Keringat Berlebih? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]
Keringat berlebih? Kenali gejala dan cara mengatasinya

Mempunyai keringat berlebih tentunya bukan kemauan dan keinginan kita kan. Keringat bisa muncul karena faktor dari kegiatan kita sehari-hari. Bahkan hanya sekadar duduk santai dan tiduran saja pun bisa mengeluarkan keringat, apalagai tanpa pendingin ruangan dimusim seperti sekarang ini.

Seperti kondisi di Aceh cuaca panasnya yang luar biasa, baru selesai mandi pun keringat bisa jadi muncul dengan sendirinya dengan begitu cepat. Padahal baru kelar mandi loh, dan hal ini tentu saja sangat mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Terkadang bisa jadi juga mengurangi rasa percaya diri saat beraktifitas.

Teman-teman pernah ngalamin hal yang serupa seperti aku tidak?

Yang harus teman-teman tahu bahwa normalnya, hampir rata-rata kita menghasilkan keringat sebanyak satu liter setiap harinya. Kebayang dong sebanyak apa itu keringat kalau ditampung 😂. Tapi dari satu liter itu ada sebagian keringatnya mengering atau menguap dengan sendirinya tanpa kita sadari. 

Berbeda dengan keringat kalau kita sedang beraktifitas berat, seperti sedang berolahraga, atau memang sedang benar-benar kepanasan karena cuacanya.

Cari Tahu Gejala Timbulnya Keringat Berlebih

Yuk kenali gejala dan penyebab munculnya keringat agar teman-teman bisa membedakan mana keringat yang berlebihan tapi sebenarnya itu keringat normal dan mana jenis keringat yang harus diwaspadai yang ditakutkan itu adalah jenis yang bisa menimbulkan penyakit untuk tubuh kita.

  • Lingkungan yang panas

Salah satu faktor yang tidak mengenakkan memang. Apalagi yang bertempat tinggal di iklilm tropis gini. Tak heran kalau orang bule ke Indonesia, pasti hal pertama yang dikeluhkan adalah cuaca panasnya, hehehe

Lingkungan yang panas salah satu hal utama yang bisa memicu munculnya keringat, terutama dibagian-bagian lipatan pada tubuh kita, seperti di ketiak, dibalik lutut, telapak tangan dan lain-lain.

  • Gerakan dan aktiftas fisik

Ada nggak sih dengan aktifitas yang padat dan kerap melakukan beberapa pergerakan tapi keringat tidak muncul? Jarang dong atau memang tidak ada?

Karena jenis kegiatan satu ini apalagi dilakukan dengan banyak gerakan pasti akan mempercepat munculnya biang keringat ditempat-tempat yang tidak diinginkan terutama dibagian ketiak.

  • Perasaan emosional

Terbawa emosi dan bagi yang sedang stres tak jarang kadang bisa menimbulkan keringat disela-sela tubuh, hal ini karena banyaknya pikiran dan efek grogi. Saat gelisah pun, hal ini bisa memicu.

  • Penyakit

Pada saat tubuh seseorang sedang diserang demam, keringat berlebih pasti akan muncul dan tak jarang sampai harus digantikan pakaiannya berkali-kali. Hal ini menjadi dasar bahwa keringat tidak muncul karena aktifitas dan cuaca saja, tapi juga dari penyakit.

Dan tentu saja masih banyak lagi penyebab awal dan gejala dari munculnya keringat ini yang mengganggu aktifitas sehari-hari. Dan hal ini tentu saja balik ke aktifitas masing-masing. Seperti halnya pada saat menstruasi dan peruban hormon, dan lain-lain.

Cara Mengatasinya

Tidak ada masalah tanpa ada solusi yang bisa diatasi, iya kan 😂 begitu pun dengan sumber yang bisa mengurangi rasa percaya diri yang satu ini. Untuk mengatasinya tentu teman-teman punya caranya masing-masing kan, begitu pun aku yang punya cara sendiri dan kurasa terasa ampuh dan cepat tanpa ribet juga.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi keringat berlebih yang terasa mengganggu adalah bisa dengan cara medis dan non medis. Untuk medis sudah tahu dong ya harus segera dikonsultasikan segera ke dokter, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak mengenakkan tentunya.

Baca Juga :

Nah untuk cara non medis mudah-mudah saja kok, diantaranya:

  1. Gunakan Antiperspiran yang bisa mengurangi keluarnya keringat yang berlebih. Ini bisa teman-teman temukan di dalam kandungan deodorant biasanya. 
  2. Pilihlah pakaian yang membuat nyaman dan menyerap keringat
  3. Mandi setiap hari. Harus dan wajib ya. Karena ini bisa menghindari keringat yang berbau. Yang keringat biasa saja sudah sangat mengganggu ditambah berbau lagi, duhh musibah banget rasanya.
  4. Stop makanan pedas. Kalau ini sih kayaknya tergantung kondisi tubuh masing-masing saja yaa. Mana tahu ada yang tahan banting sama kepedasan dunia eh makanan maksudnya, hehehe
  5. Kurangi kafein. Ternyata kalau kebanyakan terdampak pada kelnejar keringat jadi aktif.

Gimana? Ada yang sudah pernah menerapkan lima poin di atas? Ada perubahan tidak?

Aku biasanya setelah melakukan kelima poin di atas, tetap harus dibarengi dengan memakai deodorant dibagian ketiak. Wajib kalau buatku. Kenapa? Karena kandungan di dalam deodorant itu bisa menghambat munculnya keringat dan lagi deodorant pilihan aku wangi. 

Atasi dengan Rexona

Nah mau tahu deodorant yang dari dulu banget sampai sekarang aku masih setia pake dari merek apa? Deodorant dari tim Rexona dong. Jam terbangnya si produk ini mah nggak usah diragukan lagi. Ampuh banget untuk mengatasi keringat yang berlebih terutama di area ketiak yang kadang bikin nggak nyaman banget itu.

Dengan deodorant Rexona kita dimana pun dan mau ngapain saja aktifitasnya tetap membuat kita selalu tampir percaya diri. Karena bersama Rexona kita bisa untuk terus bergerak.

Apalagi sekarang ini produk Rexona semakin beragam menjawab semua kebutuhan kita. Kita tinggal pilih sesuai kebutuhan dan manfaatnya saja.

Atasi keringat dengan deodorant rexona

1. Rexona Men Ice Cool Deodorant Spray 

Enaknya deodorant model spray seperti Ice Cool ini adalah karena sekali semprot memberikan efek langsung kering dan ampuh menghilangkan bau badan dan ketiak. Padahal hanya sekali semprot saja dan yang bikin asyik dan betah adalah karena deodorant ini bisa bertahan sampai 48 jam lamanya. Cocok banget buat kaum pria yang aktifitasnya lebih banyak diluar rumah.

Karena butiran-butiran mikro MationSense-nya bisa menempel langsung di kulit dan pecah oleh setiap gerakan. Melepaskan wangi musk-nya yang menyegarkan disaat yang tepat. Kemana pun kita ingin bergerak, Ice Cool Deodorant Spray ini akan melindungi setiap gerakan kita kemana pun dan dimanapun. 

Untuk pemakaiannya pun sangat mudah, kocok terlebih dahulu sebelum pemakaian, terus semprotkan langsung deh ke bagian ketiak dengan jarak 15 cm tiga menit setelah selesai mandi.

Nggak heran kalau Rexona punya motto "Setia Setiap Saat".

2. Rexona Women Shower Clean Roll On

Rexona dengan model Roll On ini tentu saja semakin meratakan area untuk mengurangi bau badan yang berlebih. Apalagi Shower Clean Roll On ini mempunyai wangi mawar dan melati dengan sensasi buah-buahan di dalam antiperspirant-nya.

Untuk pemakaiannya, teman-teman cukup dengan oleskan 4-6 kali di area ketiak setelah selesai mandi. Jangan gunakan pada area yang terluka ya. 

Menggunakan Rexona Women Shower Clean Roll On ini memaksimalkan kekuatan dan kesegaran agar siap menghadapi apapun seektrim apapun cuacanya.

3. Shower Clean Deodorant Spray

Tidak berbeda jauh sama Rexoma Men Ice Cool Deodorant Spray, Shower Clean Deodorant Spray juga memiliki khasiat yang kurang lebih hampir sama. Sama-sama memberikan kesegaran sepanjang hari seperti habis mandi dan siap untuk melakukan aktifitas dimana pun dan kapan pun, tanpa harus takut berkeringat.

Juga memiliki perlindungan selama 48 jam yang siap melindungi kita terhadap keringat dan bau badan yang brelebih. 

Untuk pemakaiannya, kocok terlebih dahulu sebelum pemakaian, semprotkan dengan jarak 15 cm dari ketiakmu setelah habis mandi. Dan nikmati sensasi segar dan bersih seperti habis mandi.

4. Rexona Dry Serum Fresh Sakura

Seperti namanya, Rexona Dry Serum Natural Whitening Fresh Sakura mengandung bahan pencerah alami yang sudah teruji secara klinis dengan keharuman sakura yang menyegarkan.

Deodorant serum ini coock banget dipakai untuk ketiak teman-teman yang gelap dan kering karena efek dicukur dan sebagainya. 

Poin plusnya lagi, karena di Rexona Dry Serum Fresh Sakura ini mengandung vitamin E, vitamin B3 dan ekstrak licorice yang bisa mempercepat pencerahan kulit dua kali lipat dibanding roll on biasa dan mengandung 0% alkohol jadi sangat aman.

Cara pemakaiannya, pertama pencet tube-nya lalu keluarkan hingga seukuran kacang polong, lalu usap dan ratakan pada bagian ketiak. Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Keringat berlebih tentunya menjadi sangat terganggu jika kita mengalaminya. Apalagi dengan rutinitas yang padat ditambah adanya keringat dan bau yang tidak sedap justru akan membuat rasa percaya diri juga berkurang.

Kondisi seperti ini ada baiknya tidak diabaikan. Segera cari tahu dan atas permasalahan pada keringat yang berlebihan. Bisa langsung dikonsultasikan pada pakar kesehatan dan bisa juga bisa memilih deodorant sesuai permasalahan keringatnya teman-teman terutama dibagian ketiak.

Nggak mau dong tampilan sudah cantik-cantik, eh tiba-tiba malah dikejutkan dengan kehadiran keringat berlebih yang sangat mengganggu.

Related Posts

6 comments

  1. Susah nih kalau diminta ngurangin makanana pedas. Aku suka banget sama yang pedas-pedas soalnya kak

    ReplyDelete
  2. Di Bekasi juga sama, nih. Habis mandi langsung keringetan lagi. Makanya kalau mandi sore kadang abis magrib menjelang isya gitu. Biar hawanya langsung adem.

    ReplyDelete
  3. Temen kakakku ada lo yang ga berkeringat. Di hari yang panas luar biasa dan udah bolak balik kesana kemari tetap ga keringetan dong doi. Kadang membuat aku iri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih kok bisa bund😂 gak keringetan gtu

      Delete
  4. Jampang juga sama kak, habis mandi udah keringetan lagi aja.
    Ditambah cuaca sekarang emang panasnya agak beda ya, lebih panas dari biasanya. Kyaknya sih

    ReplyDelete
  5. Rexona Men Ice Cool favorit saya. Emang selain dari aktifitas dan cuaca, emosi juga ngaruh banget, selalu keringetan kalau udah mepet deadline dan gawean belum selesai hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email