyakit terutama alergi pada kulit.

Menggunakan serangkaian produk seperti Lifebuoy yang diklaim bisa melindungi kulit dari kuman yang menjadi penyebab munculnya alergi adalah solusi yang tepat. Selain bisa melindungi dari kuman, juga bisa menjaga kelembapan kulit agar tidak kering. 

Apalagi kalau perawatan menggunakan produk lifebuoy Sabun Cair Mild Care yang di dalamnya terdapat kandungan kebaikan alami susu dan oat yang bisa membuat kulit tetap terjaga lembut dan halus.

Formula yang terdapat di dalam Lifebuoy Sabun Cair Mild Care dikhususkan untuk ringan di kulit, dan efektif banget melindungi kulit dari kuman dalm kurun waktu 10 detik.

Agar terhindar dari macam-macam alergi dari jenis dermatitis ini tentu saja menggunakan sabun cair lifebuoy ini sangat dianjurkan buat teman-teman dan sekeluarga agar tetap sehat dan bahagia. 

Related Posts

Post a Comment