Pinjaman Tanpa Jaminan, Penuhi Kebutuhan Tanpa Rasa Khawatir

2 comments
Konten [Tampil]

kredit tanpa agunan Finpedia
 
Pinjaman tanpa jaminan di situasi pandemi gini memang ada?? Ada rasa was-was nggak sih karena selama ini aku pribadi belum pernah ngalamin dan belum ada pengalaman tentang pinjam-meminjam ini, hanya sekadar tahu dari berita dan orang-orang saja, dan rata-rata hasilnya mengerikan. 

Gimana nggak mengerikan coba, mereka seakan-akan sedang dikejar malaikat maut karena terus menunda-nunda waktu kematian. Bagian mengerikannya, yang dipinjam berapa, total lunasin hutangnya berapa.

 Tapi memang seperti itukan. Belum lagi dengan SMS masuk setiap waktu menawarkan pinjaman online yang kadang bikin aku yang bacanya agak gimana gitu.

Semoga kita semua nggak mengalami hal tersebut yaa. Nah ketimbang pinjam-meminjam sama mereka yang nggak jelas asal-muasalnya, terus tawaran dan perjanjian plus keuntungan yang didapat nggak masuk akal juga, mending cari tempat pinjaman yang terjamin, bisa dipercaya dan disetujui lembaganya oleh OJK (Otoritas Jasa keuangan). Jad dengan diawasi oleh OJK data-data pribadi milik konsumennya terjaga dan sudah terjamin privasinya.

Oiyaa ngomongin pinjam-meminjam niih, sekarang ini sudah banyak banget loh lembaga-lembaga keuangan yang bisa dipercaya dan legalitasnya sudah dijamin, salah satunya adalah Finpedia.

Pinjaman Online Terpercaya

Kalau dulu di zaman aku kecil pinjaman yang serupa ini hanya ada di lembaga keuangan seperti Bank, karena sudah terjamin dan legalitasnya juga terpercaya. Berbeda dengan sekarang menilik dari perkembangan teknologi dan orang-orang yang hampir semuanya paham tentang teknologi dan internet, membuat lembaga keuangan non-bank muncul dengan tawaran pinjaman yang berbeda-beda sesuai kebutuhan setiap konsumennya. Finpedia salah satunya. 

Finpedia adalah lembaga keuangan atau toko financial digital yang menyediakan berbagai informasi keuangan dan juga produk-produk keuangan terlengkap yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Bersama Finpedia, cukup bermodal ponsel pintar terkoneksi internet dan teman-teman bisa berselancar sepuasnya untuk melihat layanan keuangan yang ditawarkan dari berbagai penyedia pinjaman. Nggak perlu keluar rumah, apalagi dengan situasi pandemi seperti sekarang ini. Finpedia muncul menjawab segala keresahan dan kebutuhan konsumennya dengan pilihan layanan pinjaman dari berbagai lembaga keuangan lainnya.

Bersama Finpedia teman-teman bisa memilih ingin melakukan pinjaman kemana dan berapa jumlahnya. Karena semuanya sudah tertera dengan jelas sampai ke maksimal pinjaman dan persennya juga sudah terlihat.

Seperi halnya Bank, Finpedia juga menawarkan berbagai produk layanan berupa pinjaman dengan besaran pinjaman disesuaikan dengan profil keuangan masing-masing yang tentunya ini bagi setiap orang pasti berbeda-beda.

Yang menariknya lagi nih di Finpedia selain teman-teman bisa melakukan pinjaman dengan jaminan tertentu sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, mereka juga menawarkan layanan pinjaman tanpa jaminan (kredit tanpa agunan) dengan berbagai pilihan.

Siapa coba yang nggak tergoda dengan dua pilihan tersebut?

Eits, yang harus diingat nggak semua konsumen bisa melakukan kredit tanpa agunan ini ya. Karena memang semuanya disesuaikan sama kebutuhan juga.

1. Pengertian Kredit Tanpa Agunan (Pinjaman Tanpa Jaminan)

Pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan (KTA) adalah produk kredit yang ditawarkan tanpa dikenakan syarat agunan seperti jaminan tertentu berupa aset yang dimiliki. Untuk pinjaman tanpa jaminan ini biasanya diberikan berdasarkan pada penilaian riwayat kredit calon debiturnya.

Apakah pihak lembaga keuangan dan pembiayaan ini tidak takut dengan calon debiturnya yang kabur? Tentu saja tidak. Karena sebelum mereka menyetujui memberikan KTA ini, mereka bisa melihat riwayat peminjaman calon debitur sebelumnya di Sistem Informasi Debitur (SID) yang terdapat dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di OJK.

Nah jadi dari SLIK ini mereka bisa melihat bagaimana proses dan tingkat kedisiplinan saat pembayaran cicilan dipinjaman sebelumnya. Jadi semakin baik dan bagus dan riwayat kreditnya, maka akan besar peluangnya untuk disetujui.

Jenis kredit tanpa agunan ini sendiri lebih cocok buat mereka yang kebutuhan pinjamannya untuk waktu jangka pendek dan menengah dengan waktu maksimal pinjaman 5 tahun. Limit pinjaman KTA ini pun beragam sesuai kebutuhan dan syarat dan ketentuan yang berlaku, bahkan ada yang limitnya sampai 300 juta sesuai fasilitas dari lembaga keuangannya dan bank itu sendiri.

Suku bunga yang ditawarkan untuk pinjaman ini pun biasanya dimulai dari 0,65% sampai 2% perbulannya. Jenis pinjaman ini juga bisa teman-teman jadikan untuk renovasi rumah, pembelian kendaraan, biaya pernikahan dan bahkan untuk biaya pendidikan juga bisa.

Nilai plusnya lagi, untuk proses pencairannya termasuk cepat loh. Bahkan ada yang memberikan garansi pencairan dalam waktu 5 menit saja atau dalam kurun waktu selama 2 x 4 jam.

Sebagai nasabah setelah proses KTA ini disetujui, teman-teman bebas menggunakan pinjamannya untuk keperluan apa saja, selama memiliki komitmen dan tepat waktu saat pembayaran cicilannya.

2. Pinjaman dengan Jaminan

Berbeda dengan kredit tanpa agunan, kredit dengan agunan (pinjaman dengan jaminan) ini pinjaman dalam jangka waktu panjang yang mewajibkan teman-teman saat pengajuan pinjaman harus melampirkan aset atau surat berharga dengan nilai jual yang besar. Karena semakin besar jaminannya, maka pinjaman yang di dapat pun akan berpeluang besar juga dan itu pun balik lagi ke syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa mendapatkan fasilitas tersebut.

Untuk jaminannya bisa gunakan surat berharga seperti sertifikat rumah, BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), dan lain-lain. 

Untuk total pinjamannya bisa teman-teman dapatkan sebesar 80% dari total nilai jumlah dari sesuatu yang sudah teman-teman jaminkan sebelumnya. Misal sertifita rumah dengan nilai jualnya seharga Rp. 2 M, maka maksimal pinjaman yang dapat teman-teman ajukan adalah sebesar Rp. 1.6 M. Dalam hal ini setiap lembaga pembiayan punya kriteria masing-masing untuk besar kecilnya pinjamanya tersebut.

Sama seperti pada pinjaman tanpa jaminan, walaupun ini pinjaman yang harus memiliki jaminan tetap yang menjadi prioritas calon debitur akan disetujui dilihat dari profik keuangannya. Jika suatu hari terjadi sesuatu maka jaminannya akan disita untuk meminimalisir kerugian oleh pihak lembaga keuangannya.

Untuk suka bunganya sendiri lebih rendah dibanding suku buku pada kredit tanpa agunan, sekitar 1% samapi 1,5% tiap bulannya. Dengan jaminan masa waktu peminjamannya adalah hingga 15 tahun.

Nggak heran saat proses pengajuannya pun butuh waktu yang lumayan lama, karena banyaknya proses verifikasi berkas dokumen demi keabsahannya karena jumlah nominalnya yang besar.

Cara Mendapatkan Pinjaman Tanpa Jaminan

Untuk pengajuan pinjaman tanpa jaminan di Finpedia mudah sekali. Teman-teman tinggal pilih salah satu bank atau lembaga keuangan yang tersedia di website-nya Finpedia, lalu lengkapi syarat-syaratnya. 

Pada umumnya, syarat untuk mendapatkan pinjaman ini hampir sebagian besarnya sama, dengan menyiapkan 

  1. Fotokopi KTP
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Surat Nikah (jika calon debiturnya sudah menikah)
  4. Slip Gaji
  5. Rekening Tabungang
  6. NPWP, SIUP, TDP dan 
  7. Dokumen pendukung lainnya

Untuk perlengkapan dokumen, setiap pihak penyedia layanan pinjaman ini punya syarat dan ketentuannya masing-masing ya. Jadi nggak semua lembaga keuangan punya syarat yang sama. Tetapi untuk perlengkapan administrasi seperti yang sudah aku sebutkan di atas hampir semuanya sama.

Pilihan Cerdas Pinjaman Online Cepat dan Mudah

Memilih antara pinjaman dengan agunan dan pinjaman tanpa agunan masing-masing dari kedua produk ini tentu saja mempunyai karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Butuh dana cepat dan mudah, langsung saja ajukan kredit tanpa agunan. Begitupun sebaliknya dengan pinjaman dengan jaminan selain karena proses pengajuannya yang butuh waktu lebih lama, calon debitur sebaiknya memang tidak terburu-buru saat ingin mengajukan peminjaman dengan jaminan ini.

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya teman-teman tentukan terlebih dahulu kebutuhan pinjamannya untuk jangka pendek atau jangka panjang, lalu langkah selanjutnya adalah bandingkan dari semua pilihan produk pinjaman yang ada sesuai kebutuhan masing-masing.

Pilihan kredit tanpa agunan (KTA) di finpedia

Di Finpedia teman-teman juga bisa membandingkan besar pinjaman yang didapat, lama tenornya, besarnya persen suku bunga yang akan didapat, dan juga besarnya jumlah maksimal dan minimalnya dari setiap pilihan lembaga yang ada. Sehingga teman-teman nggak perlu bingung lagi untuk bertanya sana-sini karena informasi yang diinginkan sudah tertera.

Jika sewaktu-waktu masih kurang  yakin dengan informasi yang tercantum, teman-teman bisa ajukan pertanyaan ke bagian layanan customer service-nya. Untuk kontak informasinya sudah tertulis lengkap dibagian bawah website-nya sehingga kapanpun dan di manapun calon debitur bisa bertanya.

Gimana? Cukup mudah dan lumayan bikin nagih kan yaa kredit tanpa agunan di Finpedia dengan berbagai produk layanannya. Oiya untuk teman-teman yang butuh informasi lengkap seputaran  pinjaman tanpa jaminan yang tersedia di Finpedia, bisa langsung menuju link berikut yaa https://www.finpedia.id/pinjaman/kredit-tanpa-agunan. 

Related Posts

2 comments

  1. Jaman sekarang emang apa-apa serba digital ya mba, semuanya bisa dilakukan online. Bahkan ngurus pinjaman yg dulu rasanya ribet banget skr pun bisa online. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba..
      Dengan semuanya serba digital, kebutuhan kita pun jadi lebih mudah. Tinggal kitanya yang harsu lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih terutama dalam hal pinjam meminjam..

      Delete

Post a Comment