Tempat Wisata Aceh Timur Air Terjun yang Wajib dikunjungi

11 comments
Konten [Tampil]

Tempat wisata aceh timur air terjun yang wajib kamu kunjungi

Ingin berkunjung ke Aceh tapi bingung mau kemana? Ke Aceh Timur saja. Apalagi pilihan tempat wisata Aceh Timur sudah banyak sekali, ditambah lagi wisatanya yang masih menyatu dengan alam jadi pas banget dijadikan untuk refreshing atau hanya sekadar untuk menikmati udara sejuk disekitar.

Aceh Timur sendiri berada dibagian Timur Provinsi Aceh. Yang jika teman-teman melewati jalur darat dari arah Kota Medan butuh waktu tempuh sekitaran 7 jam, sedang perjalanan dari arah Kota Banda Aceh membutuhkan waktu tempuh sekitar 8 jam. Lumayan agak sesuatukan, hehhe

Yang harus teman-teman ingat, walaupun sudah melakukan perjalanan dengan jarak jauh, begitu tiba di lokasi tempat-tempat wisatanya, aku yakin teman-teman nggak akan menyesali dengan perjalanan jauhnya lagi, karena untuk hasil yang di dapat karena keindahan alamnya belum ada apa-apanya dengan perjalanan yang lama, karena semuanya terbayar dengan luar biasa.

Nah ngomongin tempat wisata di Aceh Timur, kali ini aku ingin berbagi kepada teman-teman tempat wisata yang khusus ada air terjunnya. Kebayang dong sesejuk apa di lokasinya.

Ngomong-ngomong nih, Aceh Timur termasuk salah satu kota yang ada di Aceh yang tempat destinasinya itu kebanyakan masih alami banget, belum banyak campur tangan pemerintah setempatnya. Jadi buat teman-teman yang suka mengeksplor tempat-tempat wisata yang asri, sejuk dan nenangin banget di Aceh timur sangat-sangat aku rekomendasikan.

Pilihan Destinasi Air Terjun di Tempat Wisata Aceh Timur

Ada yang suka pergi dan menikmati bisingnya suara gemuruh dari air terjun? Kalau ada, teman-teman sama dengan aku. Karena hanya mendengar suara gemuruhnya saja udah kayak gimana gitu, bener-bener adem dan sejuk banget. Semua rasa lelah rasanya hilang.

Baiklah, ini dia pilihan destinasi air terjun yang ada di Aceh Timur yang wajib-wajib teman-teman kunjungi, jika sewaktu-waktu sedang berada di Aceh.

1. Air Terjun Alue Nyamuk

 Air terjun yang berlokasi di Desa ALue Nyamuk, Kecamatan Birem Bayeun ini memberikan suasana alam yang masih sangat kental, karena belum terjamah sama sekali oleh oknum-oknum"nakal". 

Untuk bisa sampai ke lokasi harus sangat hati-hati yaa. Karena perjalanan langsung dari kota Aceh Timurnya bisa sampai 55 km jarak tempuh jika melakukan perjalanannya dengan kendaraan. 

Disarankan pun pergi berwisatanya ramai-ramai, hal ini untuk meminimalisir jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu selama perjalanan jadi bisa saling membantu satu sama lain. Karena memang selama perjalanan tida ada rumah.

Untuk teman-teman pencinta alam, Air Terjun Alue Nyamuk wajib mengunjungi tempat eksotis satu ini. 

2. Air Terjun Terujak (Weh Hilang)

Air Terjun Terujak (Weh Hilang) ini dijuluki sebagai salah satu surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Aceh Timur loh. Kebayang dong indahnya seperti apa sampai djuluki sebagai surganya Aceh Timur.

Beralamat di Desa Terujak, Kecamatan Serba Jadi ini, membuat setiap pengunjung yang datang tidak mengeluh karena jauhnya jarak tempuh, belum lagi dengan kondisi perjalanannya yang banyak lubang dan jalannya penuh dengan tanjakan membuat pengunjung diharuskan sangat berhati-hati demi keselamatan. Maka tak heran jika dianjurkan untuk mengendarai kendaraan. 

Karena setelah sampai di lokasi, teman-teman harus menempuh sekitar satu kilometer lagi dengan jalan kaki untuk bisa menikmati keindahan yang masih menyatu dengan alam sekitaranya itu.

Untuk bisa sampai ke lokasi jangan lupa persiapkan fisik yang kuta dan bekal yang cukup yaa, agar diperjalanan tidak kelaparan dan tiba di lokasi tidak ngos-ngossan, hehehe. 

Kejernihan Air Terjun Terujak ini menjadi daya tarik setiap pengunjung yang datang loh, karena memang kondisi alamnya yang sejuk dan lingkungan disekitarnya pun belum ada campur tangan manusianya.

3. Air Terjun Serule

Lagi, salah satu surga kecil yang terletak di ujung pedesaan yang ada di Kabupaten Aceh Timur adalah Air Terjun Serule. Berlokasi di Desa Arul Pinang, Kecamatan Peunaron, Air Terjun ini baru ditemukan oleh masyarakat sekitar pada tahun 2017. 

Karena memang berada di tengah-tengah rimbunnya hutan yang lebat, untuk bisa mengunjungi tempat ini harus sangat ekstra hati-hati karena selama perjalanan akan banyak sekali ditemukan heman-hewan buas dan langka yang membuat setiap pengunjung takjub dengan apa yang mereka lihat selama perjalanan dan menjadikan pengalaman yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Air yang mengalir dengan ketinggian kurang dari 73 M dengan lebarnya sekitar 50 M ini menyimpan banyak sekali keindahan alam yang belum banyak dijamah oleh tangan-tangan manusia. Sehingga pesona alamnya bisa menghilangkan lelah dan lamanya waktu tempuh dalam sekejap. Apalagi buat mereka yang memang menyukai petualangan-petualangan untuk menjelajahi hutan yang masih perawan ini.

Untuk ke lokasi teman-teman bisa memilih dua jalur, yang pertama dari dusun 3 dari jalur perairan bisa menggunakan Boot atau perahu yang ada. Yang kedua melalui jalur Simpang 6. Di jalur dua ini teman-teman harus melewati sungai yang sangat lewas, tapi asyiknya kalau sungainya lagi surut teman-teman bisa melewatinya langsung dengan kendaraan darat seperti sepeda motor.

4. Air Terjun Atu Kapur / Atu Kapur Waterfall

Terletak di Dusun Siejuk, Kampung Judo, Kecamatan Pante Bidari ini tidak kalah dengan air terjun lainnya yang ada di kawasan Aceh Timur juga. Sama-sama dengan keasrian dan kesejukan alamnya, membuat siapapun yang bisa sampai ke lokasi rasanya jadi betah dan malas pulang ke rumah lagi, wkwkkw

Air Terjun Atu Kapur ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Siejuk yang di ambil dari nama dusun lokasinya. 

Yang dulunya hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki hingga dua jam, nggak kebayang lelahnya setiap pengunjung yang ingin tiba ke lokasi. Tapi Alhamdulillah sekarang ini karena lumayan bertambah pengunjung setiap hari membuat jarak tempuh dan kondisi jalan lumayan ada perbaikan sehingga bisa ditempuh dengan mengendarai sepeda motor dan offroad atau double cabin

Siap Berpetualang ke Tempat Wisata Air Terjun?

Gimana? Apakah teman-teman menyukai tantangan untuk menjelajahi setiap sudut daerah Aceh Timur yang masih banyak menyembunyikan keindahannya itu?

Untuk keindahan dari alam yang masih perawan di sekitaran lokasi air terjunnya memang nggak diragukan lagi. Tak jarang banyak pengunjung yang memang datang untuk refreshing dan ada juga yang menikmati kesejukan air terjun yang mengalir deras.

Kapan lagi di zaman sekarang ini masih ada lokasi tempat wisata yang masih asri, sejuk, alamnya yang juga masih kental yang sudah terjangkau walaupun harus punya stok kesabaran saat melakukan perjalanannya. 

Bisa melarikan diri dari polusi udara di kota nggak ada salahnya kan, hehehe. Yuk pilih tempat wisata Aceh Timur Air Terjun yang ingin teman-teman kunjungi. Buat teman-teman yang berdomisili di Aceh Timur juga, kalau ada tambahan tempat wisata air terjun boleh tinggalkan jejak di kolom komentar yaa.

Related Posts

11 comments

  1. Lama banget gak ke tempat wisata air terjun. Terakhir tahun 2016 rasanya. Belum pernah ke Aceh nih, semoga ada kesempatan ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nih, efek si corona yang belum mau menghilang yaaa wkwkkw
      Aamiin mba, semoga bisa kesampaian ke Aceh yaa.

      Delete
  2. Cool... Keren nii. Masukin list pegi² duluan aaah wkwkwk
    Makasiih kak sharing-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehheh
      Sama-sama..
      Semoga jadi banyak referensi tambahan buat liburannya yaaa

      Delete
  3. Wuih... keren banget sih kakak. Saya pengen ke sana deh 😶

    ReplyDelete
  4. wah pilihan air terjunnya banyak ya mbak.. aku belum nih menginjakkan kaki ke pulau sumatera, semoga suatu saat nanti deh yaa. Kesan melayu di sumatera itu kuat banget yaa, penasaran juga sama mie aceh khas sana. hihi

    ReplyDelete
  5. Aceh, salah satu tempat yang ingin banget kukunjungi. Pengen sampai ke KM Nol Indonesia juga :)

    ReplyDelete
  6. aku terakhir ke Aceh keknya 2018 deh, pas mudik ke Medan, eh ke Langsa sih, hihi..

    dan belum sempat eksplor Aceh dan sekitarnya lagi, huwaah..

    ReplyDelete
  7. ya allah bagusnya wisata di aceh, aku belum pernah ke aceh, sholawatin dulu ah semoga sebentar lagi bisa traveling ke aceh...

    ReplyDelete
  8. penen banget bisa ke Aceh :) wisata alamnya pasti cantik sekali yaaa.. semoga bisa kesana :)

    ReplyDelete
  9. hua mba, lihat tulisan mba jadi pengen jalan-jalan, sudah waktunya hangout niy, adem banget lihat air terjun begini, soon lah jalan-jalan semoga segera kesampaian

    ReplyDelete

Post a Comment