9 Keuntungan Menggunakan Laser Cutting dalam Industri Manufaktur

Konten [Tampil]

Mungkin bagi sebagian kamu yang nggak berkecimpung di bidang industri pasti kebingungan dan bertanya-tanya mengenai apa itu laser cutting. Memang sih, tidak semua orang familiar tentang laser cutting ini. 

Adanya perkembangan teknologi yang pesat hampir di semua bidang kehidupan terpengaruh salah satunya adalah di bidang industri. Nggak heran, kalau di hampir semua bidang pun mulai memanfaatkan perkembangan teknologi ini.

Laser cutting adalah

Laser Cutting Adalah

Pada bidang industri, istilah laser cutting adalah sebagai alat pemotongan (cutting) untuk bahan-bahan material dengan menggunakan bantuan sinar laser dari alat atau mesin tertentu. Dimana proses pemotongannya melibatkan pengarahan sinar laser yang tepat ke arah permukaan benda kerja, sehingga energi panas yang dihasilkan oleh sinar laser dapat melakukan proses pemotongan.

Inovasi ini tentu akan sangat bermanfaat dan mempercepat proses pengerjaan bagi dunia industri. Proses pemotongan yang dulunya dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan untuk hasilnya pun minim kesalahan serta sangat presisi.

Laser Cutting untuk apa?

Manfaat mesin laser cutting dapat memotong berbagai jenis material, seperti logam, kayu, akrilik,, kertas, plastik, hingga kain, dan masih banyak lagi material-material yang bisa dipotong dengan mesin laser cutting ini.

Biasanya yang sering menggunakan mesin laser cutting adalah industri-industri manufaktur, seperti dalam produksi komponen elektronik dan otomotif. Selain itu, lasert cutting juga sering digunakan dalam seni dan kerajinan untuk mempermudah membuat desain yang rumit dan detail.

9 Keuntungan Memanfaatkan Mesin Laser Cutting dalam Perusahaan Industri

Untuk hasil proses laser cutting biasanya akan lebih akurat dan rapi dibandingkan memotong dengan cara manual. Energi tinggi yang dihasilkan oleh laser dapat membuat bagian material yang terkena sinar lasernya akan terbelah dan terpotong hingga meleleh dan terbakar.

Nah, maka dari itu sebelum proses laser cutting diaktifkan, kamu wajib memperhatikan ketebalan material yang akan dipotong dan detail-detail lainnya. 

Keunggulan dan manfaat laser cutting dalam industri manufaktur

Berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan mesin laser cutting:

1. Proses Pemotongan dengan Laser Cutting Relatif Cepat

Karena desain dan bagian yang ingin dipotong sudah disiapkan dengan detail, maka proses pemotongan dan pembentukan materialnya jad lebih cepat dan dapat menghasilkan hasil yang maksimal. 

2. Hemat Biaya Produksi

Perbandingan yang signifikan dengan proses pemotongan manual tentu akan berdampak pada biaya produksinya. Dengan laser cutting akan menghemat biaya produksi, karena hanya memerlukan biaya pemeliharaan pada mesin lasernya saja.

3. Laser Cutting Dapat Mengerjakan Detail yang Rumit

Keunggulan yang paling utama pada laser cutting adalah dapat mengerjakan proses pemotongan pada pola yang detail dan rumit sekalipun, dengan tingkat presisi yang terjamin. 

Desain yang rumit biasanya memiliki tingkat kegagalan yang lebih besar, namun jika kamu menggunakan mesin laser cutting hal tersebut sangat kecil terjadi.

4. Dapat Memotong Semua Jenis Bahan

Tujuan laser cutting adalah untuk memudahkan semua pengerjaan material di bidang industri, agar prosesnya lebih cepat dan bisa dilakukan dalam produksi besar. Selain itu, mesin laser cutting bisa digunakan di hampir semua bahan material seperti logam dan non logam. 

Hal ini dapat membuat efektifitas pengerjaan pun jadi lebih mudah karena lebih praktis hanya menggunakan satu mesin produksi untuk semua material.

5. Hasil Jadi yang Presisi

Laser cutting biasanya digunakan dengan bantuan program komputer, sehingga untuk hasilnya akan terjamin lebih presisi. Kemungkinan muncul kesalahan akan lebih kecil pada saat proses pemotongan atau pembuatan motif dilakukan oleh mesin laser.

6. Hasil Produk Lebih Rapi, Halus dan Bersih

Perbandingan untuk hasil akhir dari proses pemotongan dengan yang dilakukan secara manual adalah tahap finishing-nya. Karena dengan mesin laser hasil produk akhirnya akan terlihat lebih rapi, bersih, halus dan detail potongannya pun sangat presisi. Sehingga nggak heran kalau mesin laser sekarang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dibidang industri.

7. Tidak Menimbulkan Kontak Fisik

Proses laser cutting dilakukan tanpa perlu menyentuh material secara fisik, sehingga saat prose cutting mesin yang bekerja. Selain itu, resiko kerusakan pada material pun jadi berkurang.

8. Pengendalian yang Mudah

Pengoperasian pada mesin laser dapat diatur melalui program komputer, sehingga memungkinkan hasil desain lasernya jadi lebih kompleks dan dapat dikerjakan secara berulang dengan mudah.

9. Meminimalisir Kerusakan

Informasi umum yang beredar dikalangan masyarakat tentang laser cutting adalah bahwa hawa panas tinggi dapat menyebabkan banyaknya distorsi dan lengkungan yang tidak merata. Padahal ini tidak benar. Yang sebenarnya mesin laser memotong bahan material dengan sangat cepat sehingga tidak akan menjadi terlalu panas dan melengkung.

Setelah mengetahui bagaimana peran dan keuntungan menggunakan mesin laser cutting di dunia industri untuk proses produksi, pasti kamu akan bertanya-tanya dimana bisa mendapatkan mesin laser cutting terbaik untuk hasil produksi yang efektif dan efisien. 

Ada satu tempat yang sangat aku rekomendasikan untuk kamu melihat dan mengecek semua kebutuhan dari jenis mesin laser cutting sesuai kebutuhanmu, yaitu di kawanlama.com

kawanlama.com : Rekomendasi Perusahaan Distribusi untuk Peralatan dan Mesin Industri

Buat kamu yang memiliki usaha dibidang industri dan sedang membutuhkan pilihan mesin laser cutting terbaik untuk menunjang produksi usahamu, kawanlama.com ada solusinya.

Mengetahui proses laser cutting dan rekomendasi mesin laser cutting di Kawan Lama

kawanlama.com merupakan website resmi dari perusahaan PT. Kawan Lama Sejahtera. Dimana perusahaan ini adalah sebuah perusahaan distribusi terkemuka yang sudah lama ada di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan dan peralatan dan mesin-mesin industri.

Telah berdiri lebih dari setengah abad dan sudah beroperasi dengan memiliki 19 cabang yang tersebar di hampir seluruh pelosok Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera sudah berkomitmen untuk selalu menyediakan dan menjadi solusi untuk setiap industri demi memenuhi semua kebutuhan industri yang berpengalaman.

Apa tujuan laser cutting dan cari tahu mesin laser cutting terbaik di Kawan Lama

Kawan Lama Group memiliki visi untuk menjadi sebuah peruahaan distribusi kelas dunia untuk penyedia alat dan mesin industri yang berkualitas dan terbaik. Maka nggak heran untuk mewujudkan visinya tersebut, PT. Kawan Lama Sejahtera selalu menyediakan alat, peralatan, dan mesin-mesin profesional dengan keunggulan layanan yang luar biasa.

Produk dan Layanan Kawan Lama Group

Ada banyak sekali jenis peralatan dan mesin yang sudah disediakan oleh PT. Kawan Lama Sejahtera. Selain mesin laser cutting, masih ada banyak produk-produk mesin industri lainnya, seperti gerinda, komponen otomotif, generator, alat pemotong, mesin industri, alat las, kompresor, alat pertukangan, dan masih banyak lagi peralatan-peralatan industri lainnya untuk produksi tersedia Kawan Lama Group ini.

Lebih dari 40.000 produk dari 100 brand premium dari seluruh dunia tersedia di PT. Kawan Lama Sejahtera untuk memenuhi kebutuhan profesional di berbagai industri.

Kesimpulan

Dari pembahasan aku sebelumnya, bahwa cara kerja laser cutting dapat memberikan potensi yang efisien dan inovasi untuk diberbagai sektor industri. Mulai dari persiapan material yang ingin di laser hingga ke tahap finishing, setiap tahapannya menjadi faktor utama keberhasilan teknologi ini dalam menyediakan solusi pemotongan yang akurat dan efisien dengan meminimalisir kegagalan.

Keakuratan laser cutting tidak hanya sekadar menciptakan produk yang berkualitas tinggi saja, namun juga memberikan solusi yang praktis untuk menjawab semua kebutuhan manufaktur. Teknologi kini hadir menjadi aspek vital dalam dunia produksi modern dalam usaha industri.

Buat kamu yang tertarik dengan mesin laser cutting terkini dan memiliki kualitas unggul, Kawan Lama Intelligent Assistance sebagai mitra industri, menawarkan berbagai peralatan industri yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan produksi industrinya kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Posts

15 comments

  1. Aku pernah baca istilah ini waktu di jalan. Sempet bertanya-tanya gimana cara kerjanya. Aku kira cuma buat sticker aja ternyata bisa banyak bahan yang di laser cutting ini ya kak.

    ReplyDelete
  2. Bagi pemilik bisnis yang berhubungan dengan logam pasti wajib tahu nih kualitas laser cutting yang bagus. Bagaimanapun, alat yang terbaik akan menghasilkan produk yang presisi dan memuaskan pelanggan.

    ReplyDelete
  3. Kawan Lama ini memang salah satu perusahaan yang fokus pada alat-alat mekanik seperti ini ya. Saya jadi tahu bahwa ternyata produknya sudah tersedia di Indonesia ya. Jadi bagi pemilik bisnis relatif mudah untuk mendapatkan laser cutting tersebut. Penting banget.

    ReplyDelete
  4. Wahh Kawan Lama ini memang keren ya. Teknologi laser cutting ini menjadi teknologi yang cukup manjur banget di industri manufaktur dan sangat efektif efisien.

    ReplyDelete
  5. Kalau membaca istilah laser cutting, saya langsung teringat ramainya produk hijab yang menggunakan metode ini. Teknologi Laser cutting memang ikut mempermudah industri fashion dan lainnya untuk memproduksi barang dengan pola yang unik dengan cepat ya. Saya jadi tahu kalau ternyata Kawan Lama pun memiliki mesin-mesin laser cutting ya.

    ReplyDelete
  6. Laser cutting ini sangat memudahkan pemilik bisnis manufaktur ya mbak
    Bisnis jadi berjalan lebih efisien

    ReplyDelete
  7. penasaran saya dengan harga mesin laser cutting ini. kayaknya ini cocoknya buat usaha berskala besar yaa bukan yang umkm gitu

    ReplyDelete
  8. Buat yang punya bisnis skala besar kemungkinan akan butuh mesin ini nih. Kalau misal saya cuma mau jualan stiker online sih pasti larinya masih ke percetakan yaaa kalau minta cuting pake laser gini hehe

    ReplyDelete
  9. Dari penjelasannya, dengan penggunaan mesin laser cutting ini betul-betul sangat pengaruh terhadap efisiensi banyak hal, mulai dari biaya produksi hingga waktu. Hasilnya pun lebih maksimal dibanding dengan cara manual.

    ReplyDelete
  10. Pakai laser buat motong benda hasilnya jadi rapi. Tentu beda banget sama alat potong manual. Lebih presisi pula.

    ReplyDelete
  11. Pas pemotongan untuk detail yang rumit jadi lebih simple deh pakai cutting ini ya, karena jauh lebih rapi juga

    ReplyDelete
  12. Wow! Ternyata banyak banget manfaatnya ya! Sangat berguna untuk berbagai industri

    ReplyDelete
  13. Laser Cutting ternyata banyak di gunakan di berbagai industri bermanfaat sekali bagi dunia usaha

    ReplyDelete
  14. Iyayah, menggunakan laser cutting pekerjaan lebih cepat dan pastinya rapih sehingga banyak yang menyukai hasilnya. Kalau melihat kepraktisannya, pasti para pekerja juga senang melakukannya.

    ReplyDelete
  15. Dapat banyak info nih mengenai laser cutting, ternyata banyak manfaatnya ya buat memotong. Kerjaan pasti lebih mudah nih, apalagi kalau buat baju seragam ya motong kain lebih cepat.

    ReplyDelete

Post a Comment