Mengenal Lebih Dekat Jasa Rias Pengantin, Jenis & Tugasnya

Konten [Tampil]

Mengenal dekat profesi jasa rias pengantin, jenis dan tugasnya

Jasa rias pengantin atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Make-Up Artis semakin banyak yang membutuhkannya. Kalau kamu perhatikan perbandingan antara pemakai jasa MUA dan yang menyediakan jasanya adalah sekitaran 70-30.

Nah, sekarang kamu ingin berada di si pemakai atau yang menyediakan jasanya nih?

Kalau dilihat dari penghasilan dan jam kerja tanpa harus terikat dengan kantor tentu ini menjadi daya tarik bagi mereka yang memiliki keahlian dibidang make-up.

So, kamu tertarik bagian mana? Jadi bagian yang menyediakan jasanya, atau menjadi bagian dari pemakai jasanya?

Oke, sebelum kita lanjut, yuk kenal lebih dekat dengan jasa rias pengantin.

Mengenal Lebih Dekat Seluk Beluk Jasa Rias Pengantin

Bagi sebagian orang mungkin menjadi seorang perias bukanlah hal mudah. Apalagi jika kamu tidak memiliki keahlian atau terbiasa berdandan, sehingga pada acara tertentu hanya bisa tampil dengan tampilan riasan yang sederhana.

Menggunakan jasa rias seperti yang kita kenal MUA (Make-Up Artis) atau perias menjadi salah satu solusi tepat bagi kamu yang tidak memiliki keahlian maupun tidak terbiasa berdandan. Dengan menggunakan jasa rias kamu bisa tetap berpenampilan lebih menawan dan maksimal.

Kamu bisa pilih sesuai tingkat budget yang kamu miliki, bisa juga dengan pilihan paket rias pengantin muslimah.

Apa Perbedaan Perias dan MUA?

Mungkin sekilas bagi kita yang nggak terlalu paham dengan dunia perias atau MUA akan mengira kalau profesi kedua tersebut adalah sama. Padahal MUA dan perias punya perbedaan yang lumayan, terutama dalam dunia bisnis. Karena memiliki jangkauan pasar yang berbeda.

Perias adalah seseorang yang belajar selama bertahun-tahun untuk bisa ahli dalam bidang menata rambut, membuat alis hingga merias wajah kliennya secara detail. Proses belajarnya pun tergolong lama dan sebelum menjadi perias profesional. mereka (perias) harus mengikuti magang terlebih dahulu hingga skill yang dimiliki semakin mumpuni.

Sedangkan MUA adalah makeup artis atau seseorang yang memiliki keahlian atau terbiasa merias wajah. Keahlian yang dimiliki biasanya terbentuk dari self development. Sehingga proses belajar bagi MUA tidak memakan waktu lama. Modalnya cukup hanya dengan keberanian dan ahli dalam trik marketing.

Apa Itu Tim MUA?

Kalau kamu pernah ke tempat nikahan teman atau saudara, pasti pernah perhatiin dong kalau mereka (tim rias) suka ramai gitukan timnya. 

Nah, untuk MUA sendiri biasanya timnya berasal dari gabungan bersama MUA lainnya. Sesama MUA saling bekerja sama. Karena untuk makeup artis pada dasarnya mereka tidak memiliki tim karena mereka seringnya bekerja untuk dirinya sendiri.

Berbeda dengan perias, perias biasanya memiliki banyak tim untuk membantu mereka agar terlaksananya acara dengan baik terutama pada acara-acara besar yang menggunakan jasa borongan. Maka tim perias akan dibagi untuk beberapa tim, seperti tim dekor, penata rias, MC dan juga untuk tim pengisi acara, dan lain-lain jika memang dibutuhkan.

Apa Saja Jenis Rias Pengantin?

Cara mulai bisnis jenis rias pengantin hijab

Ngomongin tentang jenis rias pengantin, ada banyak jenis rias pengantin yang biasanya menjadi pilihan dari pengantinnya itu sendiri. Terutama pada daerah-daerah tertentu yang masih kental dengan adat daerahnya, maka pengantin biasanya akan menggunakan jasa rias pengantin mengikuti suatu adat tersebut. Namun, ada juga kok misal pengantinya berasal dari Aceh, pengantinnya menggunakan riasan Jawa dan nasional.

Sebenarnya untuk jenis riasan ada banyak inspirasi yang bisa ditiru. Agar penampilan seorang pengantin semakin memesona di hari spesialnya, kamu bisa pilih dengan gaya makeup yang sesuai dengan personality-nya kamu dan konsep wedding yang kamu pilih.

Berikut beberapa pilihan jenis rias pengantin yang bisa kamu coba konsepkan di saat hari pernikahanmu nanti.

1. Jenis Makeup dengan Riasan Adat ataupun Tradisional

Kalau sebuah pesta pernikahan mengusung tema adat dari suatu daerah, maka kamu bisa request konsep makeup-nya dengan gaya tradisional. Untuk yang berhijab pun sekarang sudah tersedia makeup yang mendukung hijabnya lho.

Untuk jenis riasannya bisanya cenderung lebih bold. Hal ini akan terlihat dari riasan matanya yang tegas serta lipstik yang berwarna mencolok seperti warna merah.

2. Gaya Makeup Ala Barbie

Tentu kamu pernah melihat bukan, jenis riasan pengantin ala Barbie sekarang ini lebih banyak peminatnya, karena kesan yang ditampilkan lebih romantis dan pada riasan bulu mata palsunya yang dibuat menebal pada bagian samping, serta pemakaian individual fake lashes pada bawah mata. Untuk complexion biasa menggunakan blush berwarna pink.

3. Jenis Makeup Natural

Jenis makeup natural biasanya digunakan oleh calon pengantin yang memiliki konsep wedding outdoor dan bergaya lebih casual. Sedangkan untuk riasan wajah kamu bisa pakai base makeup dengan hasil akhir dewy untuk kesan kulit sehat.

Selain ketiga jenis rias pengantin diatas, masih banyak lagi pilihan untuk jenis riasan yang bisa kamu pilih untuk hari pentingmu, seperti jenis riasa Korean makeup looks, Indian makeup looks, gaya makeup modern, Japanese makeup looks, Arabian makeup looks, gaya makeup princess dengan tambahan tiara atau mahkota di atas kepala, dan masih banyak lagi pilihan jenis riasan sesuai perkembangan trend.

Apa Saja Tugas Penata Rias?

Sebagai seorang perias pengantin wajib harus paham tentang berbagai teknik merias, seperti shading, contouring, blending, tighline, dan sebagainya. Karena perannya mengubah klien menggunakan bahan dan peralatan kosmetik.

Menjadi perias nggak bisa sembarangan, walaupun paham tentang makuep, seorang atau MUA harus memiliki tingkat kepekaan untuk memilih jenis rias pengantin yang akan menjadi tren. Nah, biasanya perias profesional sudah memiliki ciri khasnya sendiri dalam goresan yang diampikasikan ke wajah klien.

Nah, ngomongin tugas penata rias, berikut beberapa peran dan tanggung jawab perias pengantin atau MUA yang harus dimiliki :

  1. Melukiskan karakter wajah dengan mengubah dan memperhatikan dari beberapa aspek, seperti umur, ras, bentuk wajah dan tubuh.
  2. Dapat menyamarkan bagian wajah tertentu yang kurang sempurna dan dapat menonjolkan beberapa bagian wajah sesuai dengan instruksi kliennya.
  3. Memiliki skill membuat garis-garis baru pada wajah seseorang yang dirias.
  4. Dapat menampilkan dimensi pada wajah seseorang.

Jasa Rias Pengantin Termasuk Jenis Bidang Usaha Apa?

Buat kamu yang baru ingin memulai bisnis di bidang rias pengantin ini, kamu bisa memulainya dengan mandiri dan melakukan marketing dengan cara sebaik mungkin. 

Karena menurutku, bisnis usaha sebagai MUA atau rias pengantin sekarang ini sangat menjanjikan, selain mendapatkan banyak keuntungan, bisnis ini juga cukup mudah dijalankan tanpa perlu modal banyak disaat ingin memulainya.

Bisnis rias pengantin sendiri merupakan salah satu bidang usaha bisnis jasa tanpa perlu khwatir dengan rutinitas jam kerjanya.

Kesimpulan

Nah, kamu sendiri setelah membaca postingan ini pengennya ikut berkecimpung dalam bisnis sebagai seorang perias pengantin atau menjadi penggunanya saja?

Di zaman sekarang tuh sebenarnya MUA atau perias hampir memiliki lingkup kerjaan yang hampir sama, karena sama-sama merias wajah. Sama-sama memiliki keahlian dalam menata rambut, pakaian/gaun, merias wajah, hingga penampilan kliennya.

Menggunakan jasa rias pengantin seperti MUA atau jasa rias profesional sekalipun menjadi solusi untuk calon pengantin yang tidak memiliki keahlian berdandan. Dengan menggunakan jasa rias penampilan seseorang tentu akan lebih menawan dan maksimal hiasanya wajahnya.

Related Posts

Post a Comment